Sinyal Hilang di HP Android

Cara Atasi Sinyal Hilang di HP Android

Sinyal Hilang di HP Android – Sekarang ini tidak hanya Smartphone saja yang menjadi sebuah kebutuhan, tapi internet pun sama. Hal ini mungkin di karenakan perkembangan zaman dan teknologi buatan manusia yang semakin canggih.

Kedua kebutuhan tersebut juga saling terkait, karena jika tidak ada internet, Smartphone tidak akan bisa berfungsi dengan baik. Begitu juga sebaliknya, tanpa adanya Smartphone, pemakaian internet pun akan terasa kurang.

Namun dalam pembahasan kali ini, saya tidak akan menjelaskan perbandingan antara keduanya, melainkan masalahnya. Ada satu masalah yang bisa di bilang cukup sepele, namun nyatanya bisa membuat banyak orang kerepotan. Di mana masalah ini adalah sinyal lemah, bahkan sinyal tiba-tiba hilang tanpa sebab.

Nah, pada saat sinyal pada HP hilang secara tiba-tiba, maka secara otomatis semua koneksi pada ponsel tidak akan bisa berjalan. Contohnya saja seperti telepon maupun internet.

Sudah pasti bakal membuat kita kerepotan bukan? Oleh karena itu, silakan simak cara mengatasinya berikut ini.

Apa Penyebab Sinyal Hilang di HP Android?

Dari beberapa forum internet yang saya jelajahi, ternyata masih banyak sekali orang yang bertanya hal ini. Apa penyebab sinyal hilang secara tiba-tiba pada HP Android?

Secara umumnya sih penyebabnya ada banyak dan cukup beragam. Mulai dari masalah pada HP, lokasi sampai dengan provider yang di gunakan.

Berikut selengkapnya:

  1. Lokasi Belum Tercover Layanan
    Faktor lokasi juga bisa menjadi penyebab utama sinyal pada HP hilang secara tiba-tiba. Karena tidak semua lokasi sudah bisa tercover secara penuh oleh beberapa provider.
  2. Faktor Cuaca Buruk
    Selain karena lokasi, cuaca yang sedang tidak mendukung juga bisa menjadi penyebab sinyal hilang tiba-tiba. Misalnya cuaca buruk seperti badai atau hujan lebat.
  3. Sedang Ada Perbaikan Jaringan
    Aktivitas pemeliharaan jaringan oleh provider akan di lakukan secara berkala, bisa beberapa bulan atau satu tahun sekali. Ketika sedang pemeliharaan jaringan, otomatis kekuatan sinyal akan berkurang dan ini bisa menjadi penyebab sinyal timbul dan hilang kembali.
  4. Ada Kerusakan Pada Hardware HP
    Selanjutnya, adanya kerusakan pada hardware di dalam HP juga bisa memicu masalah ini. Meski sangat jarang, namun bukan berarti kondisi ini tidak bisa terjadi. Namun seringnya sih pada HP yang terkena air atau pernah jatuh sebelumnya.
  5. Aplikasi atau Software Ada yang Bermasalah
    Adanya masalah pada software maupun aplikasi juga bisa menjadi penyebab jaringan hilang tiba-tiba. Hanya saja, software maupun aplikasi ini yang ada kaitannya dengan pengelola sinyal pada HP.
  6. Signal Reciever Pada HP Bermasalah
    HP tidak ada sinyal juga bisa di sebabkan oleh signal receiver yang bermasalah.

Selain yang saya jelaskan, kemungkinan masih ada faktor lain yang menjadi penyebabnya. Namun dari yang saya baca dan pernah saya sendiri alami, faktor utamanya sih seperti itu.


Baca Juga Yuk : Cara Mengatasi HP Tidak Bisa di Cas


Cara Mengatasi Sinyal Hilang di HP Android

Pada saat sinyal pada HP hilang secara mendadak, maka seharusnya kita melihat dan mencari titik dari penyababnya. Dengan begitu, kita akan lebih mudah dalam mengatasi masalahnya.

Yang menjadi masalahnya, mencari faktor penyebabnya itu tidaklah mudah untuk di lakukan. Hal ini yang juga menjadi salah satu kendala dan mungkin membuat mereka malas mencarinya.

Meski terkesan sulit, bukan berarti tidak bisa kita akali ya. Caranya sangat sederhana, yaitu dengan mencoba satu persatu solusinya sampai menemukan yang pas.

Silakan kalian bisa ikuti satu persatu cara mengatasi sinyal HP yang sering hilang tiba-tiba.

1. Coba Ganti Dengan Provider Lain

Langkah pertama yang bisa di lakukan adalah dengan memastikan apakah provider yang kita pakai sedang gangguan atau tidak. Kenapa? Karena tidak sedikit sinyal dari provider mengalami loss signal atau gangguan dari pusatnya.

Apalagi di tambah kalian tinggal di tempat yang jauh dari perkotaan dan mungkin juga belum tercover penuh oleh provider. Selain itu, faktor cuaca dan adanya perbaikan jaringan juga bisa menjadi penyebabnya.

Untuk masalah seperti ini, kita memang tidak bisa memperbaikinya secara langsung. Meski begitu, ada dua solusi yang dapat kalian coba. Diantaranya adalah seperti:

  1. Mengganti dengan provider lain.
  2. Atau menunggu sampai provder yang sedang gangguan normal kambali.

2. Periksa Pengaturan Pada HP

Selanjutnya, khusus kalian yang senang mengotak-atik HP, kondisi ini bisa saja menjadi penyebab HP tidak ada sinyal. Beberapa kondisi, hal ini juga bisa terjadi secara tiba-tiba atau dengan sendirinya.

Pengaturan ini umunya terletak pada bagian jaringan atau kartu SIM pada HP. Yang mana pada dasarnya kita bisa mengubah berbagai macam pengaturan yang ada di sana dengan mudah.

Lalu apa solusinya?

  • Coba kalian ingat kembali, pengaturan sinyal mana yang pernah kalian rubah sebelumnya.
  • Ganti pengaturan sinyal, misalnya dari 4G LTE ke 3G.
  • Pastikan pengaturan pencarian operator sudah di atur otomatis.

3. Tes Kartu SIM HP Saat Sinyal Hilang

Apakah kalian memiliki kebiasaan menaruh kartu SIM di sembarang tempat? Jika iya, cobalah untuk merubah kebiasaan jelek tersebut. Karena tanpa kalian sadari, hal tersebut bisa beresiko membuat kartu SIM rusak, hilang atau kartu SIM tidak terbaca.

Rata-rata sih penyebab rusaknya kartu SIM ini di karenakan ada bagian yang sering tergores atau kotor.

Bagaimana solusinya?

  • Coba kalian ganti kartu SIM tersebut dengan yang lain. Jika kartu SIM lain yang kalian masukan terbaca, maka sudah di pastikan kalau SIM utama mengalami kerusakan.
  • Selain itu, coba kalian masukan kartu SIM utama itu ke HP lain. Jika masih sama tidak bisa terdeteksi, maka sudah di pastikan SIM tersebut rusak.
  • Atau jika di HP lain kartu SIM dapat terbaca, ini mungkin ada error atau slot SIM di HP yang rusak.

4. Lakukan Pembaharuan Pada Sistem

Salah satu faktor yang menyebabkan kerusakan pada sistem adalah bug. Kondisi ini juga bisa memicu masalah sinyal lemah atau sinyal HP yang tiba-tiba hilang.

Bug seperti ini umunya terjadi pada ponsel jenis BM atau KW. Karena HP jenis itu sering menggunakan komponen bekas dan ROM yang tidak stabil.

Dalam masalah seperti ini, kita bisa melakukan pengecekan system update pada HP. Nanti bila tersedia, silakan coba kalian update langsung. Karena sapa tahu dengan melakukan pembaharuan ini, masalah HP tidak ada sinyal bisa teratasi.

Caranya begini:

  1. Pertama silakan buka Pengaturan.
  2. Lalu cari menu Tentang Ponsel.
  3. Kemudian klik Periksa Pembaharuan.
  4. Tunggu beberapa saat.
  5. Jika tersedia, silakan ketuk Perbaharui.
  6. Selesai.

5. Reset HP ke Pabrik

Apabila pembaharuan system sudah di lakukan, tapi masalah sinyal hilang pada HP masih belum juga teratasi. Ini artinya proses update system tersebut masih belum bisa menghilangkan bug yang tersimpan.

Untuk kondisi seperti ini, saya sarankan untuk melakukan reset HP kembali ke awal lagi. Karena dengan cara ini, ponsel kalian akan kembali ke awal lagi dengan sistem yang baru.

Begini cara reset-nya:

  1. Silakan buka Pengaturan pada HP.
  2. Kemudian cari Pengaturan Tambahan.
  3. Geser ke paling bawah, klik Cadangkan dan Reset.
  4. Lalu klik lagi menu Reset ke Setelan Pabrik.
  5. Terakhir ketuk Hapus Semua Data.
  6. Setelah itu tunggu sampai HP menyala kembali.
  7. Selesai.

Catatan:

Sebelum mulai reset ponsel ke pabrik, ada bagusnya kalian membackup data penting pada HP. Karena jika tidak, semua data penting yang kalian simpan akan hilang.

6. Atasi Sinyal Hilang Dengan Flash Ulang HP

Pada dasarnya, flash ulang HP ini di lakukan untuk memperbaiki banyak kerusakan yang ada pada HP. Misalnya saja seperti HP lemotbootloop, bahkan sampai mati sendiri.

Bisa di katakan juga kalau flash ulang ini merupakan salah satu cara yang sangat ampuh dalam memperbaiki berbagai kerusakan di HP Android. Salah satunya seperti sinyal hilang tiba-tiba.

Namun kondisi seperti ini lebih mengarah ke kerusakan pada sistem, seperti ROM yang mengalami bug.

Untuk melakukan flash, masing-masing HP mempunyai cara yang berbeda-beda. Sehingga tidak mungkin saya jelaskan satu-satu di sini, hehe. Kalian bisa searching caranya di Google saja, karena di sana ada banyak kok.

Nanti kalian hanya perlu memastikan cara flash-nya sudah sesuai dengan merk dan tipe HP yang di pakai. Karena jika tidak, HP kalian bisa matot.

7. Coba Perbaiki Invalid IMEI

Jika kalian belum tahu, IMEI ini adalah nomor yang ada pada HP dan berfungsi sebagai identitas. Di masing-masing HP itu mempunyai nomor IMEI yang berbeda-beda, meski mereknya sama sekalipun.

Nah, sinyal yang tiba-tiba hilang juga erat kaitannya dengan IMEI ini, lho. Karena pada saat IMEI tidak valid, maka HP tidak akan bisa membaca kartu SIM yang di masukan. Hasilnya, sistem tidak akan bisa menangkap sinyal sesuai dengan provider-nya.

Dapat saya katakan, kalau mengatasi IMEI invalid ini lumayan susah-susah gampang. Karena tidak semua HP, IMEI-nya bisa di kembalikan dengan mudah dan tidak sedikit juga yang gagal.

Apa solusinya?

  1. Coba kalian cek IMEI terlebih dahulu. Kalian bisa memakai aplikasi tertentu atau dengan kode dial khusus *#06#.
  2. Untuk memperbaiki IMEI, kalian bisa mencarinya di dalam bloh ini. Pakai saja fitur search yang ada di pojok kanan atas atau kiri, kemudian ketikan “IMEI Android Hilang”.

8. Bawa Ketempat Service HP

Nomor IMEI masih ada tapi sinyal tetap hilang? Ini artinya kalian harus mencoba solusi terakhir ini, yaitu dengan cara membawa HP ketempat service.

Ini bisa kalian lakukan jika semua cara di atas tadi sudah di lakukan tapi masih tetap gagal. Karena bisa jadi ada komponen di dalam HP yang mengalami kerusakan, terutama pada bagian slot kartu SIM atau penangkap sinyal.

Saya sarankan sih untuk membawah HP kalian ke service center (resmi) yang ada di kota atau tempat tinggal kalian. Untuk harganya beragam, tergantung jenis HP dan kerusakan yang di alami.

Namun bila masih ada garansi, pakai saja garansi tersebut.


Terganggu dengan notifikasi data internet penuh? Begini cara mengatasi penggunaan data internet penuh.


Penutup

Mungkin cukup sampai di sini dulu pembahasan tentang cara mengatasi sinyal hilang di HP Android dengan mudah.

Perlu kalian ketahui juga, kalau semua cara di atas tadi bisa kalian gunakan di semua tipe HP Android. Mulai dari Samsung, Oppo, Vivo, Realme, Xiaomi, Asus dan lainnya.

Silakan tulis di kolok komentar jika masih ada yang kurang di mengerti atau ada hal yang ingin ditanyakan.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.