Kamera Depan Xiaomi Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Kamera Depan Xiaomi Tidak Berfungsi

Kamera Depan Xiaomi Tidak Berfungsi – Dalam beberapa waktu, admin juga sangat suka dan sering merekam video dengan memakai HP Xiaomi, dan sebenarnya tidak ada masalah saat itu.

Tapi, dalam beberapa hari ini, admin ternyata menemukan beberapa masalah yang cukup serius pada aplikasi kamera Xiaomi. Masalah ini meliputi:

  • Kamera yang tiba-tiba berhenti.
  • Meninggalkan sebuah pesan error.
  • Tidak bisa di buka.
  • Sampai tidak berfungsi sama sekali.

Namun, masalah ini admin alami hanya di bagian kamera depan saja, dan untuk kamera belakangnya belum pernah terjadi untuk saat ini. Nah, maka dari itu, masalah ini akan admin kupas secara tuntas untuk kalian semuanya. Karena admin sendiri pernah mengalami kondisi ini dan sudah bisa mendapatkan solusinya.

Lantas, apa saja sebenarnya solusi yang dapat mengatasi kamera depan Xiaomi yang tidak berfungsi?

Cara Mengatasi Kamera Depan Xiaomi Tidak Berfungsi

Kamera depan Xiaomi tidak berfungsi atau error ini biasanya akan menampilkan sebuah pesan khusus, seperti “Can’t connect to camera”. Nah, dalam mengatasi masalah kamera HP Xiaomi yang tidak berfungsi dapat di lakukan dengan:

  1. Restart HP Xiaomi
  2. Kembalikan pengaturan bawaan kamera
  3. Dengan mengaktifkan izin pada kamera
  4. Lakukan clear cache pada aplikasi kamera dan juga pada HP Xiaomi
  5. Ganti aplikasi kamera bawaan dengan yang lain
  6. Update MIUI
  7. Factory reset.

Jadi, apabila kalian saat ini memang sedang mengalami masalah tersebut, maka jangan khawatir ataupun panik, karena masalah ini sebenarnya terjadi pada sistem dan bukan komponen kamera. Dengan menerapkan beberapa jawaban di atas, sebenarnya error yang terjadi pada kamera sudah dapat teratasi.

Lebih dari itu, jika kalian belum tahu untuk langkah-langkah lebih jelasnya mengenai jawaban di atas, maka kalian dapat langsung mengikutinya di bawah ini.

Penting, metode yang akan di gunakan saat ini sebenarnya bisa kalian gunakan pada ponsel Xiaomi varian lain yang mengalami masalah sama. Misalnya, kamera memunculkan pesan gagal atau kamera yang tidak bisa dibuka, ya.

1. Restart HP Xiaomi

Mungkin bagi kalian semua hal ini terlihat sangat sepele, tapi sebenarnya sangat berpengaruh untuk mengatasi masalah yang terjadi pada kamera. Jujur saja, ketika pertama kali admin mengalami masalah kamera terhenti pada HP Xiaomi, admin langsung me-restart HP Xiaomi tersebut.

Hasilnya? Setelah selesai restart, ternyata kamera yang sebelumnya sempat tidak dapat terbuka, langsung bisa kembali digunakan seperti sedia kala.

Nah, dari pengalaman ini, dapat admin katakan kalau sebenarnya cara tersebut sangat efektif sekali. Sebab ketika me-restart HP, maka seluruh sistem yang tadinya error kembali di segarkan (refresh), sehingga semua aplikasi bisa berjalan dengan normal.

Untuk melakukan restart, tentu semua pengguna HP Xiaomi sudah mengetahui caranya, jadi disini admin tidak perlu menjelaskannya lagi, ya.

2. Kembalikan Pengaturan Bawaan Kamera

Sebenarnya bukan hanya masalah pada sistem saja, kamera depan Xiaomi yang tidak berfungsi juga bisa saja terjadi karena adanya kesalahan pengaturan oleh penggunanya. Mungkin sebelumnya kalian sudah melakukan banyak perubahan pada pengaturan kamera, yang mungkin juga sebagian ada yang tidak sesuai.

Maka dari itu, kita juga mungkin akan mengalami kesulitan untuk mencari tahu pengaturan manakah yang menjadi penyebab masalah ini.

Namun kalian jangan khawatir, berikut langkah-langkah untuk memperbaikinya:

  • Pertama kalian buka dulu menu Pengaturan atau Settings pada HP Xiaomi.
  • Lalu cari menu Aplikasi Sistem.
  • Berikutnya kalian pilih aplikasi Kamera.
  • Terakhir tinggal pilih menu Pulihkan Setelan Bawaan.

Apabila sudah berhasil mengembalikan pengaturan bawaan aplikasi kamera, maka cobalah untuk me-restart HP terlebih dahulu. Jika sudah menyala kembali, kalian dapat mengetes kembali kameranya.

Penting:

  • Melakukan cara di atas, kalian akan me-restart pengaturan pada aplikasi kamera Xiaomi (semuanya) kembali ke semula.
  • Cara ini sebenarnya bisa kalian gunakan untuk semua varian ponsel Xiaomi, terutama pada HP Xiaomi keluaran terbaru saat ini.

3. Coba Aktifkan Izin Kamera

Mungkin masih banyak dari kalian yang belum tahu, kalau sebenarnya HP Xiaomi dengan versi MIUI 10 ke atas itu biasanya memerlukan izin kamera. Tujuannya itu sebenarnya agar semua proses rekaman dapat berjalan dengan lancar dan juga normal.

Jadi, kemungkinan saat kamera depan Xiaomi tidak berfungsi, mungkin saja kalian belum memberikan izin pada aplikasinya. Izin ini sebenarnya dapat kalian jumpai melalui menu pengaturan yang ada di dalam HP Xiaomi. Untuk caranya bisa seperti ini:

  1. Pertama kalian buka dulu menu Pengaturan atau Settings pada HP Xiaomi.
  2. Berikutnya kalian masuk dulu kedalam menu Aplikasi.
  3. Didalamnya cari aplikasi Kamera.
  4. Buka dan ketuk menu Izinkan dan langsung aktifkan izin kamera di sana.

Jika proses tersebut sudah kalian ikuti dengan baik, maka jangan lupa untuk me-restart ponsel terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk menyegarkan kembali seluruh sistem yang ada di dalam HP Xiaomi.

4. Lakukan Clear Cache Kamera dan Clear Cache HP Xiaomi

Seperti yang pernah admin jelaskan sebelumnya, kalau opsi clear cache ini bisa di katakan cukup membantu dalam mengatasi masalah error pada HP. Ini juga termasuk error pada aplikasi kamera, yang dalam hal ini dikarenakan error pada sistemnya.

Untuk menghapus cache sendiri dapat kalian lakukan di dua tempat yang berbeda, yakni pada aplikasi kamera dan juga pada ponsel Xiaomi yang kalian miliki.

Ini cara menghapus cache pada aplikasi kamera:

  • Masuk dulu ke Pengaturan atau Settings.
  • Lalu buka menu Kelola Aplikasi.
  • Kemudian kalian buka aplikasi Kamera.
  • Terakhir pilih menu Hapus Data.

Untuk cara menghapus cache di HP Xiaomi adalah seperti ini:

  • Silakan kalian masuk dulu kedalam Mode Recovery, caranya dengan menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Down secara bersamaan (pastikan HP dalam keadaan mati).
  • Jika sudah, kalian pilih menu Clear Dalvick Cache dan juga Cache Partition.

Penting:

  • Cara ini sebenarnya bisa kalian lakukan apabila semua cara tadi di atas belum berhasil untuk mengatasi masalah error pada kamera.

5. Ganti Aplikasi Kamera Bawaan HP Xiaomi

Sebenarnya, secara default di HP Xiaomi sudah di bekali dengan aplikasi bawaan untuk kamera yang dapat langsung kalian gunakan, meski HP tersebut baru kalian beli. Akan tetapi, bukan berarti kalian tidak bisa menggunakan aplikasi kamera lainnya, lho.

Ketika mengalami error pada aplikasi kamera bawaan, sebenarnya kalian bisa menggantinya dengan aplikasi kamera lainnya. Admin sendiri sebenarnya sudah sering mengganti aplikasi kamera bawaan dengan aplikasi lainnya dan cara ini sangatlah membantu. Selain itu, kalian juga tidak perlu menghapus aplikasi kamera bawaan Xiaomi saat ingin memasang aplikasi kamera lainnya.

Aplikasi kamera penggantinya itu bisa kalian dapatkan di Playstore yang ada pada ponsel Xiaomi kalian. Untuk saat ini sebenarnya sudah ada banyak sekali pilihan aplikasi kamera yang bisa kalian instal secara gratis, jadi kalian bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan.

6. Update MIUI

Berikutnya, kalian juga sebenarnya wajib untuk melakukan update pada sistem MIUI. Karena dengan melakukan update ini ponsel kalian biasanya akan terhindari dari masalah error dan juga bug pada sistem.

Dalam pembaharuan MIUI, sebenarnya ada banyak sekali perbaikan yang akan kalian dapatkan. Dari pengalaman admin sendiri, pembaharuan ini juga bisa mengatasi masalah pada kamera depan Xiaomi yang tidak berfungsi. Di mana, yang tadinya bermasalah bisa menjadi normal kembali.

Melakukan upgrade MIUI dapat kalian lakukan dengan:

  • Masuk kedalam menu Pengaturan atau Settings pada HP.
  • Kemudian kalian cari menu Tentang Telepon.
  • Terakhir tinggan pilih opsi Pembaharuan.

Selain itu, dengan melakukan update MIUI, kalian juga tidak perlu lagi untuk melakukan flash ulang HP Xiaomi.

7. Factory Reset

Terakhir, jika semua cara sebelumnya sudah kalian coba dan hasilnya masih belum mampu untuk membantu kalian mengatasi aplikasi kamera yang bermasalah, maka pilihan terakhir adalah dengan me-restart HP.

Namun perlu juga untuk kalian ketahui, kalau melakukan Factory Reset itu dapat menghapus seluruh data penting yang kalian simpan pada HP. Meski mempunyai efek samping yang cukup berat, tapi cara inilah yang paling efektif dalam mengatasi semua masalah error pada sistem.

Apabila kalian ingin melakukannya, maka berikut cara reset HP Xiaomi:

  1. Langkah awal masuk dulu kedalam menu Pengaturan atau Settings pada HP.
  2. Berikutnya cari menu Setelan Tambahan.
  3. Lalu pilih Cadangkan dan Setel Ulang.
  4. Terakhir tinggal pilih Kembalikan ke Setelan Pabrik.

Penting:

  1. Jika melakukan Factory Reset, secara otomatis ponsel Xiaomi kalian akan dikembalikan ke pengaturan pabrik.
  2. Semua pengaturan, konfigurasi dan juga error yang ada akan di bersihkan, sehingga ponsel kalian akan menjadi seperti baru pertama membelinya.
  3. Perlu juga untuk kalian tahu, pastikan kalian sudah melakukan backup pada data sebelum me-reset ponsel. Jika belum tahu caranya, bisa baca di artikel sebelumnya mengenai cara backup data penting di Android.
  4. Terutama untuk data yang kalian simpan di memori telepon atau penyimpanan internal.

Penutup

Jadi, begitulah beberapa tips yang berhubungan dengan cara mengatasi kamera depan Xiaomi tidak berfungsi, berhenti, error, tidak bisa dibuka dan masih banyak lagi.

Hampir semua cara di atas itu sebenarnya admin rangkumkan dari pengalaman sendiri. Mungkin ini jadi sekedar berbagi ke pada kalian, dengan tujuan untuk membantu masalah yang mungkin sedang kalian alami saat ini. Dari semua cara yang admin sebutkan, kalian juga bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kemampuan masin-masing.

Jika ada pertanyaan atau mungkin ada yang belum jelas dengan informasi di atas, maka jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.