Mengizinkan Whatsapp Mengakses Kontak

Mengizinkan Whatsapp Mengakses Kontak

Mengizinkan Whatsapp Mengakses Kontak – Seperti yang mungkin sudah kalian ketahui kalau ada banyak sekali fungsi yang bisa di manfaatkan dari aplikasi WhatsApp. Mulai dari keperluan umum seperti chatting, berbagi gambar, sampai urusan bisnis pun bisa di lakukan dalam WhatsApp.

Lalu kalian menggunakan WhatsApp untuk keperluan apa? Apakah untuk keperluan bisnis atau hanya sebatas buat telepon dan chatting biasa saja. Tulis di kolom komentar nantinya ya, hehe.

Nah, ngomong-ngomong soal WhatsApp, tahukah kalian kalau sebenarnya WhatsApp itu memerlukan izin akses tertentu ketika kita pasang pada HP?

Yup, aplikasi WhatsApp memerlukan beberapa izin akses terlebih dahulu ke berbagai sistem yang ada pada HP kita. Mulai dari akses ke penyimpanan, kamera, lokasi, kontak dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagaimana kalau tidak kita berikan izin akses? Maka fungsi di WhatsApp tidak akan bisa berjalan dengan baik. Sama seperti yang akan saya bahas pada artikel ini, yuk simak selengkapnya sampai akhir ya.

Bagaimana Kalau Akses Kontak Tidak Diizinkan di WhatsApp?

Seperti yang saya katakan barusan, kalau agar semua fitur di dalam WhatsApp bisa berfungsi dengan baik, maka perlu di berikan izin akses ke sistem HP. Salah satunya adalah izin ke daftar kontak yang ada pada HP kita.

Jika kalian belum tahu, kalau kontak di HP Android itu tersimpan ke dalam sebuah file khusus di sistem. Nah, agar aplikasi WhatsApp bisa memunculkan daftar teman, maka perlu kita berikan izin akses ke file tersebut.

Apabila izin akses tidak diberikan, maka akan terjadi beberapa masalah saat kalian menggunakan WhatsApp. Masalah tersebut seperti:

  1. Daftar kontak teman WhatsApp kita tidak muncul dan malah akan blank seperti belum pernah menyimpan nomor telepon sama sekali.
  2. Kita tidak akan bisa kirim pesan ke teman WhatsApp, karena tidak ada kontak yang bisa di hubungi oleh sistem.
  3. Tidak bisa mengirim foto ke kotak pada WhatsApp.
  4. WhatsApp tidak bisa menerima gambar dalam pesan masuk.

Cara Mengizinkan WhatsApp Mengakses Izin Kontak

Pada dasarnya, untuk HP Android pengaturan izin biasanya dapat di jumpai melalui halaman Pengaturan.

Cara izinkan WhatsApp mengakses kontak:

  1. Pertama buka dulu Pengaturan pada HP.
  2. Lalu masuk ke menu Aplikasi.
  3. Cari aplikasi WhatsApp.
  4. Klik menu Izin.
  5. Kemudian aktifkan izin kontak.
  6. Selesai.

Simpelnya sih seperti itu, namun jika kalian ingin lebih jelas lagi. Silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Buka Pengaturan

Langkah pertama, silakan kalian guna menu Pengaturan yang ada pada HP Android masing-masing. Biasanya menu ini memiliki bentuk ikon gerigi yang ada di home screen.

Bila tidak ketemu, kalian juga bisa mengaksesnya melalui panel notifikasi pada HP. Caranya dengan mengusap layar dengan jari dari atas ke bawah, lalu klik ikon gerigi yang ada di pojok kanan atas.

2. Masuk ke Manajemen Aplikasi

Langkah selanjutnya, saat sudah berada di dalam menu Pengaturan, silakan kalian geser ke bagian bawah. Setelah itu ketuk menu Manajemen Aplikasi atau Aplikasi & Notifikasi.

3. Cari Aplikasi WhatsApp

Pada halaman manajemen aplikasi, nanti akan muncul semua daftar aplikasi yang pernah kalian install. Selain itu, aplikasi bawaan HP Android juga akan muncul pada halaman ini.

Sekarang silakan kalian cari aplikasi WhatsApp dan langsung buka saja.

4. Klik Opsi Izin Aplikasi

Apabila sudah berada di dalam jendela info aplikasi WhatsApp, silakan masuk ke dalam menu izin aplikasi. Biasanya sih ada di bagian bawah dari menu pengaturan notifikasi.

5. Aktifkan Izin Kontak

Langkah terakhir adalah mengaktifkan izin akses untuk aplikasi WhatsApp. Caranya dengan menggeser togle di samping kanan yang ada pada menu izin aplikasi. Jika sudah berubah menjadi warna biru, maka itu artinya izin akses sudah berhasil.

Sekarang kalian bisa kembali membuka aplikasi WA yang di gunakan. Lalu buat saja chatting baru, pada saat akan memilih kontak seharusnya daftar kontak pada HP akan muncul.


Mungkin Tertarik : Cara Mengganti Foto Profil WhatsApp Khusus Pemula


Alternatif Lain Untuk Mengizinkan WhatsApp Mengakses Kontak

Selain cara di atas tadi, sebenarnya masih ada cara alternatif lain yang bisa kalian pakai saat ingin mengaktifkan izin akses. Hanya saja langkah-langkah di masing-masing HP Android itu berbeda-beda pada setiap mereknya.

Namun masih tetap bisa kalian coba juga cara yang pertama belum bisa di gunakan.

1. Lewat Permissions

Untul alternatif yang pertama ini hanya bisa kalian lakukan jika HP Android yang di pakai sudah mempunyai menu permission. Biasanya sih rata-rata HP merek Xiaomi sudah mempunyai menu ini.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama buka dulu menu Pengaturan.
  • Lanjut buka menu Keamanan.
  • Masuk kedalam halaman Izin Aplikasi.
  • Selanjutnya masuk ke menu Baca Kontak.
  • Lalu cari aplikasi WhatsApp.
  • Terakhir aktifkan opsi Izinkan.
  • Selesai.

Sampai di sini seharusnya sih semua kontak yang ada pada HP kalian sudah bisa terbaca oleh sistem WhatsApp. Namun jika belum, caba pakai cara alternatif berikutnya.

2. Melalui Menu Kontak Pada WA

Cara selanjutnya untuk mengizinkan WhatsApp mengakses kontak di HP adalah melalui menu kontak yang ada di WA.

Sebelum itu, pastikan aplikasi WhatsApp yang kalian gunakan sudah versi terbaru, ya.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama buka aplikasi WhatsApp.
  2. Masuk kedalam menu Kontak.
  3. Nanti akan muncul beberapa pilihan menu.
  4. Silakan cari menu Tampilkan Semua Kontak, lalu Centang.
  5. Selesai.

Penting:

Perlu kalian ketahui, kalau cara ini tidak bisa kalian lakukan di semua versi WhatsApp ya. Karena hanya versi WhatsApp tertentu saja yang mempunyai menu tersebut, seperti WhatsApp Bussines.

Solusi Jika Kontak WhatsApp Masih Hilang Padahal Sudah Diberi Akses

Ini khusus apabila kontak WA kalian masih tetap tidak muncul meski sudah di beri izin untuk mengakses kontak sistem pada HP.

Karena bisa saja masalah tersebut terjadi di karenakan ada bug atau error yang berjalan pada aplikasi WA. Sehingga membuat beberapa fungsi WhatsApp tidak bekerja dengan baik.

Untuk caranya seperti berikut:

1. Perbaharui WhatsApp

Solusi yang pertama, coba kalian periksa pembaharuan yang tersedia untuk aplikasi WhatsApp. Karena bisa juga dengan melakukan pembaharuan, harapannya bug yang ada akan hilang.

Caranya dengan:

  • Masuk ke Google Play Store.
  • Klik kolom pencarian.
  • Ketikan WhatsApp.
  • Jika tersedia, klik Update.
  • Tunggu sampai proses update selesai.

Setelah proses pembaharuan selesai, silakan kalian coba buka kembali WhatsApp dan coba kirim pesan ke kontak. Apabila masih belum bisa, silakan coba cara yang selanjutnya.


Baca Juga Yuk : Cara Membuat Broadcast di WhatsApp


2. Hapus Data Aplikasi WhatsApp

Cara yang selanjutnya ini berfungsi untuk menghilangkan file cache yang tersimpan pada sistem.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  • Silakan buka menu Pengaturan pada HP.
  • Kemudian cari menu Manajer Aplikasi.
  • Lalu pilih lagi Aplikasi.
  • Berikutnya cari aplikasi WhatsApp.
  • Ketuk menu Hapus Data.
  • Selesai.

Penting:

Perlu kalian ketahui kalau dengan menghapus data ini akan membuat akun kalian menjadi logout. Sehingga kalian perlu login kembali dengan nomor telepon sebelumnya.

3. Install Ulang WhatsApp

Bila solusi di atas masih belum juga bisa, maka silakan coba untuk install ulang aplikasi WhatsApp yang kalian pakai.

Caranya begini:

  1. Pertama buka Google Play Store.
  2. Kemudian ketuk kolom pencarian.
  3. Ketikan WhatsApp.
  4. Lalu pilih menu Unistall.
  5. Jika sudah, silakan nyalakan ulang HP kalian.
  6. Tunggu sampai benar-benar menyala.
  7. Terakhir tinggal install ulang WhatsApp seperti biasa.
  8. Selesai.

Penting:

Cara ini juga sama seperti sebelumnya, di mana akun WhatsApp kalian akan ter-logout. Jadi, pastikan nomor telepon yang kalian gunakan mendaftar sebelumnya masih aktif, ya.

4. Pastikan Kontak WhatsApp Tidak Sedang Terblokir

Untuk hal terakhir ini sih sebenarnya akan membuat satu atau beberapa kontak WhatsApp tidak muncul meski sudah di beri izin akses.

Oleh sebab itu, coba deh kalian periksa kembali daftar kontak yang di blokir sebelumnya. Jika memang ada, coba hapus kontak telepon tersebut daftar daftar blokir.

Karena kalau kontak WA terblokir, maka akan membuatnya tidak bisa terlihat. Hal ini juga akan membuat kalian sia-sia dalam memberikan izi akses ataupun menerapkan semua solusi di atas.

Penutup

Bisa di katakan kalau memberikan izin akses kontak WhatsApp itu sangatlah penting. Karena seperti yang saya katakan tadi, tanpa adanya izin akese tersebut akan membuat WhatsApp mengalami error ketika di gunakan chatting atau lainnya.

Hampir saya lupa, untuk semua langkah-langkah memberi izin WA akses kontak di atas itu seharusnya bisa di terapkan di semua merek HP Android. Namun tidak menutup kemungkinan juga kalau ada beberapa merek HP yang memiliki cara agak berbeda. Biasanya sih perbedaannya hanya dari segi tampilan serta penempatannya saja.

Seperti biasa, jika ada yang kurang jelas atau ada yang ingin kalian tanyakan, silakan tuliskan saja di kolok komentar yang ada di bawah.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.