Inilah 5 Cara Kalibrasi Baterai Android yang Benar!

Cara Kalibrasi Baterai Android yang Benar

Cara Kalibrasi Baterai Android – Seperti yang kita tahu kalau baterai adalah salah satu komponen yang paling penting didalam sebuah Hp dan perangkat portable moderen lainnya. Didalam sebuah Hp, baterai yang digunakan adalah baterai isi ulang, selain untuk menghemat pengeluaran ini juga memungkinkan penggunannya lebih leluasa untuk membawanya berpergian.

Seperti halnya barang electronik lainnya, baterai Hp juga mempunyai umur atau masa pakai. Seiring berjalannya waktu, umur dari baterai yang ada pada Hp Android akan terus berkurang. Apalagi ditambah dengan pemakaian yang berlebihan setiap harinya, maka umur yang dimiliki oleh baterai akan semakin cepat berkurang.

Pada umumnya didalam ponsel Android terbaru itu mempunyai sistem yang dapat membaca status baterai secara tepat. Namun ketika baterai sudah mengalami sebuah masalah, kemungkinan besar sistem tersebut akan kesulitan untuk membaca status baterai dengan akurat. Nah, saat hal itu terjadi, kemungkinan besar baterai Hp Android kalian harus segera dikalibrasi.

Pengertian Kalibrasi Baterai Android

Mungkin dari kalian ada yang masih bertanya-tanya tentang, apa itu kalibrasi baterai Android? Kalibrasi baterai Android adalah cara untuk memperbaiki sistem yang bertugas untuk membaca status baterai yang ada didalam ponsel Android.

Setiap ponsel Android terbaru saat ini sudah mempunyai sistem yang bertugas untuk membaca status baterai perangkat yang digunakan. Namun seiring berjalannya waktu, sistem tersebut tidak akan mampu untuk mendeteksi status baterai secara akurat lagi.

Fitur tersebut juga bisa kalian lihat didalam ponsel Android melalui Pengaturan > Baterai. Disana kalian akan menemukan beberapa status mengenai kondisi dari baterai, mulai dari jumlah daya baterai, waktu tahan baterai dan masih banyak informasi lainnya yang berhubungan dengan baterai.

Jadi jika kalian mengalami hal seperti di indikator baterai menunjukkan kalau daya masih tersedia 80% dan bisa bertahan selama 10 jam, tapi ternyata ponsel kalian mati sebelum batas waktu tersebut maka kalian bisa melakukan kalibrasi pada baterai Hp Android yang digunakan.

Manfaat Kalibrasi Baterai Android

Manfaat yang akan kalian dapatkan setelah melakukan kalibrasi pada baterai Hp Android yang digunakan adalah memperbaiki sistem pembaca status baterai. Seperti yang sudah disebutkan diatas, kalau sistem ini mempunyai peranan yang cukup penting untuk memonitor kondisi dari baterai yang ada pada Hp Android kalian.

Saat sistem ini mengalami masalah, maka indikator yang muncul pada Hp kalian tidak akan cocok dengan kondisi dari baterai yang sedang digunakan. Jadi melakukan kalibrasi pada baterai Android adalah cara yang cocok untuk memperbaiki sistem tersebut.

Cara kalibrasi baterai Android juga tidaklah sulit untuk kalian lakukan dan kamu juga tidak perlu datang ke custemer service untuk melakukannya. Tapi perlu kalian ingat juga kalau melakukan kalibrasi pada baterai Android itu tidak akan meningkatkan kinerja baterai, melainkan ini hanya memperbaiki sistem pembaca status baterai saja.

Cara Kalibrasi Baterai Android yang Benar

Cara Kalibrasi Baterai Android yang Bisa Kalian Coba

Saat ini melakukan kalibrasi baterai Android dapat kalian lakukan dengan 2 cara yang berbeda, baik itu tanpa akses root maupun dengan akses root. Kedua cara tersebut mempunyai kelebihan dan juga kekurangannya masing-masing, jadi kalian bisa menggunakan salah satu dari cara tersebut.

Agar tidak terlalu lama, berikut adalah 2 cara kalibrasi baterai Android yang dapat kalian coba lakukan.

1. Cara Kalibrasi Baterai Android Tanpa Akses Root

Ini adalah cara kalibrasi baterai Android yang paling mudah untuk kalian lakukan, karena kalian hanya perlu mengisi daya pada baterai secara penuh lalu memutus pengisian daya tersebut. Cara ini juga tidak membutuhkan akses root, sehingga kalian akan lebih mudah untuk melakukannya di rumah.

Meski terlihat simpel, namun cara ini memiliki trik yang mungkin masih banyak orang yang tidak tahu. Penasaran? Mari kita simak langkah-langkahnya dibawah ini.

  • Pertama biarkan Hp kalian kehabisan baterai sampai mati dengan sendirinya.
  • Colokan pengisian daya tanpa menghidupkannya dan isi sampai indikator menandakan 100%.
  • Selanjutnya cabut charget dari Hp kalian.
  • Hidupkan Hp kalian, jika saat hidup dan indikatornya tidak menunjukkan angka 100% maka lakukan pengisian ulang sampai 100% ( biarkan Hp terus hidup ).
  • Setelah 100%, cabut charget dan restat Hp kalian seperti biasa.
  • Apabila indikator baterai kembali tidak menunjukkan angka 100% maka lakukan pengisian ulang kembali sampai menunjukkan angka 100%.
  • Ulangi cara diatas sampai indikator baterai Hp kalian menandakan angka 100% saat setelah ponsel di restat tanpa terhubung dengan charger.
  • Berikutnya setelah proses diatas selesai, biarkan terlebih dahulu Hp kalian sampai kehabisan daya dan mati sendiri.
  • Terakhir, lakukan proses pengisian daya kembali tanpa mengikuti intruksi diatas lagi.

Jadi, itulah cara kalibrasi baterai Android tanpa kases root yang bisa kalian lakukan dirumah. Tapi perlu juga untuk kalian ingat kalau proses ini tidak boleh dilakukan secara sering, karena jika kalian melakukannya secara berulang-ulang maka ini akan membuat ponsel dan baterai akan mengalami masalah yang lebih serius lagi.

2. Cara Kalibrasi Baterai Android Dengan Akses Root

Cara Kalibrasi Baterai Android

Selain menggunakan metode tanpa root, cara kalibrasi baterai Android juga bisa dilakukan dengan akses root. Dalam metode yang kedua ini sebenarnya memiliki proses yang hampir sama, namun yang membedakannya itu kalian harus menginstal aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi ini membutuhkan akses root agar bisa berjalan dengan baik didalam ponsel Android kalian, selain itu aplikasi ini juga meminta daftar izin perangkat yang sangat luas. Jadi apabila kalian merasa khawatir atau takut akan keamanan dari aplikasi tersebut maka kalian bisa memilih cara yang pertama.

Tapi jika kalian tidak terlalu khawatir dengan tingkat keamanan yang diberikan oleh aplikasi pihak ketiga, maka biasa mengikuti caranya dibawah ini. Namun sebelum itu kalian harus menginstal aplikasi Battery Calibration di Google Play Store yang ada didalam ponsel kalian.

  • Langkah pertama, biarkan ponsel kalian kehabisan daya sampai mati dengan sendirinya
  • Lakukan pengisian daya sampai indikator ponsel menunjukkan angka 100% tanpa menghidupkannya.
  • Putuskan charger dari ponsel dan hidupkan Hp kalian kembali, jika indikator tidak menunjukkan angka 100% maka lakukan pengisian ulang sampai indokator menampilkan angka 100% tanpa mematikannya.
  • Setelah indikator Hp menunjukkan angka 100% setelah kalian restat maka jalankan aplikasi yang sudah di instal tadi.
  • Setelah aplikasi sudah dijalankan, lakukan proses kalibrasi ulang pada Hp kalian.
  • Jika proses kalibrasi baterai sudah selesai, maka biarkan Hp kalian kehabisan daya sampai mati dengan sendirinya.
  • Terakhir lakukan proses pengisian daya seperti biasa tanpa mengikuti intruksi diatas.

Bagaimana, apakah cara kalibrasi baterai Android dengan akses root ini membuat kalian tertarik? Meski terlihat lebih menjanjikan, namun kami tidak merekomendasikan kalian untuk melakukan cara ini.

Apabila baterai Hp kalian memang sudah tidak bisa diandalkan, menggantinya dengan unit yang baru adalah cara terbaik untuk dilakukan. Namun untuk smartphone terbaru saat ini, kalian harus datang ke pusat layanan agar bisa mengganti baterai dengan yang lebih baru.

Baik, mungkin itu saja sedikit tips mengenai cara kalibrasi baterai Android yang dapat Kampung Gadget hadirkan, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.