Inilah 14 Cara Perbaiki HP Dicas Tapi Tidak Mengisi Paling Ampuh

Cara Perbaiki HP Dicas Tapi Tidak Mengisi Paling Ampuh

HP Dicas Tapi Tidak Mengisi – Seperti yang sudah pernah kita bahas sebelumnya kalau smartphone Android itu memiliki permasalahan yang bermacam-macam, mulai dari masalah pada sofware sampai dengan hardware yang juga sering mengalami masalah.

Namun dalam pembahasan kali ini, admin akan menjelaskan sebuah masalah yang sering terjadi pada hardware ponsel Android. Salah satu masalah hardware yang sampai saat ini masih sering dialami oleh pengguna adalah baterai yang sering mengalami masalah saat dicas.

Baterai adalah komponen yang sangat penting didalam sebuah smartphone karena jika tidak ada baterai, ponsel pintar kalian tidak akan bisa digunakan. Pada ponsel Android, baterai adalah salah satu komponen hardware yang sering mengalami masalah. Selain masalah daya baterai yang cepat habis, baru-baru ini juga ada masalah lain yang terjadi didalam baterai. Ini berhubungan dengan masalah ketika ingin mengisi ulang daya pada baterai.

Banyak pengguna HP Android yang mengeluhkan kalau saat dicas baterai tidak pernah mau terisi penuh dan malah terus berkurang dayanya sampai akhirnya mati dengan sendirinya. Kondisi ini tentu akan sangat menggangu kita sebagai pengguna yang mungkin selalu sibuk dengan smartphone.

Apa Penyebab HP Dicas Tapi Tidak Mengisi?

Apa Penyebab HP Dicas Tapi Tidak Mengisi

Sama seperti masalah lain yang sering terjadi didalam ponsel Android, begitu juga dengan masalah yang terjadi pada baterai dimana masalah ini pasti ada penyebabnya. Penyebab terjadinya masalah tersebut bisa dikarenakan kesalahan pengguna atau bisa juga dikarenakan penggantian komponen hardware yang tidak bagus.

Selain itu, penyebab umum lainnya yang membuat baterai hp dicas tidak mau mengisi daya adalah sebagai berikut:

  • Komponen ponsel mengalami kerusakan: Contohnya saja kabel data yang rusak, kepala charger yang bermasalah dan komponen lainnya yang berhubungan dengan baterai.
  • Sistem mengalami masalah: Misalnya saja masalah yang terjadi pada sistem yang berkerja untuk membaca status baterai.
  • Baterai yang rusak: Kerusakan pada baterai juga bisa menjadi penyebab masalah tersebut dan ini sering menimbulkan masalah saat proses pengisian ulang daya yang lama penuh.
  • Kesalahan pengguna: Selain komponen, kesalahan pengguna juga bisa menjadi penyebab terjadinya masalah tersebut. Contohnya seperti menggunakan ponsel sambil mengisi daya baterai.

Jika kita telusuri lebih jauh, tentu masih ada banyak masalah lain yang menjadi penyebabnya.

Cara Terbaru Memperbaiki HP Dicas Tapi Tidak Mengisi Paling Ampuh

Cara Terbaru Memperbaiki HP Dicas Tapi Tidak Mengisi Paling Ampuh

Bagi orang awam, tentu saat mengalami masalah ini akan merasa panik dan bingung untuk mengatasinya. Apalagi kalau ponsel tersebut merupakan hp satu-satunya yang kalian miliki.

Tapi, kalian tidak perlu panik dan khawatir akan hal tersebut.

Karena dalam pembahasan kali ini, admin akan menguraikan bagaimana cara memperbaiki hp dicas tapi tidak mengisi daya dengan baik. Apa saja cara yang bisa dilakukan? Yuk, kita cari tahu dibawah ini:

1. Mendinginkan Ponsel

Cara mengatasi HP dicas tapi tidak mengisi yang pertama adalah mendinginkan ponsel yang sedang dalam keadaan panas atau setelah selesai digunakan bermain game.

Ponsel Android yang bekerja terlalu berat atau melebihi batas kemampuannya akan membebani kerja CPU yang secara otomatis akan membuat ponsel menjadi panas. Ketika ponsel sedang panas, daya yang dibutuhkan akan jauh lebih tinggi dari pada daya yang didapatkan oleh baterai sehinggan membuat baterai menjadi lebih lama penuh.

Maka solusi yang paling baik untuk masalah ini adalah mendinginkan terlebih dahulu dengan cara mematikan ponsel. Untuk ponsel yang baterainya bisa di copot, ada baiknya mendinginkan hp dengan cara mencopot baterainya secara langsung.

2. Bersihkan Ujung Kabel Charger

Adanya masalah pada kabel data juga bisa menjadi penyebab hp dicas tapi tidak mengisi dengan baik. Rusaknya kabel data ini akan mempengaruhi kecepatan proses charging dan membuat baterai lebih lama penuh. Kerusakan ini juga bisa terjadi karena beberapa hal, salah satunya itu peletakan kabel data yang sembarangan.

Tentu sulusi yang baik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan kabel data yang digunakan. Ini bertujuan untuk menghilangkan kotoran yang bisa saja menempel di permukaan ujung charger.

Kotoran yang sering menempel di ujung charger itu tidak selamanya berupa debu tapi bisa saja benada-benda kecil yang menempel dan menggangu aliran listrik saat proses charging berlangsung.

3. Ganti Kabel Charger Lama

Jika dengan membersihkan kabel data belum mampu memperbaiki masalah yang terjadi maka kemungkinan besar kabel charger yang kamu gunakan itu sudah rusak. Rusaknya kabel charger bisa terjadi karena beberapa hal dan salah satunya adalah faktor umur.

Hampir seluruh komponen electronik itu mempunyai umur, begitu juga dengan kabel charger. Untuk kabel data yang original, biasanya rata-rata umur yang dimiliki jika digunakan dengan baik adalah 5-6 tahun. Namun jika menggunakan kabel data yang bukan ori alias murahan, mungkin umurnya tidak akan selama itu.

Jika sudah begini, tentu jalan satu-satunya adalah mengganti komponen tersebut dengan yang baru agar bisa mengatasi masalah tersebut.

4. Restat Ponsel Seperti Biasa

Cara mengatasi hp dicas tapi tidak mau mengisi yang selanjutnya adalah dengan merestat ponsel seperti biasanya. Tujuan melakukan cara ini adalah me-reset seluruh aktivitas yang sedang berjalan didalam sistem ponsel.

Kemungkinan besar penyebab terjadinya masalah hp dicas tapi tidak mengisi itu karena banyaknya task yang membebani kinerja CPU. Ketika CPU bekerja lebih berat maka konsumsi daya yang dibutuhkan juga akan semakin banyak.

Jika sudah begini, baterai ponsel kalian akan lebih lama terisi. Oleh sebab itu, merestat ponsel adalah cara yang aman untuk memperbaiki masalah yang sedang terjadi.

5. Update OS

Jika semua cara diatas sudah kamu lakukan, namun hasilnya masih tetap sama maka kemungkinan besar ini dikarenakan OS yang digunakan belum diperbaharui.

Pastinya kalian tidak lupa dengan pembahasan sebelumnya, dimana pembaharuan itu sangat dibutuhkan oleh semua ponsel Android. Dengan adanya pembaharuan, kinerja ponsel akan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Oleh karena itu, memeriksa secara rutin pembaharuan yang tersedia adalah cara yang baik dalam mengatasi masalah hp dicas tapi tidak mengisi dengan sempurna.

6. Sofware Bug

Memang tidak sepenuhnya berpengaruh, tapi beberapa kasus yang pernah terjadi menyebutkan kalau adanya masalah sofware bug atau cacat desain pada perangkat lunak bisa menyebabkan masalah saat proses charging.

Namun untuk mencari tahu masalah ini sangatlah sulit jika kita lakukan dengan manual, tapi kamu bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Aplikasi yang akan membantu kalian dalam mencari tahu serta mengatasi masalah ini adalah “Ampere”.

Kamu bisa mendownloadnya secara gratis di Google Play Store yang ada didalam ponsel Android. Selain memiliki ukuran yang kecil, Ampere juga tidak memerlukan banyak RAM untuk bisa berjalan dengan baik.

7. Bersihkan Fort USB

Bukan hanya karena kabel usb saja, kondisi port USB yang kotor juga bisa menjadi penyebab HP dicas tapi tidak mengisi dengan sempurna. Hal ini karena didalam port USB itu terdapat konektor yang berfungsi untuk mengirimkan energi listrik yang dibutuhkan oleh baterai.

Jika kotoran tersebut terus menumpuk, pastinya akan sangat menggangu proses penghantar daya dari kabel ke port charger tersebut. Maka dari ini, kalian wajib untuk selalu menjaga kebersihan port USB yang ada pada ponsel.

Kamu juga bisa membersihkannya dengan memakai alat kecil yang bisa masuk kedalam port USB, tapi usahakan jangan sampai konektor yang ada didalamnya patah.

8. Ganti Adapter Charger

Selain karena bakel dan port USB yang bermasalah, penyebab hp dicas tapi tidak mengisi yang lainnya juga bisa dikarenakan adapter charger yang rusak.

Adapter charger yang rusak tentu akan menghambat saat proses pengisin ulang daya pada baterai dan membuatnya menjadi lebih lama. Kerusakan ini dapat disebabkan oleh banyak hal, mulai dari pemakaian sampai pembelian adapter charger yang tidak sesuai spesifikasi yang dibutuhkan oleh ponsel.

Untuk itu, cobalan untuk memeriksa adapter charger yang kalian gunakan dengan adapter lain. Dengan begitu kalian akan bisa menemukan permasalahan yang terjadi.

9. Lakukan Kalibrasi Baterai

Ketika ponsel Android melakukan update ataupun sistem ROM yang dirubah, sering juga membuat sistem yang ada didalamnya mengalami error. Salah satu sistem yang sering terdampak adalah sistem pembaca status baterai.

Saat sistem tersebut mengalami masalah atau error, maka dapat dipastikan kalau status baterai yang muncul akan ngaco atau tidak sesuai dengan asilnya. Dan ini sering membuat kita kesulitan untuk mengetahui apakah baterai yang ada didalam ponsel benar-benar sudah habis atau belum.

Nah, untuk mengatasi masalah ini kalian bisa melakukan kalibrasi pada baterai ponsel yang digunakan. Ini bertujuan untuk memperbaiki fungsi sistem pembaca status baterai yang mengalami error. Untuk prosesnya kalian bisa melihat di artikel sebelumnya yang menjelaskan secara detail mengenai cara kalibrasi baterai Android paling ampuh.

10. Lakukan Factory Reset

Cara mengatasi HP dicas tapi tidak mengisi dengan baik yang berikutnya ini adalah dengan melakukan faktory reset atau menyetel ulang ponsel ke pengaturan pabrik. Dengan begini, seluruh pengaturan yang ada didalam ponsel akan dikebalikan seperti ponsel baru lagi.

Jadi ketika ada sebuah sistem yang error ataupu bug yang terjadi akan hilang, ini karena seluruh data tersebut akan dihapus secara permanen.

Untuk melakukan factory reset tidaklah terlalu sulit, namun hanya saja cara di masing-masing ponsel itu berbeda-beda. Tapi kalian tidak perlu khawatir, sebab kalian bisa mencari tahunya di artikel sebelumnya yang membahas tentang cara menyetel ulang ponsel Android.

11. Ganti Baterai Dengan yang Baru

Selain beberapa kondisi diatas, masalah hp dicas tapi tidak mengisi dengan normal juga bisa disebabkan oleh kondisi baterai yang kurang baik. Jika baterai ponel mengalami kerusakan, biasanya iya akan menunjukkan beberapa tanda-tanda dan salah satunya saat mengisi ulang daya yang lama penuh.

Penyebab baterai cepat rusak itu bisa dikarenakan oleh pemakaian pengguna sampai dengan pemilihan kualitas baterai yang kurang baik.

12. Gunakan Charger Desktop

Charger desktop A.K.A atau yang sering disebut juga dengan nama charger kodok ini mungkin bisa menjadi opsi yang dapat kalian pilih saat mengalami kerusakan pada IC charger.

Hal ini karena kita bisa langsung melakukan proses charging pada baterai tanpa memerlukan kabel USB. Namun cara ini hanya berguna untuk ponsel yang memiliki baterai copot saja.

13. Charger HP Pada Suber Listrik yang Baik

Berikutnya kalian bisa memeriksa suber listrik yang hendak digunakan untuk mengecas hp. Usahakan mengecas ponsel pada sumber listrik yang mempunyai daya lebih besar serta lebih stabil. Hindari mengecas ponsel melalui port laptop maupun PC, ini karena arus yang diberikan lebih kecil dari yang dibutuhkan oleh ponsel.

Simpelnya kalian hanya tinggal mencari stop kontak (colokan) listrik di rumah yang sudah bisa dipastikan kestabilannya. Dengan begitu, proses pengisian daya akan berjalan dengan baik serta baterai hp akan menjadi lebih awet.

14. Perbaiki HP ke Service Center

Cara terakhir untuk mengatasi hp dicas tapi tidak mengisi daya secara normal adalah dengan memperbaikinya langsung ke tempat service center. Ini tentu merupakan cara yang paling terakhir yang bisa kalian lakukan apabila semua langkah-langkah diatas tidak memperoleh hasil yang baik.

Karena kemungkinan besar IC Charger HP Android kalian mengalami kerusakan yang mengharuskan kalian untuk menggantinya dengan yang baru.

Apa itu IC Charger? IC Charger ini mempunyai fungsi untuk mengantarkan daya power USB kedalam baterai, saat ini rusak tentu akan menghambat proses pengantar daya ke baterai bahkan sampai tidak dapat bekerja sama sekali.

Baik mungkin untuk saat ini hanya itu saja ulasan yang dapat admin berikan kali ini mengenai cara mudah mengatasi hp dicas tapi tidak menngisi dengan baik. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membagikannya ke semua teman atapun saudara kalian ya!

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.