10 Cara Mengatasi Baterai HP Kembung Paling Aman

Cara Mengatasi Baterai HP Kembung Dengan Aman

Cara Mengatasi Baterai HP Kembung – Seperti yang pernah admi jelaskan sebelumnya kalau baterai adalah komponen yang sangat penting untuk ada didalam sebuah smartphone. Hal ini karena baterai adalah komponen penyuplai daya dan juga sebagai tempat menyimpan daya yang dibutuhkan oleh smartphone.

Jika komponen ini tidak ada, maka semahal dan secanggih apapun smartphone yang kalian miliki itu tidak akan bisa hidup dan berfungsi sebagai mana mestinya. Oleh karena itu, baterai adalah komponen yang sangat pital dan sangat wajib ada didalam sebuah smartphone.

Maka dari itu, menjaga agar baterai tetap dalam keadaan baik adalah hal yang wajib untuk kita lakukan, ini karena performa ponsel juga dapat dipengaruhi oleh kualitas baterai yang ada didalam smartphone. Meski sudah begitu, baterai masih tetap salah satu komponen electronik yang memiliki masa pakai.

Meski kita sudah menjaganya dengan baik, namun seiring berjalannya waktu baterai juga akan mengalami kerusakan dengan sendirinya. Tapi biasanya kerusakan ini dapat terjadi setelah pemakaian lebih dari 4-5 tahun, itupun jika kalian menggunakan komponen baterai yang original.

Kerusakan yang paling umum terjadi pada baterai yang termakan usia adalah proses pengisian dan pekaian menjadi lebih cepat, mengisi daya tapi tidak penuh-penuh serta yang paling parahnya baterai bisa menggelembung atau berukuran besar dari ukuran normalnya.

Cara Mengetahui Baterai HP Kembung atau Tidak

Untuk mengetahui kondisi baterai smartphone yang menggelembung tidaklah sulit, sebab pada umumnya sebuah baterai yang kembung itu memiliki bentuk dan ukuran yang sangat berbeda dari normalnya. Namun untuk ukurannya bisa berfariasi, ini biasanya tergantung dari kerusakan baterai yang dialami.

Bagi kalian yang menggunakan smartphone dengan baterai yang bisa di lepas, maka bisa mencoba melepaskan komponen baterai dari ponsel kemudian cari sebuah permukaan yang rata lalu taruh dan putar baterai. Nah, jika baterai berputar dengan lancar maka dapat dipastikan kalau baterai ponsel kalian sudah kembung, tapi jika tidak maka baterai masih dalam keadaan normal.

Sedangkan untuk kalian yang memiliki ponsel dengan baterai taman, untuk mengetahui kondisi baterai yang kita gunakan sudah melembung atau tidak bisa dilihat dari bentuk bodi belakang smartphone. Biasanya akan ada sebuah tonjolan di bagian belakang, atau bisa juga dengan memutar ponel di permukaan yang rata sama seperti diatas.

Penyebab Baterai HP Kembung

Penyebab Baterai HP Kembung

Mungkin kalian masih ada yang bertanya-tanya mengenai apa yang menyebabkan baterai hp melembung? Penyebabnya tentu beragam dan selain karena faktor usia dari baterai itu sendiri, baterai yang melembung juga bisa dikarenakan pemakaian yang tidak baik.

Berikut ini ada 4 penyebab umum baterai hp melembung dengan cepat:

1. Over Charging

Penyebab baterai hp kembung yang pertama itu bisa terjadi karena over charging atau mengecas baterai dengan durasi yang lama. Kejadian ini juga lebih sering dialami oleh sebagian orang, dimana mereka sering lupa untuk mencabut charger saat indikator baterai sudah menandakan 100%.

Tanpa kalian sadari, kebiasaan buruk tersebut dapat membuat umur baterai HP kalian menjadi lebih pendek. Hal ini dikarenakan membiarkan ponsel terus mengisi daya saat indikator sudah menandakan angka 100% itu bisa mengakibatkan meningkatnya suhu panas pada baterai.

Nah, suhu panas yang keluar dengan rentang waktu lama inilah yang akan membantuk gas dan membuat baterai HP kalian menjadi kembung.

2. Selalu Mengisi Daya Saat Indikator Menandakan 10-0%

Kebiasaan lain yang menjadi penyebab baterai hp kembung adalah mengisi ulang daya baterai saat indikator menandakan angka 10% atau sampai benar-benar kehabisa daya baterai yang membuat ponsel sampai mati sendiri.

Baterai HP yang sudah benar-benar kehabisa daya (Voltage-nya) itu lebih cenderung membutuhkan daya yang lebih besar saat proses pengisian ulang daya. Jika sudah begini, suhu panas pada baterai akan lebih cepat meningkat dan secara perlahan akan mengakibatkan baterai menjadi kembung.

3. Menggunakan Charger yang Tidak Priginal

Tahukan kalian kalau menggunakan charger yang tidak original itu bisa menjadi penyebab baterai hp kembung? Ini karena masing-masing smartphone memiliki voltase atau tegangan listrik yang berbeda-beda dan ini juga berlaku pada charger.

Saat kalian menggunakan charger yang tidak original, tentu tegangan listrik yang diperlukan oleh ponsel dalam proses mengisi ulang daya baterai bisa saja lebih besar atau lebih kecil dari yang diberikan oleh charger.

Pada saat tegangan listrik yang diberikan oleh charger lebih kecil maka proses mengisi ulang daya akan menjadi lebih lama dan berimbas pada meningkatnya suhu panas didalam komponen baterai. Ini karena saat proses mengisi ulang daya, baterai juga harus bekerja untuk menyuplai daya yang diperlukan oleh komponen lain yang ada didalam smartphone.

Selain pada baterai, kepala charger juga bisa cepat panas karena tidak mampu memenuhi tegangan daya yang diminta oleh baterai dan parahnya lagi bisa meledak.

4. Menggunakan Ponsel Sambil Mengisi Daya

Sebuah kebiasaan yang terkahir ini mungkin masih sedikit orang yang menyadarinya, dimana menggunakan ponsel saat mengisi ulang daya bisa menjadi penyebab baterai hp kembung.

Kenapa demikian? Tentu ini dikarenakan komponen baterai yang ada didalam ponsel akan mendapatkan tekanan yang berat, imbasnya suhu panas didalam baterai akan meningkat dengan cepat. Suhu panas yang dikeluarkan oleh baterai inilah yang nantinya akan menjadi cikal bakal baterai hp melembung.

Nah, jika kalian adalah seseorang yang selalu sibuk dengan ponselnya setiap hari dan tidak punyak waktu lama untuk menunggu daya baterai terisi penuh, maka cobalah tips yang pernah admin berikan sebelumnya tentang cara mempercepat pengisian daya baterai dengan aman.

Begini Cara Mengatasi Baterai HP Kembung Dengan Aman

Begini Cara Mengatasi Baterai HP Kembung Dengan Aman

Saat ini memang sudah ada banyak sekali orang yang membahas seputar cara mengempeskan baterai hp kembung, baik itu dari artikel website sampai chanel youtube. Namun cara yang paling banyak digunakan oleh orang-orang adalah memasukan baterai hp yang kembung kedalam preezer atau kulkas.

Sejujurnya admin sendiri tidak terlalu tahu dari mana asal mulai teori tersebut, sebab didalam pembahasan yang mereka berikan itu tidak tercantum sumber yang jelas. Serta dari pengalaman pribadi admin sendiri, semua teori yang dikatakan mampu untuk mengatasi masalah baterai kembung itu tidak ada yang berhasil.

Jadi admin sangat menyarankan kalian untuk tidak melakukan cara tersebut, selain baterai tetap saja kembung, kalian juga hanya membuang-buang waktu saja untuk mengikuti cara mengatasi baterai hp kembung tersebut.

Tapi jika kalian masih ingin mencobanya, maka silakan saja karena itu hak kalian masing-masing. Tapi menurut admin yang sudah pernah mencobanya sendiri, hasil yang admin dapatkan memang baterai yang kembung itu kembali kedalam bentuk semula. Namun setelah digunakan pada ponsel, kondisi dari baterai kembali melembung.

Maka dari itu, jangan buang-buang waktu kalian untuk melakukan cara tersebut dan jika baterai ponsel kalian melembung, ada baiknya menggantinya dengan baterai yang baru serta usahakan juga pilih yang original.

Tips Merawat Baterai Agar Tidak Kembung

Tips Merawat Baterai Agar Tidak Kembung

Cara mengatasi baterai hp kembung memang lebih baik dilakukan dengan menggantinya dengan baterai baru, karena sampai saat ini belum ada cara yang pasti untuk mengatasi masalah tersebut.

Nah, apabila cara memperbaiki baterai hp kembung itu sudah termasuk sulit untuk dilakukan, tapi untuk cara mencegah baterai hp melembung tidaklah mustahil untuk kita lakukan. Dengan melakukan beberapa pencegahan ini, baterai ponsel kalian akan terhindar dari masalah tersebut.

Berikut ini admin akan membagikan kalian beberapa tips merawat baterai hp agar tidak melembung:

1. Jangan Menggunakan HP Saat Panas

Tips yang pertama, hindari menggunakan ponsel ketika bagian belakang sudah terasa panas. Hal ini menandakan kalau baterai yang ada didalam ponsel kalian sedang menyuplai daya yang besar untuk menopang kinerja CPU dalam menjalankan semua perintah yang ada didalam ponsel.

Cobalah untuk mendinginkan ponsel kalian terlebih dahulu sebelum kembali menggunakannya, karena dengan begitu kalian sudah meminimalisir terjadinya kerusakan pada baterai. Selain itu kalian juga bisa menggunakan aplikasi pendingin hp Android yang ada di Play Store untuk mencegah HP ponsel kalian mengalami over heating.

2. Hindari Menggunakan Ponsel Saat Mengisi Daya

Sangat tidak disarankan sekali untuk menggunakan ponsel sambil mengisi ulang daya, selain bisa mengakibatkan hp cepat panas, kondisi ini juga menjadi penyebab baterai hp kembung. Maka dari itu, cobalah untuk tidak memakai ponsel saat sedang mengisi daya dan jika ingin cepat, kalian bisa mengaktifkan mode pesawat atau mematikan ponsel.

3. Hindari Memakai Charger yang Tidak Original

Tips yang selanjutnya dalam mencegah agar baterai hp tidak melembung adalah dengan menghindari memakai charger yang tidak original. Seperti yang sudah admin jelaskan sebelumnya, charger yang tidak original memang murah karena bisa kita beli dengan harga 50rb saja tapi untuk kualitasnya tidak akan pernah bisa kalian banggakan.

Meski charger original itu lebih mahal, namun masalah keamanan, kenyamanan dan kualitasnya tidak akan pernah mengecewakan.

Penutup

Kembali lagi admin tekankan kepada kalian kalau cara mengatasi baterai hp kembung itu hanya bisa dilakukan dengan menggantinya dengan unit baterai yang baru serta original. Karena sampai saat ini, belum ada cara yang pasti untuk mengatasi masalah baterai hp kembung. Jadi jangan buang-buang waktu kalian untuk mengikuti cara yang tidak pasti tersebut.

Mungkin untuk saat ini cukup sekian saja informasi yang dapat admin sampaikan tentang cara mengatasi baterai hp kembung dengan aman dan semoga artikel diatas bisa berguna serta bermanfaat untuk kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.