Ini 13 Cara Mengatasi HP Lag Saat Main Game Online yang Paling Ampuh

Cara Mengatasi HP Lag Saat Main Game Online

Cara Mengatasi HP Lag Saat Main Game Online – Bagi mereka yang suka bermain game online tentu ingin memainkan game tersebut dengan nyaman dan tenang bukan, namun hal tersebut sangat jarang untuk bisa didapatkan. Kenapa seperti itu? Karena untuk bisa mendapatkan kenyamanan saat memainkan game online itu tidaklah mudah dan tidaklah murah pastinya.

Kenapa admin mengatakan hal itu, karena saat ini beberapa game online yang ada di Android itu pastinya membutuhkan spesifikasi serta koneksi internet yang bagus serta stabil. Jika tidak, sudah bisa dipastakan kalau game yang kalian mainkan akan lebih sering lag serta patah-patah.

Tapi meski koneksi serta spesifikasi ponsel yang kalian gunakan sudah memumpuni, belum tentu juga bisa mendapatkan pengalaman yang baik saat bermain game online. Sebab, selain sangat dipengaruhi oleh koneksi internet serta spesifikasi ponsel, ada hal lain yang juga bisa menyebabkan game online yang kalian mainkan mengalami lag atau patah-patah.

Apa saja itu? Yuk, kita lihat penyebab umum HP lag saat bermain game online berikut ini.

Penyebab HP Lag Saat Main Game Online

Penyebab HP Lag Saat Main Game Online

Selain faktor spesifikasi dan jaringan internet serta usia smartphone yang kita gunakan, mengalami lag saat bermain game online bisa juga terjadi karena beberapa hal sederhana yang sampai saat ini sering sekali diabaikan oleh banyak orang.

Hal sederhana itulah yang sering membuat kebanyakan orang mengalami lag saat main game online di smartphonya. Nah, berikut ini beberapa penyebab HP lag saat main game online yang sering di abaikan:

1. Mengaktifkan Mode Hemat Daya

Hampir semua smartphone dengan Android Lolipop keatas itu dibekali dengan fitur Battery Saver, ini biasanya berguna untuk mengatur performa hp Android, baik itu untuk menghemat daya baterai, normal, mode performa dan masih banyak lagi.

Beberapa orang sering lupa mematikan mode hemat daya saat ingin memainkan sebuah game online yang mempunyai grafis HD. Jadi ketika mode hemat daya aktif didalam ponsel, maka sistem akan secara otomatis mengurangi kinerja seluruh komponen yang ada didalamnya dan imbasnya ponsel akan terasa lambat serta sering lag ketika digunakan bermain game online dengan mode HD.

2. Kapasitas RAM Tidak Mendukung

Penyebab yang kedua terjadinya lag saat main game online itu bisa saja karena kapasitas RAM pada ponsel kalian terlalu kecil dari jumlah RAM yang dibutuhkan oleh aplikasi game online yang hendak dimainkan.

Hal ini dikarenakan aplikasi game online saat ini membutuhkan kapasitas RAM yang tidak sedikit, jadi jika kalian mengalami lag atau patah-patah saat memainkan game online, bisa jadi RAM yang ada di ponsel kalian sudah penuh.

3. Gangguan Pada Jaringan Internet

Untuk memainkan game online, tentu smartphone kalian wajib mempunyai jaringan internet yang baik dan stabil. Ini dikarenakan game online membutuhkan akses internet yang cepat agar bisa mengambil dan mengirim data yang diperlukan saat kalian memainkan game tersebut.

4. Spesifikasi Ponsel Tidak Mendukung

Penyebab HP lag saat main game online yang selanjutnya itu bisa diakibatkan oleh spesifikasi ponsel yang kalian gunakan tidak mendukung atau tidak kuat untuk menjalankan aplikasi game online tersebut.

5. Terlalu Banyak Aplikasi yang Berjalan

Apabila kalian sudah menggunakan smartphone dengan spesifikasi yang memumpuni tapi tetap lag saat bermain game online maka itu bisa disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.

Jadi, beberapa aplikasi yang masih berjalan di latar belakang itu bisa menggunakan RAM didalam ponsel yang tidak sedikit dan akhirnya jumlah RAM yang dibutuhkan saat bermain game online menjadi berkurang atau bahkan habis.

6. Memainkan Game yang Terlalu Berat

Penyebab terakhir yang kemungkinan besar bisa menjadi penyebab lag atau patah-patah saat memainkan game online di ponsel adalah spesifikasi game yang terlalu berat. Ini biasanya terjadi karena aplikasi game online tersebut memiliki banyak fitur yang membutuhkan ponsel dengan spesifikasi tertentu untuk menjalankannya dengan lancar.

Cara Mengatasi HP Lag Saat Main Game Online Terbaru

Cara Mengatasi HP Lag Saat Main Game Online Terbaru

Setelah kita melihat tentang beberapa penyebab ponsel yang kita gunakan mengalami lag saat digunakan untuk memainkan game online, maka untuk selanjutnya admin juga akan membagikan kalian sebuah cara yang paling ampuh dalam mengatasi masalah tersebut.

Berikut ini adalah 8 cara mengatasi HP lag saat main game online yang bisa kalian coba dirumah:

1. Pakai Selalu Jaringan 4G atau Wi-fi

Cara mengatasi HP lag saat main game online yang pertama adalah dengan memperhatikan jaringan internet yang akan digunakan. Ini karena sebuah game online itu sangat bergantung pada kecepatan internet yang ada didalam ponsel, jadi semakin cepat dan stabil jaringan internet maka kalian akan semakin nyaman memainkannya.

Untuk saat ini, kalian sebaiknya menggunakan jaringan 4G saja ketika ingin memainkan sebuah game online, hal ini karena sinyal 4G memiliki kecepatan yang lebih baik daripada 3G. Serta jika menggunakan Wi-Fi, ada baiknya cari layanan Wi-Fi yang bisa memberikan layanan internet yang tidak terlalu kecang tapi tetap stabil saja sudah cukup.

2. Nonaktifkan Aplikasi Lain yang Sedang Aktif

Selain memperhatikan kualitas jaringan yang digunakan, mengatasi lag saat main game online di ponsel Android juga bisa kalian lakukan dengan menonaktifkan beberapa aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang.

Karena saat ini masih ada saja beberapa aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang ponsel meski tidak sedang kalian gunakan, jika sudah begini, ponsel kalian akan bekerja lebih keras dan ini juga tidak hanya berimbas pada game yang kalian mainkan tapi juga suhu hp bisa menjadi cepat panas.

Maka dari ini, sebelum kalian ingin memainkan sebuah game online, ada baiknya untuk mengecek terlebih dahulu di latar belakang, apakah masih ada aplikasi yang sedang berjalan atau tidak. Karena dengan begitu, lag dan patah-patah saat bermain game online bisa diminimalisir.

3. Hindari Mengisi Ulang Daya Sambil Bermain Game

Cara yang selanjutnya untuk mengatasi HP patah-patah saat main game online juga bisa kalian lakukan dengan menghindari mengisi daya sambil memakai ponsel bermain game.

Kenapa demikian, ini dikarenakan ketika kalian menggunakan HP saat sedang mengisi daya maka kinerja ponsel kalian akan semakin bertambah. Saat kinerja ponsel sudah bertambah berat maka secara perlahan performa smartphone kalian akan menurun dan imbasnya game yang sedang dimainkan akan lebih sering mengalami lag atau patah-patah.

Selain bisa mengurangi rasa nyaman saat bermain game online, menggunakan ponsel sambil mengisi ulang daya juga bisa membuat beberapa komponen didalam ponsel menjadi cepat rusak, salah satunya adalah baterai. Umur baterai akan lebih pendek serta bisa menyebabkan kebocoran pada baterai.

4. Periksa Kapasitas RAM yang Tersisa

Memori RAM sangat penting untuk ada didalam sebuah smartphone, hal ini karena RAM merupakan sebuah tempat menyimpan data sementara yang dibutuhkan oleh aplikasi saat kalian membukanya.

Jadi kapasitas RAM juga sangat menunjang kenyamanan serta kecepatan kalian dalam menggunakan sebuah aplikasi termasuk juga game. Maka dari itu cobalah untuk melihat kapasitas RAM yang tersisa didalam ponsel sebelum menjalankan atau memainkan sebuah game online.

Jika ternyata RAM yang tersisa tinggal sedikit atau kurang dari 500MB, maka kemungkinan besar kalian akan sulit untuk bisa menjalankan sebuah aplikasi game yang mempunyai grafis HD. Tapi kalian tidak perlu bersedih jika kapasitas RAM yang tersisa tinggal sedikit, karena saat ini kalian bisa menambah RAM pada ponsel Android dengan aman.

5. Update Game yang Dimainkan

Cara mengatasi hp lag saat main game online yang berikutnya ini bisa dilakukan dengan memeriksa update terbaru dari aplikasi game yang akan kalian mainkan.

Dalam beberapa kejadian, meski tidak terlalu sering, sebuah aplikasi game yang belum di perbaharui bisa menyebabkab terjadinya freeze atau lag ketika dimainkan. Hal ini biasanya dikarenakan beberapa fitur terbaru yang ada pada aplikasi baru itu tidak terdapat didalam aplikasi game lama atau bisa juga terjadi karena aplikasi lama memiliki banyak bug yang belum diperbaiki.

Oleh sebab itu, ada baiknya kalian melakukan pembaharuan secara rutin (jika sudah tersedia) pada aplikasi yang memang sering kalian pakai. Untuk melakukan update, kalian bisa melalui Google Play Store yang sudah tersedia didalam smartphone.

6. Lihat Spesifikasi Smartphone yang Dipakai

Cara mengatasi hp lag saat main game online yang berikut ini sangatlah penting untuk kalian ketahui, dimana kalian wajib melihat spesifikasi dari ponsel yang akan digunakan untuk memainkan sebuah game online.

Seperti yang sudah admin singgung diatas tadi, dimana spesifikasi yang dimiliki oleh ponsel sangat berpengaruh terhadap kenyamanan saat memainkan sebuah game online. Semakin bagus spesifikasi ponsel yang kalian miliki, maka semakin nyaman kalian memainkan sebuah game online.

Dulu untuk mempunyai ponsel dengan spesifikasi memumpuni itu sangatlah mahal, namun saat ini jelas sudah berbeda karena kalian tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak agar bisa mempunyai sebuah smartphone dengan spesifikasi terbaik. Apabila kalian berminat untuk melihat deretan ponsel murah dengan spesifikasi tidak murahan, maka bisa melihatnya disini.

7. Jangan Memainkan Game yang Terlalu Berat

Cara agar bermain game online tidak patah-patah yang selanjutnya ini bisa kalian lakukan dengan menghidari memainkan game yang berat atau melebihi kemampuan dari ponsel yang digunakan.

Masih berkaitan dengan yang diatas tadi, dimana kalian wajib untuk melihat terlebih dahulu spesifikasi dari ponsel yang kalian miliki dan mencocokannya dengan spesifikasi hp yang dibutuhkan oleh game tersebut. Dengan begitu, kalian pasti akan terhindar dari masalah lag atau patah-patah saat memainkan sebuah game menggunakan smartphone.

8. Ganti Smartphone

Terakhir kalian bisa mengatasi hp lag saat main game online dengan cara mengganti ponsel yang kalian miliki saat ini. Jelas ini merupakan cara yang peling terakhir yang bisa kalian pilih setelah semua cara diatas sudah kalian lakukan namun hasilnya tidak sesuai.

Masing-masing game online itu memiliki spesifikasi ponsel tersendiri yang dapat menjalankannya dengan lancar, jadi jika kalian sudah mengikuti cara diatas dan game yang dimainkan masih saja nge-lag maka itu artinya kalian sudah saatnya untuk mengganti ponsel lama tersebut.

Karena pada dasarnya teknologi yang tersematkan didalam sebuah smartphone hanya bisa digunakan dengan baik selama 3-4 tahun saja, hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang semakin cepat seperti sekarang ini.

Penutup

Mungkin cukup sekian saja informasi yang bisa admin sampaikan mengenai cara mengatasi lag saat main game online, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jangan lupa juga untuk menantikan tips keren seputar gadget lainnya hanya di Kampung Gadget.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.