Cara Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp

Cara Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp Agar Tidak Terganggu

Cara Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp – Pada dasarnya, fungsi notifikasi pada aplikasi WhatsApp yang muncul itu sangatlah penting. Sebab, hal ini akan mempermudahkan kita sebagai pengguna tahu kalau ada sebuah pesan yang masuk pada akun WhatsApp kita. Entah itu didalam chat pribadi maupun dari grup yang kita ikuti didalam WhatsApp.

Namun dibalik itu, tidak sedikit dari orang yang ternyata malah merasa terganggu dengan adanya notifikasi yang muncul. Apalagi jika kita sedang sibuk bermain game, pastinya notifikasi WhatsApp yang sering muncul akan membuat kita merasa terganggu. Mungkin kamu salah satu orang yang sering merasa terganggu atau tidak suka dengan fitur satu ini.

Selain dapat mengganggu saat kita sedang asyik menggunakan smartphone, notifikasi WhatsApp yang muncul juga sering membuat sebagian ponsel menjadi lambat. Apalagi ketika kalian mempunyai sebuah grup yang anggotanya super aktif, pastinya akan banyak notifikasi yang muncul pada HP. Hasilnya sudah pasti, kinerja ponsel akan semakin melambat / lemot saat digunakan membuka aplikasi lainnya.

Lalu apa solusinya? Untuk solusi yang paling aman dan ampuh hanya ada satu, yaitu dengan menonaktifkan atau membisukan notifikasi dari aplikasi WhatsApp. Dengan begitu, kita tidak akan pernah terganggu lagi ketika ada sebuah pesan yang masuk ke akun kita, entah itu lewat chat pribadi ataupun dari grup.

Nah, untuk kalian yang masih bingung tentang cara menonaktifkan notifikasi WhatsApp pada smartphone, maka tidak perli khawatir. Karena hari ini, saya akan menjelaskan ke kalian secara lengkap dan pastinya mudah untuk di praktekan dirumah.

Cara Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp Paling Aman

Sebenarnya ada banyak sekali pilihan cara yang bisa kalian gunakan saat ingin menonaktifkan notifikasi di aplikasi WhatsApp. Namun, untuk yang pertama ini saya sudah merangkumkan kalian dua cara yang paling mudah dan pastinya aman untuk kalian lakukan sendiri di rumah.

1. Lewat Aplikasi WhatsApp

Cara menonaktifkan notifikasi WhatsApp yang paling mudah adalah langsung melalui aplikasi WhatsApp itu sendiri. Disini kalian bisa memilih nomor kontak atau grup yang memang ingin di nonaktifkan atau dibisukan notifikasinya.

Cara nonaktifkan notifikasi WhatsApp untuk kontak tertentu:

  1. Buka aplikasi WhatsApp pada HP.
  2. Lalu kalian cari kontak yang dibisukan notifikasinya.
  3. Kamudian klik dan tahan chat dari kontak tersebut.
  4. Maka akan muncul beberapa pilihan menu di atas layar dan tap icon speaker.
  5. Setelah itu, atur durasi waktu yang kalian inginkan, seperti 8 Jam, 1 Minggu atau 1 Tahun.
  6. Jika sudah, klik saja OK.

Dengan begitu, notifikasi dari kontak tersebut tidak akan muncul pada ponsel kalian. Tapi, chat yang iya kirim ke kalian masih tetap masuk dan masih bisa kalian baca.

2. Melalui Pengaturan Telepon

Selain melalui aplikasi WhatsApp, kalian juga masih bisa menonaktifkan notifikasi WhatsApp lewat pengaturan pada ponsel. Namun, untuk cara ini mempunyai proses yang berbeda, antara HP Android dan iPhone. Maka dari itu, kalian bisa menyesuaikannya dengan smartphone yang di gunakan saat ini.

Untuk HP Android

  • Buka menu Pengaturan pada HP Android.
  • Lalu cari menu Manajemen Aplikasi.
  • Kemudian pilih Daftar Aplikasi.
  • Di sini kalian bisa mencari aplikasi WhatsApp.
  • Tap dan pilih menu Kelola Notifikasi.
  • Untuk menonaktifkan, geser sampai berubah menjadi warna abu-abu di menu Izinkan Notifikasi.Cara Nonaktifkan Notifikasi WhatsApp di Android
  • Selesai, kini notifikasi WhatsApp tidak akan muncul lagi pada HP Android kalian.

Untuk Iphone

  • Pertama buka menu Settings pada iPhone.
  • Kemudian tap menu Pemberitahuan.
  • Pada layar notifikasi, kalian cari aplikasi WhatsApp.Cara Nonaktifkan Notifikasi WhatsApp di iPhone
  • Kemudian tap pada bagian atasnya.
  • Terakhir kalian alihkan tombol Izinkan Pemberitahuan ke nonaktif.
  • Selesai.

Cara Mematikan Notifikasi Grup WA

Cara Mematikan Notifikasi Grup WA

Bagi sebagian orang, mempunyai sebuah grup WhatsApp tentu akan dirasa sangat membantu didalam berkomunikasi dengan banyak orang. Di dalam grup kita juga bisa saling bertukar pikiran, konsultasi bersama dan banyak hal lainnya yang bisa di lakukan.

Namun dibalik itu, terkadang ada juga sebuah grup yang sangat aktif dan membuat notifikasi dari grup tersebut sering masuk ke smartphone kita. Notifikasi WhatsApp yang sering muncul juga sering menjadi sumber banyak masalah, selain mengganggu, ponsel Android juga sering nge-lag dan parahnya bisa mati dengan sendirinya.

Tentu hal ini tidak ingin terjadi pada smartphone kalian, kan? Maka dari itu, kalian bisa menonaktifkan notifikasi WhatsApp pada group tertentu yang mungkin sering membuat kalian merasa terganggu.

Berikut langkah-langkah cara mematikan notifikasi grup wa:

  1. Buka dulu aplikasi WhatsApp yang ada di HP kalian.
  2. Cari Grup WhatsApp dan masuk kedalamnya.
  3. Lalu masuk kedalam Profil Grup WhatsApp tersebut.
  4. Untuk mematikan notifikasi grup, pilih menu Bisukan Notifikasi.Cara Nonaktifkan Notifikasi Grup WhatsApp Tertentu
  5. Geser kesamping sampai berubah warna menjadi abu-abu.
  6. Selanjutnya pilih saja durasi yang kalian inginkan.
  7. Terakhir tap menu OK.

Dengan begitu, kalian tidak akan mendapatkan notifikasi dari grup tersebut. Namun obrolan masih akan tetap masuk dan bisa kalian lihat ketika membuka aplikasi WhatsApp.

Cara Mematikan Notifikasi WA Online

Cara Mematikan Notifikasi WA Online

Pada dasarnya, WhatsApp secara otomatis akan menampilkan status online di samping profil kita saat membuka aplikasi tersebut. Bagi sebagian pengguna, tentu fitur tersebut sangat berguna karena kita bisa mengetahui seseorang yang sedang kita ajak bertukaran chat masih aktif atau tidak.

Meski begitu, tidak sedikit juga dari orang yang malah ingin mematikan notifikasi wa online pada profilnya. Untuk alasannya sendiri sangatlah beragam, karena masing-masing orang memiliki keperluannya tersendiri. Apabila kalian berminat, mungkin bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  • Pertama buka dulu aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian kalian tekan ikon Titik Tiga yang ada di pojok kanan atas.
  • Pilih menu Setelan lalu Privasi.
  • Dalam menu ini kalian bisa memilih opsi Last Seen / Terakhir Dilihat.
  • Gunakan opsi No One / Tidak Ada.Cara Nonaktifkan Notifikasi WA Online Dengan Mudah

Dengan begitu, notifikasi wa online di profil kalian tidak akan terlihat lagi.

Namun perlu juga kalian ketahui, kalau cara tersebut tidak benar-benar bisa menyembunyikan status online kalian di dalam WhatsApp. Karena cara itu hanya membuat teman WhatsApp kalian tidak bisa mengetahui kapan terakhir kalian online.

Jika memang benar-benar ingin tidak terlihat online didalam WhatsApp, maka kalian bisa membaca tutorial cara terlihat offline di WhatsApp pada artikel saya sebelumnya. Di sana saya sudah menyiapkan banyak cara yang bisa kalian pilih dan pastinya terjamin keampuhannya.

Cara Mematikan Notifikasi WhatsApp Web

Bagi kalian yang saat ini masih belum tahu, kalau sebenarnya ada fitur dari WhatsApp yang memungkinkan kalian melakukan chatting via browser atau menggunakan 2 WhatsApp sekaligus. Fitur ini di sebut dengan WhatsApp Web.

Ketika kalian mengaktifkan fitur ini, tentu notifikasi akan muncul di ponsel kalian dengan pesan ‘WhatsApp Web Saat Ini Sedang Aktif‘. Yang menjadi masalahnya, ternyata banyak orang yang merasa terganggu dengan adanya notifikasi tersebut dan muncul keinginan untuk menghilangkannya.

Cara menghilangkan notifikasi WhatsApp Web sebenarnya ada dua cara yang bisa kalian gunakan, mulai dari mengaturnya lewat setelan pada HP sampai dengan cara logout dari WhatsApp Web itu sendiri.

1. Logout dari WhatsApp Web

Cara yang paling mudah untuk kalian lakukan sebenarnya adalah dengan logout (keluar) dari WhatsApp Web itu sendiri. Sebab fitur ini tidak akan lagi digunakan jika kalian sudah logout dan notifikasi WhatsApp Web tidak akan lagi terlihat.

Untuk langkah-langkahnya, seperti ini:

  1. Ketuk notifikasi WhatsApp Web.
  2. Maka akan muncul sebuah halaman baru.
  3. Pilih saja menu Keluar dari Semua Perangkat.
  4. Selesai.

Setelah berhasil, maka notifikasi WhatsApp Web tidak akan muncul lagi pada ponsel kalian dan jika ingin menggunakannya lagi, kalian tinggal login saja seperti biasanya.

2. Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp Web Melalui Menu Setelan

Menonaktifkan Notifikasi WhatsApp Web Melalui Menu Setelan

Normalnya, hampir semua notifikasi dari WhatsApp memang akan muncul atau terlihat didalam panel. Akan tetapi, kalian masih bisa menghilangkannya jika mau. Caranya melalui menu setelan yang ada didalam smartphone yang kita gunakan. Sangat mudah kok, selain itu bisa juga di terapkan pada semua HP.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama-tama kalian buka dulu menu Setelan pada HP.
  • Geser sampai kebagian bawah dan cari menu Aplikasi.
  • Dalam menu ini, kalian cari aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian buka menu Notifikasi WhatsApp.
  • Selanjutnya tinggan menonaktifkan Notifikasi Lain.

Maka kini secara otomatis notifikasi WhatsApp Web yang sedang aktif tidak akan muncul lagi pada smartphone kalian.

Penutup

Pada dasarnya, ketika menonaktifkan notifikasi WhatsApp pada HP itu memang mempunyai beberapa keuntungan bagi kita. Salah satunya itu tentu kita akan terbebas dari adanya notifikasi yang tiba-tiba muncul serta mengganggu saat sedang asyik menggunakan smartphone.

Namun perlu juga kalian ketahui, kalau dibalik keuntungan, kalian juga bisa mendapatkan beberapa kelemahan. Misalnya saja kalian tidak akan pernah tahu kalau ada sebuah pesan baru yang masuk ke akun WhatsApp, entah itu pesan penting ataupun tidak. Sehingga untuk mensiasatinya, kalian harus sering-sering membuka aplikasi WhatsApp agar tidak ketinggalan berita terbaru di sana.

Nah, mungkin itu saja beberapa tutorial tentang cara menonaktifkan notifikasi WhatsApp yang bisa saya hadirkan hari ini. Jika memiliki sebuah pertanyaan tentang pembahasan di atas, maka jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.