Ini 9 Solusi Sinyal Smartfren Hilang Paling Ampuh

Solusi Sinyal Smartfren Hilang Paling Ampuh

Cara Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang – Smartfren merupakan salah satu provider yang ada di Indonesia dan sudah sejak lama dikenal dengan sinyal CDMA atau WVDO-nya. Selain itu, smartfren merupakan provider pertama yang menawarkan paket internet unlimited bagi penggunanya.

Selain menawarkan paket internet unlimited, smartfren juga menawarkan jenis paket data menarik lainnya yang berbeda dari provider lainnya. Oleh sebab itu, smartfren menjadi salah satu provider yang paling banyak digunakan oleh pengguna ponsel Android sejak 2012 lalu.

Meski smartfren terkesan memiliki kecepatan internet yang baik, namun tidak jarang juga jaringan internetnya sering mengalami gangguan. Tapi ini tidak hanya terjadi di provider smartfren saja melainkan hampir semua provider yang ada di Indonesia pernah mengalami masalah ini.

Tentu dengan hilangnya jaringan internet tersebut, kita tidak akan bisa mengakses semua aplikasi termasuk game yang membutuhkan akses internet untuk berjalan. Serta kondisi ini juga sering membuat sebagian dari orang merasa kesal dan tidak sedikit juga yang malah membanting ponsel yang digunakan.

Apa Penyebab Sinyal Smartfren Hilang?

Apa Penyebab Sinyak Smartfren Hilang

Mungkin dari kalian semua masih bertanya-tanya mengenai apa yang menjadi penyebab sinyal smartfren hilang? Hilangnya koneksi internet itu bisa disebabkan oleh berbagai macam masalah dan juga sedikit sulit untuk bisa memastikan penyebab utama terjadinya masalah tersebut.

Meski begitu, ada beberapa penyebab yang paling umum dan sering dialami oleh sebagai pengguna kartu smartfren. Penyebab umum tersebut antara lain adalah sebagai berikut ini:

1. Pemasangan Kartu Smartfren yang Kurang pas

Penyebab pertama ini mungkin masih sangat sedikit orang yang menyadarinya, dimana pemasangan kartu SIM yang tidak tepat bisa menyebabkan sinyal smartfren hilang dan tidak bisa digunakan.

Maka dari itu, cobala untuk memeriksa kembali pemasangan sim kalian di slot sim yang ada didalam ponsel. Karena jika ada kelonggaran sedikit saja, ponsel kalian tidak akan bisa membaca kartu sim tersebut dan imbasnya kalian tidak akan bisa menggunakan pasilitas internet dari smartfren.

2. Tempat Kalian Jauh Dari Jangkuan Sinyal Smartfren

Penyebab umum yang membuat sinyal smartfren hilang selanjutnya adalah lokasi atau tempat kalian berada itu jauh dari jangkuan layanan smartfren. Seperti yang kita tahu, kalau jangkuan sinyal smartfren itu belum terlalu luas seperti provider lainnya.

Kemungkinan besar hilangnya sinyal internet dari provider smartfren itu dikarenakan tempat tinggal kalian saat ini masih tidak terjangkau oleh smartfren.

Untuk memastikannya kalian bisa pergi ketempat yang lebih dekat dengan perkotaan, karena biasanya daerah yang dekat dengan perkotaan itu memiliki kekuatan sinyal yang lebih baik.

3. Kartu Smartfren Kalian Tidak Mendukung 4G

Saat ini memang rata-rata semua kartu smartfren yang dijual itu sudah suport jaringan 4G, tapi untuk kartu yang lebih lama mungkin belum mendukung jaringan tersebut.

Apabila kartu smartfren yang kalian gunakan itu belum suport 4G, maka dapat dipastikan kalian akan sedikit kesulitan saat ingin mengakses internet. Sebab hampir semua aplikasi sosial media dan juga game online itu membutuhkan koneksi internet yang baik.

Maka cobalah untuk memeriksa kartu smartfren yang kalian gunakan terlebih dahulu, apakah sudah suport 4G atau belum. Jika belum, maka kalian bisa melakukan up-grade ke galeri smartfren dengan membawa dokumen yang diperlukan.

Atau kalian juga bisa mengunduh aplikasi mysmartfren yang ada di Google Play Store, untuk memeriksa apakah kartu kalian sudah mendukung 4G atau belum.

4. Terjadinya Pemadaman Listrik di Tempat Kalian

Mungkin masih sedikit dari kalian yang sadar kalau ternyata listrik yang padam itu dapat mengakibatkan hilangnya jaringan internet yang ada di tempat kita.

Saat terjadi pemadaman listrik yang dilakukan oleh PLN, maka dapat dipastikan kalau tower Provider atau sering juga disebut BTS yang ada di tempat kalian akan padam dan kembali aktif lagi saat listrik menyala.

Ketika kondisi ini terjadi dalam jangka waktu lama, maka dapat dipastikan sinyal smartfren hilang atau tidak bisa digunakan sama sekali. Kecuali jika kamu menggunakan modem smartfren yang memiliki jangkauan luas untuk mencari sinyal internet yang baik.

5. Area Tempat Tinggal Kalian Belum Suport 4G Smartfren

Selain kartu yang belum suport 4G, sinyal smartfren hilang juga bisa dikarenakan tempat tinggal kalian saat ini masih belum mendukung akses jaringan 4G.

Jika sudah begini, dapat dipastikan kalian tidak akan bisa mengakses internet dengan baik. Karena seperti yang sudah di singgung diatas tadi kalau hampir semua aplikasi sosmed dan juga game online itu memerlukan koneksi internet yang stabil dan baik untuk bisa mendapatkan pengalaman yang bagus.

6. Hardware HP Kalian Mengalami Kerusakan

Nah, penyebab sinyal smartfren hilang yang terakhir adalah adanya masalah pada hardware pada HP kalian. Kerusakan hardware bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti ponsel yang pernah jatuh atau ponsel yang pernah kemasukan air.

Hardware yang dimaksud dalam hal ini adalah slot sim atau bagian hardware lainnya yang menyangkut sinyal didalam HP.

Jika sudah begini, ponsel kalian tidak akan pernah bisa mengakses jaringan sinyal sama sekali dan bukan hanya pada kartu smartfren saja tapi semua kartu tidak akan bisa kalian gunakan.

Solusi untuk mengatasi masalah ini tentu kalian harus datang ke tempat service HP resmi agar bisa mendapatkan pelayanan terbaik dan kualitas yang tidak murahan.

Cara Mudah Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang

Cara Mudah Mengatasi Sinyal Smartfren Hilang

Mengetahui apa yang menjadi penyebab sinyal smartfren hilang adalah cara yang paling penting agar bisa mengatasinya dengan lebih mudah dan dengan hasil yang lebih baik.

Pada dasarnya, sinyal smartfren yang hilang itu bisa dikarenakan tidak adanya jaringan internet 4G. Seharunya jika kalian sudah memenuhi semua hal diatas tadi, maka bisa dipastikan sinyal smartfren di ponsel kalian akan muncul dan bisa digunakan dengan baik.

Nah, selain dengan cara memenuhi semua syarat yang disebutkan diatas tadi, Kampung Gadget masih mempunyai 3 tips lainnya yang bisa membantu kalian dalam mengatasi sinyal smartfren hilang. Apa saja 3 tips tersebut? Yuk kita cari tahu dibawah ini:

1. Mengunci Jaringan di Ponsel

Secara default dan tidak pernah kalian rudah, jaringan yang ada pada HP bisa berubah-ubah secara otomatis. Ini memiliki fungsi untuk membuat ponsel menyesuaikan kondisi saat menangkap sinyal internet yang ada di tempat.

Jadi saat kalian mengalami masalah sinyal 4G smartfren hilang dan muncul lagi, maka ada bagusnya kalian merubah pengaturannya dan membuatnya terkunci.

Cara ini bertujuan agar ponsel kalian bisa fokus dalam mencari satu jenis jaringan internet saja, yang mana itu adalah 4G. Untuk melakukan cara ini juga tidak terlalu sulit, sebab kalian bisa melihatnya dibawah ini:

  • Langkah pertama kalian buka dulu “Dial Pad” yang ada pada HP.
  • Setelah itu kalian bisa langsung mengetikan kode *#*#4636*#*#.
  • Tunggu sampai muncul sebuah halaman di layar ponsel kalian.
  • Jika sudah muncul, maka kalian bisa langsung memilih “SIM 1” atau “SIM 2” yang menggunakan kartu smartfren.
  • Terakhir kalian tinggal merubah tipe jaringan menjadi “LTE Only” dan tunggu sampai prosesnya berhasil.

2. Menggunakan Smartfren Toolkit

Cara mengatasi sinyal smartfren hilang yang kedua adalah dengan memanfaatkan fitur smartfren toolkit yang ada didalam ponsel. Cara mengaktifkannya juga sangat mudah, berikut caranya:

  • Pertama kalian masuk ke menu “Smartfren Toolkit” yang ada didalam ponsel.
  • Setelah itu kalian pilih menu “Roaming” dan pilih “Smartfren“.
  • Barikutnya pilih menu “Restat” jika sudah muncul.
  • Jika sudah selesai, buka ponsel kalian kembali dan cari menu “Smartfren Toolkit” tadi lalu pilih “Roaming“.
  • Pilih menu “Smartfren” lagi dan “Restat” kembali.
  • Tunggu sampai ponsel kembali menyala.

Setelah proses diatas selesai, maka biasanya sinyal smartfren yang hilang tadi akan muncul kembali di HP kalian.

3. Pergi Ketempat Lain

Cara terakhir dalam mengatasi sinyal smartfre hilang dan muncul lagi adalah dengan pergi ketempat yang mempunyai sinyal lebih kuat.

Cari tempat yang datar atau bisa juga cari tempat yang dekat dengan perkotaan, karena daerah tersebut biasanya mempunyai cangkupan sinyal yang lebih baik.

Biasanya dengan begitu kalian akan mendapatkan kembali sinyal dari smarfren yang sudah hilang tadi.

Jadi, begitulah cara mengatasi sinyal smartfren hilang. Selamat mencoba dan semoga semua cara diatas bisa membatu kalian yang saat ini sedang mengalami masalah dengan sinyal smartfren.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.