Mengenal Aplikasi TikTok

Mengenal Aplikasi TikTok dan Fakta Unik Tentang TikTok

Mengenal Aplikasi TikTok – Sekarang ini sudah banyak tersedia beragam aplikasi sosial media yang bisa kita gunakan sepuasnya. Salah satu aplikasi sosial media yang sangat populer di kalangan anak mudah saat ini adalah TikTok.

Buat pengguna lama, tentu sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Nah, di dalam aplikasi TikTok itu kita dapat melakukan sharing berbagai jenis konten video. Selain itu, dalam konten TikTok kita juga bisa menambahkan backsound serta efek-efek lainnya yang sesuai dengan keinginan sendiri.

Hal tersebutlah yang juga membuat semua konten yang ada di dalam aplikasi TikTok menjadi populer dan menarik untuk di tonton.

Walaupun sudah ada sejak lama, ternyata masih banyak juga orang yang belum terlalu kenal dengan aplikasi yang satu ini. Oleh karena itu, berikut ini saya akan jelaskan artikel mengenai aplikasi TikTok secara lengkap dan pastinya mudah untuk di pahami.

Apa Itu TikTok?

TikTok adalah aplikasi sosial media yang di dalamnya menyediakan beragam konten unik berbasis video singkat. Yang mana TikTok mungkin juga satu-satunya platform sosial media yang hanya menyediakan konten-konten video singkat saja.

Untuk tema yang ada di dalam aplikasi ini sangatlah beragam jenisnya. Mulai dari tema pendidikan, bisnis, hiburan, musik, tutorial, review dan masih banyak lagi yang lainnya.

Saat ini TikTok sudah tersedia di berbagai sistem operasi, mulai dari Android sampai dengan iOS. Biasanya pengguna setia TikTok sering disebut dengan nama TikTokers.

Awal Aplikasi TikTok Dibuat

Di sini saya juga akan menjelaskan sedikit sejarah awal mula TikTok itu ada. Mulanya aplikasi TikTok ini ada dan memiliki nama Douyin. Di mana pada saat itu aplikasi ini di kembangkan oleh Zhang Yimmin pada tahun 2016 lalu.

Ketika itu, aplikasi yang di miliki oleh ByteDance ini sudah sangat populer di negara asalnya, yaitu Tiongkok.

Karena melihat peluang yang baik dari Douyin, pada akhirnya ByteDence mulai memperluas aplikasinya tersebut ke beberapa negara. Salah satunya itu negara Indonesia. Namun untuk mempermudah orang menyebut aplikasinya, maka dengan berbagai perimbangan, nama Douyin ini akhirnya di rubah menjadi TikTok.

Di Indonesia sendiri, TikTok sudah sangat populer dari tahun 2017 lalu. Hanya saja TikTok sempat di tutup karena beberapa hal di Indonesia. Namun dengan beberapa pengajuan yang di lakukan oleh pihak TikTok, akhirnya aplikasi ini bisa di gunakan lagi sampai sekarang di Indonesia.

Kenapa Aplikasi TikTok Bisa Populer?

Mungkin dari kalian ada yang masih bertanya-tanya, kenapa sih TikTok itu bisa populer seperti sekarang? Nah, sudah pasti ada beberapa alasan yang membuat TikTok lebih populer dari aplikasi sejenis lainnya.

Beberapa hal tersebut meliputi:

1. Karena Aplikasi TikTok Itu Unik

Hal pertama yang membuat aplikasi ini populer adalah unik. Alasannya tentu karena aplikasi ini mempunyai tema yang berbeda dari aplikasi sosial media lainnya. Karena kita hanya akan menemukan konten-konten video singkat saja di dalamnya.

Lalu fitur yang ada di dalam aplikasi juga terbilang lengkap, serta membuat konten-konten yang di upload menjadi terlihat menarik serta unik dari yang lain.

2. Banyak Creator Terkenal di Aplikasi TikTok

Selain karena keunikannya, popularitas TikTok juga di dukung dengan banyaknya content creator terkenal yang menggunakan aplikasi ini.

Contohnya saja seperti Sandy Saputra, Ria Ricis, Rainych Ran, BangijalTV dan masih banyak lagi pastinya. Khusus untuk ini, saya juga pernah membahasnya secara lengkap, jadi kalian bisa melihatnya di artikel tentang akun TikTok Populer.

3. Sangat Mudah Digunakan Oleh Semua orang

Alasan lain yang membuat pengguna TikTok terus bertambah setiap harinya, ialah karena TikTok cenderung mudah untuk di gunakan oleh semua kalangan.

Untuk tampilannya sudah di kemas dengan baik dan user friendly serta mirib seperti sosial media pada umumnya. Bagi kalian yang mungkin sudah sering menggunakan Instagram, sudah pasti akan langsung familiar ketika melihat tampilan di dalam TikTok.

Fakta Unik Tentang Aplikasi TikTok

Jika kita teliti dalam menggunakan TikTok, pasti kita akan menemukan banyak keunikan di dalamnya. Nah, untuk kalian yang masih belum tahu, berikut akan saya jelaskan fakta tentang TikTok.

1. Sangat Populer di Berbagai Negara

Seperti di pembahasan sebelumnya, pada awalnya TikTok memang hanya populer di negara Tiongkok saja. Tapi karena melihat ada peluang, akhirnya TikTok mulai diperluas lagi jangkauannya sampai ke negara Eropa.

Kemudian menyusul ke bagian Amerika dan Asia di tahun 2019 lalu. Sampai saat ini, TikTok sudah sangat populer lebih di 150 negara.

Oh ya, Pihak TikTok juga tidak hanya memperluas jangkauan aplikasinya saja, tapi juga mengembangkan bahasa yang di dukung. Hingga sekarang, TikTok sudah mendukung lebih dari 75 bahasa lho.

2. TikTok Rata-rata Digunakan Selama 50 Menit Sehari

Seperti yang saya katakan tadi, kalau aplikasi yang satu ini sangat populer dan banyak di gunakan oleh semua kalangan. Karena termasuk aplikasi yang banyak di pakai, total pengguna yang aktif setiap harinya itu rata-rata mencapai 50 menit.

Penggunaan itu berlaku untuk semua kalangan yang menggunakan TikTok. Baik itu viewers maupun juga content creator yang menggunakan TikTok.

Bahkan dalam sebuah halaman yang pernah saya baca, ada juga beberapa pengguna yang menggunakan TikTok lebih dari 50 menit seharinya. Mungkin kalian salah satu orangnya, ya?


Apakah kalian seorang content creator TikTok dan ingin konten mendapatkan banyak like serta viewers? Coba cek jadwal upload video TikTok agar masuk FYP.


3. Memiliki Konten yang Beragam

Rata-rata tema konten yang ada di TikTok itu adalah hiburan. Walaupun seperti itu, tidak sedikit kita juga bisa menemukan jenis tema lainnya di TikTok.

Misalnya saja seperti tema konten promosi sebuah produk, tema konten pendidikan, kuis, membahas fakta-fakta unik, tentang bisnis, investasi dan masih banyak lagi. Hal ini yang juga membuat pengguna TikTok tidak cepat bosan saat menggunakan aplikasinya.

4. Jumlah Download Terus Meningkat

Jika kita bandingkan dengan aplikasi lainnya, mungkin TikTok adalah salah satu aplikasi sosial media yang memiliki perkembangan sangat cepat.

Bila kita melihat dari awal aplikasi ini di kembangkan sampai sekarang, jumlah pengguna di dalam aplikasinya sudah mencapai angka miliaran lho. Yang utamanya itu terbagi di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Sangat mungkin akan terjadi, angka pengguna TikTok akan terus mengalami peningkatan seiring berjalannya waktu. Dengan catatan, jika TikTok bisa terus mempertahankan kualitas konten yang ada di dalamnya.

Penutup

Untuk kalian yang sangat suka menggunakan aplikasi sosial media, mungkin TikTok bisa menjadi salah satu rekomendasi aplikasi yang wajib ada di HP kalian. Karena dengan adanya fitur-fitur yang lengkap serta content creator kreatif, tentu akan membuat kita tidak cepat merasa bosan saat menggunakan TikTok.

Nah, jika dari kalian masih baru ingin menggunakan TikTok, mungkin bisa cek dulu tutorial cara menggunakan TikTok di artikel sebelumnya.

Baiklah, mungkin sampai di sini dulu pembahasan yang bisa saya sampaikan mengenai cara menggunakan aplikasi TikTok. Jika ada kendala, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.