Sim Card Tidak Terbaca

Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca

SIM Card Tidak Terbaca – Setiap HP tentunya mempunyai fungsi yang cukup banyak, salah satunya adalah fungsi jaringan seluler. Dengan adanya fungsi tersebut, pengguna HP akan lebih mudah untuk mengakses semua hal yang berhubungan dengan internet, mengirim SMS, menelepon dan lainnya.

Namun bagaimana jika ternyata SIM Card yang kita gunakan pada HP Android tidak terbaca?

Tentu akan ada banyak sekali dampak buruk yang akan kita alami, sebab jaringan seluler yang ada pada HP juga akan ikut bermasalah.

Jika kita melihat masalah-masalah sebelumnya, SIM Card tidak terbaca atau terdeteksi bisa saja terjadi. Karena, admin sendiri pun sudah pernah dan bisa di bilang sering mengalami masalah yang satu ini.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi SIM Card tidak terdeteksi pada HP? Tenang, kalian tidak perlu panik dan khawatir jika mengalami masalah ini, karena Kampung Gadget akan menjelaskan cara mengatasinya.

Penyebab SIM Card Tidak Terdeteksi

Penyebab SIM Card Tidak Terdeteksi

Tunggu dulu, sebelum lanjut ke pembahasan tentang cara mengatasi SIM Card tidak terbaca di Android, ada baiknya kita lihat dulu beberapa penyebabnya.

Secara umum, setiap masalah yang terjadi di dalam teknologi itu tentu ada faktor penyebabnya, begitu juga ketika SIM Card yang kalian gunakan tidak terdeteksi.

Sebenarnya ada beberapa penyebab utama kartu SIM tidak bisa terdeteksi di dalam HP dan beberapa diantaranya masih tidak di sadari oleh sebagian orang.

Berikut penyebab SIM Card tidak terbaca:

1. Masa Pakai SIM Card Sudah Terlalu Lama

Bagi kalian yang mungkin belum terlalu tahu, di mana setiap barang yang kalian gunakan pastinya memiliki masa pakainya, begitu juga dengan SIM Card. Nah, untuk kartu SIM yang sudah terlalu lama kalian gunakan, biasa saja akan mengalami kerusakan dengan sendirinya.

2. SIM Card Terlalu Panas

Secara umum, kondisi ini biasanya akan di pengaruhi ketika menggunakan HP yang panas. Dalam jangka waktu tertentu, keadaan tersebut akan membuat kartu SIM mengalami kerusakan yang membuatnya tidak bisa terdeteksi.

3. Slot SIM Mengalami Kerusakan

Agar dapat membaca kartu SIM, tentu masing-masing HP sudah di bekali dengan slot SIM card-nya tersendiri. Katika slot SIM mengalami kerusakan (misalnya saja kuningannya), maka tentu akan mengakibatkan kartu SIM tidak akan bisa terbaca lagi.

4. IMEI HP Sudah Hilang

Pada dasarnya, IMEI itu merupakan nomor unik yang secara singkat memiliki fungsi untuk memberikan identitas pada masing-masing ponsel. IMEI ini sebenarnya mempunyai pengaruh langsung pada HP, yang jika hilang akan membuat kartu SIM seolah-olah tidak terdeteksi.

5. Jaringan Provider Sedang Bermasalah

Pada dasarnya, permasalahan yang terjadi ini tidak selamanya di sebabkan oleh kartu SIM itu sendiri. Dalam beberapa kejadian, provider juga bisa menjadi penyebab kartu SIM tidak terdeteksi pada HP Android. Kondisi ini biasanya akan terjadi secara mendadak, meski sebelumnya normal-normal saja.

6. Ada Masalah Pada IC PA

Mungkin masih banyak yang belum tahu kalau IC PA ini merupakan salah satu komponen yang cukup berpengaruh terhadap penangkapan sinyal pada HP. Apabila komponen ini mengalami kerusakan, tentu akan berdampak pada sinyal HP. Selain itu, kondisi ini juga bisa membuat SIM card tidak terdeteksi dengan baik.

7. Konfigurasi SIM yang Salah

Ketika konfigurasi SIM pada HP salah, tentu juga bisa menyebabkab SIM card error. Umumnya ini terjadi jika kalian memaksakan SIM yang di gunakan untuk mengakses jaringan 4G, padahal lokasi kalian belum mendukung jaringan tersebut.

Kesalahan konfigurasi lainnya juga bisa terdapat pada pengaturan APN dari operator yang di gunakan.

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di HP Android

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di HP Android

Seperti yang sudah di singgung di atas, kartu SIM yang tidak terbaca pada HP itu dapat terjadi dengan sendirinya begitu saja. Untuk kondisi yang satu ini, biasanya terjadi ketika kalian menggunakan kartu SIM dalam jangka waktu yang sangat lama, antara 5 sampai 6 tahun keatas.

Secara umum, SIM card akan mengalami degradasi di bagian material plastik dan kuningannya setelah mencapai usia lebih dari 6 tahun. Tapi, bagaimana jika kartu SIM yang kita pakai baru berusia beberapa bulan saja?

Nah, untuk kondisi tersebut, sebenarnya ada cara mudah untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa solusi yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi SIM card tidak terbaca.

Penting, cara ini sebenarnya bisa kalian gunakan untuk HP Xiaomi, Oppo, Samsung, Asus, Lenovo, Vivo, Realme, Asus dan HP Android lainnya.

1. Periksa Konektor SIM Card

Slot kartu SIM pada HP juga bisa mengalami masalah, lho. Tentu penyebab yang paling umum masalah ini adalah kuningan pada kenoktor yang rusak sampai dengan faktor usia pemakaian kartu SIM itu sendiri.

Saat ini, beberapa tipe HP Android terkadang juga sering mengalami kondisi seperti ini. Tentu efeknya kartu SIM tidak akan bisa terbaca atau terdeteksi. Sebagai contohnya, masalah ini sering terjadi pada HP Xiaomi Redmi dan HP Asus Zenfone 2.

Dalam mengatasi masalah ini, kalian dapat melakukan cara seperti ini:

  1. Jika memungkinkan, buka casing HP, baterai dan periksa konektor SIM.
  2. Berikutnya kalian bisa mengambil kipas angin lalu membersihkan bagian kuningannya.
  3. Gunakan kain yang lembut agar tidak merusakan kuningannya.
  4. Setelah selesai, kalian bisa kembali memasangnya.

Selain itu, kalian juga bisa melakukan hal yang sama pada kartu SIM. Bersihkan dengan menggunakan lap yang lebih lembut sebelum memasangkannya kembali ke konektor HP.

2. Coba Gunakan SIM Card Lain

Berikutnya, agar kita bisa dengan mudah memastikan penyebab masalah ini, maka kalian dapat memasukan kartu SIM lain pada HP. Selain itu, masukan juga kartu SIM yang tidak terdeteksi tadi ke HP lainnya.

Jika kartu lain yang kalian masukkan kedalam HP bisa terbaca, maka kemungkinan masalah ini terjadi pada SIM sebelumnya. Begitu juga sebaliknya, jika SIM card lain yang kalian masukan tidak terbaca, itu tandanya ada masalah pada konektor pada HP.

3. Coba Restart HP yang Digunakan

Cara yang paling sederhana berikutnya adalah dengan merestat HP yang kalian pakai. Karena terkadang, langkah ini bisa saja berpengaruh untuk menormalkan kembali SIM card yang sebelumnya tidak terbaca.

Alasannya, karena dengan melalui restat, biasanya jika ada bug yang terjadi pada ponsel akan hilang atau di bersihkan. Nah, jika kartu SIM yang tidak terbaca di sebabkan oleh bug pada sistem, maka biasanya akan teratasi dengan cara ini.

4. Bersihkan Kuningan Pada SIM Card

Untuk cara mengatasi SIM card yang tidak terbaca selanjutnya, kalian bisa mencoba untuk membersihkan kuningan yang ada pada kartu SIM. Kalian bisa membersihkan kuningan pada SIM dengan menggunakan lap atau penghapus.

Caranya juga sangat mudah sekali:

  • Pertama kalian lepaskan dulu kartu SIM dari HP.
  • Ambil sebuah penghapus dan gosokan di bagian kuningannya.
  • Agar hasilnya lebih bagus, kalian juga bisa menambahkan sedikit minyak kayu putih.
  • Setelah itu bersihkan dengan lap atau tisu.

Usahakan juga ketika menggosok bagian kuningannya, jangan menekannya terlalu keras agar tidak merusak bagian terpenting di dalamnya.

5. Periksa Pengaturan APN (Access Point Name)

Cara yang bisa kalian lakukan dalam mengatasi masalah SIM card tidak terbaca yaitu dengan memeriksa pengaturan Access Point Name (APN) pada HP. Karena APN merupakan jembatan penghubung dengan operator dan jaringan pada HP.

Begini cara setting APN:

  1. Pertama kalian buka dulu menu Pengaturan.
  2. Lalu cari menu SIM Card Settings.
  3. Berikutnya pilih Access Point Name.
  4. Terakhir sesuaikan dengan konfigurasi APN dari provider yang kalian pakai.
Bagi kalian pengguna operator Telkomsel, maka bisa membaca cara setting APN Telkomsel di artikel sebelumnya.

6. Ganti SIM Card Jika Rusak

Langkah yang berikutnya untuk memperbaiki masalah ini, kalian bisa mengganti SIM card jika mengalami kerusakan. Karena SIM card yang rusak sangat berpengaruh terhadap jaringan yang masuk kedalam ponsel.

Biasanya, jika kartu SIM mengalami kerusakan, maka akan di tandai dengan gejalan seperti ini:

  • Jaringan pada HP hilang timbul berulang-ulang.
  • Sangat sulit untuk bisa terhubung dengan layanan internet.
  • SIM card tidak terbaca.

Untuk kartu SIM yang mengalami kerusakan itu dapat terjadi karena banyak faktor. Contohnya seperti yang sudah admin jelaskan tadi di atas, karena kartu SIM terlalu sering terpapar oleh suhu panas dari HP.

Solusinya tentu sangatlah mudah. Kalian bisa mengganti kartu SIM lama tersebut dengan kartu baru (ganti nomor). Jika kalian tidak ingin nomor lama di ganti dengan nomor baru, maka cukup pergi ke gerai operator yang kalian pakai. Jika memungkinkan, kartu SIM kalian akan di perbaiki agar bisa di gunakan kebali.

7. Bersihkan File Cache Pada HP

Seperti yang pernah admin jelaskan di pembahasan sebelumnya, kalau file cache yang menumpuk pada ponsel bisa memicu banyak masalah pada sistem. Untuk itu, tidak ada salahnya juga jika kalian membersihkan file cache tersebut.

Kalian bisa melakukannya secara manual melalui pengaturan pada HP Android. Atau jika ingin secara otomatis, maka kalian bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga yang dapat di download pada Play Store. Salah satu aplikasi yang cukup populer saat ini adalah Cleaner.

8. Periksa IMEI dan Perbaiki Jika Hilang

Sampai saat ini, sebagian pengguna HP Android pasti masih ada yang belum paham tentang apa itu IMEI pada HP. Sederhananya, IMEI merupakan nomor identitas yang mempunyai fungsi untuk membantu HP dalam menangkap sinyal operator.

Dengan demikian, kalian tidak perlu heran jika sewaktu-waktu IMEI ponsel hilang dan membuat kartu SIM tidak terbaca. Kalian bisa memeriksa IMEI pada HP melalui:

  • Buka Dial (Telepon) pada ponsel kalian.
  • Pada keyboard, kalian ketikan *#06#*.
  • Berikutnya tunggu sampai HP kalian meresponnya.
  • Jika berhasil, kalian akan melihat pop-up yang berisikan IMEI.

Jika normal, di sana seharunya akan tertera sebuah informasi nomor unik yang menandakan IMEI HP yang kalian gunakan. Tapi jika tidak muncul nomor IMEI sama sekali, berarti inilah yang menjadi penyebab kartu SIM tidak terbaca.

Solusinya tentu kalian harus mengembalikan nomor IMEI yang hilang tersebut. Caranya cukup panjang dan kalian bisa mencarinya di Google Search.

9. Gunakan Fitur Mode Pesawat

Mungkin untuk sebagian orang, fitur airplane mode sangatlah jarang di gunakan.

Namun, siapa sangka kalau fitur tersebut sebenarnya bisa membantu kalian dalam memperbaiki beberapa error di HP Android, lho. Salah satunya itu adalah masalah kartu SIM yang tidak terdeteksi.

Untuk cara yang satu ini sebenarnya admin dapatkan dari salah satu situs besar di luar negeri yang bernama Techobezz, yang kebetulan juga membahas topik yang saat ini sedang kita bahas.

Untuk caranya seperti ini:

  1. Tekan dan tahan tombol power, lalu restat HP seperti biasa.
  2. Tunggu sampai ponsel kalian kembali menyala.
  3. Setelah menyala seperti biasa, geser ke bagian bawah menu di bagian atas (panel status bar).
  4. Lalu kalian aktifkan mode pesawat dan tunggu sampai 2-3 menit.
  5. Terakhir kalian bisa menonaktifkannya kembali mode pesawat tadi.

Berikutnya kalian juga harus menunggu kembali sampai jaringan selesai di segarkan. Biasanya deteksi kartu SIM yang tidak terbaca akan kembali normal seperti dulu.

10. Rubah Pengaturan Jaringan Pada HP

Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca Dengan Rubah Pengaturan Jaringan Pada HP

Mungkin masih banyak yang belum tahu, kalau sebenarnya pengaturan jaringan HP itu dapat di rubah sesuka hati.

Seperti yang sempat admin jelaskan di pembahasan sebelumnya, ketika provider mengalami gangguan maka salah satu masalah yang muncul adalah SIM card yang tidak terbaca. Nah, untuk gangguan ini biasanya hanya terjadi pada satu jenis jaringan saja, misalnya di jaringan 3G atau 4G saja.

Solusinya sangat mudah, begini caranya:

  1. Pertama-tama kalian buka dulu aplikasi Dial (Telepon) pada HP.
  2. Lalu ketikan saja kode *#*#4636#*#*.
  3. Periksa pada imformation 1 atau information 2 (SIM 1 atau SIM 2).
  4. Terakhir kalian tinggal merubah jenis jaringan yang terdapat di kolom sinyal.

Jika sudah, kalian dapat menunggu dalam beberapa waktu saja. Maka secara otomatis jaringan kartu SIM yang tidak terdeteksi akan normal kembali seperti dulu lagi.

11. Periksa Pembaharuan Sistem

Cara Mengatasi Sim Card Tidak Terbaca Dengan Memperbaharui Sistem Android

Error atau bug pada sistem sering juga mempengaruhi banyak hal pada ponsel yang kita pakai. Salah satu masalah yang cukup sering terjadi ialah kesalahan deteksi pada SIM card yang menyebabkannya menjadi tidak dapat terdeteksi dengan baik.

Tentu, asal-muasal dari error ini bermacam-macam penyebabnya. Namun umumnya bisa di sebabkan oleh pemakaian HP yang sudah terlalu lama. Tentu ini sangat berpengaruh, lho.

Nah, jika ingin mengatasinya bisa dengan cara ini:

  • Buka dulu menu Pengaturan pada HP.
  • Lalu kalian langsung pilih Tentang Telepon.
  • Berikutnya Periksa Pembaharuan.
  • Tunggu beberapa saat, jika tersedia kalian bisa langsung memperbaharuinya.

Biasanya proses pembaharuan sistem itu memerlukan akses jaringan yang baik, jadi kalian bisa memanfaatkan jaringan Wifi jika tersedia. Setelah selesai, kalian bisa mencoba kebali memeriksa deteksi kartu SIM pada ponsel.

12. Ganti Baterai HP

Jika secara sekilas, mungkin hal ini terlihat tidak ada hubungannya sama sekali sih.

Namun saya sendiri pernah punya pengalaman ini, HP yang saya gunakan saat di pasangkan kartu SIM tidak pernah mau terbaca. Pesan yang sering muncul seperti ‘SIM tidak terpasang’ atau ‘No SIM’.

Saya sendiri juga sudah melakukan berbagai hal, bahkan hampir semua cara yang di sebutkan tadi sudah di coba, tapi hasilnya tetap saja SIM tidak bisa terdeteksi.

Saking prustasinya, saya mencoba mengganti baterai HP lama dengan yang baru. Hasilnya? Ternyata sinyal yang tadinya hilang dan kartu SIM yang tidak terbaca bisa normal kembali seperti semula.

Lalu saya mencari tahu lebih dalam lagi, ternyata tegangan pada baterai HP yang sudah bermasalah atau rusak bisa mempengaruhinya. Tegangan pada baterai yang bermasalah bisa mempengaruhi komponen pada HP, terutama pada IC HP.

13. Reset Sistem di HP

Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca di HP Android Dengan Factory Reset

Selanjutnya kalian juga bisa mencoba untuk me-reset HP yang digunakan untuk mengatasi masalah SIM card tidak terdeteksi. Karena dengan cara ini bisa membantu kalian untuk memperbaiki seluruh error yang ada di sistem HP, termasuk juga pada kartu SIM.

Jika belum tahu caranya, bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Masuk dulu kedalam menu Pengaturan yang ada pada ponsel.
  2. Lalu kalian cari menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  3. Terakhir tinggal pilih Kembalikan ke Setelan Pabrik.

Setelah itu, kalian hanya perlu menunggu sampai prosesnya selesai.

Penting: Sebelum melakukan cara ini, jangan lupa untuk mencadangkan data-data penting yang kalian simpan di dalam HP. Karena jika tidak, semua data kalian akan hilang ketika proses factory reset selesai. Jika belum tahu, kalian bisa membaca cara backup data di Android di artikel sebelumnya.

14. Flashing Ulang HP

Selain dengan cara tadi, memperbaiki masalah pada HP yang paling efektif selanjutnya adalah dengan melakukan flashing ulang ponsel.

Dengan melakukan flashing, kalian akan dengan mudah memperbaiki semua jenis error yang terjadi pada sistem Android. Mulai dari error yang ringan-ringan sampai dengan error yang relatif berat.

Untuk masalah pada kartu SIM yang tidak terbaca, sebagaimana yang saat ini sedang kita bahas di sini, sejatinya itu masuk kedalam kategori masalah yang cukup berat. Tapi, dengan melakukan flashing terkadang mampu untuk membantu kalian mengatasi masalah tersebut.

Lalu bagaimana cara flash-nya? Nah, jika kalian pengguna HP Xiaomi, maka dapat membaca caranya di sini. Namun, untuk pengguna HP Android lainnya bisa mencoba mencari cara flash di Google sesuai dengan tipe HP yang digunakan.

15. Bawa Ketempat Service HP

Terakhir, masalah komponen seperti konektor yang mengalami kerusakan, seperti yang juga sudah di jelaskan tadi itu terkadang bisa kalian atasi dengan cara membersihkannya saja. Namun, jika metode itu belum bisa berpengaruh dan SIM card masih tetap tidak bisa terbaca, itu berarti konektornya memang sudah benar-benar rusak.

Membahas masalah komponen, selain konektor, IC PA yang ada pada HP juga bisa menjadi penyebab dari masalah ini. Meski tidak benar-benar 100%, tapi komponen ini memang identik dengan kerusakan HP yang berkaitan dengan jaringan atau sinyal. Karena bisa saja ada bagian yang sudah putus atau lainnya.

Untuk mengetahui dan juga memperbaiki masalah yang satu ini, sebenarnya akan lebih baik jika kalian langsung saja membawanya ke tempat service atau service center resmi. Dengan begini, teknisi HP akan mengganti komponen HP kalian yang mengalami kerusakan.

Sedangkan untuk harga service SIM card tidak terbaca sendiri tidak terlalu mahal, kok. Untuk estimasinya kalian dapat melihatnya pada tabel di bawah ini:

Jenis Komponen Perkiraan Biaya
Konektor SIM Rp. 60.000 sampai Rp. 100.000
IC PA Rp. 120.000 sampai Rp. 200.000

Penutup

Jadi begitulah sebuah pembahasan mengenai cara mengatasi SIM card tidak terbaca. Mungkin saat ini masih banyak orang yang sedang mengalami masalah ini, namun ternyata sampai hari ini masih banyak orang yang belum tahu bagaimana cara memperbaiki masalah tersebut.

Baik, semoga dengan 15 tips di atas, masalah pada HP yang kartu SIM-nya tidak terdeteksi dapat kembali normal seperti semula.

Seperti biasa, jika kalian memiliki sebuah pertanyaan seputar permasalahan pada gadget, silakan mengirimkannya melalui email atau menulisnya di kolom komentar di bawah ini.

Selamat mencoba dan semoga sesuai dengan harapan kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.