Penggunaan Data Internet Penuh

Cara Mengatasi Penggunaan Data Internet Penuh di Android

Penggunaan Data Internet Penuh – Hampir sebagian pengguna HP Android lebih sering menggunakan ponselnya untuk keperluan internet. Mulai dari mengakses media sosial, sampai dengan mendownload dokumen untuk keperluan pekerjaan.

Namun pernah gak sih kalian mendapatkan sebuah notifikasi, seperti peringatan penggunaan data internet penuh? Pastinya pernah ya, sekali atau mungkin sering mendapatkannya.

Nah, peringatan penggunaan data (Data Usage Limit) ini adalah salah satu fitur yang berguna untuk membatasi pemakaian kuota internet. Mulai dari batas pemakaian harian, mingguan sampai dengan bulanan. Fitur ini juga memang sudah ada secara langsung di semua HP Android.

Manfaat dari fitur ini cukup banyak, lho. Salah satunya itu adalah untuk mencegah pulsa kita terpotong saat kuota internet yang kita miliki habis di gunakan. Biasanya batas penggunaan kuota ini biasanya di atur sesuai dengan pemiliknya sendiri. Artinya kita bisa menyesuaikannya dengan paket internet yang sedang di miliki.

Meski berguna, tapi beberapa pengguna HP Android sering merasa terganggu dengan adanya fitur ini. Apalagi notifikasinya tidak bisa kita hilangkan dengan mudah. Sudah pasti akan membuat kita merasa kesal, bukan?

Tapi jangan khawatir, karena saya akan menjelaskan cara mengatasi masalah ini untuk kalian.

Cara Mengatasi Penggunaan Data Internet Penuh (Data Usage)

Dalam mengatasi masalah notifikasi penggunaan data internet penuh, sebenarnya tidak sulit kok untuk kita lakukan. Karena pada dasarnya caranya sudah ada langsung pada HP yang kita gunakan.

Khusus untuk kalian pengunjung Kampung Gadget, saya akan membagikan beberapa cara mudah untuk menghilangkan notifikasi tersebut.

1. Menghilangkan Notifikasi Data Internet Penuh

Untuk kalian yang sering merasa terganggu dengan notifikasinya saja, maka bisa memakai cara yang pertama ini. Karena di sini kita hanya akan menghilangkan notifikasinya saja tanpa menonaktifkan fitur pengingat penggunaan data.

Caranya seperti ini:

  • Pertama tap notifikasi yang muncul di atas layar.
  • Maka kalian akan di perlihatkan sebuah grafik dengan garis berwarna kuning dan merah.
  • Garis warna kuning (sebagai peringatan ambang batas), sedang merah (penanda penggunaan data yang di hentikan oleh sistem).
  • Geser saja kedua garis tersebut ke atas, sesuai dengan keinginan.
  • Setelah batas sudah kalian tingkatkan, maka notifikasinya tidak akan muncul kembali.

2. Menghapus Statistik Penggunaan Data (Dari Siklus Tertentu)

Cara yang berikut ini tentu berbeda dengan sebelumnya, karena di sini kita akan menghapus statistik data dari siklus tertentu saja. Sehingga dalam waktu tertentu, kita tidak akan melihat peringatan penggunaan data internet yang sudah habis.

Caranya seperti ini:

  1. Pertama buka dulu Pengaturan pada HP.
  2. Centang dulu pada bagian Mobile Data.
  3. Berikutnya tap tanggal yang terlihat.
  4. Maka muncul sebuah menu, pilih saja opsi Ubah Siklus (Change Cycle).
  5. Di sini kalian bisa atur siklus mulai dari tanggal 1 sampai 31 dalam satu bulan.
  6. Sehingga grafik yang muncul akan tergantikan dengan yang sekarang.
  7. Dengan begitu peringatan penggunaan data sebelumnya akan hilang.
  8. Selesai.

3. Menghapus Statistik Penggunaan Data Secara Permanen

Jika kalian ingin menghapus seluruh statistik penggunaan data internet di HP secara permanen, maka caranya akan sedikit berbeda dari sebelumnya. Karena di sini kita akan menggunakan bantuan sebuah aplikasi pihak ketiga, misalnya saja seperti ES File Explorer.

Cara penggunaannya sebagai berikut:

  • Pastikan kalian sudah memiliki aplikasi Explorer pada HP.
  • Lalu langsung saja buka aplikasinya.
  • Lanjut masuk ke bagian /data/system/netstats.
  • Jika sudah ketemu, kalian hapus semua folder yang ada di dalamnya.
  • Apabila sudah terhapus semuanya, maka restart HP kalian seperti biasa.
  • Selesai, deh.

4. Lakukan Factory Reset

Bila kalian sudah menggunakan semua cara di atas, namun belum bisa mengatasi masalah peringatan penggunaan data internet penuh, maka bisa memakai cara ini. Di mana caranya adalah dengan melakukan factory reset atau sering juga di sebuah dengan reset pabrik.

Dengan factory reset, semua pengaturan yang sebelumnya sudah kalian buat pada sistem HP akan di reset ulang kembali seperti baru. Sehingga jika terjadi masalah pada notifikasi penggunaan data penuh, maka akan segera teratasi dengan cara ini.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka Pengaturan pada HP kalian.
  2. Lalu cari menu Pengaturan Tambahan.
  3. Berikutnya pilih Cadangkan dan Reset.
  4. Pilih lagi menu Reset ke setelan pabrik.
  5. Terakhir Hapus Semua data dan tunggu sampai proses reset selesai.

Penting:

Selain mengatasi masalah yang sedang kita hadapi, melakukan factory reset juga akan menghapus semua data yang ada pada HP. Jadi, untuk mencegah data penting yang kalian miliki hilang, maka ada baiknya untuk membackup terlebih dahulu.

Dengan begitu, semua data yang ada di HP kalian akan aman. Untuk cara backup data di Android sebenarnya sudah pernah saya bahas secara lengkap, sehingga kalian bisa membacanya di sana.

5. Atasi Penggunaan Data Internet Penuh Dengan Flash HP

Atasi Penggunaan Data Internet Penuh Dengan Flash HP

Solusi yang paling terakhir untuk mengatasi masalah peringatan penggunaan data internet penuh yang tidak bisa hilang adalah dengan melakukan flashing. Cara ini bisa menjadi pilihan terakhir yang dapat kalian coba lakukan apabila semua solusi di atas belum berhasil.

Cara ini sangat ampuh untuk mengatasi semua permasalahan pada HP Android, misalnya seperti yang sedang kalian hadapi saat ini. Sebab, flashing ini adalah sebuah proses penggantian sistem firmware yang ada pada HP Android.

Untuk melakukan flashing, kalian harus mengetahui terlebih dahulu tipe HP dan sistem firmware yang di gunakan. Karena masing-masing HP Android mempunyai sistem firmware yang berbeda-beda, ya. Pastikan menggunakan sistem yang sesuai dengan aslinya.

Selain sistem firmware di setiap HP berbeda-beda, proses flashing juga mempunyai perbedaan di masing-masing merek HP. Sehingga akan sangat panjang jika saya jelaskan caranya di sini.

Tapi, kalian bisa menemukan caranya di Google dengan mengetikkan tipe atau jenis HP yang kalian gunakan.

Penutup

Mungkin cukup sekian dulu pembahasan yang bisa saya sampaikan untuk kalian hari ini tentang cara mengatasi penggunaan data internet penuh. Masing-masing cara di atas mempunyai manfaat dan fungsinya masing-masing, ya.

Sehingga kalian bisa memilih cara mana yang sesuai dengan keperluan masing-masing. Namun, jika kalian mempunyai cara yang lebih ampuh, maka jangan sungkan untuk membagikannya di kolom komentar.

Selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.