Kuota XL Tidak Bisa Digunakan

Kuota XL Tidak Bisa Digunakan

Kuota XL Tidak Bisa Digunakan – Untuk bisa mengakses dunia internet, misalnya Facebook, Instagram, TikTok dan aplikasi sosial media lainnya, tentu kita membutuhkan yang namanya kuota. Kuota ini bisa kita dapatkan dengan cara yang beragam, salah satunya dengan membelinya dari operator seluler.

Berbicara mengenai masalah kuota internet, beberapa waktu lalu saya sendiri pernah mengalami masalah pada kartu XL ketika di gunakan untuk internetan. Masalahnya, jumlah kuota yang saya miliki lebih dari 4 GB, namun tidak bisa di gunakan untuk mengakses apapun di internet.

Nah, setelah saya searching di grup-grup dan forum XL, ternyata ada beberapa kendala yang mengakibatkan terjadinya masalah kuota XL tidak bisa digunakan. Penyebabnya ternyata juga sederhana dan akan coba saya jelaskan di artikel ini secara lengkap.

Apa Penyebab Kuota XL Tidak Bisa Digunakan?

Seperti yang saya temukan, ada beberapa faktor yang menjadi penyebab masalah ini. Namun yang paling sering di tanyakan, adalah masalah sisa dari kuota yang tidak bisa di gunakan.

Sebagai contohnya:

Pada gambar tersebut tertera kalau kuota 2G/3G/4G, kuota YouTube, Kuota 4G dan  lainnya. Nah, kuota XL yang tidak bisa di gunakan adalah yang ini:

Lantas penyebabnya apa? Kalau menurut saya pribadi sih itu seperti ada bug atau salah nulis list saja. Saya sendiri juga merupakan pengguna operator XL sudah sangat lama, ada sekitar 6 tahun lebih.

Nah, kalau setahu saya dulu itu jumlah kuota yang di tampilkan hanya 4 saja pada SMS nya. Seperti:

  • Youtube
  • Internet 4G
  • Kuota semua jaringan
  • Dan kuota aplikasi tertentu.

Coba deh kalian periksa gambar di atas lagi, ada 5 kan? Nah, yang ke 5 itu jangan di hitung ya, karena mungkin itu hanya sebuah bug atau masalah error lainnya.


Penting, itu hanya pendapat pribadi dari saya saja. Karena memang belum ada penjelasan yang pasti dari pihak operator XL nya.


Cara Mengatasi Kuota XL Tidak Bisa Digunakan

Saat mengalami masalah ini, ada beberapa tips yang lakukan dan hasilnya juga tidak mengecewakan kok. Jika kalian berminat, bisa langsung mencoba salah satu dari 6 tips berikut ini.

1. Pastikan Kartu SIM XL Sudah Terdaftar

Yang pertama, silakan kalian pastikan terlebih dahulu kalau kartu XL yang di gunakan sudah terdaftar. Karena sekarang ini, sebelum kita bisa menggunakan kartu SIM, kita harus meregistrasikannya terlebih dahulu dengan memakai kartu identitas resmi.

Jika kartu yang kalian pakai belum berhasil di registrasi, maka sudah pasti kartu tidak akan bisa kalian pakai. Entah itu untuk telepon, SMS maupun internetan.

Solusinya hanya satu, silakan kalian daftarkan duku kartu SIM XL yang di gunakan dengan benar. Tapi jika sudah, kalian bisa menggunakan cara yang selanjutnya.

2. Aktifkan Airplane Mode

Jika kartu XL kalian sudah terdaftar dengan benar, maka kemungkinan ini di sebabkan adanya error pada sistem HP (terutama sistem yang berhubungan dengan sinyal).

Coba kalian gunakan fitur airplane mode yang ada pada ponsel untuk mengatasi error tersebut. Caranya dengan:

  • Mengaktifkan fitur airplane mode pada HP.
  • Lalu tunggu beberapa saat (1 menit sudah cukup).
  • Kemudian nonaktifkan lagi airplane mode.
  • Selesai.

Meski terdengar sederhana, namun cara ini tergolong ampuh untuk mengatasi masalah jika memang benar terjadi error pada jaringan.


Ada masalah atau ingin mengganti paket internet yang di gunakan? Berikut cara berhenti paket internet XL.


3. Pastikan Ponsel Sudah Suport 4G

Selanjutnya kalian bisa memastikan ponsel yang di gunakan sudah support jaringan 4G. Karena ada beberapa orang yang kebingungan, kenapa kuota XL mereka tidak bisa di gunakan.

Setelah di telusuri, ternyata ponsel yang mereka gunakan belum mendukung jaringan 4G. Jika sudah begini, mau sampai kapanpun kuota internet 4G XL tidak akan bisa di gunakan.

Karena sama seperti operator lainnya, kuota 4G XL itu hanya bisa di gunakan pada jaringan 4G saja. Sedangkan untuk kuota utamanya, umumnya sih bisa di pakai di semua jaringan (2G/3G/4G).

Selain HP, jangan lupa juga cek kartu yang kalian gunakan itu sudah mendukung 4G atau belum ya. Meski semuanya kartu XL saat ini sudah mendukung 4G, namun tidak ada salahnya juga untuk memastikannya kembali.

Untuk cara cek kartu sudah 4G atau belum, kalian bisa melihatnya di pembahasan saya sebelumnya.

4. Periksa Jaringan Pada HP

Terjadinya gangguan pada jaringan juga bisa menjadi penyebab kuota internet XL tidak bisa digunakan. Meski tidak terlalu sering, gangguan ini bisa terjadi di operator apapun, tanpa terkecuali dengan provider XL.

Solusinya hanya dengan menunggu saja sampai gangguan pada jaringan hilang. Kalau lama atau tidaknya sih tergantung pada masalah yang di alami oleh operator atau kondisi di tempat kalian saat ini.

Jika masalah memang dari pusatnya, biasanya akan teratasi dengan cepat. Namun jika masalah gangguan ini terjadi karena faktor alam, seperti hujan lebat misalnya. Maka kalian hanya perlu menunggu sampai hujan lebat tersebut mereda.

5. Cek Pengaturan Jaringan

Selain karena gangguan jaringan, kesalahan pada pengaturan di HP juga bisa menjadi penyebabnya. Kenapa seperti itu? Karena saya sendiri pun pernah mengalami masalah tersebut.

Solusinya? Silakan kalian coba cari pengaturan yang pernah di rubah sebelumnya, terutama yang berhubungan dengan jaringan. Misalnya seperti APN, VPN atau sejeninya.

Setelah ketemu, silakan coba rubah kembali seperti semua atau ke kondisi defaoult lagi. Jika yang kalian rubah adalah APN, maka cara pengaturannya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama buka dulu menu Pengaturan.
  2. Kemudian klik menu Jaringan.
  3. Lanjut ketuk menu APN.
  4. Silakan rubah atau isikan kembali nama APN “Internet“.

Jika masih tidak berfungsi, kalian bisa coba menggunakan APN XL lainnya.


Kuota atau pulsa masih banyak, namun selalu kehabisan masa aktif? Tenang, berikut cara memperpanjang masa aktif XL.


6. Pastikan Sinyal di Lokasi Berkualitas

Seperti yang pernah saya tekankan di pembahasan sebelumnya, kalau koneksi internet itu pada dasarnya sangat di pengaruhi oleh kondisi tempat atau lokasi. Ada tempat yang memiliki kualitas sinyal yang baik dan ada juga yang masih kurang memadai.

Nah, berhubungan dengan masalah kuota internet XL tidak bisa digunakan, coba kalian pastikan dulu sinyal yang di dapat oleh HP sudah berkualitas. Caranya dengan melihat indikator sinyal yang ada di pojok kanan HP kalian.

Pastikan indikator sinyal yang di tampilkan full dan juga terdapat indikator 4G. Selain itu, HP kalian juga harus sudah di set ke jaringan 4G. Karena jika belum, meski kualitas sinyalnya sangat bagus, internet mungkin belum bisa di gunakan. Misalnya, karena yang di gunakan adalah jaringan 2G.

7. Reset HP

Solusi terakhir yang bisa kalian coba lakukan adalah dengan me-reset atau mengatur ulang HP kembali ke pabrik.

Cara ini bisa kalian lakukan jika sudah memastikan beberapa hal di atas, seperti:

  1. Sisa kuota masih banyak (bukan kuota Unlimited)
  2. HP dan SIM sudah mendukung 4G
  3. Tidak sedang gangguan dari pusat
  4. Lokasi atau tempat tinggal sudah tercover layanan 4G dari XL
  5. Tidak sedang ada cuaca buruk atau mati listrik

Jika semua itu tidak sedang kalian alami, maka kemungkinan besar penyebabnya ada pada HP. Misalnya ada banyak bugerror pada sistem atau mungkin karena terserang virus.

Pada masing-masing HP, cara reset pabrik akan berbeda-beda, namun pada umumnya seperti berikut:

  1. Buka Pengaturan pada HP.
  2. Lalu pergi ke menu Pengaturan Tambahan.
  3. Geser ke paling bawah, klik menu Cadangkan dan Reset.
  4. Jangan lupa centang opsi cadangkan data (jika ada).
  5. Pada bagian bawah, ketuk menu Reset ke Setelan Pabrik.
  6. Silakan pilih Hapus Semua Data.
  7. Terakhir tunggu sampai HP kembali menyala.
  8. Selesai.

Catatan:

Penting untuk kalian ketahui, sebelum mulai cara di atas, ada bagusnya kalian backup terlebih dahulu data penting yang di simpan pada HP. Seperti nomor telepon, SMS, akun sosial media dan Google, musik, foto dan lainnya. Jika tidak, data tersebut akan hilang dan sulit bisa di pulihkan kembali.

Jika belum tahu, kalian bisa baca cara backup data penting di Android pada artikel sebelumnya.

Penutup

Mungkin demikian 7 tips dari saya untuk mengatasi kuota XL tidak bisa digunakan. Silakan kalian bisa mencoba beberapa tips di atas sesuai dengan kebutuhan dan keadaan yang sedang di alami.

Jika masih ada yang kurang jelas atau ada hal lain yang ingin di tanyakan, silakan tuliskan saja di kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

2 komentar

    1. Jika ikon sinyal menandakan tanda e, itu artinya jaringan operator XL maupun Telkomsel tidak tersedia pada lokasi saat ini. Coba saja untuk pindah ke lokasi lain atau gunakan operator lain untuk mengujinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.