Cara Cek Kartu Sudah 4G Atau Belum

Cara Cek Kartu Sudah 4G Atau Belum

Cara Cek Kartu Sudah 4G Atau Belum – Seperti yang kita ketahui kalau sebenarnya smartphoe terbaru saat ini sudah menggunakan jaringan 4G. Begitu juga untuk kartu provider yang ada saat ini, di mana mereka jelas sudah menyediakan akses layanan 4G.

Meski begitu, bukan berarti semuanya sudah menyediakan layan 4G, karena masih ada sebagian kartu yang ternyata baru bisa sebatas 3G. Namun ini sebenarnya hanya berlaku untuk pengguna kartu keluaran lama saya, atau sebelum layan 4G ini ada. Lebih tepatnya itu sekitar 2015 atau 1014 lamanya.

Hal tersebut jelas sangat di sayangkan sekali. Kenapa begitu? Ini karena kartu 4G itu mampu memberikan kalian banyak sekali keuntungan. Contohnya saja seperti ini:

  1. Akses internet yang jelas akan lebih cepat.
  2. Harga paket data yang lebih murah.
  3. Jumlah kuota yang lebih besar.
  4. Pilihan paket yang lebih beragam.

Nah, sebagai gambaran sedikit buat kalian, secara umum perbedaannya bisa berada di 50 sampai dengan 70%. Jika kalian membeli kuota 3G sebesar 5G, maka dengan harga yang sama, kalian bisa mendapatkan kuota lebih besar. Kuota yang akan kalian dapatkan bisa sebesar 10GB, menarik sekali bukan?

Cara Cek Kartu Sudah 4G Atau Belum

Lain cerita lagi, ternyata saat ini masih banyak orang yang belum tahu tentang bagaimana cara cek kartu provider-nya. Apakah sudah mendukung layan jaringan 4G atau masih memakai layanan 3G.

Hal tersebut sebenarnya bisa kalian lakukan dengan mudah, sebab providerprovider yang ada di Indonesia sudah menyediakannya. Seperti Telkomsel, Indosat dan privider lainnya sebenarnya sudah menyediakan kalian layanan untuk mengetahui kartu yang digunakan.

Namun, bagi kalian yang mungkin belum tahu caranya, maka dapat menyimak informasi lengkapnya di bawah ini:

1. Melalui Pengaturan HP

Cara yang paling sederhana pertama, kalian dapat memeriksanya terlebih dahulu melalui pengaturan di HP Android. Tapi disini, kita asumsikan dulu kalau kalian sudah menggunakan HP yang mendukung jaringan 4G.

Pada saat HP yang kalian gunakan 4G, maka atur terlebih dahulu jaringannya ke LTE. Ketika kartu yang kalian gunakan masih 3G, maka otomatis kalian tidak akan menemukan tampilan jaringan 4G. Untuk 3G, umumnya jaringan yang sering terlihat di atas layar adalah H+ saja.

Untuk melakukan pengecekannya, caranya begini:

  • Buka dulu menu Pengaturan atau Settings pada HP yang digunakan.
  • Lalu kalian bisa masuk lagi kedalam menu Jaringan Seluler.
  • Berikutnya cari Pengaturan Sinyal.
  • Kemudian kalian ganti jenis sinyal dari Auto ke LTE Only.

Di sana, kalian akan mengetahui kartu yang digunakan sudah mendukung jaringan 4G atau belum, dengan mengubahnya ke LTE Only.

Ciri-cirinya, jika kartu kalian sudah 4G, maka otomatis nantinya sinyal akan berubah menjadi 4G juga. Tapi sebaliknya, kalau kartu belum mendukung 4G, maka sinyal akan tetap terkunci di 3G saja. Dalam beberapa kasus, bisa saja tidak muncul sinyal sama sekali.

Selain itu, kalian sebenarnya bisa juga mengeceknya lewat Kode rahasia, tepatnya melalui halaman khusus pengaturan jaringan. Bahkan menurut admin, cara ini sebenarnya dapat di katakan sebagai cara yang lebih mudah, lho.

Langkah-langkahnya seperti ini:

  1. Langkah pertama kalian buka dulu Dial Phone.
  2. Jika sudah terbuka, ketikan kode *#*#4636*#*#.
  3. Lalu kalian pilih kartu SIM yang ingin kalian cek.
  4. Berikutnya atur jaringan ke LTE Only.

Bagaimana, lebih mudah bukan?

2. Lewat Aplikasi Provider yang Digunakan

Cara Cek Kartu Sudah 4G Atau Belum Lewat Aplikasi Provider yang Digunakan

Seperti yang sudah di sebutkan tadi, kalau hampir semua provider di Indonesia itu sudah mempunyai layanan yang berbentuk aplikasi.

Buat apa? Pastinya banyak. Seperti kalian gunakan untuk mengecek kuota, mengecek pulsa, sampai untuk mengecek tagihan dari kartu pascabayar. Tentunya, aplikasi semacam ini jelas di desain khusus untuk membantu seluruh penggunanya dalam melakukan hal-hal tersebut.

Selain yang di sebutkan tadi, kalian juga bisa mengecek status kartu provider yang di gunakan dalam aplikasi tersebut. Di sana kalian sebenarnya bisa menemukan apakah kartu yang di gunakan itu sudah 4G atau belum. Caranya juga sangat mudah sekali:

  1. Silakan kalian instal dulu aplikasi dari provider yang di gunakan, di sini admin memakai provider Indosat.
  2. Aplikasi ini bisanya bernama myIM3 dan bisa kalian download pada Google Playstore.
  3. Jika sudah, buka aplikasi tersebut.
  4. Masuk memakai nomor HP yang kalian pakai saat ini.
  5. Pada halaman utama, kalian pilih icon garis 3 yang ada di pojok kanan bawah layar.
  6. Setelah itu, kalian bisa memilih menu Dukungan 4G.
  7. Maka di sini kalian akan di tampilkan informasi mengenai dukungan 4G pada kartu yang di pakai.

Hampir semua provider sebenarnya mempunyai aplikasinya masing-masing. Jadi, jangan sampai kalian tertukar memakainya. Untuk daftar aplikasi setiap provider, kalian dapat melihatnya pada tabel berikut:

TelkomselMyTelkomsel
XLMyXL
IndosatmyIM3
SmartfrenmySF Self Care
Tri (3)bima+

Kalian dapat mengistal aplikasi tersebut di Google Playstore dengan mengetikan salah satu kunci dari nama aplikasi tersbut. Untuk pengguna iPhone, kalian bisa mengunduhnya di App Store.

3. Memakai Kode USSD

Berikutnya, ada juga kode USSD yang bisa kalian gunakan. Kode USSD ini sebenarnya sudah di singgung pada penjelasan di atas, fungsinya untuk membuka halaman pengaturan jaringan. Namun sebenarnya bukan hanya itu saja, karena masih ada fungsi lain dari kode USSD ini.

Secara singkatnya, Kode USSD ini yang di gunakan untuk membuka sebuah perintah tertentu dari sistem Android dan provider.

Nah, untuk perintah dari provider yang dimaksudkan, misalnya seperti mengecek jumlah pulsa, jumlah paket data dan lainnya.

Tapi, ternyata sampai saat ini, masih banyak orang yang belum tahu fungsi lain dari kode USSD tersebut. Kalau sebenarnya Kode USSD ini bisa kalian gunakan untuk mengetahu kartu yang di pakai sudah support 4G atau belum.

Telkomsel*888*47#
XL*123#

Untuk Kode USSD lainnya, kalian bisa searching lagi di Google dengan nama operator yang sedang kalian gunakan saat ini.

4. Hubungi Customer Service

Selain semua cara yang sudah di sebutkan di atas, kalian sebenarnya masih bisa melakukan pengecekan pada kartu yang di pakai saat ini sudah mendukung 4G atau belum. Caranya itu dengan menghubungi Customer Service dari operator yang kalian pakai.

Namun, untuk cara ini sebenarnya tidak semua operator mendukungnya. Karena secara umum, informasi ini sudah mereka sediakan di masing-masing aplikasi yang mereka buat.

Tapi, jika kalian malas untuk memasang aplikasi dari operator yang di pakai, maka bisa mencoba untuk menghubungi customer service. Jika sudah terhubung, kalian bisa menanyakan langsung perihal informasi dari kartu yang kamu pakai.

Cara Upgrade Kartu 3G ke 4G Dengan Mudah

Sebenarnya, jika kartu yang kita gunakan masih 3G, apakah dapat kita rubah menjadi 4G ataukah tidak?

Jawabannya jelas bisa, bahkan ada banyak cara yang mudah untuk kalian lakukan. Walaupun begitu, cara yang paling mudahnya adalah dengan mengunjungi langsung gerai operator yang di gunakan. Seperti GraPARI, XL Center, Galeri Smartfren dan masih banyak gerai operator lainnya.

Biasanya, pihak provider akan membantu kalian untuk melakukan proses upgrade kartu dari 3G menjadi 4G. Tentunya cara ini tidak akan mengubah nomor lama yang kalian gunakan saat ini, alias nomornya masih tetap sama.

Selain kalian dapat langsung datang ke gerai operator, kalian juga dapat membaca tutorial tentang cara mengubah kartu 3G ke 4G sendiri. Biasanya kalian harus memakai kartu kosong yang di ubah nomornya menjadi nomor dari kartu lama.

Penutup

Mungkin demikian saja cara cek kartu sudah 4G atau belum.

Cara yang sudah dijelaskan tadi di atas itu sebenarnya bisa dibilang merupakan sebuah cara yang paling sederhana dan mudah. Tidak hanya itu saja, semua cara cek kartu sudah 4G atau belum tersebut bisa kalian lakukan di semua merk atau tipe HP Android yang ada saat ini.

Memiliki pertanyaan? Jika itu iya, maka kalian dapat mengirim pertanyaan tersebut ke kolom komentar yang ada di bagian bawah ini.

Mungkin cukup sekian saja dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.