Cara Mengatasi Mobile Legends Stuck di Loading Screen

Cara Mengatasi Mobile Legends Stuck di Loading

Aplikasi Mobile Legends Stuck di Loading – Game merupakan salah satu hiburan yang bisa di mainkan oleh siapa saja dan di mana saja. Meski sudah di rancang khusus, namun tidak menutup kemungkinan kalau sebuah game itu bisa mengalami masalah. Salah satu masalah yang paling umum dan sering terjadi, ialah stuck di loading.

Stuck di loading bukan merupakan masalah yang baru, karena kondisi seperti ini sudah sangat sering terjadi di beberapa aplikasi, salah satunya aplikasi game Mobile Legends. Kondisi ini akan membuat proses loading Mobile Legends terhenti sebelum game-nya benar-benar terbuka.

Jika sudah mengalami stuck seperti ini, tentu kita tidak akan bisa memainkan game Mobile Legends tersebut. Meski sudah menunggu dalam jangka waktu yang lama, tetap saja game yang mengalami stuck tidak akan bisa terbuka.

Masalah seperti ini memang sangat merepotkan, apalagi ketika kita sedang ingin mabar di Mobile Legends bersama teman. Walaupun sulit, bukan berarti masalah ini tidak bisa kita atasi, ya. Nah, bagi kalian yang ingin tahu caranya, bisa menyimak pembahasannya di sini.

Penyebab Mobile Legends Stuck di Loading

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan game Mobile Legends mengalami stuck ketika loading. Seperti server game yang memang sedang mengalami gangguan, sampai ada masalah pada HP yang di gunakan.

Selain itu, ada beberapa faktor lain yang juga bisa menjadi penyebabnya. Misalnya saja seperti:

  • File cache yang menumpuk pada aplikasi.
  • Munculnya bug pada sistem HP.
  • Jaringan internet yang di pakai bermasalah.
  • Terdapat file game yang corrupt.
  • Aplikasi yang belum di update.
  • Dan lainnya.

Baca Juga: Cara Melihat Leaderboard Mobile Legends Terbaru

Cara Mengatasi Mobile Legends Stuck di Loading

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari masalah Mobile Legends yang stuck saat loading, maka selanjutnya kita akan coba mengatasinya.

Untuk mengatasi game Mobile Legends stuck di loading memang tidak sulit, karena di sini saya sudah menyiapkan beberapa langkah-langkahnya. Silakan kalian ikuti sesuai urutan yang sudah saya tulis di bawah ini, ya.

1. Nyalakan Ulang HP

Yang paling sederhana dan mudah untuk di lakukan ketika aplikasi Mobile Legends stuck di loading ialah dengan menyalakan ulang HP yang di gunakan. Meski terdengar sepele, memulai ulang HP bisa membantu untuk memperbaiki sistem yang bermasalah atau error.

Caranya seperti ini:

  • Pertama tekan dan tahan tombol Power.
  • Lalu pilih Mulai Ulang.
  • Kemudian tunggu sampai HP menyala kembali.
  • Jika sudah, buka kembali aplikasi Mobile Legends.
  • Selesai.

Nah, apabila di sini aplikasi Mobile Legends masih saja stuck di loading, maka kalian bisa coba menggunakan cara yang selanjutnya.

2. Coba Hapus Cache Aplikasi

Langkah berikutnya, kalian juga bisa mengatasi Mobile Legends yang stuck di loading dengan membersihkan file cache. Meski cukup berguna, namun file cache yang terlalu menumpuk juga bisa menyebabkan beberapa masalah. Mulai dari memori internal cepat penuh, sampai aplikasi mengalami stuck.

Maka dari itulah, sangat penting untuk membersihkan file cache yang ada di dalam aplikasi secara rutin. Untuk proses pembersihannya seperti ini:

  • Buka menu Pengaturan pada HP.
  • Kemudian pilih menu Aplikasi.
  • Lalu pilih lagi menu Daftar Aplikasi.
  • Selanjutnya cari aplikasi Mobile Legends.
  • Setelah terbuka, tekan menu Penyimpanan.
  • Lanjut pilih Hapus Memori.
  • Terakhir restart HP.
  • Selesai.

Setelah HP sudah kembali menyala, kalian bisa coba membuka kembali aplikasi Mobile Legends seperti biasa.

3. Restart Game Mobile Legends

Cara Mengatasi Mobile Legends Stuck di Loading Screen Dengan Restart Game Mobile Legends

Cara mengatasi game Mobil Legends stuck di loading yang selanjutnya ialah dengan me-restart game-nya. Jadi, ketika kalian baru mulai membuka aplikasi game Mobile Legends tapi malah nyangkut di loading saja, maka cobalah untuk langsung menutup game-nya.

Nanti setelah game Mobile Legends di tutup, maka kalian bisa membuka kembali dan coba tunggu beberapa saat atau sampai proses loading selesai. Umumnya dengan cara sederhana ini biasanya mampu mengatasi aplikasi Mobile Legends yang bermasalah jadi normal kembali.

Namun jika dalam jangka waktu lama, proses loading tidak mau jalan atau stuck. Kalian bisa coba cara yang selanjutnya.

Baca Juga: Cara Dapat Border Avatar Mobile Legends Gratis

4. Gunakan Fitur Pesawat

Mungkin dari kalian sudah tahu kalau proses loading game Mobile Legends itu membutuhkan koneksi internet yang baik. Nah, jika koneksi internet yang kalian gunakan bermasalah atau HP Android tidak konek ke internet. Maka hal tersebut tentu akan membuat proses loading menjadi terganggu atau tidak bisa berjalan.

Cara sederhana untuk mengatasi masalah seperti ini ialah dengan menggunakan fitur pesawat yang ada pada HP. Mode pesawat atau airplane mode ini memiliki fungsi untuk me-refresh jaringan internet pada HP. Dengan begitu, jaringan internet yang tadinya bermasalah bisa menjadi normal kembali.

Untuk mengaktifkan airplane mode di HP seperti ini:

  • Silakan Swipe layar HP dari atas ke bawah.
  • Nanti ikon menu akan terlihat.
  • Tekan ikon Pesawat untuk mengaktifkan.
  • Lalu tunggu beberapa saat.
  • Kemudian tekan kembali ikon Pesawat untuk menonaktifkan.
  • Terakhir silakan buka game Mobile Legends.

Biasanya jika memang Mobile Legends yang stuck di loading itu di sebabkan oleh masalah pada jaringan internet, maka dengan cara ini saya rasa sudah bisa membuatnya normal kembali.

5. Pakai Koneksi Internet Lain

Apabila masalah pada jaringan internet berkelanjutan, maka kalian di haruskan untuk mengganti jaringan internet yang di gunakan. Bisa menggunakan internet dari operator lain, atau kalian juga dapat menggunakan WiFi.

Pastikan juga kalau jaringan internet lain yang akan kalian gunakan bagus dan stabil, ya. Karena jika tidak atau mungkin sama-sama bermasalah, tentu proses loading Mobile Legends tetap tidak akan mau jalan.

Selain itu, pastikan juga menggunakan koneksi internet yang ping-nya kecil. Karena jika ping terlalu tinggi akan berdampak pada proses loading dan permainan nantinya.

6. Update Aplikasi

Cara Mengatasi Mobile Legends Stuck di Loading Screen Dengan Update Aplikasi

Hampir semua aplikasi akan mendapatkan sebuah pembaharuan secara berkala oleh developer-nya, termasuk juga Mobile Legends. Dengan adanya pembaharuan ini, semua masalah yang sebelumnya terjadi biasanya akan hilang atau sudah di perbaiki pada versi terbaru.

Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mengecek pembaharuan yang tersedia pada aplikasi Mobile Legends. Karena mungkin saja masalah game Mobile Legends yang stuck di loading itu dikarenakan aplikasi yang belum di perbaharui.

Cara update aplikasi Mobile Legends seperti ini:

  • Silakan buka Google Playstore pada HP.
  • Kemudian di kolom pencarian, ketik Mobile Legends.
  • Jika tersedia, silakan klik Update.
  • Tunggu sampai proses update selesai.
  • Apabila sudah, kalian bisa coba buka aplikasinya.
  • Selesai.

Baca Juga: Cara Melihat Zona ID Mobile Legends

7. Install Ulang Mobile Legends

Masalah aplikasi Mobile Legends stuck di loading masih belum teratasi? Maka solusi terakhir yang bisa kalian coba lakukan ialah dengan reinstall game Mobile Legends. Bisa saja masalah stuck di loading ketika membuka aplikasi Mobile Legends itu terjadi karena ada file corrupt.

Di sini kalian dapat menghapus aplikasi Mobile Legends yang terpasang pada HP melalui Google Playstore. Nanti setelah proses menghapus sudah selesai, kalian bisa langsung menginstall kembali seperti biasa. Jika Mobile Legends sudah terpasang, coba buka dan nanti kalian tinggal login kembali menggunakan akun Moonton atau lainnya.

Penutup

Kesimpulannya, masalah game Mobile Legends stuck di loading itu dapat terjadi karena ada beberapa faktor. Entah karena ada masalah pada HP, jaringan internet sampai file pada aplikasi rusak atau corrupt.

Semua cara yang sudah saya rangkumkan di atas itu bisa kalian gunakan apabila penyebabnya sesuai dengan yang di sebutkan, ya. Sedangkan jika penyebabnya server atau sedang maintenance, maka mau tidak mau kalian harus menunggu sampai normal kembali.

Jadi, itulah beberapa cara mengatasi game Mobile Legends yang stuck di loading dengan aman. Silakan jika masih ada yang kurang jelas atau memiliki pertanyaan seputar game, kalian bisa menuliskannya di kolom komentar.

Selamat berguna.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.