Inilah 15 Penyebab Hp Oppo Cepat Panas dan Cara Mengatasinya Untuk Semua Tipe

Penyebab Hp Oppo Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Penyebab Hp Oppo Cepat Panas – Ponsel Android memang dikenal dengan konsumsi daya baterai yang boros, maka dari itu juga yang membuat tidak sedikit pengguna mengeluhkan kalau ponsel yang digunakan menjadi cepat panas, ini juga berlaku pada ponsel besutan Oppo.

Dalam keadaan normal suhu panas yang keluar dari perangkat electronik adalah hal yang wajar, sebab suhu panas tersebut merupakan salah satu bentuk energi yang dilepaskan sebagai konsekuensi dari energi yang diberikan oleh baterai untuk menjalankan seluruh sistem yang ada dalam sebuah perangkat. Namun dalam beberapa kondisi suhu panas yang keluar itu dapat mengganggu kita sebagai pengguna.

Suhu panas yang keluar secara berlebihan atau diatas batas wajar itu pastinya akan membuat kita tidak nyaman saat menggunakan ponsel. Serta hal ini juga bisa menjadi pertanda kalau ponsel yang kita gunakan itu sedang mengalami masalah yang wajib untuk kita ketahui.

Apa Penyebab Hp Oppo Cepat Panas?

Apa Penyebab Hp Oppo Cepat Panas

Mungkin dari kalian masih sering bertanya-tanya tentang apa penyebab Hp Oppo cepat panas? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, admin sudah merangkumkannya secara lengkap, jelas dan pastinya mudah untuk kalian pahami.

Nah, langsung saja kita simak 7 penyebab Hp Oppo cepat panas yang paling umum terjadi.

1. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan

Penyebab HP Oppo cepat panas yang pertama itu bisa disebabkan oleh banyaknya aplikasi sosial media yang berjalan dilatar belakang. Kondisi ini akan membuat kinerja ponsel Oppo kalian bertambah berat meski tidak digunakan sekalipun dan imbasnya konsumsi daya pada baterai akan terus meningkat yang otomatis membuat suhu Hp Oppo menjadi cepat panas.

2. Cache Data Pada Aplikasi yang Terlalu Banyak

Selanjutnya penyebab Hp Oppo cepat panas juga bisa dikarenakan banyaknya file sampah atau cache yang ada didalam aplikasi. Jika dibiarkan file sampah atau sering disebut Cache ini akan terus menumpuk didalam ponsel kalian dan membuat kinerja ponsel semakin lambat, ruang penyimpanan menjadi cepat habis dan imbasnya ponsel akan menjadi cepat panas.

3. Internet yang Selalu Hidup

Untuk berselancar di sosial media ataupun bermain game memang membutuhkan koneksi internet agar bisa terhubung, namun tahukan kalian kalau hidupnya jaringan internet terlalu lama dapat membuat Hp Oppo cepat panas? Dalam beberapa kejadian, jaringan internet yang hidup dalam waktu lama meski tidak digunakan serta dan berada ditempat minim koneksi internet itu akan membuat konsumsi baterai bertambah cepat dan akan menjadi penyebab Hp Oppo cepat panas.

4. Memakai Ponsel saat Sedang Mengisi Ulang Daya

Masih sedikit orang yang sadar kalau menggunakan ponsel saat sedang mengisi ulang daya dapat menjadi penyebab Hp cepat panas. Hal ini karena kinerja ponsel dan baterai kalian akan bertambah dan dalam jangka waktu lama suhu panas ponsel akan terus meningkat yang menyebabkan ponsel menjadi panas. Buruknya lagi, ponsel Oppo kalian bisa meledak.

5. Banyaknya Fitur Tidak Perlu yang Aktif

Penyebab Hp Oppo cepat panas yang selanjutnya ini bisa disebabkan oleh banyaknya fitur yang tidak perlu aktif secara bersamaan. Beberapa fitur umum yang jarang digunakan adalah GPS, Bluetooth, Wi-Fi dan masih banyak lagi. Nah, jika fitur tersebut dibiarkan terus aktif dalam jangka waktu lama, maka ponsel kalian akan panas meski tidak digunakan sekalipun.

6. Baterai Hp yang Tidak Original

Penggunakan baterai Hp yang tidak original juga bisa menjadi penyebab Hp Oppo cepat panas. Jadi jika ponsel kalian menjadi cepat panas saat setelah selesai mengganti baterai, maka itu bisa dipastikan baterai yang digunakan kurang bagus atau tidak original.

7. Melakukan Multitasking Terlalu Banyak

Penyebab Hp Oppo cepat panas yang terakhir juga bisa terjadi karena menggunakan ponsel ber-multitasking terlalu banyak. Keadaan ini akan menambah beban kinerja dalam ponsel kalian, imbasnya konsumsi daya baterai akan terus meningkat dan ponsel akan menjadi lebih cepat panas.

Cara Mengatasi Hp Oppo Cepat Panas

Cara Mengatasi Hp Oppo Cepat Panas

Setelah diatas kita sudah melihat beberapa hal yang menjadi penyebab hp Oppo cepat panas, maka untuk selanjutnya kita akan mencari tahu bagaimana cara mengatasi atau mendinginkan ponsel Oppo yang panas. Dalam mengatasi masalah ini, admin akan mengurutkannya berdasarkan penyebabnya.

Agar tidak terlalu lama, mari kita lihat cara mengatasi Hp Oppo cepat panas dibawah ini.

1. Hentikan Beberapa Aplikasi yang Sedang Tidak Digunakan

Cara mengatasi Hp Oppo cepat panas yang pertama itu bisa kita lakukan dengan cara menghentikan beberapa aplikasi yang berjalan dilatar belakang. Karena pada umumnya, beberapa aplikasi sosial media akan terus berjalan meski sedang tidak digunakan ataupun saat ponsel sedang terkunci.

Oleh karena itu, menonaktifkan sementara aplikasi yang tidak digunakan adalah cara yang tepat untuk kalian lakukan. Selan dapat mencegah ponsel menjadi cepat panas, cara ini juga akan menghemat konsumsi daya pada baterai.

2. Bersihkan Cache Data Apada Aplikasi Secara Rutin

Beberapa aplikasi yang sering kita gunakan akan terus menghasilkan file sampah atau Cahce. Meski beberapa aplikasi membutuhkan file tersebut, namun tidak sedikit juga menjadi penyebab kinerja ponsel semakin berat.

Saat kinerja ponsel semakin berat, konsumsi daya pada beterai akan ikut meningkat dan imbasnya ponsel akan menjadi cepat panas. Jadi untuk mengatasi masalah ini kalian harus menghapus file Cache tersebut.

3. Matikan Koneksi Internet Jika Tidak Sedang Dibutuhkan

Seperti yang sudah disebutkan diatas, internet memang sangat diperlukan saat ingin berselancar di sosial media ataupun untuk bermain game. Namun jaringan internet yang hidup dalam jangka waktu lama saat sedang tidak digunakan juga bisa memicu meningkatnya suhu panas didalam ponsel Android.

Oleh sebab itu, mematikan jaringan internet saat tidak digunakan atapun saat berada di tempat yang jauh dari jangkauan internet adalah cara yang ampuh untuk mencegah ponsel menjadi cepat panas. Selain itu daya baterai pada ponsel kalian juga akan bertahan lebih lama.

4. Hindari Menggunakan Ponsel Saat Melakukan Pengisian Daya

Menggunakan ponsel saat proses pengisian ulang daya itu tidaklah baik untuk dilakukan, karena kinerja ponsel dan baterai menjadi tidak stabil yang akan berimbas pada meningkatnya suhu panas yang keluar didalam ponsel kita.
Selain ponsel menjadi cepat panas, kepala charger yang sedang kalian gunakan juga bisa ikut panas dan buruknya jika dilakukan dalam jangka waktu lama akan membuatnya meledak.

Nah, bagi kalian yang mungkin selalu sibuk dan tidak memiliki waktu banyak dalam mengisi ulang daya baterai ponsel maka bisa mencoba tips mempercepat pengisian baterai Hp Android sebelumnya.

5. Matikan Beberapa Fitur yang Tidak Perlu

Hingga saat ini masih banyak orang yang tidak sadar kalau beberapa fitur yang jarang digunkan itu terus aktif dapat menjadi penyebab hp cepat panas. Beberapa fitur yang wajib untuk dinonaktifkan saat tidak digunakan adalah GPS, Bluetooth, Wi-Fi, NFC dan masih banyak lagi.

Sama halnya dengan masalah diatas, jika kalian membiarkan fitur tersebut terus aktif meski tidak digunakan dan dalam jangka waktu yang lama maka ini akan membuat konsumsi daya pada baterai semakin boros serta juga akan memicu ponsel menjadi lebih cepat panas.

6. Gunakan Baterai Hp yang Original

Dalam beberapa kasus, Hp Oppo cepat panas itu juga bisa disebabkan oleh penggunaan baterai yang tidak original. Seperti yang kita tahu kalau masing-masing ponsel Android mempunyai jenis dan ukuran baterai serta spesifikasi baterai berbeda-beda, jadi menggantinya dengan baterai yang tidak sesuai akan menyebabkan ponsel kalian semakin cepat panas.

Jadi, untuk mengatasi masalah yang satu ini sangatlah mudah, karena kalian harus mengganti baterai tersebut dengan baterai original yang sesuai dengan spesifikasi ponsel yang digunakan.

Tapi jika ponsel kalian sudah menggunakan baterai yang original, namun ponsel tetap saja panas dan konsumsi daya pada baterai cepat habis maka kalian bisa mencoba melakukan kalibrasi baterai Hp Android yang sedang digunakan. Cara tersebut akan membantu dalam memperbaiki kinerja sistem yang selalu memonitor kinerja baterai.

7. Hindari Multitasking Terlalu Banyak

Cara mengatasi HP Oppo Cepat Panas yang selanjutnya bisa kalian lakukan dengan cara mengurangi multitasking. Karena melakukan multitasking terlalu banyak pada aplikasi sosial media itu akan membebani kinerja ponsel Oppo kalian.

Saat kinerja didalam ponsel terus meningkat, maka konsumsi baterai akan ikut meningkat. Ketika itu terjadi dalam jangka waktu yang maka, ponsel kalian akan menjadi cepat panas.

8. Menggunakan Aplikasi Pendingin Ponsel

Selain mengikuti cara-cara diatas, kalian juga bisa mendinginkan Hp Oppo yang panas dengan memakai aplikasi pendingin ponsel pihak ketiga. Ada beberapa jenis aplikasi pendingin ponsel yang dapat kalian gunakan secara geratis di Google Play Store.

Tapi sebelum itu, pilihlah aplikasi pendingin ponsel yang terpercaya dan lihat berapa banyak orang yang menggunakannya serta lihat profil developer secara lengkap. Karena tidak sedikit aplikasi pihak ketiga tersebut membahayakan ponsel kalian.

9. Reset Ponsel

Apabila kalian sudah melakukan semua cara mengatasi Hp Oppo cepat panas diatas dan hasilnya masih kurang bagus maka melakukan pengaturan ulang ponsel ke setelan pabrik adalah cara yang tepat.

Sebab dalam beberapa kejadian, terserang oleh virus dan terjadinya error pada sistem juga bisa menyebabkan ponsel cepat panas. Jika sudah begini, cara terakhir yang harus kalian lakukan adalah menyetel ulang ponsel Oppo kalian.

Sampai saat ini, cara-cara diatas masih berfungsi untuk semua seri ponsel Oppo terbaru, mulai dari seri Oppo A37, Oppo F1, Oppo F1s, Oppo R9, Oppo A5 dan seri Hp Oppo yang lainnya. Jadi kalian tidak usah bingung lagi untuk mencari tahu tentang penyebab dan cara mengatasi Hp Oppo cepat panas.

Baik, mungkin itu saja ulasan yang bisa admin hadirkan mengenai penyebab Hp Oppo cepat panas dan cara mengatasinya dengan benar. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.