6+ Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus

Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus Dalam 1 HP Tanpa Aplikasi

Cara Menggunakan 2 WhatsApp – Setiap orang pasti mempunyai kebutuhan masing-masing di dalam aplikasi WhatsApp. Salah satunya adalah kebutuhan untuk menggunakan 2 akun WhatsApp sekaligus dalam satu HP Android.

Kebutuhan tersebut juga pasti memiliki alasan tersendiri, mulai dari karena keperluan bisnis ataupun memang ingin iseng saja. Namun, hal itu ternyata tidak semua orang dapat melakukannya dan sampai saat ini, masih banyak orang yang kesulitan saat ingin membuat 2 akun WhatsApp sekaligus dalam 1 HP.

Bagi sebagian orang awam, mungkin akan di rasa sangat sulit dan rumit untuk membuatnya. Tapi untuk mereka yang sudah tahu, jelas hal itu sangatlah mudah untuk di lakukan.

Tapi, kalian tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut, karena Kampung Gadget akan menjelaskannya secara lengkap. Untuk cara ini, sebenarnya dapat di bagi menjadi dua, yaitu dengan aplikasi atau tanpa aplikasi tambahan.

Jadi, kalian dapat memilih salah satu yang menurut kalian lebih mudah dan sesuai dengan kebutuhan. Agar tidak terlalu lama, langsung saja simak cara lengkapnya berikut ini.

Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus Tanpa Aplikasi

Cara yang pertama, kalian dapat menggunakan 2 akun WhatsApp sekaligus dalam satu HP Android tanpa bantuan aplikasi tambahan. Jadi, kalian tidak perlu repot-repot lagi untuk menginstall aplikasi pihak ketiga yang bisa saja membuat memori teleponmu penuh.

1. Menggunakan Fitur Aplikasi Ganda

Untuk mencegah memori dan RAM HP cepat penuh karena menginstall aplikasi pihak ketiga, maka kalian bisa memanfaatkan fitur aplikasi ganda yang ada di dalam Smartphone. Cara mengaktifkannya adalah seperti ini:

  • Pastikan kalian sudah mempunyai aplikasi WhatsApp di dalam ponsel. Jika belum, kalian bisa menginstalnya dulu di Google Playstore.
  • Selanjutnya pastikan juga kalian sudah memiliki akun WhatsApp, tapi jika belum, kalian bisa membuatnya dulu.
  • Jika akun sudah siap, langsung pergi ke menu Pengaturan yang ada pada ponsel kalian.
  • Dalam menu ini kalian cari lagi menu Aplikasi/Apl kemudian langsung pilih Aplikasi Ganda/Aplikasi Klon. Umumnya untuk tips Smartphone terbaru, Aplikasi Ganda atau Aplikasi Klon itu langsung muncul di menu pengaturan pertama tadi.
  • Setelah berada di dalam Aplikasi Ganda/ Aplikasi Klon kalian akan langsung melihat daftar aplikasi yang dapat di kloning.
  • Pilih Aplikasi WhatsApp kemudian pilih lagi Hidupkan.
  • Apabila sudah aktif, maka kembali lagi ke menu Utama atau Home.
  • Kalian akan melihat dua aplikasi WhatsApp, pilih yang klon dan lakukan login atau daftar baru di sana.
  • Lakukan pendaftaran seperti biasa jika kalian ingin membuat akun WhatsApp baru.

Selesai, kini kalian bisa memakai 2 akun WhatsApp sekaligus dalam 1 HP Android tanpa perlu menginstall aplikasi pihak ketiga lagi.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus Dengan Aplikasi

Selain langsung menggunakan fitur app klon yang ada di dalam pengaturan ponsel, kalian juga masih bisa menggunakan 2 akun WhatsApp dalam 1 HP Android tanpa root. Caranya itu adalah dengan menginstall sebuah aplikasi pihak ketiga di Google Playstor.

Aplikasi ini juga tidak membutuhkan root untuk bisa menjalankan semua fitur di dalam ponsel kalian, jadinya sangat aman di gunakan. Berikut ini, Kampung Gadget sudah merangkumkan 5 daftar aplikasi yang bisa membantumu untuk menjalankan 2 aplikasi WhatsApp pada 1 HP Android.

1. Aplikasi WhatsApp Bisnis

Jika kalian menginginkan untuk menjalankan 2 aplikasi WhatsApp dalam 1 HP Android, maka bisa menggunakan aplikasi resmi dari WhatsApp lainnya. Aplikasi ini bernama WhatsApp Business dan kalian dapat menunduhnya di Google Playstore yang ada pada HP Android.

Untuk caranya adalah seperti ini:

  • Langkah pertama kalian tentu wajib untuk menginstall aplikasi WhatsApp Business terlebih dahulu.
  • Jika proses unduhannya sudah selesai, maka buka dan jalankan aplikasi WhatsApp Business tadi.
  • Lakukan Pendaftaran sama seperti mendaftar WhatsApp biasa.
  • Selesai dan kalian bisa langsung menggunakannya.

2. Aplikasi Parallel Space

Menggunakan 2 WhatsApp Dengan Aplikasi Parallel Space

Jika kalian punya pengalaman buruk atau tidak terlalu tertarik dengan menggunakan WhatsApp Business, maka bisa mencoba menggunakan aplikasi lainnya.

Aplikasi ini bernama Parallel Space yang dapat kalian unduh secara gratis di Playstore. Fungsi dari aplikasi ini hampir sama dengan cara pertama tadi, di mana Parallel Space akan menggandakan aplikasi WhatsApp pada ponsel kalian.

Cara menggunakan 2 WhatsApp sekaligus dalam 1 HP dengan Parallel Space seperti ini:

  • Pertama tentu kalian wajib menginstall aplikasi Parallel Space terlebih dahulu.
  • Setelah proses instalasi selesai, buka dan jalankan aplikasi Parallel Space.
  • Pada halaman utama, pastikan kalian sudah mencentang aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian langsung klik tombol Tambahkan ke Parallel Space.
  • Untuk menambahkan akun WhatsApp kedua, klik icon WhatsApp dan daftar seperti proses pembuatan akun biasa.
  • Jika prosesnya sudah selesai, maka kalian bisa langsung menggunakannya silih berganti dengan akun WhatsApp pertama kalian.

Catatan: Jika kalian ingin menggunakan akun di aplikasi WhatsApp kedua tadi, maka harus lewat Parallel Space. Karena aplikasi WhatsApp kedua tidak akan muncul pada home screen HP kalian.

Tapi jika kalian menginginkan untuk akun WhatsApp kedua untuk tampil di home screen, maka kalian bisa menggunakan tampilan shortcut WhatsApp. Cara menampilkannya juga sangat mudah untuk kalian lakukan. Langkah-langkahnya seperti berikut:

  1. Buka dulu aplikasi Parallel Space yang tadi kalian download.
  2. Pada halaman depan, klik dan tahan icon WhatsApp lalu seret ke atas pada bagian menu dan Buat Pintasan.
  3. Setelah pintasan berhasil di buat, maka kalian akan langsung menemukan icon WhatsApp kedua pada home screen.
  4. Namun yang membedakannya itu, WhatsApp kedua ini menggunakan background berwarna putih dengan nama WhatsApp++.

Selesai, kalian sekarang bisa menggunakannya kapanpun dan juga dimanapun yang kalian inginkan.

Baca Juga: Cara Membuat Voice Note Menjadi Status WhatsApp

3. Aplikasi WhatsApp MOD

Selanjutnya kalian juga bisa menggunakan aplikasi WhatsApp mod untuk membantu kalian dalam membuat dua akun WA pada 1 HP Android. WhatsApp mod ini kalian dapat menginstallnya di Playstore, biasanya mod ini bernama GB WhatsApp. Jika tidak menemukannya, kalian bisa download APK nya di google dengan kata kunci ‘Download GB WhatsApp‘.

WhatsApp mod sebenarnya merupakan sebuah aplikasi WhatsApp yang sudah di modifikasi dan mempunyai fitur-fitur tambahan yang tidak ada di versi resminya. Langkah-langkah penggunaannya adalah sebagai berikut:

  • Langkah awal kalian wajib menginstall terlebih dahulu aplikasi WhatsApp mod ini.
  • Pastikan juga pada pengaturan ponsel, prizinan aplikasi tidak dikenal sudah di centang (ini jika kalian mengunduh apk nya di google).
  • Lakukan proses instalasi sampai selesai.
  • Setelah proses instalasi selesai, lakukan pendaftaran akun seperti biasa, atau bisa juga menggunakan akun lamamu di sana.

Catatan: Ada baiknya kalian membuat akun baru, karena jika memakai akun asli, bisa di blokir oleh pihak WhatsApp resmi.

4. Aplikasi Super Cloner

Aplikasi yang selanjutnya ini bernama Super Cloner dan bisa membantu kalian untuk menjalankan 2 aplikasi WhatsApp dalam 1 ponsel Android. Fungsi dari aplikasi ini jelas masih sama dengan dengan deretan aplikasi di atas tadi. Jadi untuk caranya juga kurang lebih sama dengan tutorial sebelumnya.

Tapi, jika kalian ingin tahu lebih jelas, bisa menyimaknya di bawah ini:

  • Silakan kalian unduh dulu aplikasi Super Cloner di Google Playstore yang ada pada HP Android.
  • Selanjutnya kalian buka aplikasi Super Cloner – App Clone & Multiple Account yang sudah di instal.
  • Dalam halaman depan, kalian langsung tekan icon Tanda Plus (+).
  • Berikutnya tekan opsi Klon Apps pada bagian Aplikasi WhatsApp.
  • Setelah berhasil, buka aplikasi WhatsApp yang sudah di klon tadi pada Super Cloner.
  • Terakhir kalian hanya perlu mendaftar dengan nomor HP baru seperti biasa.

Jika berhasil, maka kalian bisa menggunakannya seperti memakai aplikasi WhatsApp asli. Namun kalian wajib membuka aplikasi Super Cloner terlebih dahulu agar bisa melihat WhatsApp kedua tadi.

5. Aplikasi Clone App

Terakhir kalian juga bisa menggunakan aplikasi Clone App untuk membantu menjalankan 2 akun WhatsApp dalam 1 HP Android. Namun sebenarnya kalian tidak hanya bisa memakai Clone App ini untuk menggandakan WhatsApp saja, tapi juga bisa digunakan pada aplikasi lainnya.

Tapi untuk hari ini, kita hanya akan menggandakan aplikasi WhatsApp saja. Langkah-langkahnya adalah seperti berikut:

  • Langkah pertama, kalian instal dulu aplikasi Clone App.
  • Setelah itu kalian klik icon + yang ada di halaman depan Clone App.
  • Berikutnya kalian cari aplikasi WhatsApp yang ingin di duplikasi atau gandakan.
  • Jika prosesnya sudah selesai, maka kalian bisa langsung membukanya.
  • Lakukan pendaftaran dengan nomor HP baru seperti biasa.

Apabila sudah berhasil, kalian bisa menggunakannya bergantian dengan WhatsApp pertama. Tapi caranya hampir sama dengan langkah di atas, kalian harus melalui aplikasi Clone App untuk membuka WhatsApp kedua tadi.

Penutup

Mungkin untuk saat ini cukup sampai di sini saja informasi yang bisa admin sampaikan mengenai cara menggunakan 2 WhatsApp sekaligus dalam 1 HP Android.

Jika kalian mempunyai pertanyaan atau ada hal-hal penting seputar informasi di atas yang ingin di tanyakan, maka bisa menulisnya di kolom komentar. Admin akan selalu dengan senang hati membantu kalian untuk mencari solusi dalam masalah yang sedang di hadapi.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.