12 Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Xiaomi

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Xiaomi

Apakah saat ini kalian sedang mengalami masalah pada HP Xiaomi, seperti aplikasi yang tiba-tiba tidak bisa terbuka? Tenang, kalian tidak perlu panik dan khawatir dengan masalah tersebut, karena hari ini Kapung Gadget akan membagikan cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di HP Xiaomi.

Pada dasarnya semua aplikasi di ponsel Android itu sudah sangat sering mengalami masalah dan ini juga sudah sangat umum terjadi. Tidak hanya pada HP Xiaomi saja, tapi masalah aplikasi tidak bisa di buka juga bisa terjadi pada ponsel Android lainnya. Contohnya saja pada Samsung, Oppo, Asus, Sony, Vivo, Realme, Smartfren dan merek HP Android yang lainnya.

Secara umum, masalah ini biasanya memunculkan sebuah pesan error saat membuka sebuah aplikasi bawaan atau yang di instal manual. Pesan tersebut seperti “Sayangnya, aplikasi telah berhenti” atau “Sayangnya, aplikasi tidak menanggapi” dan masih banyak lagi.

Ketika pesan tersebut muncul, jelas kalian tidak akan bisa mengakses aplikasi tersebut seperti sebelumnya. Hal ini tentu akan membuat beberapa pengguna HP Xiaomi merasa panik, apalagi aplikasi tersebut sangat penting baginya.

Penyebab Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Xiaomi

Meski memang sudah umum terjadi pada semua merek HP Android, tapi sebenarnya kondisi ini dapat di picu oleh beberapa penyebab. Umumnya penyebab aplikasi tidak bisa dibuka pada HP Xiaomi itu dapat di akibatkan oleh beberapa kesalahan, contohnya seperti:

  1. Aplikasi yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel
  2. Terjadi error saat menginstal ataupun ketika melakukan pembaharuan
  3. Terlalu banyak file cache di dalam aplikasi
  4. HP Xiaomi sudah pernah di root
  5. Memori RAM yang sudah penuh
  6. MIUI yang tidak pernah di Update
  7. Proses reset yang tidak benar
  8. Ponsel terserang virus malware

Secara umum, faktor penyebab aplikasi tidak bisa di buka pada HP Xiaomi bisa saja beragam, karena tergantung dari penggunanya masing-masing. Tapi, untuk saat ini, mungkin hanya itu saja yang menjadi penyebab masalah aplikasi yang tidak dapat terbuka pada ponsel Xiaomi.

Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di HP Xiaomi

Mengenai masalah aplikasi yang tidak dapat terbuka bisa bermacam-macam, seperti yang sudah di jelaskan tadi. Selain itu cara untuk mengatasinya juga cukup banyak, sebab setiap faktor penyebab masalah ini memiliki caranya yang berbeda-beda dalam penyelesaianya.

Walaupun demikian, kalian tidak usah khawatir dengan masalah yang sedang di hadapi saat ini. Berikut ini ada 12 cara yang dapat kalian coba untuk mengatasi aplikasi tidak bisa di buka di HP Xiaomi.

1. Mulai Ulang HP Xiaomi

Cara yang paling sederhana pertama dalam mengatasi masalah aplikasi yang tidak bisa terbuka dapat dilakukan dengan memulai ulang ponsel Xiaomi. Sebab dalam beberapa masalah yang terjadi pada smartphone Android itu biasanya bisa di atasi dengan hanya me-restart saja.

Karena pada beberapa kasus, ketika terjadi error pada sistem Android dapat memicu timbulnya masalah seperti aplikasi tiba-tiba tidak bisa terbuka. Jadi, dengan hanya melakukan restart masalah yang terjadi karena error itu akan teratasi atau normal kembali.

2. Bersihkan File Cache Pada Aplikasi

Seperti yang sudah di singgung di atas, kalau beberapa masalah yang sering terjadi di HP Android bisa di picu oleh menumpuknya file cache. Ketika file cache tersebut sudah menumpuk terlalu banyak, biasanya dapat memicu terjadinya macet, error, lag dan masih banyak lagi.

Selain membuat aplikasi tidak bisa terbuka, file cache yang menumpuk juga bisa membebani kinerja ponsel dan membuat HP menjadi cepat panas. Nah, solusi untuk masalah ini jelas dengan membersihkan file sampah yang menumpuk tersebut.

Kalian dapat menggunakan aplikasi tambahan untuk menghapus file sampah tersebut, atau bisa juga dengan cara yang manual saja. Proses membersihkan file sampah dengan cara yang manual juga tidak terlalu sulit dan hasilnya juga tidak jauh berbeda.

Untuk caranya adalah seperti ini:

  • Pertama buka dulu menu Pengaturan
  • Berikutnya cari menu Aplikasi Terinstal
  • Selanjutnya kalian cari Aplikasi yang Bermasalah
  • Buka dan cari opsi Hapus Cache

Selesai dan kalian bisa mencoba membuka kembali aplikasi yang mengalami masalah tadi.

3. Paksa Berhenti Aplikasi

Selain dengan cara membersihkan file sampah yang sudah menumpuk terlalu banyak, kalian juga bisa mencoba untuk menghentikan paksa aplikasi tersebut. Hal ini biasanya akan membuat aplikasi menghentikan seluruh aktivitas yang sebelumnya di lakukan.

Saat kalian hentikan secara paksa, maka jika terjadi error atau masalah lainnya, biasanya akan teratasi dengan metode ini. Namun, perlu kalian ketahui juga kalau tidak semua aplikasi yang bermasalah bisa di atasi dengan metode yang satu ini, contohnya aplikasi bawaan.

Prosesnya kurang lebih seperti ini:

  • Buka dulu menu Pengaturan pada HP Xiaomi
  • Selanjutnya cari lagi menu Aplikasi Terinstal
  • Jika sudah, temukan Aplikasi yang Bermasalah
  • Terakhir pilih opsi Hentikan Paksa atau Paksa Berhenti

4. Hapus Data Pada Aplikasi

Solusi untuk mengatasi masalah aplikasi yang tidak bisa dibuka di Xiaomi yang selanjutnya itu bisa kalian lakukan dengan menghapus data pada aplikasi. Biasanya dengan menghapus data aplikasi, bisa membuat aplikasi Android tersebut kembali normal seperti biasanya.

Katika menghapus data aplikasi, kalian akan menghilangkah file sampah, basis datadata login, bookmarkhistory dan lainnya. Untuk caranya juga tidak jauh berbeda dengan proses di atasi tadi, karena kalian juga wajib melalui menu pengaturan dalam ponsel.

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka dulu menu Pengaturan yang ada pada ponsel Xiaomi
  • Setelah itu kalian buka lagi menu Aplikasi Terinstal
  • Apabila sudah, kalian cari Nama Aplikasi yang Bermasalah
  • Terakhir pilih opsi Hapus Data Aplikasi

5. Lakukan Pembaharuan Pada Aplikasi

Jika beberapa cara di atas belum juga bisa mengatasi masalah yang sedang terjadi, maka kalian bisa mencoba untuk melakukan update pada aplikasi. Dengan update, umumnya jika ada bug atau error yang terjadi pada aplikasi akan teratasi. Karena setiap developer aplikasi pasti sudah menyiapkan perbaikan di beberapa sisi aplikasi yang mereka kembangkan.

Dalam melakukan update aplikasi Android, jelas ponsel kalian wajib terhubung dengan jaringan internet, entah itu melalui data seluler atau Wifi. Pastikan juga jaringan yang kalian gunakan cukup stabil, agar saat proses pembaharuan bisa berjalan dengan baik.

  • Pertama-tama buka dulu aplikasi Google Play Store
  • Kemudian cari icon Garis Tiga yang ada di sudut kiri atas
  • Setelah itu buka menu Aplikasi & Game Saya
  • Berikutnya cari Aplikasi yang Bermasalah tadi
  • Jika ada pembaharuan, segera pilih Update

Tunggu sampai proses update selesai, kemudian baru buka kembali aplikasi yang bermasalah tadi. Tapi, jika pembaharuan belum tersedia, maka kalian bisa menunggu sampai di sediakan update oleh developernya.

6. Hapus dan Instal Ulang Aplikasi

Apabila dengan menghapus data aplikasi dan memperbaharuinya juga masih belum bisa mengatasi aplikasi yang tidak bisa di buka. Maka kalian bisa mencoba untuk menghapus saja aplikasi tersebut dan coba instal ulang kembali seperti biasa.

Biasanya dengan menginstal ulang, jika ada masalah sepertu bug pada aplikasi akan hilang tanpa tersisa. Namun sebelum kalian menginstal aplikasi tersebut, ada baiknya untuk memulai ulang ponsel terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk merestart sistem yang ada pada ponsel Android, agar kebali normal seperti semula.

Pada saat ponsel sudah kembali menyala, barulah nantinya kalian bisa menginstal ulang aplikasi yang di hapus tadi. Prosesnya itu seperti berikut:

  • Pertama pergi ke menu Pengaturan pada HP Xiaomi
  • Setelah itu pilih menu Aplikasi Terinstal
  • Kemudian kalian cari nama Aplikasi yang Bermasalah
  • Lalu Copot Pemasangan
  • Jika sudah, Restart dulu HP Xiaomi seperti biasa
  • Setelah menyala, kalian bisa buka aplikasi Google Play Store
  • Terakhir tinggal mencari aplikasi tadi kemudian Instal

7. Update MIUI Pada HP Xiaomi

Langkah berikutnya yang mungkin bisa membantu kalian dalam mengatasi masalah aplikasi tiba-tiba terhenti di Xiaomi adalah dengan melakukan update MIUI. Dengan melakukan update MIUI, biasanya jika terjadi masalah pada sistem akan segera di perbaiki atau hilang. Meski begitu, prosesnya juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar, karena kita harus menunggu agar bisa mendapatkan update dari Xiaomi.

Jika pembaharuan sudah tersedia di dalam ponsel, maka kalian dapat segera melakukan pembaharuan. Sebelum itu, pastikan ponsel Xiaomi kalian sudah terhubung dengan jaringan internet, karena jika tidak maka sulit untuk melakukan update.

Melakukan pembaharuan MIUI tidaklah sulit dan caranya kurang lebih seperti ini:

  • Langkah awal kalian buka dulu menu Pengaturan yang ada pada HP Xiaomi
  • Selanjutnya kalian buka lagi menu Tentang Ponsel
  • Setelah itu pilih Pembaharuan Sistem
  • Jika tersedia, pilih Perbaharui
  • Tunggu sampai prosesnya selesai dan ikuti intruksi selanjutnya

8. Coba Unroot HP Xiaomi

Jika sebelumnya itu kalian sudah pernah melakukan root pada HP Xiaomi dan akhirnya membuat sebagian aplikasi mengalami masalah. Maka kemungkinan besar, masalah yang sedang terjadi ini di sebabkan oleh proses rooting yang tidak sempurna. Biasanya proses rooting yang tidak sempurna ini bisa mengakibatnya banyak masalah dan salah satunya menimbulkan banyak bug pada aplikasi.

Seperti yang pernah di jelaskan sebelumnya, kalau proses rooting itu memang terlihat mudah tapi tidak bisa sembarang orang lakukan. Karena membutuhkan keahlian di bidang tersebut, agar proses rooting bisa berjalan dengan baik. Selain proses rooting yang kurang tepat, masalah ini juga bisa timbul akibat dari dampak dari melakukan root tadi.

Solusi utamanya tentu, kalian harus melakukan unroot pada HP Xiaomi tadi dan ini juga merupakan satu-satunya cara yang ampuh dalam mengatasi masalah tersebut.

9. Wipe Cache Partition

Cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa dibuka di HP Xiaomi berikutnya ini dapat kalian lakukan dengan melakukan wipe cache partition. Untuk melakukan proses ini, kalian dapat melalui menu recovery mode atau bisa juga melalui MI recovery Xiaomi.

Sebenarnya dengan melakukan wipe cache partition ini, semua file sampah yang ada didalam ponsel Xiaomi kalian akan bersih secara total. Biasanya proses ini juga bisa membuat HP Xiaomi kalian yang mengalami masalah dapat kembali normal lagi. Jika ada bugs ataupun kerusakan bisa teratasi dengan sangat baik.

Prosesnya memang sedkit panjang, tapi kalian bisa mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Sebelum kalian masuk kedalam recovery mode, pastikan dulu baterai HP sudah terisi penuh.
  • Berikutnya pastikan juga ponsel Xiaomi sudah dalam keadaan Mati bukan Terkunci.
  • Untuk masuk kedalam recovery mode, kalian dapat menggunakan kombinasi tombol Power + Volume Up secara bersamaan.
  • Tunggu sampai kalian melihat Logo MI, baru lepaskan dan kalian akan langsung di arahkan ke recovery mode.
  • Untuk opsi bahasa, kalian dapat memilih Bahasa Inggris.
  • Terakhir kalian bisa langsung memilih menu Wipe Cache Partition dan tunggu sampai prosesnya selesai.
  • Jika sudah, kalian pilih Reboot untuk memulai ulang ponsel seperti biasa.

10. Lakukan Factory Reset Xiaomi

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Xiaomi Dengan Factory Reset

Selain melakukan wipe cache partition melalui recovery mode yang ada pada HP Xiaomi, kalian juga dapat mengatasi masalah ini dengan melakukan factory reset. Melakukan proses ini akan menghilangkan seluruh data yang ada didalam HP Xiaomi kalian, jadi pikirkan terlebih dahulu.

Namun untuk mencegahnya, kalian bisa melakukan backup data penting yang ada didalam ponsel seperti foto, video, music, audio dan lainnya. Dengan begitu, kalian tidak akan kehilangan data penting tersebut saat melakukan proses factory reset.

Untuk melakukanya juga tidak sulit dan kalian dapat menyimak caranya di bawah ini:

  • Langkah awal kalian buka dulu menu Pengaturan yang ada didalam HP Xiaomi
  • Setelah itu kalian cari menu Setelan Tambahan
  • Jika sudah, cari dulu opsi Buat Cadangan & Setel Ulang
  • Selanjutnya pilih opsi Kambalikan ke Setelan Pabrik
  • Terakhir pilih Setel Ulang Telepon dan konfirmasi Hapus

Sekarang kalian hanya perlu menunggu sampai prosesnya selesai. Lamanya proses ini biasanya bisa di sebabkan oleh jumlah data yang ada didalam ponsel.

11. Hard Reset Xiaomi

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Bisa Dibuka di Xiaomi Dengan Hard Reset

Hard reset biasanya dapat kalian lakukan jika memang sudah terjadi masalah yang cukup rumit seperti menu pengaturan yang tidak bisa di buka. Karena proses ini tidak mewajibkan kalian untuk membuka menu pengaturan seperti factory reset tadi.

Tapi yang menjadi kendala dalam proses ini, kalian tidak bisa melakukan backup otomatis pada data penting yang ada didalam ponsel. Namun kalian bisa melakukannya dengan cara manual, meski sulit, tapi ini akan melindungi data penting kalian.

Langkah-langkah melakukan hard reset adalah sebagai berikut:

  • Pertama pastikan dulu baterai hp sudah terisi penuh atau tidak kurang dari 60%.
  • Selain itu, pastikan juga kalau ponsel Xiaomi sudah dalam keadaan Mati dan bukan Terkunci.
  • Apabila sudah, kalian dapat masuk kedalam recovery mode dengan memakai kombinasi tombol Power + Volume Up secara bersamaan.
  • Jika sudah muncul Logo MI, maka lepaskan dan pilih opsi Bahasa Inggris.
  • Untuk melakukan Hard Reset, kalian dapat memilih Wipe Data/Factory Reset dan lanjutkan lagi untuk memilih Wipe All Data.
  • Jika muncul sebuah notifikasi, maka pilih Yes (kalian dapat menggunakan tombol power untuk memilih dan volume untuk navigasinya).
  • Tunggu sampai prosesnya selesai dan jika sudah, kalian dapat langsung memilih opsi Reboot.

12. Coba Lakukan Flashing

Terakhir, jika semua cara yang sudah di sebutkan di atas belum juga bisa mengatasi masalah yang terjadi, maka solusinya kalian dapat melakukan flashing. Flashing adalah cara untuk menginstal ulang sistem yang ada di ponsel Xiaomi.

Untuk proses ini sangatlah panjang dan ada banyak bahan-bahan yang perlu kalian persiapkan sebelum melakukan flashing. Namun jika kalian ingin mencoba melakukan cara yang terakhir ini, maka tidak perlu khawatir karena admin sudah menjelaskannya di artikel sebelumnya.

Jika berminat, kalian bisa membaca tutorial lengkap tentang cara flash HP Xiaomi di artikel sebelumnya. Karena jika admin menjelaskan di sini, maka akan menjadi pembahasan yang sangat panjang. Oleh sebab itu, admin menjelaskannya di artikel lainnya.

Penutup

Dengan hadirnya beberapa metode di atas, admin sangat berharap kalau masalah yang sedang kalian hadapi saat ini bisa teratasi dengan baik. Selain itu, semua metode di atas juga bisa kalian gunakan pada Xiaomi seperti Xiaomi Mi4s, Mi4c, Redmi NOTE 4, NOTE 4X, NOTE 4 Pro, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4X, Redmi 5A, Redmi NOTE 5A, Redmi NOTE 5 Pro, Xiaomi Mi2A dan lainnya.

Jika ada pertanyaan atau ada hal-hal yang kurang jelas mengenai pembahasan di atas, maka jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar. Admin akan dengan senang hati membantu mencarikan solusi dari masalah yang sedang kalian hadapi.

Mungkin untuk saat ini cukup sampai disini saja pembahasan mengenai cara mengatasi aplikasi tidak bisa dibuka di Xiaomi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

1 komentar

  1. Pastikan dulu spesifikasi HP sudah sesuai dengan spesifikasi yang di perlukan oleh game. Apabila sudah, coba hapus dan install ulang gamenya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.