Terbaru! 18 Cara Menghemat Baterai HP Oppo yang Paling Aman

Cara Menghemat Baterai HP Oppo Agar Awet Seharian

Cara Menghemat Baterai HP Oppo – Oppo adalah salah satu produsen smartphone yang selalu menghadirkan produk dengan kualitas baik namun dengan harga yang cukup terjangkau. Hal ini yang mungkin juga membuat ponsel Oppo menjadi salah salu smartphone yang cukup laris di pasar gadget Indonesia.

Namun untuk saat ini, admin tidak akan menjelaskan mengenai produk yang sudah di keluarkan oleh Oppo. Sebab pembahasan tersebut sudah pernah admin bahas sebelumnya dan jika kalian ingin melihatnya kembali maka bisa menemukannya disini.

Untuk penjelasan kali ini, admin akan menjelaskan mengenai cara menghemat baterai HP Oppo. Meski bukan ponsel Oppo saja yang sering kehabisan daya baterai lebih cepat, tapi ponsel Android lainnya juga pernah dan sering mengalami hal ini.

Terlepas dari itu, sampai saat ini HP Android memang masih dikenal dengan daya tahan baterai yang kurang baik dibadingkan dengan produk smartphone dari Apple. Meksi masalah tersebut sudah umum terjadi pada ponsel Android, tapi ada beberapa faktor lain yang malah membuatnya menjadi tambah buruk.

Penyebab Baterai HP Oppo Cepat Habis

Penyebab Baterai HP Oppo Cepat Habis

Mungkin dari kalian masih ada yang selalu bertanya-tanya tentang apa penyebab baterai HP Oppo cepat habis? Habisnya daya baterai pada ponsel Oppo memang hal yang wajar, karena seluruh sistem yang ada didalam ponel itu membutuhkan daya baterai untuk bisa beroperasi dengan baik.

Tapi untuk beberapa kasus, konsumsi daya baterai bisa melebihi batas wajar dan mengakibatkan ponsel Oppo yang kita gunakan lebih cepat kehabisan sumber daya baterai.

Dalam hal ini, ada beberapa penyebab yang membuat HP Oppo lebih cepat kehabisan daya baterai dan salah satunya itu sering kalian sepelekan. Apakah itu? Yuk, kita lihat dibawah ini.

1. Fitur GPS Selalu Aktif

Mungkin tidak banyak orang yang sadar kalau mengaktifkan fitur GPS saat tidak digunakan bisa membuat ponsel Oppo kalian cepat kehabisan baterai. Ini karena HP Oppo kalian akan terus melakukan pembaharuan lokasi tempat kalian berada dan ini juga membuat konsumsi daya pada baterai akan semakin meningkat.

2. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Selin yang pertama, sebagian dari orang juga sering tidak sadar kalau beberapa aplikasi yang di instal itu masih terus aktif meski sedang tidak digunakan atapun saat ponsel sedang terkunci. Hal ini tentu akan membuat konsumsi baterai HP Oppo kalian semakin meningkat.

3. Memaksakan Ponsel Terhubung Saat Sinyal Jelek

Memaksakan ponsel untuk bisa terhubung saat kondisi sinyal di tempat kalian buruk adalah cara yang salah. Ini karena kalian akan membebani kinerja CPU yang ada didalam ponsel, hasilbya daya pada baterai akan menjadi cepat habis dan parahnya HP Oppo jadi cepat panas.

4. Fitur Wi-Fi Terus Diaktifkan

Menggunakan koneksi wifi memang bisa membuat ponsel kita tidak cepat panas, tapi itu jika ponsel kalian sedang terhubung dengan jaringan wifi tersebut. Nah, sebaliknya jika di tempat kalian tidak terdapat akses jaringan wifi dan fitur wifi pada HP Oppo masih aktif maka bisa dipastikan daya pada baterai akan cepat habis.

5. Terlalu Banyak Menginstal Aplikasi yang Menguras Baterai

Beberapa aplikasi memang sangat membantu kita dalam melakukan beberapa kegiatan sehari-hari, namun dibalik itu semua, ada beberapa aplikasi yang malah merugikan kita sebagai penggunanya. Hal ini dikarenakan beberapa aplikasi ini malah menyebabkan konsumsi baterai menjadi meningkat dan membuat kita lebih sering mencolokan hp ke charger.

Lihat penyebab utama baterai hp cepat habis…

Cara Menghemat Baterai HP Oppo Agar Tidak Cepat Habis

Cara Menghemat Baterai HP Oppo Agar Tidak Cepat Habis

Setelah kita sudah melihat beberapa penyebab daya baterai HP Oppo cepat habis, maka untuk selanjutnya admin akan menjelaskan bagaimana cara menghemat baterai HP Oppo agar tidak cepat habis dan pastinya aman untuk smartphone kalian.

Agar tidak terlalu lama, mari langsung saja kita lihat beberapa cara menghemat baterai HP Oppo yang paling mudah dan aman.

1. Aktifkan Mode Hemat Daya

Cara menghemat baterai hp Oppo yang pertama bisa kalian lakukan dengan memanfaatkan fitur hemat baterai yang sudah ada didalam ponsel. Dengan mengaktifkan fitur ini, ponsel Oppo kalian akan secara otomatis menghemat konsumsi daya baterai saat digunakan.

Fitur ini akan membantu kita dalam mengoptimalkan kinerja perangkat, mengurangi kecerahan layar, meminimalkan animasi pada sistem, mengontrol jaringan seluler, wifi, GPS, Bluetooth dan hostpot.

Untuk mengaktifkan fitur hemat daya pada HP Oppo tidaklah terlalu sulit, karena admin sudah merangkumkan langkah-langkahnya dibawah ini:

1.1 Untuk ColorOS 6.0

  • Pilih menu “Pengaturan“.
  • Kemudian “Baterai“.
  • Terakhir “Hemat Baterai Super Tinggi“.

1.2 Untuk ColorOS 5.2

  • Pilih menu “Pengaturan“.
  • Lalu “Baterai“.
  • Terakhir pilih “Hemat Daya Super“.

1.3 Untuk ColosOS 3.1

  • Pertama pilih “Pengaturan“.
  • Kemudian “Baterai“.
  • Yang terakhir “Mode Hemat Baterai“.

1.4 Untuk ColorOS 3.0

  • Cari menu “Setelan“.
  • Setelah itu “Baterai“.
  • Terakhir pilih “Modus Konsumsi Daya Baterai“.

2. Perhatikan Tingkat Kecerahan Layar

Selain dengan cara yang pertama, kalian juga bisa menghemat baterai hp Oppo dengan selalu memperhatikan tingkat kecerahan layar yang digunakan.

Mungkin masih sedikit orang yang sadar kalau tingkat kecerahan layar dapat mempengaruhi kinerja sistem yang ada didalam ponsel, ketika kinerjanya semakin meningkat maka konsumsi daya baterai yang dibutuhkan juga ikut meningkat. Imbasnya ponsel Oppo kalian akan lebih cepat kehabisa daya baterai.

Selain itu kalian juga tidak disarankan untuk mengaktifkan fitur auto brighness, karena jika fitur ini aktif ponsel Oppo yang kalian gunakan akan mendapatkan tambahan beban pekerjaan. Tentu ini akan kemabali berimbas kepada konsumsi daya pada baterai.

Jadi untuk menghemat baterai hp Oppo yang kalian gunakan bisa dilakukan dengan cara menurunkan tingkat kecerahan layar serta menonaktifkan fitur auto brightness.

3. Gunakan Wallpaper yang Bertema Gelap

Apakah dari kalian suka menggunakan tema wallpaper yang mengandung banyak warna cerah? Apabila iya, maka ada baiknya kalian menggantinya dengan tema wallpaper yang lebih redup atau gelap.

Pasalnya untuk ponsel Oppo yang sudah menggunakan teknologi layar Amoled, penggunaan tema wallpaper yang cerah dan penuh dengan warna bisa menjadikan sistem pada ponsel bekerja lebih keras dalam menampilkan seluruh warna yang ada pada wallpaper tersebut. Tentu imbasnya akan kembali pada konsumsi daya baterai yang akan semakin meningkat.

Maka dari itu, memilih tema wallpaper yang lebih gelap adalah cara sederhana untuk menghemat baterai HP Oppo yang kalian gunakan.

4. Batasi Penggunakan Widget

Memasang beberapa widget pada tampilan depan ponsel memang bisa membuat HP kita terlihat lebih menarik dan cantik. Tapi tahukan kalian kalau memasang terlalu banyak widget di halaman depan ponsel bisa menyebabkan konsumsi daya baterai semakin boros lagi?

Hal ini pernah admin sendiri buktikan, dimana ponsel yang menggunakan banyak widget di tampilan depan lebih cepat kehabisan baterai dari pada HP yang hanya memasang beberapa widget. Tapi jika kalian merasa tidak yakin dengan hal tersebut, maka bisa mencobanya sendiri dan merasakan bedanya.

5. Manfaatkan Fitur Penggunaan Baterai

Selain beberapa cara di atas, kalian juga menghemat baterai HP Oppo dengan cara memanfaatkan fitur penggunaan baterai yang ada didalam ponsel. Hampir sama dengan HP Android lainnya, ponsel Oppo juga mempunyai fitur yang bisa menunjukkan secara detail penggunaan baterai dalam rentang waktu tertentu.

Kita bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mencari tahu apa yang menjadi penyebab borosnya konsumsi daya pada baterai. Setelah kita melihat penyebabnya, tentu kita akan lebih mudah untuk mengatasinya.

Selain memakai fitur yang ada didalam ponsel, kalian juga bisa memonitor penggunaan baterai dengan aplikasi pihak ketiga yang bisa di unduh secara gratis didalam Play Store.

6. Aktifkan Pemberitahuan Layar Kunci

Meski terdengar sepele, namun mengaktifkan fitur pemberitahuan laya kunci ternyata bisa membuat ponsel Oppo kita tidak cepat kehabisan daya baterai. Hal ini karena kalian akan mendapatkan semua pemberitahuan yang masuk kedalam ponsel tanpa harus menghidupkannya.

Walaupun tidak terlalu episien, tapi cara menghemat baterai HP Oppo yang satu ini layak untuk kalian coba dirumah.

7. Hindari Menggunakan Fitur Getar

Fitur getar memang sangat membantu kita ketika sedang sibuk bekerja atau sedang tidak ingin diganggu oleh pemberitahuan yang masuk. Tapi tahukah kalian kalau ternyata mengaktifkan fitur getar pada ponsel bisa menjadi penyebab borosnya konsumsi daya pada baterai?

Ini dikarenakan getar yang kalian rasakan pada ponsel digerakan oleh motor elektrik dan pastinya membutuhkan sumber daya baterai untuk bisa beroperasi. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama, maka bukan tidak mungkin lagi kalau HP Oppo kalian akan cepat kehabisa sumber daya baterai.

Meski begitu, kalian masih bisa mengaktifkan fitur ini tapi gunakan ketika perlu saja dan matikan kembali jika sudah tidak digunakan lagi. Dengan begitu kalian akan menghemat daya baterai, meski sedikit tapi dalam keadaan tertentu itu akan sangat berguna.

8. Batasi Penggunaan Fitur Pintar Oppo

Cara menghemat baterai HP Oppo yang selanjutnya itu bisa kalian lakukan dengan mematikan fitur pintar yang ada didalam ponsel.

Seperti yang kita tahu kalau ponsel Oppo mempunyai beberapa fitur pintar yang akan sangat membantu seluruh aktivitas penggunanya didalam smartphone. Meski sangat berguna, beberapa fitur pintar tersebut malah akan merugikan kita terutama didalam sumber daya baterai.

Membiarkan beberapa fitur pintar itu terus aktif meski tidak digunakan akan membuat ponsel Oppo kalian lebih cepat kehabisa daya baterai. Jika sudah begini, kalian akan menjadi lebih sering mencolokan charger ke stop kontak yang ada dirumah.

9. Aktifkan Waktu Tidur yang Tepat Pada Ponsel

Untuk mencegah ponsel kalian kehabisan baterai lebih cepat, maka mengaktifkan fitur waktu tidur secara otomatis adalah cara yang tepat. Sebab dengan cara ini ponsel Oppo kalian bisa beristirahat sementara waktu saat sedang tidak digunakan dan tentu hasilnya konsumsi daya pada baterai akan terhenti saat ponsel dalam keadaan mati.

Selain bisa menghemat daya baterai, ponsel Oppo kalian juga akan lebih jarang dicolokan ke charger.

10. Optimalkan Pengaturan Pada Sistem

Cara terakhir untuk menghemat baterai HP Oppo adalah dengan mengoptimalkan beberapa pengaturan yang ada didalam sistem ponsel.

Dengan mengoptimalkan beberapa pengaturan yang ada didalam ponsel, kita akan meringankan kinerja CPU dan membuatnya tidak cepat panas. Beberapa pengaturan yang wajib kalian sesuaikan itu adalah tingkat kecerahan layar otomatis, pembaharuan lokasi (GPS), Wifi, Bluetooth dan terakhir adalah sinkronisasi otomatis.

Cara Memperpanjang Umur Baterai HP Oppo

Cara Memperpanjang Umur Baterai HP Oppo

Selain kita bisa menghemat baterai HP Oppo dengan melakukan beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, kalian juga bisa melakukan beberapa tips agar umur baterai ponsel kalian lebih panjang.

Jika umur baterai HP Oppo kita panjang, tentu kita akan lebih hemat dan nyaman saat menggunakan ponsel sehari-hari. Lalu apa saja cara memperpanjang umur baterai HP Oppo? Yuk, kita lihat dibawah ini.

1. Hindari Mengisi Daya Saat Indikator Menandakan Dibawah 10%

Jika kalian sudah berhasil melakukan cara menghemat baterai hp Oppo tadi, maka ada kalanya kalian juga mencoba untuk memperpanjang masa pakai baterai. Cara memperpanjang umur baterai yang pertama bisa kalian lakukan dengan cara menghindari mengisi daya terlalu sering saat indikator menandakan dibawah 10 % atau sampai mati dengan sendirinya.

Karena jika kalian melakukan hal tersebut terus-menerus, maka dapat dipastikan kalau baterai HP Oppo yang kalian gunakan akan cepat rusak, drop dan menggelembung.

Jika sudah begini tentu kalian harus mengeluarkan biaya tambahan untuk mengganti unit baterai yang rusak tadi dan harga baterai original saat ini tidaklah semudah baterai ponsel lepas zaman dulu.

2. Gunakan Ponsel Pada Suhu yang Ideal

Berdasarkan klaim yang disebutkan dalam situs Oppo Indonesia, baterai yang digunakan pada ponsel Oppo (Semua tipe) dirancang untuk mempunyai kinerja yang baik dalam berbagai suhu lingkungan. Namun suhu yang paling idel untuk kinerja baterai adalah 16° C sampai 25° C (61° F sampai 77° F).

Tapi jika baterai ponsel digunakan pada suhu tinggi yang mencapai 35° C/ 90° F keatas, maka bisa dipastikan baterai akan mengalami penurunan daya yang lebih cepat. Selain penurunan daya yang lebih cepat, umur dari baterai juga menjadi lebih pendek.

3. Pakailah Aksesoris Opoo yang Original

Cara memperpanjang masa pakai baterai yang terakhir itu dapat kalian lakukan dengan cara menggunakan aksesoris HP Oppo yang original. Aksesoris original yang dimaksudkan itu adalah baterai, kabel USB dan juga yang tidak kelah penting adalah kepala charger serta masih banyak yang lainnya lagi.

Meski biasanya aksesoris HP yang original itu memiliki harga yang sedikit lebih mahal, tapi untuk urusan kualitas dan kenyamanan tentu tidak bisa dibandingkan. Karena seperti pepatah bilang kalau ada kualitas maka ada harganya juga bukan!

Jadi kalian ingin memilih yang mana? Apakah membeli aksesoris ponsel dengan harga murah tapi cepat rusak atau membeli dengan harga yang sedikit mahal tapi awet untuk digunakan dalam jangka waktu lama? Semua keputusan itu ada di tangan kalian masing-masing.

Baik, mungkin untuk saat ini sampai disini dulu pembahasan mengenai cara menghemat baterai hp Oppo yang bisa admin rangkumkan. Semoga artikel diatas bermanfaat dan jika memiliki pertanyaan seputar informasi diatas, jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.