15+ Cara Menghemat Baterai HP Vivo

Cara Menghemat Baterai HP Vivo Agar Tahan Lama

Cara Menghemat Baterai HP Vivo – Masalah borosnya konsumsi daya baterai memang sudah ada sejak dulu dan ini juga merupakan masalah umum pada HP Android. Salah satu produsen smartphone yang juga sering terkena masalah ini adalah Vivo.

Meski saat ini Vivo terkenal dengan produk ponsel Android yang memiliki kapasitas baterai cukup besar, bukan berarti iya bisa terhindar dari masalah ini. Hingga saat ini, masih banyak pengguna HP Vivo yang mengeluhkan kalau daya baterainya cepat habis.

Walaupun masalah ini memang umum terjadi pada semua HP Android, tapi sebenarnya ada hal sederhana yang ikut menambah parah. Hal ini bisa berupa kebiasaan-kebiasaan sederhana yang sering di lakukan oleh pengguna HP Vivo setiap harinya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, Kampung Gadget akan menghadirkan kalian sebuah pembahasan mengenai masalah tersebut. Lebih lengkapnya, kalian dapat menyimak informasinya di bawah ini.

Penyebab Baterai HP Vivo Cepat Habis

Sebenarnya, selain memang karena masalah pada sistem Android, konsumsi daya baterai yang boros juga bisa di picu oleh penggunanya sendiri. Karena masih banyak pengguna HP Vivo yang tidak sadar kalau kabiasaan yang sering mereka lakukan itu bisa memperparah masalah ini.

Secara umum, penyebab baterai HP Vivo cepat habis adalah ini:

  1. Selalu membiarkan fitur GPS tetap aktif meski tidak di gunakan
  2. Mengaktifkan fitur kecerahan otomatis
  3. Wifi yang terus aktif meski tidak digunakan
  4. Membiarkan banyak aplikasi berjalan di latar belakang
  5. Memaksakan ponsel untuk terus bisa terhubung ke jaringan internet meski keadaan sinyal jelek
  6. File Cache dibiarkan menumpuk terlalu banyak
  7. Menginstal terlalu banyak aplikasi yang menguras baterai

Selain beberapa penyebab yang sudah di sebutkan, mungkin masih ada beberapa penyebab lainnya yang membuat baterai HP Vivo cepat habis. Karena tentunya masing-masing pengguna mempunyai cara yang berbeda-beda saat menggunakan smartphone.

Cara Menghemat Baterai HP Vivo Agar Tahan Lama

Meski pada HP Vivo terbaru seperti Vivo V17 Pro sudah di lengkapi dengan fitur pengisian baterai cepat atau fast charging, namun tetap saja belum bisa mengatasi masalah ini. Sebab itu hanya mempermudah kita saat mengisi ulang daya saja bukan untuk membuat kita merasa nyaman saat menggunakannya seharian.

Karena baterai HP itu ibarat nyawa untuk smartphone, meski proses pengisiannya bisa secepat kilat, percuma rasanya jika hanya bisa bertahan cuma sebentar ketika di gunakan.

Tentu kalian tidak ingin itu terjadi pada HP Vivo yang digunakan bukan? Nah, agar HP Vivo kalian tidak cepat kehabisan daya baterai, maka bisa mengikuti 12 tips menghemat baterai HP Vivo yang boros.

1. Atur Tingkat Kecerahan Layar

Mungkin masih banyak dari kalian yang sampai saat ini masih mengaktifkan kecerahan otomatis pada ponsel Vivo. Walaupun itu sangat membantu kalian karena dapat menyesuaikan tingkat kecerahan di semua tempat, tapi sebenarnya itu lebih merugikanmu.

Tingkat kecerahan yang selalu berubah-ubah itu bisa meningkatkan konsumsi daya pada baterai HP Vivo kalian. Sebab kinerja ponsel akan bertambah berat dan tentunya konsumsi daya akan semakin meningkat, imbasnya jelas ke baterai.

Jadi, ada baiknya mematikan pengaturan kecerahan otomatis tersebut dan sebaiknya kalian atur secara manual saja. Ini tidak hanya akan menghemat konsumsi baterai, tapi juga memperpanjang masa pakai baterai HP Vivo kalian.

2. Nonaktifkan GPS Jika Tidak Digunakan

Fitur GPS yang ada di dalam ponsel Android memang sangat membantu penggunanya dalam mengetahui lokasi-lokasi tertentu. Tapi, tahukan kalian kalau ternyata mengaktifkan fitur tersebut bisa membuat baterai HP Vivo semakin boros?

Yup, ketika fitur ini terus aktif meksi tidak kalian gunakan ataupun saat layar HP terkunci, ponsel kalian masih terus bekerja untuk memperbaharui setiap lokasi. Ketika sudah begini, jangan harap kalau daya baterai ponsel kalian akan hemat meski tidak di gunakan sekalipun.

Untuk menonaktifkan fitur ini, kalian bisa melalui:

  • Menu Pengaturan pada HP Vivo
  • Selanjutnya cari menu Lokasi
  • Tap pada menu Matikan Lokasi

Selain melalui pengaturan, kalian juga bisa scroll kebawah notifikasi, kemudian tap logo GPS untuk mematikannya.

3. Matikan Pemberitahuan Aplikasi

Semua aplikasi yang kalian instal di ponsel Vivo seperti game dan aplikasi sosmed itu akan memunculkan sebuah notifikasi. Notifikasi ini biasanya berhubungan dengan pembaharuan atau permintaan yang ada didalam aplikasi itu sendiri.

Sebagian besar aplikasi yang memunculkan notifikasi itu adalah aplikasi sosmed atau chatting seperti Facebook, Instagram, Messenger dan lainnya. Jika itu kalian biarkan, jelas akan membuat konsumsi daya pada baterai akan terus mengalami peningkatan.

Maka dari itu, ada baiknya kalian hanya mengaktifkan beberapa notifikasi penting saja dan yang tidak penting itu bisa di nonaktifkan. Caranya bisa seperti ini:

  • Pergi kedalam menu Pengaturan
  • Selanjutnya masuk kedalam Status Bar dan Pemberitahuan
  • Lanjutkan untuk mematikan Izinkan Notifikasi
  • Untuk mematikan aplikasi tertentu, kalian bisa memilih beberapa aplikasi secara manual
  • Tap satu persatu untuk mematikan Notifikasi

4. Nonaktifkan Sync Otomatis

Bagi kalian yang tidak tahu kalau sebenarnya saat fitur Sync aktif, maka secara otomatis sistem didalam HP kalian akan melakukan pembaharuan. Ketika proses tersebut dibiarkan terus berjalan, tentu tingkat konsumsi daya pada baterai akan terus mengalami peningkatan.

Tingkat konsumsi daya baterai juga tergantung dari fitur-fitur yang ada pada sisitem ponsel Vivo kalian. Jadi, jika ingin mencegah agar baterai HP tidak cepat habis, sebaiknya nonaktifkan fitur ini.

Cara mematikan fitur Sync ini adalah seperti ini:

  • Pertama kalian buka dulu menu Pengaturan
  • Selanjutnya kalian cari Akun & Sinkronisasi
  • Terakhir matikan Sinkronisasi Otomatis

Selesai, kini fitur Sync otomatis sudah berhasil dimatikan.

5. Pakai Wallpaper Warna Gelap

Cara menghemat baterai HP Vivo yang selanjutnya itu bisa kalian lakukan dengan mengganti tema HP yang digunakan. Jika sebelumnya kalian memakai tema HP dengan nuansa warna cerah, maka cobalah untuk menggantinya ke tema yang lebih gelap.

Hal ini karena, jika tema yang kalian gunakan memiliki banyak warna cerah, maka sistem akan lebih bekerja keras untuk menampilkan warna-warna tersebut. Sehingga, membuat konsumsi daya pada baterai semakin meningkat.

6. Percepat Waktu Kunci Layar

Mungkin untuk sebagian orang, hal yang satu ini terlihat sangat sepele. Tapi, jika kalian tahu kalau membiarkan layar terus hidup dalam keadaan lama saat tidak di gunakan, bisa membuat baterai cepat habis. Hal ini tentu dikarenakan CPU didalam ponsel terus bekerja dan sedikit mendapatkan waktu berhenti.

Selain membuat baterai HP Vivo kalian menjadi cepat habis, hal ini juga bisa mengakibatkan ponsel kalian cepat panas. Ini karena CPU yang ada didalam ponsel terus bekerja tanpa bisa mendapatkan jeda untuk istirahat.

Untuk menghindari hal itu, cobalah memperpendek kunci layar ponsel kalian. Kalian bisa mengaturnya dengan waktu 15 detik saja.

7. Matikan Beberapa Fitur Konektifitas

Seperti yang sudah kalian ketahui kalai HP Vivo itu di lengkapi dengan berbagai fitur yang akan menunjang segala kebutuhan penggunanya. Seperti data seluler, Wifi, Bluetooth, Hotspot, GPS dan masih banyak lagi fitur lainnya yang ada pada HP Vivo.

Nah, jika seluruh fitur tersebut kalian biarkan aktif, maka tidak menutup kemungkinan kalau daya baterai HP bisa semakin cepat habis. Seperti halnya di atas, jika dibiarkan terus aktif, maka jangan berharap kalau daya baterai pada HP Vivo akan bertahan lama meski tidak di gunakan.

Jadi, cobalah untuk menggunakan seluruh fitur itu jika di perlukan saja dan matikan jika sudah tidak membutuhkannya. Ini juga akan membuat ponsel Vivo kalian mendapatkan waktu istirahat yang lebih banyak.

8. Update Sistem Secara Rutin

Sebenarnya ini tidak hanya berlaku pada HP Vivo saja, tapi juga untuk ponsel Android lainnya. Untuk memperoleh performa yang terbaik, maka kalian sebagai pengguna wajib untuk selalu memperbaharui sistem.

Karena pada dasarnya, pembaharuan ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan performa serta memperbaiki bug yang terjadi pada versi sebelumnya. Jadi, lakukanlah pembaharuan sistem secara rutin agar jika ada masalah pada sistem bisa di perbaiki.

9. Nonaktifkan Sistem Pembaharuan Otomatis

Melakukan pembaharuan adahal hal yang paling penting untuk seluruh pengguna ponsel Android, termasuk kalian pengguna HP Vivo. Tapi, ada bagusnya untuk melakukan pembaharuan ini secara manual saja, karena akan ada banyak manfaat dari cara ini.

Salah satunya adalah mencegah daya baterai cepat habis, karena sistem akan menunggu persetujuan kalian untuk memulai pembaharuan. Untuk menonaktifkan pembaharuan otomatis di Play Store, bisa mengikuti caranya di sini:

  • Pertama kalian buka dulu Google Play Store
  • Setelah itu pilih icon Garis Tiga yang ada di pojok kanan atas
  • Kemudian pilih Setelan
  • Berikutnya masuk kedalam menu Update Aplikasi Otomatis
  • Terakhir pilih Jangan Update Aplikasi Secara Otomatis

Dengan begitu, seluruh aplikasi yang kalian instal pada HP Vivo tidak akan melakukan pembaharuan secara otomatis. Ini juga akan memungkinkan kalian untuk memilih beberapa aplikasi penting saja yang ingin di perbaharui.

10. Aktifkan Mode Daya Rendah

Pada saat baterai HP Vivo kalian sudah melemah atau daya yang sudah hampir habis, maka kalian bisa memanfaatkan fitur hemat hemat daya. Ketika fitur ini kalian aktifkan, maka sistem akan secara otomatis menghentikan beberapa aplikasi yang berjalan di latar belakang.

Selain itu, mode hemat daya juga akan menurunkan tingkat kecerahan layar atau membuatnya terlihat lebih gelap. Cara mengaktifkannya adalah seperti ini:

  1. Swap layar dari atas ke bawah
  2. Dalam barisan fitur, kalian bisa mencari Mode Hemat Daya
  3. Terakhir tap untuk mengaktifkannya

11. Tutup Paksa Beberapa Aplikasi

Seperti yang sudah sempat di singgung, beberapa aplikasi yang kalian instal itu akan terus berjalan di latar belakang meski tidak digunakan. Umumnya aplikasi ini adalah aplikasi sosmed, seperti Facebook, Instagram, Messenger dan lainnya.

Jika kalian biarkan, maka jangan berharap kalau daya pada baterai HP Vivo kalian akan bertahan lama meski baru selesai isi ulang. Untuk lebih mudahnya, kalian dapat mematikan koneksi pada HP saat tidak di gunakan. Ini biasanya akan menonaktifkan otomatis beberapa aplikasi sosmed tersebut.

12. Hapus Aplikasi

Cara menghemat baterai HP Vivo yang cepat habis terakhir adalah dengan menghapus beberapa aplikasi yang ada didalam ponsel. Kalian bisa menghapus beberapa aplikasi yang memang sudah tidak digunakan, hal ini untuk mencegah aplikasi tersebut terus berjalan dan memakan banyak daya.

Tapi, ini hanya bisa kalian lakukan pada aplikasi yang di instal sendiri melalui Google Play Store. Jadi, aplikasi yang sudah ada saat kalian membeli ponsel itu tidak bisa kalian hapus secara manual.

Meski begitu, kalian tidak usah khawatir dengan masalah tersebut, karena ada sebuah cara sederhana yang bisa mengatasinya. Kalian bisa mencari tahu caranya pada artikel sebelumnya tentang cara menghapus aplikasi bawaan tanpa root. Di situ admin sudah menjelaskann secara lengkap mengenai langkah-langkah membersihkan aplikasi bawaan HP Android.

Aplikasi Penghemat Baterai HP Vivo yang Cepat Habis

Sebenarnya, menghemat baterai HP Vivo itu tidak hanya bisa kalian lakukan secara manual seperti yang sudah di sebutkan di atas. Karena untuk saat ini, sudah banyak sekali developer aplikasi yang menghadirkan aplikasi penghemat baterai HP Android.

Meski ada banyak, tapi admin hanya menghadirkan sebagian saja yang saat ini masih admin gunakan pada HP Vivo Y95. Apa saja aplikasi tersebut? Yuk, kita lihat di bawah ini.

1. Doze – For Better Battery Life

Cara Menghemat Baterai HP Vivo Dengan Aplikasi Doze

Aplikasi pertama yang bisa kalian gunakan untuk menghemat daya baterai pada HP Vivo adalah Doze – For Better Battery Life. Doze ini adalah aplikasi yang cukup populer karena memiliki fitur yang sangat lengkap dalam membantu penggunanya menghemat baterai.

Doze – For Better Battery Life ini akan mengecek secara berkalah keadaan ponsel Vivo kalian sehingga mencegah konsumsi daya baterai mengalami peningkatan. Selain itu, aplikasi ini juga akan menutup secara otomatis beberapa aplikasi yang berjalan di lataer belakang.

Jika kalian berminat menggunakan aplikasi ini, maka bisa mendapatkannya di Google Play Store secara gratis tentunya.

2. Avast Battery Saver

Cara Menghemat Baterai HP Vivo Dengan Aplikasi Avast

Selain Doze, aplikasi lain yang bisa membantu kalian untuk menghemat daya baterai HP Vivo adalah Avast Battery Saver. Aplikasi ini mampu untuk mengoptimalkan penggunaan daya baterai dan meminimalisir adanya penggunaan yang tidak perlu.

Avast Battery Saver juga akan menerapkan sebuah mode tertentu yang sesuai dengan keadaan HP Vivo kalian. Sehingga proses menghemat daya baterai bisa lebih optimal pada setiap masing-masing pengguna. Masih sama dengan Doze, Avast Battery Saver ini juga bisa kalian dapatkan secara gratis di Play Store.

3. DU Battery Saver

Cara Menghemat Baterai HP Vivo Dengan DU Battery Saver

Aplikasi terakhir yang bisa kalian andalkan untuk menghemat baterai HP Vivo secara otomatis adalah DU Battery Saver. Kalian akan di sediakan beberapa mode didalam aplikasi Du Battery Saver tersebut, sehingga bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Selain mampu mengoptimalkan konsumsi daya baterai pada HP Vivo, aplikasi ini juga bisa meminimalisir penggunaan RAM pada beberapa aplikasi. Sehingga kinerja ponsel Vivo kalian tidak akan melambat karena jumlah RAM yang habis.

Penutup

Sebenarnya, konsumsi daya pada baterai HP itu bisa di atur sesuai dengan kebutuhan penggunanya, semakin itens penggunanya maka semakin boros daya baterai yang digunakan. Tapi, jika kalian sudah tahu cara menghemat baterai HP Vivo, maka seharunya kalian tidak usah khawatir lagi.

Beberapa Smartphone Vivo terbaru biasanya sudah dibekali dengan kapasitas baterai yang besar dan fitur untuk menghemat daya baterai. Tapi, itu hanya ada di beberapa ponsel Vivo terbaru dengan harga di kelas menengah ke atas.

Sehingga untuk sebagian pengguna HP Vivo kelas menengah ke bawah, bisa mencoba tips di atas tadi. Sampai saat ini, tips menghemat baterai HP Vivo di atas itu masih sangat berguna.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.