Cara Memasang Tempered Glass Sendiri

Cara Memasang Tempered Glass Sendiri

Cara Memasang Tempered Glass – Pelindung laya HP atau sering juga di sebut dengan screen guard merupakan salah satu aksesoris yang berguna untuk melindungi layar. Jadi, jika kalian ingin layar HP menjadi lebih aman dari benturan, maka menggunakan tempered glass bisa menjadi solusinya.

Tempered glass terbuat dari bahan kaca yang di proses dengan suhu tinggi sehingga kekuatannya sangat terjamin. Bahkan, tempered glass di klaim mempunyai ketahanan terhadap goresan dari benda tajam dan lainnya, tapi itu tergantung dari jenis dan tingkatannya.

Selain jauh lebih aman dari pada anti gores yang biasa, tempered glass juga jauh lebih awet sehingga bisa di pakai selama bertahun-tahun lamanya. Namun seperti yang kalian tahu, ketika ingin memasangnya sendiri di rumah, terkadang hasilnya kurang bagus.

Jika sudah seperti ini, selain akan mengurangi kenyamanan ketika menggunakan ponsel, tingkat keamanan pada layar juga akan berkurang.

Jenis Tempered Glass

Sama halnya dengan produk pelindung layar lainnya, tempered glass juga mempunyai beberapa jenis. Mulai dari yang biasa, sampai dengan tempered glass anti radiasi. Dengan jenis yang berbeda-beda itu, tentu sebagai pengguna kita harus tahu apa yang menjadi pembedanya.

Selain bisa menyesuaikan dengan budget, mengetahui perbedaan masing-masing tempered glass juga penting agar bisa menyesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut ini adalah jenis tempered glass yang sudah tersedia di pasaran.

  1. Tempered Glass Clear / Transparan
    Jenis pelindung layar HP yang satu ini merupakan yang paling jernih dan juga paling banyak di gunakan oleh orang-orang.
  2. 3D Tempered Glass Full Covered
    Tempered glass jenis ini lebih cocok jika di gunakan pada HP yang memiliki layar sedikit melengkung di setiap sisinya.
  3. Anti-Blue Light Tempered Glass
    Untuk tempered glass jenis ini lebih mengutamakan melindungi kenyamanan mata ketika menggunakan HP. Fungsi utamanya yaitu mengurangi cahaya biru yang di pancarkan oleh panel layar.
  4. Tempered Glass Anti Spy
    Seperti namanya, di mana tempered glass jenis ini mempunyai keunggulan yaitu sulit di lihat dari arah samping. Sehingga cocok untuk kalian yang ingin privasinya tetap terjaga meski sedang di tempat umum.
  5. Tempered Glass Anti Glare
    Jenis tempered glass yang terakhir ini mempunyai kelebihan yaitu mampu mengurangi bekas sidik jari pada permukaan. Sekaligus juga mampu mereduksi pantulan cahaya sehingga tidak membuat mata menjadi silau.

Cara Memasang Tempered Glass Agar Tidak Bergelembung

Rata-rata orang yang ketika ingin memasang tempered glass, akan langsung asal memasangkannya saja ke bagian layar tanpa melakukan persiapan sebelumnya. Padahal melakukan persiapan itu sangatlah penting dan harus di lakukan. Kenapa? Tentu agar hasil pemasangan tempered glass bisa lebih maksimal, rapih dan tidak bergelembung.

Untuk kalian yang ingin memasang sendiri tempered glass di rumah, bisa coba mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

  1. Persiapkan terlebih dahulu Tempered Glass yang mau di gunakan.
  2. Biasanya dalam paket pembelian, kalian akan mendapatkan tisu kering dan basah.
  3. Sekarang buka dulu tisu basah dan mulai lap bagian layar secara perlahan dan menyeluruh.
  4. Jika sudah, kalian bisa langsung lap kembali menggunakan tisu kering sampai benar-benar kering ya.
  5. Langkah berikutnya, pegang bagian sisi tempered glass dan lepas segelnya.
  6. Kemudian pasangkan tempered glass ke bagian layar secara perlahan dan pastikan posisinya sudah tepat.
  7. Silakan tekan-tekan bagian tempered glass agar bisa merekat secara optimal.
  8. Selesai.

Penting:

Usahakan untuk tidak memegang bagian dalam dari tempered glass sebelum kalian mulai memasangkannya ke layar HP. Hal ini untuk mencegah ada debu atau kotoran lainnya yang berasal dari tangan kita menempel pada perekat tempered glass.

Tips Memasang Tempered Glass Agar Hasilnya Rapih

Sebenarnya tidak sulit memasang tempered glass sendiri di rumah, asalkan tahu langkah-langkahnya. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kalian coba ikuti ketika ingin memasang tempered glass sendiri di rumah agar hasilnya rapih dan bagus.

1. Pilih Tempat Yang Bersih

Tips memasang tempered glass pertama yang paling penting, cobalah untuk memilih tempat yang bersih terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar nantinya tidak ada debu atau pun kotoran yang menempel ke layar HP setelah di bersihkan.

2. Pastikan Tangan Sudah Bersih

Selain memilih tempat yang sesuai, kalian juga wajib untuk memastikan terlebih dahulu kalau tangan sudah bersih sebelum memasang tempered glass.

Hal ini karena bisa di katakan kalau tempered glass cukup sensitif terhadap kotoran. Jadi ketika tangan kita kotor, biasanya kotoran tersebut bisa meninggalkan bekas pada perekat tempered glass. Jika sudah seperti ini, maka akan sangat sulit untuk menghilangkan kotoran yang sudah menempel itu.

Maka dari itu, pastikan dulu kalau tangan kalian sudah bersih dan kering sebelum mulai memasang tempered glass pada HP.

3. Gunakan Dust Absorber

Di beberapa merek tempered glass, terkadang kita tidak hanya akan dapat tisu basa dan tisu kering saja. Namun beberapa diantaranya juga ada yang memberikan tambahan, yaitu Dust Absorber.

Untuk apa Dust Absorber itu? Dust Absorber berguna untuk menghilangkan semua kotoran yang menempel kuat pada layar HP. Jadi, jika kalian menemukan kotoran yang sulit di hilangkan saat membersihkan layar, maka cobalah untuk menggunakan Dust Absorber (jika ada).

Selain itu, di sini kalian juga dapat menggunakan guide sticker yang biasanya tersedia dalam satu paket dengan dust absorber. Fungsinya untuk membuat proses pemasangan tempered glass agar lebih presisi dan pas.

4. Pastikan Layar HP Sudah Benar-benar Bersih

Tips memasang tempered glass yang selanjutnya ialah dengan memastikan kalau layar HP kalian sudah benar-benar bersih.

Pastikan tidak ada debu dan kotoran maupun bekas sidik jari yang menempel pada permukaan layar HP, ya. Nanti jika sudah bersih sepenuhnya, barulah kalian bisa mulai memasangkan tempered glass secara perlahan-lahan.

5. Pilih Tempered Glass yang Berkualitas

Yang terakhir, ada baiknya untuk menggunakan tempered glass yang lebih berkualitas. Itu jika kalian ingin hasil dari pemasangan tempered glass bagus, ya.

Selain jenis, kalian juga wajib memperhatikan fitur yang di miliki oleh tempered glass. Karena setiap jenis tempered glass itu memiliki fitur dan kelebihan yang berbeda-beda.


Baca Juga : Cara Melepas Tempered Glass yang Benar


Kelebihan Memasang Tempered Glass Pada HP

Kelebihan Memasang Tempered Glass Pada HP

Mungkin masih banyak dari kalian yang bertanya, mengapa harus menggunakan tempered glass pada HP? Jawabannya sih sebenarnya simpel, yaitu untuk melindungi layar HP dari goresan maupun benturan yang dapat merusak layar.

Berikut ini ada beberapa kelebihan memasang tempered glass pada HP dari pada anti gores biasa.

  • Tempered glass terbuat dari bahan kaca sehingga bentuknya kaku dan pastinya ini akan memudahkan kita untuk masakannya ke layar HP. Sehingga memasang tempered glass tidak akan menimbulkan gelembung seperti ketika memasang anti goreng biasa.
  • Tempered glass mampu melindungi layar jauh lebih baik dari pada anti gores biasa. Seperti melindungi dari radiasi, anti debu dan kotoran serta tahan terhadap goresan maupun benturan.
  • Proses pemasangan yang benar dan pemilihan tempered glass yang berkualitas, maka tidak akan mengurangi sensitivitas pada layar.

Beberapa tempered glass juga ada loh yang mampu mencegah noda sidik jari menempel pada layar. Tapi, untuk harganya sendiri sih biasanya tergolong lebih mahal dari tempered glass biasa.

Penutup

Mungkin sampai di sini dulu panduan tentang cara memasang tempered glass sendiri agar tidak bergelembung. Untuk proses pemasangannya memang sulit, sehingga perlu ketelitian dan hati-hati dalam menempelkannya ke bagian layar.

Jika ada yang ingin di tanyakan, silakan tuliskan saja pada kolom komentar di bawah, ya.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.