12 Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Android Terbaru

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Android Terbaru

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka – Bagi semua HP Android, pastinya aplikasi Google Play Store adalah salah satu aplikasi yang paling penting untuk ada didalam ponsel. Ini karena melalui aplikasi ini kita bisa mendownload berbagai macam jenis aplikasi serta game, mulai dari yang gratis sampai dengan aplikasi yang berbayar.

Namun tidak selamanya aplikasi Google Play Store itu aman-aman saja lho! Karena dalam beberapa kasus, pengguna HP Android sering mengalami masalah dengan aplikasi yang satu ini dan masalah itu seperti play store tidak bisa dibuka.

Ketika play store tidak bisa dibuka, tentu kalian tidak akan bisa mendownload ataupun melakukan pembaharuan terhadap beberapa aplikasi dan juga game yang sudah kamu instal melalui play store. Tentunya hal ini juga akan membuat kita kesal bukan?

Namun sebelum kita mencari tahu bagaimana cara mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka, alangkah baiknya kita lihat dulu apa yang menjadi penyebab timbulnya masalah ini.

Penyebab Play Store Tidak Bisa Dibuka Pada Android

Penyebab Play Store Tidak Bisa Dibuka Pada Android

Seperti yang sudah sering admin katakan, kalau hampir semua permasalahan yang terjadi didalam ponsel Android itu ada penyebabnya, begitu juga dengan masalah play store yang tidak bisa dibuka.

Masalah ini tidak hanya terjadi pada satu jenis ponsel saja melainkan dapat terjadi pada semua jenis HP Android lainnya, mulai dari Samsung, Xiaomi, Vivo, Oppo, Lenovo, Asus, Coolpad dan smartphone android lainnya.

Lalu apa yang menjadi penyebab play store tidak bisa dibuka? Penyebabnya cukup beragam dan cukup sulit untuk memastikan apa yang menjadi penyebab utamanya. Tapi ada beberapa hal yang paling umum membuat masalah ini timbul pada aplikasi Google Play Store. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

  1. Kapasitas RAM Penuh.
  2. Tidak Adanya Koneksi Internet.
  3. Ruang Penyimpanan yang Penuh.
  4. Ponsel Belum Diperbaharui.
  5. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang.
  6. Akun Google yang Bermasalah.

Selain 6 penyebab Google play store tidak bisa dibuka diatas, tentu masih ada banyak penyebab lainnya yang mungkin saja menjadi penyebab masalah tersebut. Namu dari pengalaman pribadi admin, 6 hal itulah yang paling sering menyebabkan play store tidak bisa dibuka.

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Semua Android

Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka di Semua Android

Karena penyebab dari masalah ini terbilang banyak, jadi admin tidak bisa menjelaskannya secara mendetail terhadap semua penyebabnya.

Walaupun demikian, admin hanya bisa merangkumkan kalian 12 cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah Google Play Store tidak bisa dibuka pada HP Android. Ini juga berdasarkan pengalaman admin sendiri yang sudah pernah mencoba cara-cara tersebut dan hasilnya Google Play Store bisa terbuka kembali.

Nah, langsung saja kita lihat 12 cara mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka pada ponsel Android di bawah ini.

1. Restat HP Android

Cara yang paling sederhana pertama dalam mengatasi Play Store tidak bisa dibuka adalah dengan merestat ponsel yang kita gunakan.

Karena bisa saja masalah ini disebabkan oleh sistem yang mengalami error atau blank dan membuat beberapa aplikasi mengalami masalah seperti yang sedang terjadi pada Google Play Store.

Nah, dengan melakukan restat seluruh kerja sistem yang ada didalam ponsel kalian akan di setel ulang dan ini juga akan membuat permasalahan tadi seperti hang, macet, balnk dan error akan hilang ketika HP hidup kembali.

2. Perbaiki Tanggal dan Waktu Pada HP

Meski terdengar sangat sederhana, tapi cara ini kemungkinan besar bisa membantu kalian saat mengalami masalah Google Play Store yang tidak bisa dibuka. Meski biasanya pengaturan waktu dan tanggal pada HP Android itu bersifat permanen, namun terkadang pengaturannya itu bisa berubah dengan sendirinya.

Terjadinya perubahan pada pengaturan waktu bisa di sebabkan oleh beberapa hal, salah satunya ketika kalian mengganti kartu SIM. Saat kartu SIM dicabut, secara otomatis ponsel kalian akan menyetel ulang waktu serta tanggal.

Jadi, ketika pengaturan waktu dan tanggal yang tidak sesuai juga bisa menjadi penyebab masalah play store tidak bisa dibuka. Maka dari ini, coba periksa pengaturan waktu dan juga tanggal di ponsel kalian dan setelah itu buka kembali aplikasi play store.

3. Berhentikan Semua Mode yang Sedang Berjalan di HP

Setelah kalian sudah melakukan cara diatas dan masalah play store tidak bisa dibuka masih belum bisa diatas maka kemungkinan cara ini bisa kalian coba lakukan.

Dimana cobalah untuk mengentikan beberapa mode yang sedang berjalan pada ponsel kalian, mulai dari Wifi, data seluler, Mode pesawat dan juga aplikasi google play store sendiri. Setelah itu jalankan kembali beberapa mode yang sudah di hentikan tadi, jika memakai jaringan selular maka hidupkan data pada ponsel kalian serta jika menggunakan koneksi wifi kalian bisa menghidupkan kembali. Terakhir buka kembali aplikasi Google Play Store tadi dan biasanya sudah bisa digunakan lagi.

4. Lihat Kapasitas RAM yang Tersisa

Semua ponsel Android membutuhkan RAM agar bisa menjalankan semua aplikasi yang di instal didalamnya. Jadi ketika kapastias RAM sudah penuh dan tidak mencukupi untuk menjalankan sebuah aplikasi, biasanya akan mengalami Force close.

Force close ini adalah salah satu penyebab yang membuat aplikasi play store tidak bisa dibuka. Karena RAM yang penuh bisa mengakibatkan ponsel gagal menjalankan aplikasi tersebut dan membuatnya mengalami force close.

Cobalah untuk memeriksa kembali kapasitas RAM yang tersedia didalam ponsel kalian, jika kurang dari 400MB yang tersisa maka kalian harus menghentikan beberapa aplikasi yang sedang berjalan untuk membebaskan memori RAM. Selain menghentikan aplikasi yang berjalan, kalian juga bisa menghapusnya jika dirasa sudah tidak memerlukannya lagi.

5. Pakasa Berhenti Beberapa Aplikasi

Seperti yang admin sebutkan diatas kalau terlalu banyak menginstal aplikasi didalam ponsel bisa membuat kinerja ponsel semakin berat, baterai cepat habis, ruang penyimpanan menjadi sesak dan RAM yang habis.

Saat ini terjadi, ponsel kalian tidak hanya akan cepat panas tapi HP kalian akan mengalami kesulitan dalam menjalankan sebuah aplikasi dan ini juga bisa menjadi penyebab play store tidak bisa dibuka.

Maka dari ini, cobalah untuk menghentikan beberapa aplikasi yang sedang berjalan atau bisa juga menghapusnya. Hal ini dilakukan untuk membebaskan ponsel dari beban kerja yang berat serta memberikan cukup ruang pada RAM dan internal.

6. Bersihkan Ruang Penyimpanan Ponsel

Cara ini masih sama dengan yang disebutkan diatas, membersihkan beberapa aplikasi yang sudah di instal dan tidak pernah digunakan lagi adalah cara yang paling baik untuk membebaskan ruang penyimpanan didalam ponsel.

Karena banyaknya file Cache yang menumpuk didalam ponsel bisa saja membuat kinerja ponsel semakin berat dan hasilnya HP kalian gagal untuk menjalankan sebuah aplikasi. Nah, besar kemungkinan penyebab play store tidak bisa dibuka adalah file sampah yang terlalu banyak didalam ponsel.

7. Hapus Google Akun

Jika semua cara di atas sudah kalian lakukan secara bertahap namun masalah play store tidak bisa dibuka masih saja kalian alami, maka ada baiknya kalian mencoba untuk menghapus akun Google yang digunakan.

Karena biasanya terjadinya masalah pada akun yang kita gunakan bisa membuat aplikasi play store tidak dapat terbuka. Namun masalah pada akun ini masih belum terlalu jelas, tapi mencoba menghapus dan memasukan akun google kembali mungkin bisa memperbaiki masalah yang terjadi.

Tapi sebelum kalian memasukan akun ke aplikasi play store, ada baiknya merestat terlebih dahulu ponsel yang digunakan. Hal ini untuk menyuruh seluruh sistem yang ada didalam ponsel bekerja dari awal lagi.

8. Bersihkan Cache Google Play Service

Selain aplikasi Google Play Sore sendiri, biasanya terjadinya masalah pada aplikasi Google Play Service juga bisa membuat timbulnya masalah ini.

Maka dari itu, cobalah untuk membersihkan data ataupun cache yang ada didalam aplikasi Google Play Service. Dengan begitu, besar kemungkinan masalah play store tidak bisa dibuka bisa segera diatasi dengan aman.

Untuk membersihkan data atau Cache di aplikasi Play Service bisa melalui menu “Pengaturan” > “Apps Management” > “Google Play Servie” > “Storage” > “Clear Cache” dan “Clear Data“.

9. Instal Ulang Play Store

Jika dengan cara membersihkan data dan juga cache pada aplikasi Google Play Store dan masalah play store tidak bisa dibuka masih belum teratasi, maka cobalah untuk menghapus lalu menginstalnya ulang.

Kemungkinan besar ketika melakukan pembaharuan, ada beberapa file yang mengalami error dan mengakibatkan ponsel kalian tidak bisa membuka aplikasi Google Play Store.

Saat proses uninstall selesai kamu lakukan, maka jangan lupa terlebih dahulu merestat ponsel seperti biasa. Karena dengan begini seluruh sistem yang ada di dalam ponsel akan di setel ulang saat kembali menyala.

10. Matikan Proxy dan VPN

Penyebab yang selanjutnya bisa saja terjadi ketika kalian tidak sengaja mengaktifkan penggunaan proxy dan VPN di ponsel kalian. Jika memang begitu, segeralah untuk menonaktifkannya.

Dalam beberapa keperluan, mengaktifkan proxy dan VPN itu bisa membantu aktivitas kita, tapi dibalik itu terkadang hal ini bisa menimbulkan beberapa masalah pada ponsel Android dan salah satunya seperti Google Play Store tidak bisa dibuka.

11. Perbaharui Android

Solusi yang selanjutnya dalam mengatasi masalah Google Play Store tidak bisa dibuka adalah dengan mengecek dan memperbaharui sistem yang tersedia.

Karena itu, cobala untuk memperbaharui sistem operasi pada perangkat kalian jika itu memang ponsel kalian sudah mendapatkan pembaharuan sistem. Dengan adanya pembaharuan ini, masalah seperti bug, error dan lainnya bisa di perbaiki dengan lebih mudah.

12. Lakukan Factory Reset

Apabila semua cara yang sudah admin jelaskan diatas, namun masalah Google Play Store yang tidak bisa dibuka masih saja kalian alami maka pilihan terakhir adalah melakukan factory reset.

Cara ini akan menyetel seluruh sistem dan pengaturan yang ada didalam ponsel kalian serta proses ini juga akan membersihkan seluruh file yang tersimpan didalam memori internal.

Tapi sebelum kalian melakukan cara ini, ada baiknya melakukan backup terlebih dahulu agar data penting yang kalian miliki tidak hilang saat melakukan factory reset. Nah, bagi kalian yang belum tahu cara mengamankan data penting didalam ponsel, bisa mengetahuinya pada artikel sebelumnya yang menjelaskan cara backup data penting di HP Android.

Setelah selesai membackup semua data yang kalian miliki didalam ponsel maka langkah selanjutnya kita bisa langsung melakukan factory reset atau menyetel ulang perangkat Android.

Mungkin itu saja 12 cara mengatasi Google Play Store tidak bisa dibuka di Android, semoga semua cara diatas bisa memberikan hasil yang sesuai dengan keinginan kalian. Jika mengalami masalah atau ada pertanyaan seputar pembahasan diatas, maka jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar yang ada dibawah ini.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.