Inilah 5 Cara Menambah RAM HP Android yang Paling Aman

Cara Menambah RAM HP Android Paling Aman

Cara Menambah RAM HP Android – Semakin hari, teknologi akan terus mengalami perkembangan, begitu juga dengan aplikasi yang ada didalam ponsel Android. Sebagian developer aplikasi selalu melakukan pembaharuan demi memberikan sebuah kenyamanan dan manfaat bagi penggunanya. Namun tahukan kamu kalau setiap aplikasi yang diperbaharui itu ukurannya akan semakin bertambah besar?

Saat ukuran aplikasi yang kita gunakan semakin besar, tentu ini akan menyebabkan ponsel kita mengalami masalah saat menjalankan aplikasi tersebut. Seperti yang sudah pernah admin bahas, kalau masing-masing ponsel mempunyai batasannya tersendiri. Jadi ketika kamu menjalankan aplikasi yang melebihi batas kemampuan ponsel, maka ini akan membuat Hp kalian mengalami masalah seperti blank dan mati dengan sendirinya.

Ini karena faktor kapasitas RAM sangat berpengaruh terhadap kinerja ponsel dalam menjalankan sebuah aplikasi. Jadi ketika kapasitas RAM sudah habis maka bisa dipastikan kalau performa ponsel kalian akan ikut menurun secara derastis dan juga akan membuat ponsel menjadi cepat panas.

Untuk mengatasinya tentu kalian harus menambah kapasitas RAM dalam hp yang sedang digunakan. Namun bagaimana cara menambah RAM HP? Berikut Penjelasan lengkapnya!

Apa Fungis RAM Pada Hp Android?

RAM mempunyai fungsi sebagai salah satu tempat penyimpanan data sementara (Memori) dan juga sebagai instruksi program serta RAM akan bekerja ketika perangkat tersebut hidup atau beroperasi. Lebih jelasnya lagi, saat sebuah aplikasi berjalan didalam perangkat elektronik maka RAM akan dibutuhkan untuk menyimpan data sementara yang dimiliki oleh aplikasi.

Kapasitas RAM didalam sebuah HP itu sangatlah berpengaruh terhadap tingkat kecepatan mentransfer data didalam suatu perangkat. Jadi, semua kegiatan yang terjadi didalam perangkat seperti proses penyimpanan data, membuka data, mentransfer data dan menjalankan sebuah program akan sangat berpengaruh pada kapasitas RAM yang tersedia. Semakin besar kapasitas RAM yang ada pada ponsel maka akan semakin cepat pula ponsel kalian mengerjakan semua tugas.

Apakah RAM HP Bisa Diganti Dengan yang Lebih Besar?

Mungkin dari kalian ada yang masih bertanya-tanya tentang apakah RAM HP bisa diganti? Tentu saja tidak, karena RAM yang ada didalam ponsel sudah tertanam langsung pada mainboard HP. Ini membuat RAM tidak akan bisa kalian lepas pasang serta diganti dengan kapasitas RAM yang lebih besar seperti halnya dengan memoriSD.

Contohnya itu seperti kalian mempunyai ponsel dengan kapasitas RAM 2 GB dan untuk menaikan kapasitas RAM menjadi 3/4GB itu sangat tidak memungkinkan untuk kalian lakukan. Tapi jika kalian menginginkan kapasitas RAM yang lebih besar maka cara amanya adalah dengan membeli ponsel baru dengan kapasitas RAM yang lebih besar.

Namun jika kalian bertanya apakan kapasitas RAM HP bisa diperluas? Maka jawabannya adalah bisa. Jadi jika saat ini ponsel kamu memiliki kapasitas RAM yang kecil maka kamu dapat memperluasnya dengan beberapa cara yang mudah. Dengan begitu, ponsel kalian tidak akan lemot lagi saat menjalankan aplikasi dan juga game.

Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root

Cara Menambah RAM HP Android Tanpa Root

Seperti yang sudah admin jelaskan diatas kalau ukuran RAM hp android itu tidak bisa ditingkatkan, namun kapasitas RAM masih bisa kalian perluas. Cara menambah RAM HP Android tidaklah terlalu sulit untuk dilakukan, karena kamu bisa melakukannya dengan mudah dirumah. Berikut 5 cara menambah RAM HP Android yang paling aman dan pastinya tanpa root.

1. Cara Menambah RAM HP Android Dengan Uninstal Aplikasi yang Tidak Penting

Cara menambah RAM HP Android yang pertama bisa kalian lakukan dengan cara menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting atau tidak pernah kamu gunakan. Karena semakin banyak aplikasi yang ada didalam ponsel, maka akan semakin banyak pula kapasitas RAM yang dibutuhkan.

Untuk itu kalian bisa melakukan bersih-bersih terhadap beberapa aplikasi yang memang tidak kamu perlukan, dengan begitu kapasitas RAM HP tidak akan cepat habis dan kalian akan lebih nyaman saat membukan aplikasi yang diperlukan.

2. Cara Menambah RAM HP Android Dengan Disable Aplikasi Bawaan Ponsel

Jika kalian mendapati ada beberapa aplikasi yang tidak bisa di uninstal seperti aplikasi bawaan ponsel, maka kalian bisa mengatasinya dengan cara menonaktifkannya. Dengan begitu, aplikasi bawaan ponsel tersebut tidak akan membebani kinerja hp.

Selain bisa memperluas kapasitas RAM yang ada didalam ponsel, menonaktifkan beberapa aplikasi bawaan yang tidak penting juga bisa melindungi HP dari kinerja yang berlebih serta mencegah daya baterai cepat habis.

Tapi perlu kalian ketahui juga kalau ada baiknya tidak men-disable beberapa aplikasi yang berkaitan dengan kinerja sistem Android, jika ini dilakukan maka seluruh alur kerja Android bisa terganggu dan membuat ponsel kalian error.

3. Cara Menambah RAM HP Android Dengan Tidak Menggunakan Live Wallpaper dan Widget Berlebih

Meski terdengar sedikit sederhana, ternyata dengan mengurangi atau tidak menggunakan live wallpaper pada ponsel itu dapat memberikan kelegaan pada memori RAM. Selain aman, cara yang satu ini juga bisa diterapkan pada semua merek ponsel seperti Samsung, Oppo, Vivo, Asus dan lainnya.

Selain menghabiskan RAM yang cukup banyak, fitur live wallpaper serta banyaknya wiget yang tampil juga menjadi penyabab borosnya konsumsi daya pada baterai. Oleh karena itu, kalian akan mendapatkan banyak manfaat ketika menonaktifkan kedua fitur tersebut.

4. Cara Menambah RAM HP Android Dengan Nonaktifkan Animasi Pada Ponsel

Cara memperluas kapasitas RAM juga bisa kamu lakukan dengan menonaktifkan animasi yang ada didalam ponsel Android. Selain bisa menyebabkan boronya konsumsi daya pada baterai, animasi yang selalu aktif juga bisa memakan banyak RAM.

Maka dari itu, menonaktfikan animasi adalah cara yang sangat aman untuk meperluas memori RAM pada ponsel serta juga membuat HP lebih hemat daya baterai.

5. Cara Menambah RAM HP Android Dengan Menginstal Aplikasi Booster Android

Cara menambah RAM HP Android tanpa root yang terakhir adalah dengan menggunakan aplikasi Booster. Aplikasi ini tidak hanya menawarkan fitur game booster, tapi juga menawarkan fitur RAM booster. Fitur tersebut akan menghapus beberapa aplikasi yang tidak penting yang menghabiskan banyak memori RAM didalam ponsel kalian.

Untuk aplikasi Booster yang satu ini bisa kalian instal secara gratis pada Google Play Store yang ada didalam ponsel Android. Untuk masalah ukuran, aplikasi smart booster ini tidak akan menghabiskan banyak memori internal serta RAM pada ponsel kalian.

Perlu kalian ketahui kalau semua cara diatas tadi itu hanya akan membantu kalian untuk memperluas kapasitas RAM pada ponsel dan bukan untuk meningkatkan ukuran RAM. Seperti yang sudah dibahas di atas tadi, kalau jumlah RAM pada HP Android itu tidak bisa ditambah kecuali dengan membeli ponsel Android yang baru.

Nah, mungkin itu saja cara menambah RAM HP Android yang bisa admin jelaskan, semoga artikel diatas bermanfaat dan juga bisa membantu kalian yang sedang mengalami masalah dengan kapasitas RAM yang cepat habis.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.