Mic HP Android Tidak Berfungsi

Mic HP Android Tidak Berfungsi

Mic HP Android Tidak Berfungsi – Pada dasarnya, semua HP Android saat ini sudah di bekali dengan mikrofon. Sehingga kita sebagai pengguna tidak perlu lagi memasang mikrofon sendiri pada HP.

Apa fungsi mikrofon pada HP? Fungsinya sudah pasti banyak, selain bisa merekam suara, mikrofon juga bisa berfungsi pada saat melakukan panggilan telepon. Sehingga tanpa adanya mic ini, secara otomatis kita tidak akan bisa berbicara melalui HP tersebut.

Pada umumnya, fungsi mic pada HP Android itu sangat jarang sekali mengalami error. Meski sangat jarang, bukan berarti juga kalau mic di HP tidak pernah mengalami masalah. Karena tetap saja bisa terjadi beberapa error yang tidak pernah bisa di tebak.

Umumnya error yang bisa terjadi seperti:

  • Suara mic kecil.
  • Mic tidak bisa berfungsi, rusak dan bahkan mati.
  • Mic tidak dapat merek suara.
  • Dan masih banyak lagi.

Penyebab Mic HP Android Tidak Berfungsi

Penyebab Mic HP Android Tidak Berfungsi

Ada banyak sekali faktor yang mengakibatkan mic di HP Android menjadi error, baik itu faktor software maupun hardware itu sendiri.

Namun ketika kita melakukan panggilan telepon dan mic tidak berfungsi saat loudspeaker, sering kali masalah ini di sebabkan oleh beberapa faktor. Diantaranya seperti:

  1. Adanya Masalah Pada Jaringan
    Terjadinya masalah pada jaringan juga bisa menjadi penyabab mic pada HP tidak berfungsi dengan baik. Terutama ketika kalian melakukan panggilan telepon ataupun menerima panggilan masuk.
  2. Mikrofon Tertutup
    Selain jaringan, mic di HP tidak berfungsi juga bisa di picu karena kita dengan tidak sengaja menempelkan jari ke lubang mikrofon.
  3. Adanya Penumpukan Kotoran Pada Mikrofon
    Dalam jangka waktu yang lama, kontaminasi debu dan kotoran juga bisa mengakibatkan mikrofon pada HP tidak berfungsi.
  4. Aplikasi Pihak Ketiga
    Adanya masalah pada aplikasi pihak ketiga, seperti error atau bug, juga bisa memicu mic HP tidak berfungsi dengan baik. Terutama untuk aplikasi yang kalian install di luar dari Google Play Store.

Beberapa faktor tersebut bisa mengakibatkan fungsi dari mic pada HP terganggu, tapi dengan catatan ponsel kalian tidak pernah jatuh ataupun terkena air.

Cara Memperbaiki Mic HP Android yang Tidak Berfungsi

Seperti yang sudah saya singgung di atas, kalau bentuk error yang dapat terjadi itu berbeda-beda. Maka secara otomatis penyebabnya juga pasti akan berbeda-beda pula.

Nah, dalam kesempatan kali ini, saya ingin sedikit membahas mengenai cara mengatasi masalah pada mic HP Android. Informasi ini saya kutip dari berbagai sumber, termasuk juga di forum-forum internet, seperti kaskus misalnya.

Berikut pembahasan lengkapnya:

1. Nyalakan Ulang HP

Hal yang paling sederhana dan banyak di lupakan oleh beberapa orang adalah me-restart HP ketika terjadi error. Nah, masalah HP tidak bisa merekam suara karena mic yang tidak berfungsi juga bisa di sebabkan oleh error pada sistem.

Bukan tanpa alasan, dari pengalaman saya pribadi selama menggunakan HP, pada saat terjadi error atau bug tertentu yang tidak sengaja berjalan. Bug atau error ini bisa membuat mic di HP tidak berfungsi dengan baik atau nonaktif.

Cara restart HP Android seperti ini:

  • Pertama tekan dan tahan tombol Power.
  • Lalu tunggu beberapa saat.
  • Kemudian pilih opsi Restart.
  • Terakhir tunggu sampai HP kembali menyala.

Selain dengan cara restart, kalian sebenarnya juga bisa mencoba untuk mematikan HP terlebih dahulu. Caranya begini:

  • Pertama matikan HP.
  • Lepas baterai jika memungkinkan.
  • Copot juga kartu SIM dan SD Card yang terpasang.
  • Tunggu beberapa saat, atau sampai HP kembali dingin.
  • Jika sudah, pasang kembali seperti semula.
  • Terakhir tinggal nyalakan HP kembali.
  • Selesai.

Baca Juga Yuk : Cara Atasi HP Tidak Kirim SMS


2. Coba Bersihkan Lubang Microphone Pada HP

Lubang mic pada HP ukurannya itu sangatlah kecil dan biasanya terletak di bagian bawah HP Android. Apabila kalian sedang mengalami masalah suara mic kecil atau mic HP Android tidak berfungsi , maka ini bisa menjadi penyebabnya.

Yang mana bisa di sebabkan oleh adanya penumpukan kotoran di dalam lubang mikrofon tersebut. Misalnya debu, atau lainnya.

Berikut cara membersihkannya:

  1. Siapkan tusuk gigi atau jarum.
  2. Lalu bersihkan lubang microphone dengan tusuk gigi atau jarum tersebut.
  3. Pastikan melakukannya dengan hati-hati.
  4. Terakhir tinggal tes fungsi mic-nya.

Atau agar lebih jelas lagi, silakan simak videonya di bawah ini.

Seharusnya setelah mic pada HP bersih, suara yang di hasilkan pun akan kembali normal seperti semula. Namun dengan catatan jika masalah ini di sebabkan oleh faktor kotoran atau debu tadi, ya.

3. Cek Aplikasi yang Sedang Berjalan

Seperti yang pernah saya bahas sebelumnya, beberapa aplikasi itu ada yang menggunakan akses mic agar bisa menjalankan salah satu fiturnya. Nah, terkadang beberapa aplikasi tersebut bisa saja membuat fungsi mic menjadi nonaktif di aplikasi yang lain.

Sehingga dampaknya akan membuat HP tersebut menjadi tidak dapat merekam suara. Lalu solusinya bagaimana? Ya dengan mencari aplikasi yang kira-kira menjadi penyebabnya, kemudian melakukan force stop terhadap aplikasi tersebut.

Jika dari kalian ada yang mengalami masalah mic tidak bisa aktif di aplikasi game atau Smule, maka bisa juga mencoba cara ini.

4. Periksa Izin Mic Pada Aplikasi

Selain memeriksa aplikasi yang sedang berjalan, kalian juga perlu memeriksa izin aplikasi pada HP. Karena hampir beberapa aplikasi atau game itu memerlukan izin penggunaan mikrofon terlebih dahulu.

Jadi, jika kita tidak menyetujuinya, maka ini bisa mengakibatkan mic tidak bisa berfungsi. Tapi itu pada aplikasi-aplikasi tertentu saja, misalnya aplikasi yang baru kalian install dan belum di beri izi akses ke mic.

Cara ceknya begini:

  • Pertama buka menu Pengaturan.
  • Kemudian klik menu Aplikasi.
  • Selanjutnya cari aplikasi yang sebelumnya bermasalah pada mic.
  • Lalu klik Izin.
  • Berikutnya pilih tab Mikrofon.
  • Pilih menu Izinkan.
  • Selesai.

5. Reset HP

Apabila permasalahan ini data dari sistem HP, maka solusi yang paling efektif adalah dengan mencoba melakukan factory reset. Dengan begitu, permasalah pada sistem seperti bug akan teratasi dengan mudah.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Pertama silakan buka menu Pengaturan.
  2. Kemudian cari menu Cadangkan dan Setel Ulang.
  3. Masuk lagi ke halaan Reset HP.
  4. Lalu pilih Kembalikan HP ke Setelan Pabrik.
  5. Terakhir tunggu sampai perosesnya selesai.

Kalian tidak perlu meragukan lagi, kare dari dulu itu factory reset ini memang di kenal sangat ampuh untuk mengatasi berbagai macam error yang terjadi di sistem HP Android. Oleh sebab itu, solusi ini akan selalu hadir di setiap tutorial mengenai masalah pada HP Android.

Dengan catatan, sebelum kalian mulai melakukan factory reset, ada bagusnya untuk membackup terlebih dahulu semua data yang tersimpan pada HP. Karena jika tidak, semua data tersebut akan hilang atau terhapus secara permanen.

Jika kalian belum tahu cara backup data penting di Android, silakan cari artikelnya di blog ini. Karena beberapa waktu lalu saya juga sudah pernah membahasnya secara lengkap.

6. Flash Ulang HP

Solusi selanjutnya ini bisa menjadi pilihan terakhir apabila dengan melakukan factory reset tadi belum bisa mengatasi bug yang terdapat pada sistem. Dengan melakukan flash, maka sudah pasti semua bug yang ada di dalam sistem HP akan di bersihkan.

Sebab, proses flash ini adalah mengganti firmware lama pada HP dengan yang baru. Sehingga semua datanya akan kembali baru seperti pertama kali membeli HP.

Bagaimana caranya? Cara flash tidaklah segampang melakukan factory reset tadi, karena ini berhubungan dengan frimware atau ROM pada HP. Sehingga ada banyak sekali persiapan yang mesti kalian lakukan sebelum melakukan flash.

Tidak hanya itu, masing-masing HP Android mempunyai cara flash yang berbeda-beda ya. Karena tergantung dari tipe dan merek HP yang di gunakan. Jadi akan sangat panjang kalau saya jelaskan di pembahasan ini.

Silakan kalian bisa mencari caranya dengan lengkap di Google, denga mengetikan cara flash sesuai tipe dan merek HP yang di gunakan.

7. Bawa HP ke Tempat Service

Apabila masalahnya tidak terletak pada sistem, maka kemungkinan besar masalah ini di sebabkan oleh komponen mic yang ada pada HP mengalami kerusakan.

Untuk penyebab kerusakan ini tentu bermacam-macam, ya. Bisa jadi di karenakan oleh kabel fleksibel, atau mungkin juga karena komponen mic-nya yang memang sudah rusak. Sehingga mau tidak mau, kalian harus mengganti komponen tersebut dengan yang baru.

Biaya perbaikan mic cukup beragam dan tergantung dari jenis HP yang kalian gunakan. Tapi rata-rata harganya ada di 100 sampai 200 ribu rupiah.

Jika kalian sudah mengerti tentang bongkar pasang komponen HP, ada bagusnya untuk memperbaiki mic yang rusak sendiri. Karena harganya akan jauh lebih murah, di bandingkan kalian membawanya ke tempat service.

Tapi jika belum mengerti, ya sudah pasti kalian harus membawanya ke tempat service untuk mengganti komponen mic yang rusak.


Baca Juga : Mode Headset Tidak Bisa Hilang


8. Gunakan Mic Eksternal

Memang masih banyak orang yang belum tahu kalau sebenarnya ada perangkat khusus yang bisa di gunakan jika mic pada HP tidak berfungsi, yaitu mic eksternal.

Ini mungkin juga karena di setiap HP sudah di bekali dengan mic bawaan, maka jarang sekali ada pengguna ponsel Android yang memakai perangkat ini.

Akan tetapi, apabila mic kalian memang sedang mengalami kerusakan dan malas untuk membawanya ke tempat service, maka tidak ada salahnya untuk mencoba perangkat ini. Siapa tahu bisa menjadi solusi alternatif dari masalah mic pada HP yang tidak berfungsi.

Penutup

Mungkin demikian ulasan tentang cara mengatasi mic HP Android tidak berfungsi yang bisa saya rangkumkan hari ini.

Oh ya, untuk tutorial di atas itu bisa kalian gunakan di semua HP Android ya. Mulai dari Samsung, Oppo, Vivo, Xiaomi, Realme, Asus dan merek HP Android lainnya.

Jika masih ada yang kurang di mengerti atau ada hal yang ingin di tanyakan, silakan kalian tuliskan saja di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.