2 Cara Menonaktifkan Talkback di HP Vivo

Cara Menonaktifkan Talkback di HP Vivo

Cara Menonaktifkan Talkback di HP Vivo – Talkback sendiri merupakan salah satu fitur yang umumnya ada di setiap HP Android terbaru saat ini. Salah satu brand HP Android yang memasukkan fitur ini kedalam ponselnya ialah Vivo.

Pada HP Vivo, umumnya fitur Talkback ini tidak akan aktif secara default ya. Kecuali kalau kalian memang tidak sengaja, atau mungkin lupa dulu pernah mengaktifkannya ketika sedang mengutak-atik pengaturan di dalam HP.

Ketika fitur Talkback ini aktif, maka secara otomatis akan mengubah cara pemakaian HP Vivo itu sendiri. Nah, hal tersebutlah yang juga sering membuat beberapa orang mengalami kesulitan, terutama bagi mereka yang belum terbiasa.

Apabila kalian merupakan salah satu orangnya, maka tidak perlu panik maupun khawatir. Sebab fitur Talkback di HP Vivo itu bisa kita matikan dengan mudah kok. Nah, bagi yang penasaran bisa langsung menyimak informasi lengkapnya di sini.

Apa itu Talkback Vivo?

Talkback Vivo merupakan salah satu fitur yang mempunyai fungsi untuk pengguna yang memiliki keterbatasan khusus. Ketika fitur ini aktif, maka secara otomatis HP Vivo akan memberikan respon melalui audio sesuai dengan apa yang sedang kita lakukan.

Sebagai contoh, ketika kalian akan membuka sebuah aplikasi di dalam HP. Begitu kalian menyentuh aplikasi tersebut, maka secara otomatis HP Vivo kalian akan memberikan sebuah respon berupa audio. Selain itu, fitur Talkback juga akan menjelaskan mengenai aplikasi yang kalian buka.

Kemudian untuk membukanya, kalian dapat mengikuti perintah dari respon audio yang keluar dari HP Vivo.

Nah, hal tersebutlah yang membuat beberapa pengguna mengalami masalah ataupun kesulitan saat menggunakan HP Vivo. Yang mana biasanya kita bisa langsung membuka aplikasi dengan sekali ketuk, tapi akan berbeda jika fitur Talkback ini aktif.

Baca Juga: Cara Mematikan Notifikasi Hp Vivo Paling Terbaru

Cara Menonaktifkan Fitur Talkback Vivo

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, kalau secara default fitur Talkback di HP Vivo itu tidak aktif. Terkecuali kalau kalian pernah mengaktifkan fitur Talkback tersebut secara tidak sengaja ataupun sengaja.

Untuk mematikan fitur Talkback di HP Vivo itu sebenarnya sama seperti mengaktifkannya. Hanya saja tidak sedikit dari orang yang lupa di mana letak Talkback Vivo. Mungkin kalian salah satu orangnya, hehe.

Tapi tidak perlu khawatir, karena ada dua cara untuk menonaktifkan fitur Talkback di HP Vivo dengan mudah. Silakan pilih salah satu cara yang menurut kalian mudah di gunakan.

1. Menonaktifkan Fitur Talkback Vivo Lewat Pengaturan

  • Pertama buka Settings di HP Vivo.
  • Lalu pilih menu Shortcuts and Accessibility.
  • Kemudian pilih lagi opsi Accessibility.
  • Sekarang cari dan pilih menu Talkback pada kolom Screen Readers.
  • Lanjut dengan menggeser toggle ke bagian kiri dari opsi Use TalkBack untuk mematikannya.
  • Selesai.

Setelah fitur Talkback berhasil di nonaktifkan, maka coba deh keluar dari pengaturan. Kemudian coba gunakan kembali HP Vivo seperti bisa dan jangan lupa juga untuk memastikan kalau navigasinya sudah kembali normal seperti semula.

Catatan:

Untuk tutorial di atas saya menggunakan HP Vivo Y20. Bagi kalian yang mungkin memakai HP Vivo tipe lain, di sini kalian dapat menyesuaikan langkah-langkahnya. Karena mungkin saja akan ada sedikit perbedaan tampilan dan nama-nama dari menunya.

2. Menonaktifkan Fitur Talkback Vivo Dengan Kombinasi Tombol

  • Langkah pertama kalian bisa menekan tombol Power pada HP Vivo.
  • Kemudian pilih Matikan.
  • Lanjut dengan menekan kembali tombol Power + Volume Atas + Volume Bawah secara bersamaan.
  • Tahan selama beberapa detik, atau sampai 3 detik saja sudah cukup.
  • Apabila sudah, silakan Restart kembali HP.
  • Selesai.

Selain bisa mematikan fitur Talkback Vivo melalui pengaturan, sebenarnya kita juga bisa melakukannya dengan kombinasi tombol. Seperti langkah-langkah di atas, kita memakai kombinasi tombol Power + Volume Atas dan Volume Bawah selama 3 detik saja.

Nanti setelah HP Vivo sudah kembali menyala, kalian bisa mengecek kembali semua navigasinya.

Baca Juga: Cara Screenshot HP Vivo Paling Mudah dan Cepat

Mengapa Fitur Talkback Vivo Bisa Aktif Sendiri?

Pada umumnya fitur Talkback di HP Vivo itu bisa aktif dengan sendirinya ketika kalian secara tidak sengaja menekan tombol Volume Atas dan Bawah secara bersamaan selama beberapa detik. Kemudian, jika memang karena ini, kalian hanya perlu menekan kedua tombol tersebut lagi secara bersamaan.

Selain karena tidak sengaja menekan tombol fisik pada HP, fitur Talkback Vivo juga bisa aktif ketika kalian mengaturnya melalui pengaturan. Entah itu karena di sengaja ataupun tidak sengaja mengaktifkannya.

Untuk hal ini, kalian bisa mengikuti langkah-langkah di atas tadi untuk mematikan kembali fitur Talkback Vivo.

Penutup

Itulah beberapa cara menonaktifkan fitur Talkback di HP Vivo dengan mudah dan cepat. Dari kedua cara tadi, kalian bisa memilih salah satunya ketika ingin mematikan fitur Talkback Vivo. Meski langkah-langkahnya berbeda, namun fungsinya masih tetap sama kok.

Bagi orang normal, mungkin fitur ini akan sangat mengganggu aktivitas ketika menggunakan HP. Tapi untuk mereka yang memiliki keterbatasan, fitur ini jelas akan sangat membantu mereka.

Mungkin cukup sekian, jika ada yang kurang jelas atau memiliki pertanyaan. Silakan tuliskan saja pada kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.