Cara Secret Chat di Telegram

Cara Menggunakan Secret Chat di Telegram

Cara Secret Chat di Telegram – Mungkin saya sudah pernah menjelaskan ke kalian sebelumnya, kalau Aplikasi Telegram itu memiliki fitur keamanan yang baik. Hal tersebut tentu di lakukan oleh pihak pengembang Telegram agar semua penggunanya merasa aman saat memakai aplikasi.

Salah satu fitur keamanan andalan dari Telegram adalah secret chat. Fitur yang satu ini dapat kalian gunakan untuk berbagi pesan yang sifatnya sangat rahasia. Selain itu fitur ini juga mencegah chat yang kita kirimkan di share ke orang lain.

Sehingga jika kalian sering membagikan chat yang berisi data penting ke teman atau keluarga lewat Telegram, maka bisa menggunakan fitur ini.

Meski fitur ini sudah ada sejak lama di dalam aplikasi, namun ternyata masih banyak orang yang belum tahu cara memakainya. Sehingga membuat fitur ini sering terabaikan, padahal memiliki fungsi yang sangat penting dalam keamanan privasi.

Yuk, simak pembahasan selengkapnya mengenai fitur secret chat di bawah ini.

Apa itu Secret Chat di Telegram?

Secret chat adalah salah satu fitur penting yang ada di dalam aplikasi Telegram. Di mana fitur ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga rahasia dari pesan kita dengan orang yang bersangkutan.

Karena bersifat rahasia, maka sudah pasti pesan yang ada di dalamnya tidak akan bisa dibagikan, di-screenshot maupun di-forward. Selain itu, dalam fitur ini juga masih menyimpan fungsi lain yang tidak kalah penting. Di mana pesan rahasia yang kita kirim akan terhapus secara otomatis dalam jangka waktu tertentu.

Namun tidak sampai di situ saja sih, karena fitur ini masih mempunyai keunikan lainnya. Yang mana fitur hanya akan bisa dilihat pada perangkat yang sedang di gunakan saja. Sebagai contoh, jika kalian membuat secret chat di HP lalu login di Telegram PC, maka pesan tadi tidak akan terlihat di PC.

Oleh sebab itu, tingkat keamanan dari fitur secret chat yang ada di dalam Telegram sudah pasti tidak perlu kalian ragukan.

Perbedaan Secret Chat Dengan Chat Biasa

Dari pembahasan di atas tadi, saya rasa kalian sudah mendapatkan sedikit gambar mengenai fitur secret chat di Telegram.

Namun ada sebuah pertanyaan yang masih membuat banyak pengguna Telegram penasaran. Yaitu, apa sih perbedaan secret chat dengan chat biasa?

Sebenarnya perbedaannya sudah sangat jelas jika kalian membaca pembahasan tadi. Di mana letak perbedaan utamanya itu ada di keamanannya.

Berikut ini adalah perbedaan secret chat dengan chat biasa di Telegram:

Secret ChatChat Biasa
Memakai enkripsi andtoendTidak menggunakan enkripsi andtoend
Tidak meninggalkan jejak di server TelegramMeninggalkan meninggalkan jejak di server Telegram
Mempunyai fitur penghapus pesan sendiri secara otomatisTidak memiliki fitur penghapus pesan secara otomatis
Tidak memiliki izin untuk meneruskan (forward) pesanMemiliki izin untuk meneruskan (forward) pesan
Pesan tidak bisa di-screenshot oleh pengirim dan penerimaPesan bisa di-screenshot oleh kedua pihak
Hanya bisa dilihat pada perangkat yang di gunakan sajaBisa dilihat pada perangkat lain yang terhubung dengan akun

Saya rasa sih hanya itu saja perbedaan antara keduanya yang cukup mencolok. Bila kalian menemukan perbedaan yang lainnya, mungkin bisa menuliskannya di kolom komentar ya.


Sudah tahu tentang fitur dan cara membuat bot di Telegram tanpa coding?


Cara Membuat Secret Chat di Telegram

Cara Membuat Secret Chat di Telegram

Bagi kalian yang ingin membuat secret chat di Telegram, prosesnya sangat mudah kok. Karena saya rasa caranya hampir sama seperti membuat chat biasa. Hanya saja fitur ini ada di dalam pengaturan Telegram ya.

Sehingga kalian tidak akan menjumpai fitur ini di dalam chat biasa dalam Telegram.

Berikut cara membuatnya:

  1. Buka dulu aplikasi Telegram yang digunakan.
  2. Pada halaman utama, kalian tap saja ikon pensil.
  3. Setelah itu, tap menu Secret chat Baru yang terlihat.
  4. Nantinya bakalan muncul daftar kontak yang di miliki.
  5. Di sini pilih saja kontak Telegram yang ingin kalian ajak berdiskusi di secret chat.
  6. Jika berhasil, maka kalian nantinya akan langsung diarahkan ke halaman secret chat.
  7. Selesai, sekarang kalian bisa mulai melakukan diskusi dengan kontak yang di pilih.

Catatan:

Dalam secret chat kalian tidak hanya bisa bertukar pesan teks biasa saja, namun juga dapat mengirim video, foto, nomor telepon, melakukan panggilan dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu, kalian juga bisa mengatur waktu penghapus pesan secara otomatis setelah selesai berdiskusi.

Informasi Tambahan

Walaupun saya katakan tadi kalau secret chat ini mempunyai tingkat keamanan yang bagus, namun tetap saja pesan di dalamnya masih bisa di baca oleh orang lainnya. Isi pesan tersebut bisa di baca oleh orang lain yang meminjam HP kalian dan membuka aplikasi Telegram.

Lalu adakah solusi untuk mengatasinya? Tentu saja ada kok, di mana kita bisa mengaktifkan fitur penghapusan chat dalam jangka waktu tertentu. Atau solusi lainnya adalah dengan mengunci aplikasi pada HP dengan password.

Dalam membuat password, kalian bisa melalui pengaturan yang ada pada HP atau bisa juga dengan memakai sebuah aplikasi pihak ketiga. Namun untuk pastikan memakai aplikasi pihak ketiga yang aman dan bukan malah menambah bahaya privasi kalian di HP ya.

Untuk informasi tambahan lain, mungkin akan saya tambahan nanti jika saya mendapatkan informasi baru lagi mengenai fitur secret chat di Telegram.

Penutup

Bagi beberapa pengguna termasuk saya sendiri, fitur secret chat ini sering di gunakan dalam banyak kebutuhan. Salah satunya itu seperti berdiskusi mengenai hal penting dengan keluarga, teman dan kita ingin isi diskusi tersebut tetap rahasia.

Mungkin untuk saat ini itu saja sedikit pembahasan mengenai cara memakai secret chat di Telegram yang dapat saya rangkumkan. Apabila kalian mempunyai saran atau ada pertanyaan mengenai pembahasan di atas, maka bisa menyampaikannya melalui kolom komentar.

Sedikit tambahan buat kalian sobat Kampung Gadget, kalau fitur secret chat ini hanya baru tersedia di aplikasi Telegram versi HP saja. Karena untuk Telegram versi web dan desktop belum di sediakan fitur tersebut.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.