Cara Upgrade Android ke Versi Terbaru

Cara Upgrade Android ke Versi Terbaru

Cara Upgrade Android (Meningkatkan Versi) – Seperti yang kalian katahui kalau pada dasarnya Android sudah melakukan pembaharuan beberapa kali tahun ini. Pembaharuan sistem operasi (OS) ini juga sudah di lakukan pada semua perangkat seluler yang menggunakan Android.

Sampai saat ini, sistem Android yang terbaru adalah Android Q. Di mana sebelumnya terdapat Android Pie, Oreo, Nougat, Marshmallow, Lollipop, Kitkat, Jelly Bean dan Gingerbread. Atau, jika kalian ingin tahu lebih lengkap mengenai daftar versi Android lainnya, maka bisa menbacanya di Wikipedia.

Namun untuk saat ini, Kampung Gadget hanya akan membagikan kalian 6 cara untuk Upgrade OS (Sistem Operasi) Android yang umum di gunakan pada smartphone terbaru tahun ini.

Jika kalian bertanya mengenai manfaat menaikan versi Android ke versi terbaru, tentu jawabannya adalah banyak. Salah satu manfaat yang akan kalian rasakan setelah selesai Upgrade Android adalah fitur-fitur terbarunya yang akan memanjakan kalian.

Agar tidak terlalu panjang, kalian dapat menyimak cara Upgrade Android ke versi terbaru berikut ini:

1. Cara Upgrade Android Via OTA (Over the Air)

Sebenarnya, melakukan pembaharuan pada sistem operasi Android terbaru dengan memakai Wifi adalah cara yang paling sederhana. Selain itu, cara ini juga sangat di rekomendasikan untuk kalian gunakan ketika ingin melakukan pembaharuan.

Penting untuk kalian ketahui, saat ingin memperbaharui versi Android menggunakan jaringan Wifi, maka pastikan koneksinya stabil. Jika tidak, kegagalan saat melakukan pembaharuan bisa terjadi.
Berikut langkah-langkah Upgrade OS Android via OTA (Over the Air):
  1. Langkah pertama, kalian hubungkan dulu ponsel Android dengan jaringan Wifi. Kenapa harus menggunakan Wifi? Ini karena kita harus melakukan download sistem operasi terlebih dahulu dan ukurannya juga cukup besar.
  2. Selanjutnya buka dulu menu Pengaturan yang ada di perangkat Android. Kalian hanya perlu menekan icon yang berbentuk Roda Gigi.
  3. Gulir ke bagian bawah dan pilih menu About Phone / Tentang Perangkat. Biasanya letak posisi dari menu tersebut berbeda-beda, tergantung dari merek HP yang digunakan.
  4. Kemudian klik Update. Menu tersebut juga bisa terletak di posisi yang berbeda-beda, tergantung merek ponsel yang kalian pakai.
  5. Jika sudah, kalian akan menemukan tulisan Software Update / Pembaharuan Perangkat Lunak atau bisa juga System Firmware Update.
  6. Tekan Chek for Updates / Periksa pembaharuan. Maka secara otomatis, ponsel Android kalian akan memeriksa ketersediaan pembaharuan.
  7. Apabila pembaharuan tersedia, maka kalian dapat langsung menekan Update. Biasanya menu ini akan muncul di bagian atas menu.
  8. Terakhir kalian bisa menekan Instal, maka secara otomatis ponsel kalian akan melakukan download serta menginstal sistem operasi terbaru.

Proses ini biasanya tergantung dari kecepatan internet pada jaringan Wifi yang kalian gunakan. Apabila jaringan wifi tersebut stabil dan kencang, maka proses download dan install nya tidak akan membutuhkan waktu yang lama.

Jika proses Install sistem operasi Android terbaru sudah berhasil, maka otomatis HP kalian akan melakukan restat dengan sendirinya.

2. Cara Upgrade Android Via PC

Selain menggunakan cara yang pertama, untuk melakukan pembaharuan pada sistem operasi Android, kalian juga bisa menggunakan PC atau laptop. Sebenarnya proses ini lebih rumit dari pada cara yang pertama tadi, karena kalian harus melewati beberapa tahapan.

Tidak hanya itu saja, proses ini juga membutuhkan sambungan internet untuk bisa melakukan pengunduhan nantinya.

Bahan-bahan yang perlu kalian siapkan:

  • Laptop atau PC.
  • Kabel USB (usahakan yang asli).
  • Jaringan Wifi atau bisa juga hotspot dari HP.
  • Terakhir HP Android.

Setelah semua bahan sudah kalian persiapkan semuanya, maka untuk proses pembaharuannya adalah seperti ini:

  1. Langkah pertama, kalian coba buka dulu situs resmi dari produsen Smartphone Android yang kalian gunakan saat ini.
  2. Jika kalian sudah berada di dalam websitenya, maka klik Support atau Halaman Dukungan baru di lajutkan ke halaman Download.
  3. Biasanya kalian akan di minta untuk mengisi informasi dari perangkat atau harus mendaftarkan smartphone Android yang kalian gunakan. Ini akan memudahkan kalian untuk mengakses pembaharuan sistem operasi Android nantinya.
  4. Setelah itu, donwload kemudian install software Device Management. Nama serta fungsi perangkat tersebut biasanya berfariasi, tergantung dari produsen masing-masing.
  5. Contohnya seperti perangkat lunak Samsung disebut Kies dan Motorola di sebut dengan nama MDM serta lainnya.
  6. Kembali lagi ke situs resmi produsen Android tadi, masuk kedalam halaman Support kemudian halaman Download.
  7. Periksa pembaharuan yang tersedia. Nantinya file pembaharuan dapat kalian download serta di Instal memakai software Device Management yang tadinya sudah kalian download.
  8. Langkah berikutnya, hubungkan HP Android kalian ke PC atau laptop memakai kabel USB.
  9. Jika sudah terhubung, maka buka software Device Management tadi.
  10. Kalian cari perintah Update. Biasanya akan terletak di bagian Tab atau menu Drop-down yang ada di bagian atas.
  11. Langsung kalian klik Update. Maka secara otomatis proses update akan di mulai, selanjutnya kalian tinggal mengikuti petunjuk yang di tampilkan pada layar hingga selesai.

Jika berhasil, maka ponsel Android kalian akan memulai ulang dengan sendirinya. Biarkan sampai proses pemasangan sistem operasi terbaru selesai atau sampai muncul tampilan home.

3. Cara Upgrade Android Via OTA Tanpa Melakukan Unroot

Cara Upgrade Android Via OTA Tanpa Melakukan Unroot

Untuk langkah yang selanjutnya ini mungkin sangat cocok untuk kalian yang sudah terlanjur melakukan root pada HP Anroid yang digunakan. Pada HP Android yang sudah di root, jelas proses pembaharuan sistem operasi tidak akan bisa di lakukan seperti biasanya.

Meski begitu, masih ada cara lain yang dapat kalian coba untuk mempembaharui sistem operasi Android tanpa harus melakukan unroot.

Untuk caranya, kalian bisa mengikutinya di sini:

  1. Tahap yang pertama, kalian instal dulu aplikasi FlashFire pada smartphone Android yang sudah di root.
  2. Apabila proses install sudah selesai, maka langsung buka aplikasi tadi.
  3. Pada saat membuka aplikasi FlashFire ini, kalian akan menjumpai sebuah notifikasi pembaharuan jika ponsel kalian memang sudah mendapatkan update.
  4. Langkah selanjutnya kalian bisa mengunduh Update OS yang tersedia tanpa melakukan Instal.
  5. Jika download tadi sudah selesai, maka kalian dapat membuka kembali aplikasi FlashFire.
  6. Secara otomatis, FlashFire akan melakukan scanning untuk memeriksa pembaharuan sistem operasi yang tersedia.
  7. Berikutnya, kalian akan di tampilkan daftar update yang sudah di download tadi, langsung saja kalian pilih OK.
  8. Pada menu yang berikutnya, kalian akan menemukan pilihan update, pilih salah satu lalu tap Flash.
  9. Setelah itu akan muncul kembali pesan pop-up ‘warning’, langsung saja kalian pilih OK.
  10. Ketika proses pembaharuan berjalan, layar smartphone kalian akan berwarna gelap beberapa kali dan kalian jangan khawatir.
  11. Berikutnya kalian akan melihat tampilan scrolling text yang artinya proses update sedang berjalan.
  12. Terakhir, jika proses pembaharuan sudah berhasil, maka jangan lupa untuk restat HP kalian terlebih dahulu.

Selesai, kini sistem operasi pada smartphone kalian sudah berhasil di perbaharui tanpa harus melakukan unroot terlebih dahulu.

4. Cara Upgrade Android Via Custom Rom

Selain dengan beberapa cara yang di atas tadi, kalian juga dapat melakukan pembaharuan pada sistem operasi Android via custom room. Proses ini juga tidak terlalu jauh berbeda dengan cara yang sudah di jelaskan tadi.

Jika kalian berminat atau lebih tertarik melakukan pembaharuan sistem operasi melalui custom room, maka bisa mencobanya dengan mengikuti caranya di bawah ini:

  • Langkah pertama, kalian cari dulu custom rom yang sesuai dengan smartphone Android kalian.
  • Setelah ketemu, langsung download custom rom versi OS terbaru dan simpan di memori eksternal atau kartuSD.
  • Berikutnya kalian dapat masuk kedalam recovery mode dengan memakai kombinasi tombol Power + Volume UP.
  • Dalam recovery mode, kalian bisa langsung memilih Wipe Data atau Factory Reset.
  • Selanjutnya kalian pilih lagi opsi Wipe Cache Partition.
  • Jika sudah selesai, maka tap pilihan Advance lalu Wipe Dalvik Cache.
  • Apabila semua proses tadi sudah kalian lakukan, maka kembali ke menu utama.
  • Pada menu utama, kalian bisa memilih Install Zip From SD Card.
  • Silakan kalian cari dulu file custom rom tadi yang sudah di simpan pada memori eksternal.
  • Maka secara otomatis, proses install custom rom akan berjalan.
  • Kalian bisa menunggu prosesnya sampai selesai dan jika sudah berhasil maka jangan lupa untuk me-restat nya terlebih dahulu.

Selamat, kini kalian bisa langsung menikmati semua fitur-fitur terbaru yang ada pada sistem operasi Android terbaru yang berhasil di install.

Penting untuk kalian ketahui, proses ini akan menghapus seluruh data lama yang ada pada ponsel kalian. Apabila kalian menyimpan data penting di dalam smartphone maka ada baiknya melakukan backup terlebih dahulu. Jika belum tahu, bisa membacanya disini.

5. Cara Upgrade Android Via Offline

Saat ini beberapa vendor atau produsen smartphone biasanya menyediakan opsi untuk melakukan pembaharuan sistem operasi Android secara offline. Hal ini memang di tunjukkan untuk pengguna smartphone Android yang tidak mempunyai koneksi internet memadai.

Meski demikian, tidak semua vendor ternyata menyediakan opsi yang satu ini. Jadi, kalian jangan berharap lebih untuk bisa mendapatkan pilihan tersebut.

Secara umumnya, proses upgrade OS melalui metode offline ini sebenarnya hampir sama, yaitu:

  1. Pertama kalian dapat melakukan download file firmware terbaru di situs resmi dari merek HP yang kalian gunakan.
  2. Pastikan kalian sudah mengunduh firmware yang sesuai dengan model serta tipe dari Smartphone yang digunakan.
  3. Jika proses unduh firmware selesai, maka pindahkan ke memori internal pada ponsel.
  4. Kemudian kalian buka menu Pengaturan lalu cari menu About Phone.
  5. Berikutnya kalian cari opsi Update From File atau Choose Update Package.
  6. Arahkan ke file firmware yang sudah kalian unduh tadi.
  7. Ketika muncul notifikasi restat maka langsung saja pilih OK.
  8. Secara otomatis ponsel kalian akan me-restat dan proses upgrade akan berlangsung.
  9. Tunggu sampai prosesnya selesai, jika berhasil maka ponsel kalian akan secara otomatis menyala seperti biasanya.

Beberapa dari merek HP Android seperti Asus, biasanya akan secara otomatis mendeteksi adanya file firmware baru yang tersimpan di memori internal. Jadi kalian tidak akan perlu lagi untuk masuk kedalam menu pengaturan dalam memulai proses pembaharuan.

6. Cara Upgrade Android Via Root

Sebelum kalian memulai proses yang satu ini, maka ada beberapa hal penting yang wajib untuk kalian ketahui terlebih dahulu. Hal penting ini, adalah seperti:

  • Backup terlebih dahulu semua data yang tersimpan di dalam HP Android, ini untuk mencegah file penting kalian hilang percuma.
  • Proses rooting pada HP Android itu sebenarnya berbeda-beda dan agar lebih lengkap, kalian bisa melihatnya di sini.
  • Melakukan rooting itu bisa membuat garansi resmi HP kalian hilang.
  • Proses root harus dilakukan dengan teliti agar tidak timbul masalah yang lebih parah.

Jika kalian sudah memahami beberapa penjelasan di atas dan masih ingin melanjutkan proses pembaharuan via root. Maka dapat mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Pertama kalian cari dulu software root yang akan digunakan. Siapkan laptop dan cari yang sesuai dengan model ponsel Android kalian masing-masing.
  2. Download software, lalu ikuti petunjuk yang di tampilkan pada layar.
  3. Berikutnya kalian install software rooting di komputer atau PC.
  4. Hubungkan HP Android kalian dengan PC atau Laptop memakai kabel USB.
  5. Buka software rooting, lakukan ini di komputer atau laptop.
  6. Langsung mulai proses rooting, ikuti semua petunjuk yang yang di tampilkan pada layar untuk menyesuaikan prosesnya.
  7. Namun, jika perangkat lunak tadi tidak menampilkan intruksi, maka kalian dapat mencari tutorialnya di Google.
  8. Terakhir kalian dapat me-restat perangkat Android.

Sekarang perangkat Android kalian sudah berhasil melakukan pembaharuan dan kini sistem operasi (OS) sudah terbaru.

Penutup

Cara Upgrade Android di atas itu sebenarnya bisa kalian gunakan untuk semua tipe atau merek smartphone Android, mulai dari Samsung, Oppo, Asus, Vivo dan lainnya. Memang masing-masing smartphone Android itu memiliki software yang berbeda-beda, namun secara garis besarnya sama saja.

Dengan melakukan upgrade pada sistem operasi, kalian bisa memperoleh tampilan Android yang baru dan fitur-fitur serta dukungan update dari aplikasinya. Tapi sebelum melakukan update, ada baiknya untuk mengamankan data penting yang kalian miliki terlebih dahulu.

Jika kalian memiliki pertanyaan tentang pembahasan di atas atau mungkin ada penjelasan yang kurang di mengerti, maka dapat menulisnya di kolom komentar.

Sampai di sini dulu pembahasan mengenai cara upgrade Android ke versi terbaru tahun ini, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.