5 Cara Mempercepat Internet Indosat Ooredoo Paling Terbaru

Cara Mempercepat Internet Indosat Ooredoo Terbaru

Apakah dari kalian saat ini sedang mengalami masalah dengan koneksi internet dari Indosat Ooredoo yang lemot? Apabila iya, maka kalian sudah berada di tempat yang benar karena hari ini admin akan membagikan kalian sebuah cara mempercepat internet Indosat Ooredoo di Android dan iPhone.

Seperti yang sudah pernah admin singgung sebelumnya, kalau faktor sinyal jaringan seluler itu sangat dipengaruhi oleh kecepatan akses internet dan kualitas koneksi yang didapatkan. Oleh sebab itu, agar bisa mendapatkan pengalaman terbaik saat berselancar di dunia maya, tidak sedikit dari orang yang berusaha untuk mengoptimalkan jaringan pada selulernya.

Dengan cara tersebut, kemungkinan besar jaringan internet yang didapatkan oleh ponsel kita bisa lebih baik dan stabil saat digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi sosial media ataupun bermain game. Lalu bagaimana cara mempercepat koneksi internet indosat Ooredoo? Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Indosat Ooredoo di Semua Smartphone

Cara Meningkatkan Kecepatan Internet Indosat Ooredoo

Dalam beberapa tempat, kecepatan jaringan internet yang diberikan oleh provider Indosat itu sebenarnya sudah relatif cepat dan juga stabil. Untuk daerah pedesaan, kecepatan jaringan Indosat juga cukup baik sebab admin sendiri menggunakan layanan internet dari Indosat sudah lebih dari 5 tahun.

Sejak awal pemakaian, rata-rata kecepatan internet Indosat yang admin dapatkan itu berada di kisaran 2MBps. Namun itu dulu sekitar 2-3 tahun lamanya, tapi sekarang sudah berbeda lho!

Beberapa munggu lalu admin mengecek kembali kecepatan internet dari Indosat Ooredoo dan hasil yang admin dapatkan cukup baik meski admin berada di pedesaan, dimana rata-rata hasilnya sekitar 5-7MBps. Tapi terkadang juga pernah mencapai 10MBps.

Tapi untuk memperoleh kecepatan tersebut, kalian harus melakukan beberapa hal yang tentunya tidak sesederhana yang kalian pikirkan. Meski begitu, kalian tidak usah khawatir karena hari ini admin akan membagikan beberapa tipsnya. Penasaran? Yuk, kita lihat tipsnya dibawah ini:

1. Pilih Jenis Jaringan Indosat 4G

Tahap pertama yang harus kalian lakukan untuk mendapatkan akses internet Indosat Ooredoo yang stabil dan cepat adalah dengan memilih jenis jaringan 4G only. Jika sebelumnya kalian selalu menggunakan jenis jaringan 3G, maka ada baiknya untuk mengubahnya ke 4G.

Hal ini dikarenakan jaringan 4G itu lebih memiliki kecepatan akses internet yang lebih baik dan juga lebih stabil dari pada jaringan 3G. Tapi sebelum itu, pastikan juga kalau daerah kalian sudah ter-cover jaringan 4G dari Indosat.

2. Usahakan Sinyal yang Diperoleh Bagus

Tahap kedua setelah kalian sudah memilih jenis jaringan 4G, maka selanjutnya coba perhatikan apa smartphone kalian bisa menangkat jaringan 4G dengan baik dan stabil atau tidak.

Karena faktor sinyal yang didapatkan oleh ponsel sangat berpengaruh terhadap cepat dan tidaknya internet yang berjalan didalam smartphone.

Untuk di tempat admin sendiri, sinyal yang diperoleh oleh smartphone tergolong cukup baik dan juga stabil. Nah, jika di tempat kalian sinyal yang didapatkan oleh ponsel kurang baik dan sering hilang maka cobalah untuk pergi ketempat lain.

Selain itu, pastikan juga kalian tidak sedang berada di dalam ruangan yang tertutup atau terhalang oleh tembok besar, karena biasanya tempat yang seperti itu lebih sulit untuk dijankau oleh sinyal.

3. Refresh Jaringan Kalian

Setelah proses diatas sudah kalian lakukan, maka selanjutnya cobalah untuk me-refresh jaringan yang ada di ponsel kalian. Dengan cara ini, maka secara otomatis akan membuat perangkat kalian berganti IP dan setelah berganti IP yang baru, biasanya koneksi internet akan memperoleh kecepatan yang lebih sesuai dan stabil.

Untuk me-refresh jaringan di smartphone tidaklah sulit karena kalian hanya perlu melakukan diconnect lalu connect internetnya kembali. Atau kalian bisa bisa malukannya dengan cara mengaktifkan mode pesawat dan tunggu beberapa saat lalu matikan kembali mode pesawat tadi.

4. Ganti Setting APN Indosat

Setelah kalian sudah selesai mengikuti ketiga tahapan diatas, maka selanjutnya kalian juga harus merubah setingan APN Indosat yang ada didalam smartphone. Dengan mengatur APN dengan tepat dan benar maka dipercaya koneksi Internet yang kalian dapatkan akan semakin baik dan cepat.

Untuk mengatur ulang APN Indosat Ooredoo, kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

4.1. Cara Setting APN Indosat Ooredoo di HP Android

Pertama kita akan melihat cara setting APN Indosat yang benar untuk ponsel Android agar bisa memperoleh kecepatan Internet 4G yang lebih kecang dan stabil. Untuk caranya adalah seperti berikut:

  • Pertama kalian buka dulu menu “Pengaturan” yang ada didalam smartphone.
  • Selanjutnya kalian cari lagi menu “Pengaturan Mobile Netwaork“.
  • Jika sudah cari lagi menu “Network & Internet” atau “Koneksi“.
  • Dalam menu ini kalian cari lagi “Jaringan Seluler“.
  • Setelah itu kembali pilih “SIM 1” atau “SIM 2” yang kalian gunakan.
  • Apabila sudah menentukan SIM yang digunakan maka selanjutnya cari opsi “Nama Titik Poin(APN)“.
  • Saat kalian sudah masuk kedalam menu APN, maka jangan pernah merubah setting APN yang sudah ada tapi kalian pilih icon “+“.
  • Terakhir kalian bisa mengikuti setting APN yang sudah admin rangkumkan dibawah dan tekan “Save“, biasanya ada didalam menu “Lainnya“.
  • Untuk mengaktifkannya, kalian pilih APN yang dibuat tadi lalu “Aktifkan“.

4.2. Cara Setting APN Indosat Ooredoo di iPhone

Untuk memperbaharui settings APN internet Indosat Ooredoo di iPhone tidaklah sama dengan cara mengubah APN di Android tadi. Karena di iPhone, mengubah setingan APN tidaklah serumit yang ada di Android. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama kalian buka dulu menu “Settings” di iPhone yang digunakan.
  • Setelah itu kalian cari lagi opsi “Cellular“.
  • Dalam menu tersebut kalian cari opsi “Cellular Data Network“.
  • Pilih pengaturan “LTE (Opsional)“.
  • Tekan ubah pengaturan LTE (Opsional) untuk mengatur APN di Iphone.
  • Piliha pengaturan APN yang sudah admin sediakan dibawah.
  • Terakhir simpan APN dan aktifkan.

5. Ganti Perangkat ke yang Lebih Bagus

Jika semua cara mempercepat internet Indosat Ooredoo diatas tadi sudah kalian lakukan namun hasilnya tidak sesuai dengan harapan maka dapat dipastikan sistem yang ada didalam ponsel yang bekerja untuk menangkap sinyal tidak bisa bekerja dengan baik.

Hal ini karena kecepatan internet didalam ponsel itu juga bergantung dari jenis perangkat yang kalian gunakan. Karena seperti yang admin jelaskan tadi kalau masing-masing perangkat itu mempunyai kemampuan yang berbeda-beda didalam menangkap sinyal.

Daftar APN Indosat 4G Cepat dan Stabil di 2020

Daftar APN Indosat Terbaik 2020

Berikut ini admin juga sudah menyiapkan beberapa pengaturan APN yang sudah pernah admin coba dan hasilnya sangat memuaskan. Namun saat memasukan pengaturan yang ada dibawah ini, usahakan sesuai dengan intruksi yang admin berikan. Sebab jika tidak, maka ponsel kalian tidak akan bisa menangkap sinyal dengan baik.

Yuk, lihat pengaturan APN Indosat terbaik untuk semua smartphone di bawah ini:

1. Setting APN Indosat Super Internet (42 Mbps)

Pengaturan APN yang berikut ini sangat cocok untuk kalian gunakan apabila sudah mendaftar di paket Super Internet dengan kecepatan 42MBps.

Untuk menggunakan pengaturan APN ini, pastikan dulu kalau kalian sudah memenuhi beberapa syarat seperti berikut:

  • Pastikan kalian sudah terdaptar di paket Super Internet Kuota.
  • Perangkat yang digunakan juga sudah mendukung akses kecepatan internet 42MBps, biasanya ini ada di semua ponsel 4G terbaru.
  • Kualitas sinyal bagus.

Nah, jika semua syarat tersebut sudah terpenuhi maka kalian bisa menggunakan pengaturan APN berikut ini.

Nama APNIndosat Super Internet 42MBps
APNindosatgprs
Dial*99#
Proxy10.19.19.19
Port8080
UsernameIndosat
PasswordIndosat
ServerKosongkan
MMSC ProxyKosongkan
MMSC PortKosongkan
MMC510
MNC01
APN Protokolipv4

2. Setting APN Indosat Untuk Jaringan 4G Terbaik

Selain pengaturan APN yang pertama tadi, kalian juga bisa memakai pengaturan APN yang berikut ini. APN ini bertujuan untuk memaksimalkan kecepatan internet 4G yang bisa di tangkap oleh smartphone kalian.

Untuk syarat pemakaian APN ini juga masih sama dengan yang disebutkan diatas tadi dan untuk pengaturannya adalah sebagai beikut:

Nama APNIndosat Super 4G LTE
APNlte
ProxyKosongkan
PortKosongkan
UsernameIndosat
PasswordIndosat
ServerKosongkan
MMSC ProxyKosongkan
MMSC PortKosongkan
MMC510
MNC01
APN Protokolipv4

Penutup

Mungkin demikian saja tips yang bisa admin berikan untuk kalian mengenai cara mempercepat internet Indosat Ooredoo. Semoga dengan tips diatas juga bisa membantu kalian yang mungkin sedang mengalami masalah dengan koneksi internet lemot.

Jika kalian mengalami masalah saat mengikuti tips mempercepat internet indosat Ooredoo diatas, maka jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar yang ada dibawah ini, karena admin akan berusaha untuk membantu mencarikan solusi dari masalah tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.