Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp

Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp

Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp – Tidak hanya bisa kalian gunakan untuk keperluan chatting saja, WhatsApp sebenarnya juga dapat kalian gunakan untuk melakukan panggilan telepon ataupun video call dengan orang yang jauh di sana.

Pada saat ini, kedua fitur tersebut sering di gunakan oleh semua pengguna aplikasi WhatsApp. Selain mudah, untuk melakukan telepon atau video call, kalian hanya membutuhkan koneksi internet saja. Sehingga pulsa yang ada pada kartu bisa menjadi lebih hemat, sebab tidak akan terpotong saat melakukan panggilan memakai WhatsApp.

Tapi, dalam artian ponsel kalian sudah terhubung dengan internet, entah itu internet dari kartu yang di gunakan atau melalui jaringan Wifi. Pastikan juga kalau kartu yang kalian pakai sudah di daftarkan pada paket kuota internet yang cukup. Sehingga, ini juga akan meminimalisir pulsa kalian terpotong saat melakukan panggilan melalui aplikasi WhatsApp.

Berbicara mengenai kedua fitur tersebut, pernah tidak kalian memiliki keinginan untuk menonaktifkan panggilan WhatsApp agar tidak ada telepon yang masuk?

Nah, apabila jawaban kalian iya, maka kebetulan sekali kalian ada di sini. Karena hari ini Kampung Gadget akan menjelaskan tentang cara menonaktifkan panggilan WhatsApp tanpa aplikasi atau dengan aplikasi tambahan.

Apakah Bisa Fitur Panggilan WhatsApp itu Kita Matikan?

Namun sebelum lanjut, beberapa dari kalian pasti masih ada yang bertanya-tanya, apakah bisa fitur panggilan WhatsApp itu kita matikan?

Dalam informasi resmi yang di rilis oleh pihak WhatsApp, sebenarnya panggilan suara maupun panggilan video itu tidak bisa di matikan atau di nonaktifkan. Meski begitu, dalam informasi yang dirilis tersebut juga di tuliskan kalau pada masa yang akan datang tidak menutup kemungkinan kalau fitur panggilan dapat di nonaktifkan.

Nah, sembari kita menunggu pihak WhatsApp menambahkan fitur resmi untuk menonaktifkan panggilan, kita bisa mencoba beberapa cara alternatif untuk melakukannya. Kalian juga bisa memilih untuk menonaktifkan panggilan di WhatsApp dengan bantuan aplikasi atau tanpa aplikasi tambahan.

Meski tidak bisa benar-benar menonaktifkan fitur panggilan, minimal kalian tidak akan terganggu lagi dengan notifikasi panggilan yang masuk di WhatsApp.

Baca Juga: Cara Menggunakan 2 WhatsApp Sekaligus Dalam 1 HP

Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp Tanpa Aplikasi

Apabila kalian mencarinya di internet, tentu ada banyak website yang menyediakan cara-cara alternatif untuk mencegah panggilan masuk pada WhatsApp. Tapi, sayangnya cara tersebut masih membutuhkan bantuan aplikasi khusus, yang mungkin saja memiliki efek samping bagi ponsel kita.

Namun, kalian tidak usah khawatir, selain memakai bantuan aplikasi, sebenarnya kalian juga dapat memblokir panggilan di WA tanpa aplikasi pihak ketiga. Jika penasaran, kalian bisa menyimak informasinya di bawah ini.

1. Paksa Berhenti Aplikasi WhatsApp

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi yang berjalan di latar belakang seperti halnya dengan Facebook, Instagram dan aplikasi lainnya. Jadi, meskipun sudah kita tutup, aplikasi WhatsApp tidak akan benar-benar berhenti.

Hal ini juga kemudian menjadikan aplikasi WhatsApp tetap bisa menerima pesan atapun panggilan telepon, meskipun aplikasinya ini sedang tidak kalian gunakan.

Dalam menghilangkan semua panggilan masuk di WA, sebenarnya kalian bisa melakukannya dengan paksa berhenti aplikasi WhatsApp (Force Stop WhatsApp).

Untuk caranya bisa seperti ini:

  • Pertama kalian buka dulu menu Pengaturan atau Settings pada ponsel.
  • Berikutnya kalian bisa mencari menu Aplikasi.
  • Dalam menu ini kalian dapat mencari WhatsApp.
  • Pilih dan ketuk menu Paksa Berhenti.

Dengan cara ini, biasanya WhatsApp tidak akan aktif sampai kalian kembali membukanya lagi. Jika kalian sudah kembali membukanya, secara otomatis WhatsApp akan kembali aktif seperti sebelumnya.

Perlu juga untuk kalian ketahui, kalau tidak hanya panggilan saja yang tidak dapat masuk, namun semua chat yang biasanya muncul pada notifikasi juga akan hilang. Penyebabnya tentu, karena kalian melakukan force stop tadi dan membuat WhatsApp tidak bisa berjalan di latar belakang.

2. Blokir Nomor Kontak Sementara

Selain dengan cara yang pertama, kalian juga bisa menghindari panggilan telepon di WA dengan memblokir kontak yang sering menghubungimu. Setidaknya cara ini bisa kalian lakukan untuk sementara waktu saja, di saat kalian memang benar-benar membutuhkannya.

Di mana, ketika sebuah nomor sudah kalian blokir, maka baik itu pesan, foto profil, status dan panggilan tidak akan pernah bisa sampai ke akun kalian. Jadi, kalian bisa menggunakan cara ini untuk sementara waktu atau bisa juga untuk selamanya.

Jika kalian ingin memblokir kontak, ini caranya:

  1. Pertama buka dulu aplikasi WhatsApp yang ada pada HP kalian.
  2. Lalu cari kontak yang kalian inginkan.
  3. Didalam jendela chat, pilih menu yang ada di pojok kanan atas.
  4. Kemudian pilih Lainnya.
  5. Terakhir tinggal memilih Blokir.

Dengan begitu, nomor kontak tersebut tidak akan pernah bisa mengirim pesan ataupun menghubungi kalian selama kontaknya kalian blokir. Jika kalian ingin kontak tersebut bisa mengirim pesan dan menelepon kalian, maka tinggal membuka blokir tadi saja.

3. Matikan Nada Dering Panggilan

Untuk cara yang selanjutnya ini, sebenarnya semua panggilan masih tetap bisa masuk ke akun WhatsApp yang kalian gunakan. Namun, nantinya tidak akan ada suara nada dering yang akan kalian dengar ketika panggilan masuk ke ponsel. Sehingga cara ini dapat kalian gunakan saat-saat keadaan tertentu, misalnya lagi kerja atau sedang rapat.

Dalam cara ini, sebenarnya kalian dapat menemukan dua metode, seperti:

1. Metode pertama

  • Buka terlebih dahulu aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian kalian pilih Menu lalu Setelan.
  • Ketuk di bagian Notifikasi, selanjutnya geser ke bawah, nantinya kalian akan melihat kolom Panggilan.
  • Didalam opsi Nada Dering, kalian atur ke Silent.

2. Metode kedua

Apabila notifikasi dari WhatsApp masih memunculkan suara, maka kalian bisa atur HP ke mode silent. Caranya itu:

  • Buka dulu menu HP kalian di bagian atas.
  • Lalu kalian dapat memilih opsi Jangan Ganggu.

Jika sudah, maka semua panggilan apapun seharusnya tidak akan berbunyi, baik itu panggilan suara maupun video call. Selain itu, siapapun kontak yang menelepon kalian, maka tidak akan ada suara yang kalian dengar.

4. Matikan Notifikasi WhatsApp

Sebenarnya untuk cara kerjanya ini, kurang lebih hampir sama dengan poin yang pertama dan juga ketiga tadi. Di mana caranya adalah dengan mematikan notifikasi yang masuk pada aplikasi WhatsApp.

Pada pengaturan WA, tentu pengaturan ini tidak akan pernah kalian temukan di dalamnya. Karena itu, kalian harus mengaturnya secara langsung melalui setelan Android. Caranya juga mudah:

  1. Pertama kalian buka dulu Pengaturan pada HP.
  2. Selanjutnya masuk kedalam menu Aplikasi.
  3. Masuk kembali ke WhatsApp.
  4. Pilih menu Notifikasi yang ada di dalamnya.
  5. Terakhir kalian hanya perlu Nonaktifkan Izin Notifikasi.

Tapi, sebenarnya belum selesai sampai di situ saja, kalian juga wajib untuk menonaktifkan izin penggunaan telepon. Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Pada jendela yang sama (Menu WhatsApp) kalian pilih Izin Akses.
  2. Lalu kalian Nonaktifkan Telepon.

Tapi, dengan sedikit catatan, dalam beberapa versi WhatsApp serta beberapa tipe HP, sebenarnya cara ini tidak work untuk kalian gunakan. Maka dari itu, coba saja terlebih dahulu, ya. Jika nanti hasilnya tidak sesuai, maka bisa memakai metode lainnya.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Chat WA yang Terhapus

5. Mengaktifkan Mode Do Not Distrub Pada HP

Dalam merek HP tertentu, khususnya untuk Smartphone keluaran terbaru, sebenarnya sudah tersedia fitur yang bernama Do Not Distrub atau DND.

Seperti namanya yang mengartikan jangan ganggu, fitur ini nantinya akan membantu kalian untuk mencegah gangguan yang masuk seperti panggilan telepon dari WhatsApp.

Untuk mengaktifkan fitur ini sebenarnya tidak sulit untuk di lakukan, bahkan di beberapa HP fitur ini dapat di akses melalui panel notifikasi.

Bagi yang belum tahu, caranya bisa seperti ini:

  1. Buka dulu kunci HP kalian.
  2. Di halaman Home, usap di atas layar menuju ke bawah dengan jari.
  3. Setelah itu, kalian hanya perlu memilih jangan ganggu untuk mengaktifkan mode DND.

Sebenarnya fitur ini sudah tersedia pada HP yang memakai sistem operasi Android 6 ke atas. Jika kalian tidak menemukannya di ponsel yang dipakai, mungkin versi Android masih berada di bawah itu.

Cara Memblokir Panggilan WA Dengan Aplikasi

Sebenarnya, jika hanya mencegah panggilan masuk dari WhatsApp, cara di atas itu sudah cukup untuk mengatasinya. Tapi, jika masih belum bisa sesuai dengan apa yang kalian inginkan, maka bisa mencoba memakai bantuan aplikasi pihak ketiga.

Pada cara yang berikut ini, sebenarnya ada banyak pilihan aplikasi tambahan yang bisa kalian gunakan, namun tidak semuanya work. Meski begitu, di sini admin sudah memilihkan kalian dua aplikasi pihak ketiga yang bisa di gunakan untuk memblokir panggilan masuk di WA.

Kalian dapat memilih salah satu dari aplikasi berikut ini.

1. Dengan Memakai WhatsApp Mod

Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp Dengan Memakai WhatsApp Mod

Seperti yang sudah di jelaskan tadi, kalau WhatsApp resmi memang belum mempunyai fitur untuk mematikan panggilan masuk. Namun tidak demikian dengan aplikasi WhatsApp Mod, salah satunya adalah GB WhatsApp.

Jadi, jika kalian merupakan salah satu pengguna GB WhatsApp, dan ingin memblokir panggilan masuk maka bisa melakukannya dengan begini:

  1. Buka aplikasi GB WhatsApp.
  2. Kemudian masuk kedalam menu Pengaturan GB WhatsApp.
  3. Pada menu ini, kalian dapat geser ke bagian bawah sampai melihat opsi Matikan Panggilan Suara.
  4. Langsung saja ketuk opsi tersebut sampai muncul jendela pop up.
  5. Terakhir kalian dapat memilih opsi block calls without showing ringing to open di jendela pop up tersebut.

Dengan cara tersebut, semua panggilan tidak akan pernah dapat masuk ke akun WhatsApp kalian. Untuk mengembalikannya, kalian hanya perlu mengikuti cara tadi.

2. Menggunakan Aplikasi Tools for WhatsApp

Cara Menonaktifkan Panggilan WhatsApp Dengan Aplikasi Tools for WhatsApp

Saat ini berbagai macam aplikasi yang bisa memenuhi hampir semua kebutuhan itu sudah bisa dengan mudah kalian dapatkan di Playstore.

Begitu juga dengan aplikasi untuk menonaktifkan panggilan masuk di WhatsApp. Aplikasi ini bernama Tools For WhatsApp, yang dapat kalian unduh secara gratis di Playstore. Untuk cara penggunaan aplikasi ini adalah seperti berikut:

  • Buka dulu aplikasi Tools For WhatsApp.
  • Di bagian service, kalian bisa langsung mencentang opsi switch to on/off the service.
  • Selanjutnya kalian akan masuk kedalam menu akses notifikasi.
  • Lalu kalian dapat mengaktifkan togle yang ada di samping kanan sampai berubah menjadi warna biru.
  • Terakhir kalian hanya perlu mencentang opsi incoming voice call pada aplikasi Tools for WhatsApp.

Sampai di sini, seharusnya semua panggilan suara yang masuk ke aplikasi WhatsApp akan di tolak, karena service nya sudah kalian matikan melalui aplikasi Tools for WhatsApp.

Catatan Penting Dari Situs Resmi WhatsApp

Sebenarnya membisukan panggilan di WA itu memang terkadang sangat dibutuhkan oleh sebagian orang.

Contohnya saja saat kita sedang sibuk, berada dalam rapat, ingin menghabiskan waktu dengan pasangan atau keluarga tanpa HP, bermain game dan lainnya.

Didalam kondisi seperti itu, tentu sebisa mungkin WhatsApp harus di-nonaktifkan notifikasinya, agar tidak mengganggu keperluan yang sedang kita lakukan.

Sayangnya, menurut WhatsApp sendiri, sebenarnya fitur panggilan ini tidak bisa betul-betul kalian nonaktifkan. Hal ini juga persis seperti yang tertulis pada halaman berikut ini:

Namun untuk beberapa cara yang admin jelaskan di atas tadi tidaklah sama. Karena panggilan WA di-nonaktifkan secara tidak langsung, di mana panggilan akan tetap masuk tapi tidak akan pernah sampai ke kita. Sehingga hal ini tidak akan memunculkan notifikasi yang mungkin akan mengganggu kalian nantinya.

Penutup

Dengan begitu, tentu panggilan pada WhatsApp yang kalian miliki sekarang ini sudah berhasil di nonaktifkan.

Semua cara di atas, penerapannya memang dapat kalian lakukan secara tidak langsung, namun sebenarnya semua cara tersebut tetap memiliki tujuan yang sama. Yaitu, untuk memblokir panggilan masuk dari aplikasi WhatsApp. Kalian dapat memilih cara menonaktifkan panggilan WhatsApp di atas dengan memakai bantuan aplikasi atau tanpa aplikasi.

Tapi, agar lebih aman, ada baiknya kalian memblokir panggilan masuk pada WhatsApp tanpa bantuan aplikasi tambahan saja. Hal ini bertujuan untuk mencegah akun WhatsApp kalian di blokir oleh pihak resmi WhatsApp karena di ketahui memakai aplikasi Mod.

Mungkin itu saja, selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.