13+ Kelebihan dan Kekurangan Vivo V17 Pro Terbaru

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V17 Pro

Kelebihan dan Kekurangan Vivo V17 ProVivo kembali merilis sebuah smartphone terbarunya yang bernama Vivo V17 Pro dan ponsel ini tentunya menjadi penerus dari Vivo V15 Pro yang sudah dirilis sebelumnya. Smartphone ini dirilis pada bulan September tahun 2019 lalu dan di tunjukkan untuk pasar kelas menengah ke atas.

Sejak awal peluncurannya, Vivo V17 Pro ini menuai banyak pujuian dari konsumen gadget yang ada di Indonesia. Pujuian ini ditujukan karena smartphone yang dirilis oleh Vivo ini mempunyai desain dan fitur yang lebih fress pada tahun itu.

Hal inilah yang juga membuat Vivo V17 Pro sangat laku pada tahun itu dan dari informasi yang admin ketahui, smartphone ini sudah laku lebih dari 1000 unit sejak resmi diluncurkannya. Meski begitu, apakan smartphone tersebut layak untuk kita beli di tahun ini?

Nah, jika kalian saat ini sedang berencana untuk membeli HP Vivo V17 Pro, ada baiknya tahan dulu. Karena admin ada informasi penting yang wajib kalian ketahui sebelum beranjak membeli ponsel tersebut. Informasi ini berkaitan tentang kelebihan dan kekurangan Vivo V17 Pro terbaru.

Karena sangatlah penting untuk kita melihat apa saja kelebihan dan kekurangan pada smartphone yang hendak kita beli. Ini akan meminimalisir kalian dari kekecewaan setelah membelinya. Agar tidak terlalu lama, langsung saja kita lihat kelebihan dan kekurangan Vivo V17 Pro yang wajib untuk kalian ketahui.

Spesifikasi Vivo V17 Pro

Sebentar, sebelum kita lanjut ke pembahasan mengenai kelebihan dan kekurangan Vivo V17 Pro yang terbaru, ada bagusnya kita lihat dulu spesifikasi lengkap dari smartphone ini.

Vivo V17 Pro memang dirilis untuk menjadi penerus Vivo V15 Pro sebelumnya yang memang tidak terlalu sukses menarik minat konsumen. Mungkin karena spesifikasi yang dibawa oleh Vivo V15 Pro masih kurang memuaskan bagi konsumen Gadget yang ada di Indonesia.

Lalu bagaimana dengan Vivo V17 Pro? Tentu jika kita lihat dari jumlah terjualnya, jelas Vivo V17 Pro memiliki daya tarik yang berbeda dari Vivo V15 Pro sebelumnya. Daya tariknya ini jelas ada di fitur serta spesifikasi Vivo V17 Pro itu sendiri. Dimana Vivo membekali smartphone terbarunya itu dengan fitur serta spesifikasi yang lebih lengkap dari generasi sebelumnya.

Agar lebih jelas, berikut spesifikasi Vivo V17 Pro:

Rilis: September 2019

Bahan pembuatan: Depan kaca dan belakang kaca polycarbonate

Ukuran dan Jenis layar: 6.4 inci, Super AMOLED

Resolusi Layar: 1.080 x 2.400 px dengan rasio 20:9

Chipset: Qualcomm Snapdragon 675

Prosesor: Octa-core (2×2.0 GHz Kryo 460 Gold & 6×1.7 GHz Kryo 460 Silver)

GPU: Adreno 612

RAM: 8GB

ROM: 128GB

Kamera Utama: 4 Lensa Kamera

  • 48 MP (lensa wide, f/1.8, PDAF)
  • 8 MP (lensa ultrawide, f/2.3)
  • 2 MP (macro lens)
  • 2 MP (depth sensor, f/2.4)

Kamera Depan: 2 Lensa Kamera

  • 32 MP (lensa wide, f/2.0)
  • 8 MP (lensa ultrawide, 17mm)

Android: 9.0 Pie

Baterai: 4100 Li-Po

Lihat Spesifikasi Vivo V17 Pro Selengkapnya…

Jika kita lihat tentu ada banyak perubahan yang diberikan oleh Vivo untuk smartphone terbarunya ini bukan? Nah, agar kalian semakin yakin dengan cocok tidaknya ponsel tersebut untuk kalian beli di tahun ini. Maka kalian bisa memastikannya dengan melihat kelebihan dan kekurangan pada Vivo V17 Pro berikut ini.

Kelebihan Vivo V17 Pro

Review Kelebihan HP Vivo V17 Pro

Sama halnya dengan smartphone terbaru lainnya, dimana Vivo V17 Pro juga pasti mempunyai beberapa kelebihan yang akan didapatkan oleh penggunanya. Berikut kelebihan Vivo V17 Pro yang mungkin akan kalian dapatkan setelah membelinya.

1. Menggunakan Desain Layar Penuh

Kelebihan Vivo V17 Pro yang pertama bisa kalian lihat dari desain layar yang digunakan oleh smartphone ini. Dimana jika sebelumnya menggunakan desain layar berponi atau seperti tetesan air, maka berbeda dengan Vivo V17 Pro.

Smartphone ini menggunakan desain layar terbaru, dimana kalian tidak akan menemukan poni atau kamera di bagian depan layar. Hal ini karena Vivo V17 Pro mengusung desain layar penuh dengan ukuran 6.4 inci serta rasionya mencapai 91.65%.

Tentu ini bisa menjadi angin segar bagi pengguna smartphone yang memang sudah bosan dengan HP yang memiliki poni dibagian layar depannya. Bezel yang tipis juga bisa menjadi nilai tambah dan Vivo menyebut desainnya ini dengan nama Ultimate All Screen.

2. Desain Bodi yang Cukup Baik

Desain Bodi yang Cukup Baik

Selain di sektor layar, kelebihan Vivo V17 Pro juga bisa kalian lihat dengan mudah di bagian desain bodinya. Dimana sebuah sentuhan desain yang moderen memang sudah cukup jelas terlihat pada Vivo V17 Pro. Tentunya Vivo sendiri membawa beberapa pertimbangan didalam mendisain smartphone flagship yang satu ini.

Mulai dari segi layar sampai desain bodi yang full menggunakan bahan material kaca serta warna yang sangat menarik. Semua desain tersebut juga terlihat sangat pas, akurat serta cukup unggul di beberapa sudut. Salah satu yang paling banyak di bicarakan adalah dimensi Vivo V17 Pro yang terlihat minimalis.

3. Menggunakan Fitur Sidik Jari Didalam Layar

Jika pada smartphone Android lainnya dibekali dengan fitur sidik jari yang ada di bagian belakang atapun depan, ternyata tidak pada Vivo V17 Pro. Dimana Vivo V17 Pro ini dibekali dengan sensor sidik jari yang ada didalam layar atau in-display fingerprint.

Teknologi ini jelas merupakan salah satu teknologi sensor sidik jari yang unik dari smartphone Android lainnya. Hal ini tentu karena masih sedikit produsen Smartphone yang menggunakan teknologi tersebut didalam produk HP yang mereka buat.

Selain menjadi teknologi yang unik, ternyata berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh situs AndroidAutority, performa sensor sidik jari yang ada pada Vivo V17 Pro tergolong sangat baik. Respon sensor pemindai sidik jari Vivo V17 Pro juga sangat cepat dan pastinya akan membuat penggunannya jarang memakai Face Unlock untuk membuka ponsel.

4. Sudah Memakai Panel Layar Super AMOLED

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dimana Vivo V17 Pro ini mengusung layar yang berukuran 6.4 inci. Layarnya juga menawarkan resolusi 1080 x 2400 px dengan kerapatan layar yang mencapai 409 ppi serta rasionya ada di 20:9.

Hal tersebut tentu akan membuat angka resolusinya menjadi sangat jauh berbeda dengan ponsel Android lain di kelas harga yang sama. Rata-rata smartphone lain hanya mempunyai rasio di angka 18:9 atau 19:9. Namun hal lain yang membuat smartphone terbaru dari Vivo ini menarik adalah teknologi layarnya.

Dimana Vivo V17 Pro sudah menggunakan panel layar Super AMOLED dengan teknologi E3 OLED. Vivo sendiri juga menyebut layarnya itu dengan nama Ultimate All Screen. Istilah tersebut jelas tidak berlebihan, karena jika kita lihat tentu bezel Vivo V17 Pro tergolong cukup tipis.

5. Empat Kamera Utama yang Bagus

Empat Kamera Utama yang Bagus

Sekilas dengan kehadiran empat buah kamera dibagian belakang itu terasa sebagai hal yang biasa, sebab beberapa produsen ada yang mengeluarkan HP dengan empat kamera di harga menengah. Namun sebenarnya itu tidak terlalu jadi masalah, tapi yang menjadi masalahnya itu adalah kualitas dari kameranya.

Tentu dikelas harga ini, Vivo V17 Pro tidak akan menawarkan hanya sekedar gimmick saja. Tapi empat kamera yang dibenamkan pada Vivo V17 Pro ini jelas mempunyai kualitas dan fungsinya masing-masing.

Untuk kamera utama memiliki ukuran lensa 48MP dengan bukaan f/1.8 dan didukung juga dengan PDAF. Sedangkan kamera selanjutnya berukuran 8MP yang berfungsi sebagai kamera ultrawide dan kamera ketiga befungsi sebagai telefoto yang mendukung fitur PDAF serta 2x optical zoom.

Terakhir kamera yang keempat ini berukuran 2MP yang memiliki fungsi sebagai depth sensor  f/2.4. Lalu bagaimana kualitas dari keempat kamera yang ada pada Vivo V17 Pro ini?

Hasil dari kamera Vivo V17 Pro
* sumber: www.indiatoday.com *
Hasil foto kamera Vivo V17 Pro
* sumber: www.indiatoday.com *
Hasil Jepretan kamera Vivo V17 Pro
* sumber: www.indiatoday.com *

Jelas hasil jepretan kamera utama Vivo V17 Pro ini tergolong cukup bagus, baik untuk tempat yang minim pencahayaan atapun dengan tempat yang full pencahayaanya. Jadi, pastinya sangat cocok untuk kalian yang doyan berfoto memakai smartphone.

6. Dua Kamera Selfie yang Keren

Apabila dibagian belakang kalian bisa menemukan empat buah lensa kamera, maka untuk bagian depannya itu kalian akan menjumpai dua kamera. Tapi, dimana posisi kamerenya berada? Vivo V17 Pro ini bukannya mengusung layar full screen?

Tenang, kalian akan menemukan kamera selfie Vivo V17 Pro ini saat ingin menggunakannya saja. Sebab, Vivo membekali smartphone-nya dengan teknologi motorized pop-up. Dimana kamera selfie akan muncul saat penggunanya mengaktifkan kamera depan saja.

Selain itu, Vivo V17 Pro juga sudah dibekali dengan dua lensa kamera selfie. Masing-masing kamera memiliki ukuran lensa yang berbeda-beda, satu berukuran 32MP dan yang kedua berukuran 8MP. Untuk lensa kamera 8MP ini sebenarnya hanya berfungsi sebagai ultrawide.

Untuk hasil jepretan kamera depan Vivo V17 Pro, juga tergolong sangat baik meski kalian berada di tempat yang minim pencahayaan.

7. Dibekali RAM yang Besar

Dibekali Ram yang Besar

Kelebihan Vivo V17 Pro yang selanjutnya itu ada di sektor Ram. Dimana Vivo membekali smartphone terbarunya itu dengan kapasitas RAM yang tergolong besar, yakni 8GB.

Tentu dengan kapasitas RAM tersebut, memainkan beberapa aplikasi secara bersamaan tentu tidak akan menjadi masalah pada Vivo V17 Pro. Selain itu, ponsel ini juga sangat cocok untuk kalian yang suka menggunakan banyak aplikasi sosmed ataupun game online.

8. Daya Tahan Baterai yang Terkenal Baik

Vivo membekali Smartphone flagship-nya ini dengan kapasitas baterai 4.100 mAh yang berjenis Li-Po. Kapasitas baterai tersebut tergolong cukup besar, meski untuk saat ini kapasitas baterai diatas 4.000 itu tidak terlalu terdengar spesial. Namun ini sebenarnya terletak pada daya tahan dari baterai itu sendiri, apakah daya tahannya kuat atau tidak.

Jika dikutip dari Indianexpres, daya tahan baterai HP Vivo V17 pro ini adalah seharian penuh. Jika digunakan secara sedang atau normal maka daya tahan baterainya bisa mencapai 2 harian. Jadi kalian pasti tidak takut kehabisan daya baterai lagi ketika melakukan perjalan keluar rumah seharian.

9. Memiliki Dual Engine Fast Charging

Memiliki Dual Engine Fast Charging

Kelebihan dari Vivo V17 Pro yang akan kalian dapatkan terakhir adalah dibekalinya fitur dual engine fast charging. Tentu selain mendapatkan daya tahan baterai yang kuat, kalian juga akan mendapatkan kecepatan saat proses pengisian daya.

Dengan berbekal fitur dual engine fast charging, tentu proses pengisian daya pada ponsel ini akan terasa lebih cepat. Dimana berdasarkan uji coba yang dilakukan oleh Indiangadget, Vivo V17 Pro ini mampu mengisi daya dair 0% mencapai 100% hanya dalam waktu 90 menit saja.

Meski ada smartphone yang bisa mengisi daya lebih cepat dari ini, tapi fitur tersebut jelas sangat cukup membantu kita saat tidak memiliki waktu banyak ketika mengisi ulang daya baterai.

Kekurangan Vivo V17 Pro

Kekurangan HP Vivo V17 Pro

Setelah kalian sudah melihat beberapa daftar kelebihan HP Vivo V17 Pro yang akan didapatkan saat membelinya, maka untuk selanjutnya kita akan melihat kekurangannya. Karena tentu tidak lengkap rasanya jika kita hanya melihat kelebihannya saja tanpa melihat juga kekurangan yang ada didalamnya.

Nah, berikut beberapa kekurangan Vivo V17 Pro yang wajib juga kalian tahu:

1. Tidak Adanya NFC

Mungkin bagi beberapa orang fitur tersebut tidak terlalu penting, namun jika kita lihat kedepan, tentu fitur NFC itu sangat penting. Hal ini juga menjadi salah satu kekurangan, dimana Vivo V17 Pro ini tidak dibekali dengan fitur NFC versi resminya di Indonesia.

NCF sendiri adalah near field communication yang merupakan fitur untuk menunjang pembayaran digital. Meski saat ini fitur tersebut belum terlalu di perlukan, tapi seiring berkembangnya zaman, tentu NFC akan sangat diperlukan.

2. Masih Menggunakan Snapdragon 675

Masih Menggunakan Snapdragon 675

Kekurangan dari HP Vivo V17 Pro yang selanjutnya akan kalian rasakan di performanya yang terasa masih biasa saja. Hal ini tentu bukan tanpa sebab, dimana Vivo V17 Pro ini ternyata masih mengusung chipset Snapdragon 675 dan tentunya masih tergolong ketinggalan.

Chipset tersebut memang terdiri dari delapan prosesor inti yang dimana dua prosesor Kry 460 Gold 2.0 GHz yang bertugas menghendel performa. Sedangkan enam prosesor lainnya itu Kryo 460 Silver 1.7 GHz dan untuk pengolah grafisnya menggunakan Adreno 612.

Jika kita lihat spesifikasi dapur pacu yang diusung Vivo V17 Pro ini jelas terasa masih kurang dari kompotitor lainnya yang ada di harga sama. Untuk skor Antutu sendiri, Vivo V17 Pro ini hanya mampu menghasilkan nilai di 219 ribu saja.

3. Masih Memakai Speaker Tipe Mono

Masih Memakai Speaker Tipe Mono

Selain masih menggunakan Snapdragon 675, ponsel terbaru dari Vivo ini juga masih memakai speaker tipe mono, atau hanya dibekali dengan satu buah speaker saja. Jika kita lihat kompetitor lain yang ada di kelas harga sama, tentu ini akan menjadi kekurangan tersendiri.

Karena hampir semua kompotitor di harga yang sama itu sudah dibekali dengan speaker stereo. Sedangkan untuk suaranya masih tergolong standar seperti smartphone lain yang ada dikelas menengah.

4. Tidak Adanya Fitur Suara Spesial

Jika layar serta spesifikasi yang sudah memumpuni tentu rasanya masih kurang untuk salah satu smartphone flagship terbaru dari Vivo. Hal tersebut juga masih kurang bisa memuaskan ekspetasi bagi para pengguna gadget yang satu ini.

Walaupun dengan menggunakan hadware tembahan menjadi sebuah opsi yang bisa dibilang cukup unggul, tapi admin rasa itu masih kurang memuaskan. Rasanya itu tidak salah jika suatu smartphone yang ada di kelas harga menengah ke atas ini memiliki teknologi suara yang berbeda.

Setidaknya itu Vivo bisa membekali smartphone terbarunya ini dengan gaya khas serta suara yang lebih kaya agar mampu membuat multimedia menjadi lebih terkesan.

Penutup

Pada dasarnya HP Vivo V17 Pro ini memang terlihat cukup menari, karena ada banyak kelebihan yang bisa kita dapatkan dari smartphone ini. Tapi, apakah smartphone ini layak untuk kita beli tahun ini?

Berbicara mengenai layak, pastinya ini tergantung dari kebutuhan masing-masing orang. Jika kalian ingin mempunyai sebuah smartphone dengan desain premium, kamera yang menarik dan performa yang memuaskan. Tentu Vivo V17 Pro ini sangat rekomendasi untuk kalian beli tahun ini.

Sebaliknya jika kamu ingin sebuah smartphone yang bisa diandalkan memainkan game berat dengan lancar dan daya tahan baterai yang lebih baik. Tentu kalian bisa mencari smartphone lain, karena ada banyak smartphone dengan spesifikasi game terbaik saat ini. Jika berminat, kalian bisa lihat disini.

Baik, mungkin hanya itu saja review kelebihan dan kekurangan Vivo V17 Pro yang dapat admin hadirkan hari ini. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kamu yang sedang bingung mencari sebuah smartphone flagship.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.