Cara Mengatasi HP Terkena Air

Cara Mengatasi HP Terkena Air Agar Normal Kembali

Cara Mengatasi HP Terkena Air – Sudah pasti, tidak sedikit dari orang yang akan panik saat ponselnya terkena air atau jatuh kedalam air. Hal tersebut memang sudah sangat wajar, apalagi untuk mereka yang menyimpan banyak data penting di dalam ponselnya.

Saking paniknya seseorang, tidak sedikit dari mereka yang malah menghidupkan kembali ponselnya saat kemasukan air. Padahal itu sangat tidak di anjurkan untuk dilakukan, karena bisa menimbulkan banyak masalah serta menambah kerugian.

Memang benar, tidak selamanya kerusakan sebuah ponsel itu bisa kita perbaiki. Karena pada dasarnya, ada beberapa kerusakan yang memang sudah tidak bisa di perbaiki lagi, meski sudah di bawa ke tempat service HP sekalipun.

Kondisi tersebut juga sebenarnya hampir sama dengan masalah HP terkena air. Di mana, ketika sebuah ponsel terkena air (bagian komponen) maka sudah pasti akan timbul banyak kerusakan. Salah satunya itu tidak mau menyala atau sering di sebut mati total. Masalah ini juga akan semakin di perparah bila kita secara sengaja menghidupkan HP saat di dalam komponen HP masih terdapat air.

Apa Yang Terjadi Jika HP Terkena Air?

Mungkin masih banyak dari kalian yang bertanya-tanya, hal apa saja yang bisa terjadi jika HP terkena air. Saat sebuah smartphone yang masih menyala kemasukan air ataupun jatuh kedalam air, maka kemungkinan besar akan timbul beberapa masalah seperti:

  1. HP akan langsung mati (dalam waktu tertentu).
  2. Menyala, namun dalam kondisi yang tidak normal.
  3. Terjadi blank ( hp dapat menyala namun layar berwarna putih atau biru ).
  4. Menyala dan mati sendiri secara berulang-ulang.
  5. HP masih menyala, tapi tidak bisa digunakan.
  6. Suhu pada HP mendadak panas.

Selain beberapa kondisi yang sudah saya sebutkan tadi, kemungkinan besar masih ada hal lain yang terjadi ketika HP kemasukan air. Namun yang pasti, beberapa kondisi tersebutlah yang sering muncul pertama kali.

Cara Mengatasi HP Terkena Air

Meski beberapa masalah yang akan terjadi pada HP saat terkena air tidak bisa kita hindari, namun kondisi tersebut masih bisa kita cegah agar tidak terjadi. Caranya juga sangat mudah, kalian bisa menyimak cara lengkapnya di bawah ini:

1. Angkat HP Dari Dalam Air

Hal yang paling penting untuk kalian semua lakukan tentu adalah mengangkat HP yang jatuh kedalam air. Jika ponsel kalian tidak sengaja terjatuh kedalam air, maka segeralah angkat dari dalam air sebelum air berhasil merembes masuk kedalam komponen HP.

Namun jika ponsel kalian terkena tumpahan air, maka segeralah untuk menjauhkannya dari sumber air tersebut. Karena air bisa masuk melalui celah-celah yang sempit sekalipun, seperti lubang jackspeaker dan lubang charger.

Meski HP kalian sudah dibekali dengan teknologi anti air seperti IP67 atau IP68, namun tetap saja masih mempunyai batasan. Jika dalam batas waktu tertentu, kalian belum mengangkat HP dari dalam air, maka kemungkinan air akan masuk kedalam komponen HP.

2. Matikan HP Bila Masih Menyala

Langkah selanjutnya yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi HP yang terkena air adalah dengan mematikannya bila masih menyala. Hal ini akan mencegah terjadi masalah pada komponen di dalam HP, seperti konslet misalnya. Untuk itu, alangkah baiknya untuk mematikan ponsel terlebih dahulu jika saat diangkat masih dalam keadaan menyala.

3. Copot Kartu SIM, Memory Card, Baterai

Cara yang berikutnya ini juga bisa kalian lakukan saat HP terkena air atau jatuh kedalam air secara tidak sengaja. Di mana, kalian juga wajib untuk melepaskan baterai android (jika memungkinkan), kartu memory dan juga SIM Card yang ada di dalamnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya beberapa masalah yang lebih serius lagi.

Bila kalian sudah mempunyai pengalaman dalam hal bongkar pasang ponsel, ada bagusnya untuk melepas satu persatu komponen yang ada di dalam HP. Ini akan mencegah terjadinya kerusakan yang serius di dalam komponen ponsel.

Setelah komponen berhasil kalian lepaskan dengan baik, maka langkah selanjutnya adalah mengeringkannya dengan kain lembut. Namun perlu kalian ingat, cara tersebut bisa dilakukan jika kalian memang sudah mahir dalam urusan membongkar pasang HP.

4. Keringkan Bagian Luar HP Dengan Kain

Bila sebelumnya kalian sudah selesai mengeringkan bagian dalam komponen HP yang terkena air, maka untuk selanjutnya kalian juga wajib mengeringkan bagian luar ponsel, khususnya pada bagian LCD. Karena dalam beberapa kasus, LCD HP yang terkena air bisa mengalami kerusakan bisa tidak di keringkan dengan benar.

Hal ini juga karena di dalam LCD terdapat filamen lunak yang tidak tahan terlalu lama pada kelembaban air. Sehingga sangat wajib juga untuk membersihkan air yang masih tersisa di bagian luar ponsel sampai benar-benar kering.

Kalian juga harus melakukannya dengan hati-hati dan perlahan, hindari untuk terlalu sering menggerakkan HP saat membersihkannya. Karena semakin sering HP digerakkan, maka besar kemungkinan air akan masuk kedalam komponen ponsel. Kondisi tersebut jelas dapat menambah kerusakan pada HP saat terkena air.

5. Pakai Vacuum Cleaner Saat HP Terkena Air

Mungkin masih banyak orang beranggapan kalau dengan meniup bagian tertentu pada ponsel bisa membuat air yang ada di dalamnya keluar. Tentu itu sangat salah besar, karena ketika kita meniup bagian tertentu pada HP, maka air yang ada dibagian tersebut malah masuk kedalam bukan keluar, lho.

Oleh karena itu, sangat tidak disarankan sekali untuk meniup bagian tertentu pada ponsel saat terkena air. Apalagi saat ponsel masih dalam keadaan menyala, malah akan memperburuk keadaan.

Nah, cara mengatasi HP yang terkena air yaitu dengan memakai vacuum cleaner. Sehingga kalian tidak harus meniup airnya, melainkan menarik air tersebut untuk keluar dari dalam HP.

6. Rendam Didalam Beras

Selain melakukan beberapa cara yang sudah saya sebutkan di atas, kalian juga bisa mengeringkan air yang ada di dalam HP dengan menggunakan beras. Memang bisa? Tentu saja bisa, meski tidak 100% mengeringkan air yang ada di dalam HP, namun cara ini cukup efektif.

Selain saat speaker terkena air, meredam HP kedalam beras juga bisa membantu dalam mengeringkan sisa air yang ada di dalam komponen HP. Hal ini karena beras dianggap mampu menyerap kelembaban dengan lebih cepat dan tanpa efek samping.

Berapa lama HP yang terkena air direndam di beras?

Lama prosesnya itu sebenarnya tergantung dari tingkat air yang masuk kedalam HP. Namun dalam sebuah percobaan yang pernah saya lakukan sendiri, lama HP yang harus direndam di dalam beras adalah 2 sampai 3 hari saja. Sebaiknya untuk tidak melebihi dari 3 hari, karena akan membuat beberapa komponen pada HP menjadi tidak berfungsi.

7. Simpan Didalam Silika Gel

Selain menggunakan beras, mengeringkan air yang ada di dalam HP juga bisa dilakukan dengan bantuan silika gel. Fungsinya masih sama dengan beras, di mana silika gel ini mampu untuk menyerap kelembaban yang ada pada HP saat terkena air.

Untuk caranya juga masih sama, kalian bisa melepaskan beberapa komponen yang ada pada HP lalu menguburnya di tumpukan silika gel. Lama prosesnya juga tergantung tingkat air yang masuk kedalam komponen HP, namun dalam 48 jam saja sebenarnya sudah cukup sih.

8. Keringkan Baterai, Kartu SIM, Memory Card

Selain mengeringkan bagian dalam HP, kalian juga wajib untuk mengeringkan bagian komponen lainnya yang terkena air. Misalnya saja seperti baterai, kartu SIM dan juga memory card yang digunakan. Untuk membersihkan komponen ini sebenarnya lebih mudah, karena kita hanya perlu mengeringkannya dengan bantuan kain lembut saja.

Hindari untuk menggunakan kain yang kaku atau menjemurnya di bawah sinar matahari, karena akan merusak komponen tersebut.

9. Nyalakan Kembali HP

Langkah terakhir setelah seluruh komponen pada HP kering, maka kalian sudah bisa kembali menyalakannya seperti semula.

Tidak semua ponsel memang bisa menyala seperti semua saat komponen di dalamnya sudah terkena air, namun jika masih bisa menyala itu mungkin merupakan sebuah mukjizat. Tapi jika HP masih tidak bisa menyala, ada baiknya untuk segera membawanya ke tempat service HP terdekat di kota kalian.

Hal yang Harus Dihindari Saat HP Terkena Air

Seperti yang sudah saya singgung di pembahasan pertama tadi, kalau ada beberapa hal yang harus kalian hindari saat HP terkena air. Contohnya saja seperti:

  • Tidak menyalakan HP saat terkena air.
  • Jangan menghubungkan HP ke tenaga listrik seperti charger.
  • Hindari menekan tombol fisik apapun pada HP selain tombol turn off jika ponsel masih dalam keadaan menyala.
  • Jangan mengguncang atau menggerakkan ponsel terlalu sering.
  • Tidak mengeringkan HP dengan hairdryer atau oven.
  • Tidak meniup bagian tertentu pada ponsel, seperti lubang charger, speaker dan lainnya.

Penutup

Di atas tadi merupakan beberapa cara sederhana yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi HP yang terkena air. Beberapa cara yang saya sebutkan di atas juga merupakan sebuah rangkuman dari pengalaman pribadi saat ponsel terkena air.

Namun itu kembali lagi ke kondisi yang kalian alami, jika tingkat air yang masuk kedalam komponen HP sudah sangat banyak, maka kemungkinan cara di atas tidak akan dapat bekerja. Karena komponen yang ada di dalam HP biasanya sudah mengalami kerusakan karena terjadinya konsleting. Sehingga harus di perbaiki dengan cara menggantinya dengan komponen baru.

Tapi jika masih sebatas ringan, seperti tersiram air atau jatuh kedalam air beberapa detik, maka cara di atas masih bisa bekerja dan membantu.

Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.