10 Cara Agar HP Tetap Dingin Saat Bermain Game Android Terbaru

Cara Agar HP Tetap Dingin Saat Bermain Game Android Terbaru

Cara Agar HP Tetap Dingin Saat Bermain Game – Tentu hampir semua orang yang membeli sebuah smartphone itu tidak hanya ingin menggunakannya sebagai alat komunikasi saja tapi juga sebagai sarana hiburan seperti bermain game yang disukai.

Saat ini sudah tersedia banyak game-game keren dan gratis yang bisa kalian mainkan, mulai dari game offline sampai denga game online yang bisa dimainkan kapan dan dimana saja serta pastinya tidak ribet seperti dulu. Meski begitu, tidak semua game juga bisa berjalan dengan baik di semua ponsel Android. Serta ponsel Android mempunyai daya tahan baterai yang lebih buruk dari Apple.

Terlepas dari itu, pernahkah kalian mengalami kondisi dimana HP menjadi cepat panas saat digunakan bermain game? Timbulnya suhu panas yang berlebih atau sering juga disebut overheating itu disebabkan oleh kinerja ponsel yang meningkat. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor dan salah satunya adalah kondisi baterai yang sudah tidak bagus atau rusak.

Begini Cara Agar HP Tetap Dingin Saat Bermain Game

Begini Cara Agar HP Tetap Dingin Saat Bermain Game

Sebenarnya hampir semua perangkat electronik itu mengeluarkan suhu panas, begitu juga dengan ponsel Android. Namun dalam kondisi tertentu, suhu panas yang dikeluarkan oleh ponsel bisa melebihi batas normal yang pastinya akan membuat kita tidak nyaman saat menggunakannya.

Oleh sebab itu, berikut ini admin sudah merangkumkan kalian beberapa cara agar HP tetap dingin saat bermain game Android. Apa saja itu? Mari kita simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

1. Hindari Menggunakan Ponsel Sambil di Charger

Cara agar HP tetap dingin saat bermain game yang pertama adalah menghindari menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya. Jadi ketika kalian menggunakan ponsel secara bersaaman dengan mengisi daya maka itu akan menyebabkan kinerja ponsel akan bertambah lebih berat, imbasnya tentu ponsel akan menjadi cepat panas.

Oleh sebab itu, kalian sebaiknya menghindarinya ketika ingin bermain game ataupun membuka aplikasi berat lainnya. Karena hal ini akan membuat kamu mengalami banyak kerugian, seperti baterai cepat rusak, kepala charger cepat panas dan parahnya ponsel kalian bisa meledak.

2.  Gunakan Jaringan Internet yang Stabil

Ketika kalian ingin bermain game online, maka hal yang pertama perlu kalian lakukan adalah melihat jaringan internet yang sedang digunakan. Karena untuk menjalankan game online, ponsel membutuhkan akses jaringan internet yang baik dan juga stabil.

Jadi ketika jaringan internet didalam ponsel kalian kurang bagus atau tidak stabil maka dapat dipastikan kalau HP akan menjadi lebih cepat panas. Hal ini karena saat ponsel Android kalian akan terus bekerja lebih keras untuk bisa mendapatkan koneksi internet yang baik dan stabil.

3. Lihat Suhu Udara Disekitar

Cara agar HP tetap dingin saat bermain game yang selanjutnya adalah dengan memperhatikan suhu udara yang ada disekitar tempat kita bermain game. Ketika suhu udara yang ada di tempat kalian panas, maka dapat dipastikan akan membuat ponsel kalian menjadi cepat panas.

Maka dari itu sebelum kalian mulai bermain game, ada baiknya kalian memperhatikan terlebih dahulu suhu yang ada di sekitar tempat kalian. Usahakan tempat tersebut sedikit terbuka dan ada aliran udara yang masuk dari luar.

4. Nonaktifkan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Perlu untuk kalian ketahui kalau tidak semua aplikasi yang sudah tidak digunakan akan menutup secara otomatis, karena terkadang beberapa dari mereka akan terus aktif dan berjalan dilatar belakang. Kondisi ini akan membuat ponsel kalian lebih cepat kehabisa daya baterai serta juga akan lebih cepat panas saat digunakan bermain game.

Oleh karena itu, menonaktifkan beberapa aplikasi yang berjalan dilatar belakang adalah cara yang paling aman untuk mencegah ponsel panas saat bermain game online ataupu offline.

5. Matikan Fitur yang Tidak Digunakan

Cara agar HP tetap dingin saat bermain game yang berikutnya ini adalah dengan mematikan beberapa fitur yang sedang tidak dibutuhkan. Beberapa fitur yang biasa sering aktif meski tidak sedang dibutuhkan adalah Bluetooth, GPS dan juga Wi-fi.

Meski beberapa fitur itu sangat berguna bagi kita, tapi saat tidak digunakan fitur tersebut malah akan merugikan kalian. Dengan aktifnya fitur tersebut, kinerja ponsel kalian akan bertambah berat serta konsumsi daya akan menjadi lebih banyak dan imbasnya ponsel akan menjadi rentan panas.

Manfaat lain yang akan kalian rasakan saat menonaktifkan fitur tersebut saat tidak digunakan adalah daya baterai akan awet. Dengan begitu kalian tidak akan sering-sering mencolokan ponsel ke charger.

6. Nonaktifkan Jaringan Internet Saat Bermain Game Offline

Ketika kamu sedang bermain game Offline, ada baiknya untuk menonaktifkan jaringan internet atau bisa juga menggunakan fitur airplane mode. Karena tidak seperti game online yang membutuhkan koneksi internet agar bisa terhubung dengan server secara real-time.

Oleh karena itu, ada bagusnya kalian menonaktifkan jaringan internet di ponsel ketika sedang memainkan sebuah game offline. Dengan begini ponsel kamu tidak akan mudah panas serta ini juga cara agar hp tetap dingin saat bermain game dalam waktu yang lama.

7. Turunkan Tingkat Kecerahan Layar

Tingkat kecerahan layar juga bisa menjadi salah satu penyebab hp kalian panas saat digunakan untuk bermain game, baik itu game online maupun game offline. Selain itu tingkat kecerahan layar yang terlalu tinggi juga bisa mengakitbatkan laya menjadi shadow.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada kalian, maka cobalah untuk menurunkan tingkat kecerahan layar ponsel saat digunakan bermain game. Hindari juga mengaktifkan fitur kecerahan layar otomatis, karena jika fitur akan membuat konsumsi daya baterai menjadi lebih boros. Sebab ponsel kalian akan terus melakukan penyesuaian kecerahan layar secara otomatis.

8. Gunakan Baterai yang Original

Seperti yang pernah admin bahas pada artikel sebelumnya kalau baterai adalah komponen yang sangat penting untuk dapat membuat ponsel bekerja dengan baik. Jadi ketikan komponen ini tidak ada, maka secanggih apapun dan semahal apapun ponsel kalian tidak akan berguna.

Maka dari itu, lakukan pengecekan keadaan baterai secara berkala agar bisa memastikan apakah baterai HP kalian masih layak untuk digunakan atau tidak. Baterai HP Android yang sudah tidak layak digunakan akan mempengaruhi kinerja ponsel dan dapat memicu ponsel lebih cepat panas.

Kamu juga bisa memastikan apakah baterai ponsel yang digunakan itu benar-benar sudah rusak atau karena adanya error pada sistem dengan cara melakukan kalibrasi.

9. Instal Aplikasi Pendingin Ponsel

Cara Agar HP Tetap Dingin Saat Bermain Game Dengan Aplikasi Pendingin Otomatis

Cara agar HP tetap dingin saat bermain game yang berikutnya ini adalah menginstal aplikasi pendingin ponsel yang tersedia di Google Play Store. Salah satu aplikasi yang cukup baik dan cokok untuk kamu gunakan pada ponsel Android adalah Cooler.

Aplikasi Cooler ini merupakan salah satu aplikasi pendingin HP yang dibuat oleh PICOO Design. Cooler dibekali dengan beberapa fitur penting yang akan membuat ponsel Android kalian tetap dingin saat digunakan bermain game online.

10. Pakai Ponsel Dengan Spesifikasi yang Sesuai

Terakhir, cara agar hp tetap dingin saat bermain game dalam waktu yang lama adalah dengan menggunakan ponsel yang mempunyai spesifikasi sesuai dengan game yang dimainkan. Karena jika menggunakan ponsel Android yang mempunyai spesifikasi lebih rendah dari yang diperlukan oleh aplikasi game maka hal itu akan menyebabkan HP menjadi lebih cepat panas.

Jika sudah begini, cara yang paling baik tentu dengan mengganti HP lama dengan ponsel Android yang memiliki spesifikasi lebih tinggi. Nah, jika kalian ingin mempunyai ponsel dengan spesifikasi baik dengan harga yang terjangkau maka bisa mengintif daftarnya disini.

Itu dia cara agar hp tetap dingin saat bermain game dalam waktu yang lama, semoga dengan cara di atas itu ponsel kalian tidak akan panas lagi ketika digunakan untuk menjalakan sebuah aplikasi game. Jangan lupa juga untuk membagikannya jika kalian merasa kalau aplikasi ini bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.