IMEI Android Hilang (Invalid)

IMEI Android Hilang

IMEI Android Hilang – Apa itu IMEI? Bagi kalian yang mungkin belum tahu, IMEI ini adalah nomor unik yang ada pada HP dan berfungsi sebagai identitas. Di masing-masing HP memiliki nomor IMEI yang berbeda-beda, meski mereknya sama sekalipun.

Selain sebagai identitas sebuah ponsel, IMEI juga erat hubungannya dengan masalah sinyal hilang pada HP. Alasannya? Ada beberapa smartphone (terutama ber-chipset Mediatek (MTK)) yang banyak sekali mengalami kasus IMEI hilang atau invalid IMEI.

Ketika IMEI invalid, biasanya akan memunculkan beberapa masalah atau kerusakan tertentu di dalam HP. Salah satu dan yang paling sering adalah masalah sinyal hilang (no signal).

Bagi sebagian orang, sudah pasti masalah seperti ini akan sangat merepotkan sekali. Apalagi mengingat fungsi HP Android itu kebanyakan untuk keperluan menelepon, SMS, chatting dan juga internet.

Sudah pasti, jika ini terjadi, semua hal tersebut tidak akan bisa dilakukan lagi. Jadi bagaimana solusinya? Berikut akan saya jelaskan cara mengatasi IMEI Android hilang (invalid), silakan simak sampai akhir ya.

Apa Akibatnya Jika IMEI Android Hilang?

Apa Akibatnya Jika IMEI Android Hilang

Bisa di katakan kalau saya sendiri adalah salah satu orang yang pernah mengalami masalah IMEI tidak valid atau null. Katika itu saya menggunakan ponsel Lenovo tipe A369i dengan chipset Mediatek.

Karena saya sangat suka utak atik HP, beberapa hari setelah membelinya, HP tersebut langsung coba saya flash dan install custom ROM baru.

Akibatnya:

  • Pas pertamanya sih tidak ada kendala dan semua sistem serta fungsi HP lancar seperti biasa.
  • Namun tidak lama kemudian, sinyal pada HP mulai hilang dan internet pun tidak bisa terhubung sama sekali.
  • Ketika saya coba periksa ulang, ternyata IMEI tidak ditemukan (hilang).

Nah, setelah saya kunjungi beberapa forum dan juga group, masalah IMEI invalid ini ternyata bukan saya saja yang mengalaminya. Tapi ternyata banyak pengguna HP Android yang juga mengalami masalah seperti yang saya alami.

Alasannya cukup beragam, ada yang mengalami IMEI hilang setelah flash dan ada juga yang IMEI hilang setelah root. Selain itu, mungkin juga masih banyak faktor-faktor yang menyebabkan masalah ini.

Oh ya, perlu kalian ketahui juga kalau masalah ini tidak hanya bisa terjadi pada HP Lenovo yang saya gunakan saja. Karena invalid IMEI juga bisa terjadi pada HP Android merek lainnya, terutama untuk HP dengan chipset Mediatek.

Ada banyak kok HP yang menggunakan chipset Mediatek, seperti Evercoss, Oppo, Samsung, Andromax, Smartfren dan masih banyak lagi.


Mungkin Tertarik : Cara Atasi HP Tidak Bisa di Cas


Cara Mengatasi IMEI Hilang atau Invalid di HP Android

Bagi beberapa orang, ketika IMEI pada HP hilang (invalid), maka sudah pasti mereka akan merasa panik dan takut. Padahal tidak selamanya harus seperti itu, sebab ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan IMEI yang hilang pada HP.

Sedikit catatan, cara berikut ini saya dapatkan dari sharingsharing sesama pengguna HP dan juga dari beberapa forum internet. Beberapa diantaranya juga sudah saya coba terapkan dan berhasil untuk mengembalikan IMEI yang hilang.

1. Lakukan Persiapan

Sebelum kita lanjut ke topik utamanya, hal pertama yang sangat penting untuk kalian lakukan adalah mencatat nomor IMEI yang ada pada HP terlebih dahulu. Karena IMEI ini nanti kita gunakan untuk bisa di kembalikan lagi ke dalam HP.

Cara cek IMEI seperti ini:

  1. Lihat nomor IMEI pada dus HP yang di dapat. Biasanya IMEI dari HP yang kita pakai akan tertera pada dus tersebut.
  2. Jika dus HP hilang, kalian bisa melihat bagian belakang casing HP. Beberapa ponsel biasanya memiliki nomor IMEI di bagian ini.

Namun letak IMEI pada casing itu berbeda-beda, ada yang letaknya di dalam dan ada juga yang di luar.

  1. Jika letaknya di dalam casing
    Apabila letaknya di dalam casing dan ponsel tidak menggunakan baterai tanam (removable), silakan coba cabut baterainya terlebih dahulu.
  2. Jika letaknya di luar casing
    Sedangkan jika di luas casing, cukup langsung kalian cek aja di bagian belakangnya. Nanti di sana akan ada informasi mengenai nomor IMEI yang di miliki oleh HP.

Setelah persiapan sudah selesai, saatnya melakukan root pada HP terlebih dahulu. Ini dikarenakan hampir semua solusi di bawah ini mengharuskan kita melakukan root terlebih dahulu.

Masing-masing HP memiliki cara root yang berbeda-beda, silakan kalian coba cari caranya di blog ini dengan memasukan kata kuncu “root“.

2. Kembalikan IMEI Dengan Bantuan Chamelephon

Untuk yang belum tahu, Chamelephon merupakan sebuah aplikasi khusus yang bisa membantu kita dalam mengembalikan IMEI hilang atau invalid pada HP.

Selain itu, aplikasi ini juga sudah mempunyai unduhan lebih dari 1,5 juta dan juga mempunyai banyak respon positif dari para user-nya. Sehingga kalian tidak perlu meragukan kegunaan aplikasi ini dalam mengatasi masalah invalid IMEI.

Cara mengembalikan IMEI Android hilang via Chamelephon:

  1. Pertama silakan kalian download dulu aplikasi Chamelephon di Play Store.
  2. Install aplikasinya seperti biasa dan jika sudah, langsung saja buka.
  3. Lalu masukkan IMEI yang sudah kalian catat tadi.
  4. Kemudian klik menu Apply New IMEIs.
  5. Selesai.

3. Lewat MTK Engineering

Selanjutnya ini khusus untuk pengguna HP dengan chipset Mediatek. Karena metode MTK Enginering merupakan solusi yang paling banyak di gunakan saat ingin me-restore IMEI yang invalid.

Caranya juga tidak sulit kok, karena bisa kita lakukan di rumah.

Langkah cara mengembalikan IMEI Android hilang dengan MTK Engineering:

  • Pertama kalian bukan dulu mode MTK Engineering.
  • Dengan cara buka aplikasi Telepon dan ketikan kode *#*#3646633#*#*.
  • Setelah sudah berhasil masuk ke MTK Engineering, ketuk menu Connectivity.
  • Lanjutkan lagi dengan pilih CDS Information.
  • Berikutnya pilih di SIM 1 atau Phone 1, maka nanti akan terlihat AT+.
  • Masukkan IMEI dengan contoh, AT+EMGR=1,7,nomor IMEI“.
  • Apabila sudah, ketuk menu Send AT Command.
  • Sekarang kalian ulangi lagi stepnya dengan cara yang sama pada SIM 2 atau Phone 2.
  • Selesai.

Catatan:

Oh ya, kemungkinan besar beberapa ponsel terkadang ada sedikit perbedaan step seperti tutorial yang sudah saya jelaskan di atas. Meski begitu, intinya masih tetap sama saja kok. Yaitu dengan memasukkan nomor IMEI yang hilang lewat MTK Engineering.


Bermasalah dengan kode MMI? Begini cara atasi kode MMI tida valid


4. Coba Restore IMEI Melalui Terminal Emulator

Seperti halnya dengan CMD (Command Prompt) pada Windows, Terminal Emulator juga merupakan sebuah program yang memiliki fungsi sama. Jadi, lewat Terminal Emulator ini kita dapat memasukkan berbagai macam perintah dalam melakukan berbagai macam hal.

Misalnya saja seperti mengecek ping koneksi internet dan lainnya. Namun dalam totorial kali ini, kita akan menggunakannya untuk me-restore IMEI yang hilang.

Restore IMEI menggunakan Terminal Emulator, saya rasa metodenya masih sama dengan poin sebelumnya. Hanya saja metode ini jauh lebih mudah dan simpel.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Pertama kalian install dulu aplikasi Terminal Emulator di Play Store.
  2. Jika sudah, buka saja langsung aplikasinya.
  3. Kemudian ketik “su” dan tekan enter. Perintah ini berfungsi untuk memberi akses root pada smartphone.
  4. Selanjutnya kalian masukkan lagi perintah, echo(spasi)’AT+EGMR=1,7,”Nomor IMEI“(spasi)>/dev/pttycmd1.
  5. Jika HP kalian sudah menggunakan dual SIM, maka perintahnya akan berbeda lagi.
  6. Begini, echo(spasi)’AT+EGMR=1,10,”Nomor IMEI“‘(spasi)>/dev/radio/pttycmd1.
  7. Apabila sudah berhasil, coba kalian reboot ponsel seperti biasa.
  8. Lalu cek IMEI lewat dial phone.

5. Mengembalikan IMEI Menggunakan MTKDroidtools

MTK Droid Tools juga merupakan salah satu software komputer yang juga mampunyai fungsi untuk me-restore IMEI. MTK Droid Tools ini juga termasuk cara yang sering di gunakan oleh beberapa orang untuk mengembalikan IMEI Android yang hilang.

Namun dengan catatan, jika ketiga cara di atas tadi tidak berhasil atau gagal. Selain itu, aplikasi ini tidak ada di Google Play Store, tapi kalian bisa mendapatkannya melalui internet.

Cara menggunakannya adalah seperti berikut:

  1. Pertama buka dulu MTK Droid Tools pada PC atau Laptop.
  2. Kemudian sambungkan ponsel MTK kalian dengan kabel USB.
  3. Lalu klik tombol root untuk bisa masuk ke Shell Acces.
  4. Jika muncul konfirmasi, tekan Yes.
  5. Lanjut lagi tekan tombol IMEI/NVRAM.
  6. Sekarang masukan nomor IMEI di dalam kolom yang sudah tersedia.
  7. Klik menu Replace IMEI.
  8. Nanti akan muncul konfirmasi, tekan Yes.
  9. Kalau muncul jendela yang bertuliskan “change will come into force after reset“, maka klik OK.
  10. Terakhir restart HP kalian seperti biasa.
  11. Selesai.

Catatan:

Jika HP atau tablet yang kalian pakai SIM-nya hanya ada satu, maka cukup isikan pada kolom IMEI 1 saja. Tapi jika SIM-nya dua, maka isikan ke dua kolomnya dengan nomor IMEI yang sudah kalian catat.

Bagaimana Kalau IMEI Android yang Hilang Belum Balik?

Bagaimana Kalau IMEI Android yang Hilang Belum Balik

Perlu kalian ketahui kalau keempat cara di atas merupakan cara universal yang dapat di gunakan hampir pada semua jenis serta tipe HP MTK. Tapi jika masih belum jalan, maka sudah pasti kalian harus menggunakan cara yang lainnya.

Namun caranya tidak bisa saya tuliskan dalam artikel ini, karena seperti yang saya katakan tadi kalau artikel ini di tunjukkan untuk semua tipe HP saja.

Misalnya seperti:

  1. Pada HP Smartfren Andromax, bisa memakai modul XPOSED (Phone ID Charger).
  2. Atau bisa juga menggunakan IMEI retreiver (seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya).

Jika masih belum bisa, sebelum kalian beranjak ke service center, ada bagusnya untuk mencari grup atau forum di internet. Nanti di sana kalian bisa mencoba menanyakan permasalahan yang sedang di alami. Seperti:

  • Grup Facebook
  • Grup chat
  • Forum Kaskus
  • Atau apapun yang membahas mengenai tipe HP yang kalian gunakan

Setelah berhasil bergabung, kalian bisa langsung menanyakan masalah yang sedang di hadapi di sana.

Penutup

Bagi beberapa orang, IMEI Android yang hilang akan membuat kerepotan. Karena jika di biarkan bisa menimbulkan beberapa masalah, seperti sinyal hilang yang mengakibatkan HP tidak dapat menerima telepon maupun SMS.

Belum lagi di tambah dengan cara perbaikannya yang bisa di katakan sangat sulit dan juga memakan waktu yang sangat lama.

Kalau IMEI yang hilang sudah kembali, ada bagusnya kalian melakukan backup IMEI lewat aplikasi-aplikasi khusus. Misalnya saja seperti aplikasi Mobile Uncle Tools. Dengan begitu, ketika IMEI invalid lagi, maka IMEI bisa langsung di kembalikan tanpa ada masalah seperti tadi.

Jika ada yang masih kurang jelas atau ada yang ingin di tanyakan, silakan tuliskan saja pada kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.