Cara Mengirim Video Panjang di WhatsApp Tanpa Terpotong

Cara Mengirim Video Panjang di WhatsApp Tanpa Terpotong

Cara Mengirim Video Panjang di WhatsApp – WhatsApp adalah salah satu aplikasi chatting yang cukup banyak memiliki pengguna. Selain karena cara penggunaanya yang sangat mudah dan simpel, WhatsApp juga sangat kompatibel di hampir semua smartphone Android lama.

Di dalam aplikasi WhatsApp kita juga tidak hanya bisa chatting saja tapi juga bisa menerima ataupun mengirim file media seperti foto, gambar, audio, animasi sampai video ke semua orang yang ada di dalam kontak kita.

Namun satu yang mungkin sangat di sayangkan pada aplikasi WhatsApp, yaitu adanya batasan maksimum file media yang bisa kita kirim. Hal ini tentu akan membuat kita sedikit kesulitan saat ingin mengirim sebuah file media seperti video yang berukuran besar atau melebihi batas maksimum yang di berikan oleh WhatsApp.

Kenapa Tidak Bisa Kirim Video ke WhatsApp?

Sebenarnya penyebab kalian tidak bisa mengirim video di WhatsApp itu dikarenakan ukuran video yang ingin di kirim melebihi batas yang di berikan oleh pihak WhatsApp. Sebab batas maksimal video yang dapat di kirim melalui WhatsApp itu adalah 16 MB saja dan tidak bisa lebih.

Durasi waktu dari video yang kalian kirim juga tidak menjamin serta tidak dapat kalian jadikan patokan. Sebab resolusi kamera pada setiap ponsel Android itu tidaklah sama. Jadi semakin besar resolusi video yang di buat maka otomatis semakin besar ukuran dari video tersebut.

Berapa MB Video yang Bisa Dikirim Lewat WA?

WhatsApp memiliki batas ukuran maksimum terhadap file media seperti gambar, audio, pesan suara dan video yang bisa di kirim ataupun di teruskan melalui aplikasi WhatsApp yang hanya berukuran 16 MB saja.

Pada kebanyakan ponsel Android, ukuran 16 MB ini biasanya sama dengan video yang memiliki durasi 90 detik sampai dengan 3 menit lamanya. Namun ini juga tidak bisa di jadikan sebagai patokan, karena resolusi kamera masing-masing smartphone itu sangat berbeda.

Baca Juga: Cara Copy Paste Pesan WhatsApp di Grup

Bagaimana Mengirim Video Panjang di WA?

Sebenarnya ada cara yang bisa kalian lakukan untuk mengirim video dengan durasi yang panjang atau lebih dari 16 MB. Caranya itu kalian bisa melalui youtube, google drive, firefox send, kompres ukuran video sampai memotongnya menjadi beberapa bagian lalu mengirimnya.

Pada aplikasi WhatsApp, untuk video yang kalian terima dan ingin mengirimkannya ulang maka kalian bisa menggunakan tombol teruskan untuk meneruskan video yang berdurasi panjang tersebut.

Cara meneruskan video di WhatsApp:

  1. Pertama buka aplikasi WhatsApp.
  2. Cari chat yang berisi video yang ingin kalian teruskan.
  3. Ketuk dan tahan pada video yang akan di teruskan.
  4. Ketuk tombol Teruskan yang ada di sudut kiri bawah lalu pilih orang yang ingin kalian kirimkan video tersebut.
  5. Maka secara otomatis video tersebut akan terkirim.

Selesai dan video tersebut sudah bisa ditonton oleh orang yang kalian kirimkan.

Cara Mengirim Video Panjang di WhatsApp Lebih Dari 16 MB

Seperti yang sudah di jelaskan di atas tadi, yang mana untuk saat ini kalian hanya bisa mengirim sebuah file media seperti video yang berukuran tidak lebih dari 16 MB saja. Tapi, apakah tidak ada cara lain yang bisa kita lakukan agar video berdurasi panjang bisa di kirim lewat WA?

Tentu ada dan caranya juga tidak sulit, kok. Mengirim video yang berukuran lebih dari 16 MB memang tidak bisa kita lakukan secara langsung melalui chat di WhatsApp. Meski begitu ada sebuah cara yang bisa kita lakukan untuk mengakali masalah tersebut.

Untuk mengakali masalah tersebut, Kampung Gadget sudah menyiapkan kalian beberapa cara dan ini juga pastinya sangat mudah untuk kalian lakukan di rumah. Langsung saja, berikut 6 cara mengirim video panjang di WhatsApp tanpa terpotong:

1. Menggunakan Firefox Zend

Menggunakan Firefox Send

Cara mengirim video panjang di WhatsApp agar tidak terpotong pertama itu bisa kalian lakukan dengan memanfaatkan sebuah aplikasi Firefox atau sering juga di sebut dengan Mozilla.

Kalian pasti berfikir, kalau Mozilla itu hanya bisa digunakan sebagai browser saja seperti Chrome bukan? Padahal tidak hanya itu saja, loh. Karena ada banyak sekali hal-hal yang bisa kalian lakukan di dalamnya, contohnya seperti mengirim video dengan durasi yang panjang di WA.

Saat ini pengembang aplikasi Mozilla juga sudah merilis sebuah aplikasi yang bernama Firefox Zend. Aplikasi ini akan membantu kalian untuk mengirimkan semua jenis file media seperti video dengan durasi yang panjang serta ukuran yang lebih besar.

Uniknya lagi, orang yang menerima video kalian itu juga tidak di haruskan memiliki akun Firefox Zend. Jadi mereka tidak perlu susah-susah membuat akun baru lagi di dalam aplikasi tersebut.

Jadi, setelah kamu mengirim link video yang sudah di upload pada aplikasi Firefox Zend. Maka mereka akan langsung bisa menontonnya ataupun mendownload video tersebut. Tidak sampai di situ saja, kalian juga bisa mengatur video tersebut untuk bisa di lihat atau di download beberapa kali.

2. Memakai Google Drive

Cara yang kedua, kalian juga bisa memanfaatkan Google Drive untuk menyimpan serta membagikan video durasi panjang di WhatsApp atau yang berukuran besar.

Google Drive juga adalah salah satu platform yang di dirikan langsung oleh Google. Selain itu Google Drive juga mempunyai fungsi untuk meng-upload file kedalam penyimpanan internet atau sering di sebut dengan Cloud Storage.

Selain ukuran file yang bisa kalian simpan dan bagikan itu berukuran besar, Google Drive juga bisa digunakan secara gratis. Admin sendiri juga sampai saat ini masih memanfaatkan Google Drive sebagai tempat penyimpanan semua file penting termasuk juga beberapa data yang ada di dalam blog ini.

Cara menggunakan Google Drive adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama, kalian harus membuka aplikasi Google Drive. Jika belum punyai kalian bisa mendapatkan aplikasinya melalui Google Playstore.
  • Selanjutnya kalian tekan tombol Tambahkan lalu Upload.
  • Setelah itu, kalian bisa langsung memilih video yang akan di upload dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Jika sudah selesai, maka buka video tadi dan ketuk icon Titik Tiga dan Salin Link.
  • Terakhir kalian bisa langsung membagikannya melalui chat WhatsApp dengan menempelkan link tadi pada kolom pesan.

Selesai dan orang yang membuka link tersebut akan secara otomatis di arahkan ke Google Drive. Mereka bisa langsung mengunduh video tersebut dan menyimpannya di dalam ponsel.

3. Share Link Video Dari Youtube

Jika dari kalian tidak terlalu tertarik dengan menggunakan cara yang kedua, maka cara yang berikut ini mungkin bisa kalian coba lakukan. Yaitu dengan memanfaatkan aplikasi Youtube yang sampai saat ini banyak digunakan untuk upload video.

Seperti cara yang sebelumnya juga, untuk upload video ke Youtube ponsel kalian juga wajib memiliki akses internet yang stabil dan kencang. Karena jika tidak, kalian tidak akan bisa meng-upload video ke dalam Youtube.

Apabila kalian tertarik, maka berikut cara upload video ke Youtube:

  • Pertama-tama kalian bisa login dulu kedalam Youtube Studio.
  • Setelah berhasil login, maka di pojok kanan atas kalian bisa menekan menu Buat.
  • Kemudian kalian pilih Upload video.
  • Pilih video yang ingin kalian upload dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Buka video tadi dan klik tombol Bagikan.
  • Pada menu yang muncul, pilih bagikan melalui WhatsApp.
  • Terakhir cari orang yang ingin kalian kirimkan video dan Kirim.

Baca Juga: Cara Membuat WhatsApp 1 Nomor Untuk 2 HP

4. Kompress Ukuran Video Sebelum Dikirim

Tentu sangat jauh berbeda dengan cara di atas, yang mana untuk cara ini kalian bisa langsung mengunggah video ke aplikasi WhatsApp dengan catatan size videonya itu di kurangi terlebih dahulu.

Sebelum kalian mengirimkannya, maka cobalah untuk mengecilkan ukuran videonya dengan memakai aplikasi Vidcompact. Meski ada banyak aplikasi yang bisa kalian gunakan, admin rasa aplikasi Vidcompact lebih simpel dan mudah untuk dioperasikan.

Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Pertama tentu kalian harus memasang aplikasi Vidcompact.
  • Setelah proses instal selesai maka langsung buka aplikasinya.
  • Berikutnya kalian bisa langsung masuk kedalam menu Pangkas & Kompress.
  • Cari video yang ingin kalian Kompress.
  • Selanjutnya pilih Resolusi dan turunkan nilainya supaya ukuran video mengecil.
  • Jika sudah pilih Simpan.

Terakhir, kalian bisa langsung mengirim video tadi ke orang lain di WhatsApp. Jadi, kalian tidak perlu pusing-pusing mikirin durasi ataupun size video lagi karena ukurannya jelas sudah berkurang.

5. Potong Video Menjadi Beberapa Bagian

Selanjutnya apabila kalian tidak ingin upload video di media sosial lain seperti Google Drive ataupun Youtube. Serta kalian juga mungkin males untuk mengeditnya maka bisa mencoba cara yang satu ini.

Di mana kalian bisa membagi video yang akan di kirim menjadi beberapa bagian dengan durasi yang sama ataupun berbeda. Kemudian mengirimkannya ke teman atau keluarga melalui aplikasi WhatsApp.

Contohnya itu seperti berikut:

  • Kalian memiliki sebuah video yang berukuran 45 MB dengan durasi 9 menit.
  • Pada aplikasi WhatsApp maksimal limit yang bisa di kirim adalah 16 MB atau kurang dari 3 menit.
  • Jadi, kalian tinggal membaginya menjadi 3 bagian saja, 45 MB menjadi 15 MB sehingga membuat durasinya juga berkurang menjadi 3 menit.

Bagaimana, sangat sederhana bukan? Selain bisa langsung melakukannya di dalam Smartphone, kalian juga bisa menggunakan aplikasi SpitVideo.

Untuk cara mengirim video berdurasi panjang di WA dengan SpitVideo adalah sebagai berikut:

  • Pertama kalian wajib mempunyai aplikasi SplitVideo.
  • Dalam halaman utama, pilih video yang ingin kalian bagi.
  • Kalian juga bisa mengatur durasi video yang di inginkan kemudian tap tombol Split.
  • Apabila sudah sesuai, langsung simpan video kedalam galeri.

Terakhir kalian bisa langsung membagikannya ke chat WhatsApp secara berurutan sesuai durasi yang kalian buat.

6. Menggunakan Aplikasi Cloud Storage

Cara mengirim video panjang di WhatsApp tanpa ke potong yang terakhir adalah dengan memanfaatkan sebuah aplikasi yang bernama Clound Storage.

Di mana aplikasi Cloud Storage ini merupakan sebuah media penyimpanan semua jenis file di server awan miliki penyedia atau pengembang aplikasi tersebut. Selain menyimpan, kita juga bisa membagikan file yang di simpan kepada orang lain yang kita inginkan.

Jadi, kita bisa memanfaatkan aplikasi ini untuk menyimpan video yang berdurasi panjang kemudian membagikannya kepada orang yang di inginkan. Cara menggunakan aplikasi ini juga hampir sama dengan Dropbox dan Google Drive.

Kurang lebih caranya seperti berikut ini:

  • Pertama tentu kalian harus memiliki aplikasi Cloud Storage.
  • Selain itu, jika baru pertama kali, kalian wajib membuat akun terlebih dahulu.
  • Setelah itu kalian bisa langsung upload video kedalam aplikasi tersebut.
  • Jika sudah berhasil, maka selanjutnya kalian bisa mengambil link dari video yang di simpan tadi.
  • Terakhir kalian bisa langsung membagikannya kepada orang lain melalui chat WhatsApp.

Jadi, sekarang video tersebut sudah bisa di download langsung oleh teman atau saudara kalian.

Penutup

Selain beberapa aplikasi yang sudah admin jelaskan di atas, mungkin masih ada aplikasi lain yang bisa kalian gunakan untuk mengirim video panjang di WhatsApp dan yang berukuran lebih dari 16 MB.

Namun untuk saat ini admin hanya bisa merekomendasikan kalian beberapa aplikasi saja seperti yang sudah disebutkan di atas. Ini juga karena berdasarkan pengalaman admin sendiri, semua aplikasi yang di sebutkan tadi itu memiliki fitur yang memang lebih bagus serta cara penggunaannya juga cukup simpel dari pada aplikasi lainnya.

Jika ada pertanyaan ataupun ada hal-hal yang mungkin kurang jelas dari pembahasan yang admin jelaskan di atas. Maka jangan sungkan untuk menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Demikian pembahasan untuk hari ini tentang cara mengirim video panjang di WhatsApp tanpa terpotong atau video yang lebih dari 16 MB. Selamat mencoba dan semoga bisa sesuai dengan apa yang sudah kalian harapkan.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.