Cara Menggunakan Fitur Spotlight di Zoom

Cara Menggunakan Fitur Spotlight di Zoom HP Android, PC dan iOS

Cara Menggunakan Fitur Spotlight di Zoom – Mungkin dari kalian sudah tahu kalau Zoom itu merupakan sebuah platform belajar maupun seminar yang cukup populer. Selain itu hampir kebanyakan orang yang ingin membuat sebuah acara besar dengan banyak anggota, pastinya akan memilih platform Zoom.

Di dalam Zoom juga tersedia banyak sekali fitur-fitur yang akan membantu kita dalam sebuah acara. Salah satu fitur yang cukup penting dalam sebuah acara, ialah fitur Spotlight. Fitur yang satu ini mempunyai manfaat tertentu di dalam sebuah acara yang akan di buat. Entah itu acara seminar, belajar, workshop, rapat dan lainnya.

Dengan menggunakan fitur ini, nantinya kita juga dapat mengatur narasumber mana saja yang akan kita berikan layar khusus. Sehingga narasumber tersebut bisa langsung berbicara ketika acaranya di mulai.

Nah, bagi kalian yang mungkin masih bingung dan ingin tahu lebih jauh tentang fitur Spotlight di Zoom. Serta bagaimana cara menggunakan situs Spotlight di Zoom, maka kalian dapat menyimak selengkapnya di artikel ini.

Apa Fungsi Spotlight di Zoom?

Spotlight di Zoom mempunyai fungsi yang memungkinkan kita sebagai host untuk dapat memilih beberapa narasumber untuk di sorot kedalam sebuah meeting. Di sorot yang di maksudkan itu, ialah membuat beberapa narasumber yang di pilih mendapatkan sebuah layar khusus yang lebih lebar dari anggota lainnya.

Hal tersebut tentunya juga akan membuat peserta meeting menjadi lebih fokus saat melihat serta mendengarkan pembicaraan dari narasumber.

Fitur spotlight di Zoom bisa kalian gunakan pada Zoom versi Android, iOS maupun PC. Namun yang terpenting, untuk mengakses fitur spotlight ini hanya bisa di lakukan oleh mereka yang bertindak sebagai Host dan Co-Host saja, ya.

Jumlah narasumber yang dapat di berikan spotlight hanya berjumlah 9 orang saja dan tidak bisa lebih, tapi bisa kurang dari jumlah tersebut. Nantinya semua anggota di Zoom dapat melihat dan mendengarkan 9 narasumber yang aktif sebagai pembicara dalam sebuah acara.

Oh ya, fitur spotlight juga baru akan muncul pada saat seorang narasumber yang ada di dalam acara mengaktifkan video atau speaker mereka, ya. Jadi, jika opsi spotlight tidak muncul pada narasumber yang di pilih, maka cobalah untuk menyuruhnya mengaktifkan video atau speaker-nya terlebih dahulu.

Baca Juga: Cara Membuat Breakout Room di Zoom

Cara Spotlight di Zoom PC

  • Pertama, pastikan kalau kalian sudah berada di dalam meeting room pada Zoom.
  • Kemudian tekan menu More pada salah satu peserta yang mau di berikan spotlight.
  • Nantinya akan muncul beberapa opsi lain, pilih saja Spotlight for Everyone.
  • Lalu tekan Continue untuk melanjutkan prosesnya.
  • Berikutnya peserta yang di pilih akan mendapatkan sebuah notifikasi. Di sini silakan tekan menu Unmute agar suaranya bisa muncul.
  • Kemudian sebagai Host, kalian bisa tekan menu Remove Spotlight apabila ingin melepas sorotan dari narasumber tertentu.
  • Selesai, deh.

Jadi, tidak sulit untuk memberikan opsi spotlight pada orang yang ingin di jadikan sebagai narasumber dalam sebuah acara. Dengan langkah-langkah di atas, saya rasa kalian sudah berhasil menambahkan narasumber pada acara di Zoom lewat PC.

Catatan:

Pastikan juga kalau aplikasi Zoom di PC kalian sudah versi terbaru, ya. Hal ini agar tidak ada perbedaan menu dengan tutorial yang saya jelaskan tadi. Selain itu, pastikan juga kalau kalian sudah membuat sebuah meeting room bersama narasumber dan juga peserta.

Cara Spotlight di Zoom HP Android

Selain melalui PC atau laptop, fitur spotlight juga bisa kita temukan pada Zoom versi Android. Untuk caranya sih kurang lebih sama saja. Yang terpenting narasumber yang ingin kalian tambahkan sudah menghidupkan kamera atau speaker-nya, ya.

Berikut cara spotlight di Zoom lewat HP Android:

  • Langkah pertama kalian bisa membuka Zoom terlebih dahulu.
  • Pastikan di dalam Zoom kalian sudah membuat sebuah meeting room, ya.
  • Jika sudah, silakan pilih menu Participants.
  • Sekarang cari dan pilih peserta yang mau di berikan spotlight.
  • Berikutnya akan muncul beberapa opsi lain, silakan kalian pilih opsi Spotlight Video.
  • Nanti peserta yang kalian pilih akan mendapatkan sebuah notifikasi spotlight. Silakan tekan menu Unmute Myself agar fitur speaker aktif.
  • Selesai dan peserta yang di pilih sudah berhasil menjadi narasumber dalam acara.

Penting:

Pada Zoom versi Android, kita juga dapat mengakses menu Remove Spotlight jika ingin mengakhiri seorang narasumber dari sorotan dalam acara.

Baca Juga: Cara Melihat Hasil Record di Zoom

Cara Spotlight di Zoom Lewat iOS

Selain di HP Android, memberikan spotlight pada peserta di Zoom juga dapat di lakukan lewat perangkat iOS. Langkah-langkahnya juga tidak jauh berbeda dengan di ponsel Android maupun PC tadi.

Begini cara spotlight di Zoom melalui iOS:

  • Pastikan kalian sudah membuka Zoom yang di miliki.
  • Dalam Zoom, kalian juga wajib memiliki sebuah meeting room.
  • Apabila sudah, pilih opsi Participants yang ada di bagian atas layar.
  • Kemudian cari dan pilih peserta acara yang akan di berikan spotlight.
  • Pada menu yang tampil, silakan pilih Spotlight Video.
  • Maka orang yang kalian pilih akan masuk kedalam daftar sorotan.
  • Selesai.

Catatan:

Setelah pembicaraan dari narasumber tersebut sudah selesai, kalian bisa menarik videonya dari daftar sorotan pada acara. Caranya dengan menekan menu Participants, kemudian tap nama peserta tersebut dari daftar partisipan. Terakhir klik menu Cancel Spotlight Video, maka orang tersebut sudah berhasil di keluarkan dari daftar sorotan.

Penutup

Fitur spotlight di Zoom tergolong cukup penting dalam sebuah acara, karena kita bisa dengan mudah menambahkan narasumber ke dalam sebuah daftar sorotan. Sehingga semua peserta bisa lebih terfokus pada pembicaraan yang di lakukan oleh narasumber.

Selain itu, apabila kalian sebagai host yang cukup sibuk, kalian juga bisa kok menambah Co-Host di Zoom dengan mudah. Kemudian memintanya untuk mengatur spotlight sesuai keperluan dan kebutuhan dari acara yang di buat. Untuk caranya kurang lebih sama saja, kok.

Jadi, begitulah cara menggunakan fitur spotlight di Zoom HP Android, iOS dan juga PC. Apabila ada yang kurang jelas, maka jangan sungkan untuk menuliskannya pada kolom komentar.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.