Kamera Android Error Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Kamera Android Error Tidak Bisa Dibuka

Kamera Android Error Tidak Bisa Dibuka – Untuk sekarang ini memang sudah semua HP Android itu dibekali dengan fitur kamera. Bahkan, sebuah HP Android yang hadir baru-baru ini sudah berbekal kamera lebih dari satu lensa. Meski agak terlihat cukup berlebihan, namun hal ini dilakukan oleh produsen smartphone untuk bisa memenuhi kebutuhan penggunanya. Salah satunya itu adalah kebutuhan fitur di masing-masing lensa kameranya.

Seiring berjalannya waktu, kini kamera juga sudah menjadi salah satu standar tersendiri untuk bisa menentukan apakah HP tersebut layak atau tidaknya di beli. Nah, untuk menjalankan fitur kamera di sebuah HP, maka kita memerlukan sebuah aplikasi kamera.

Di mana aplikasi kamera tersebut biasanya sudah langsung ter-install secara bawaan dari produsennya masing-masing. Sehingga kita tidak perlu repot-repot lagi untuk memasang aplikasi kamera saat ingin memakai fitur kamera yang ada pada HP.

Pada saat aplikasi ini kita buka, maka sudah pasti akan muncul gambar preview kamera pada layar HP. Namun ini jika fitur kamera pada HP masih dalam keadaan normal. Karena dalam beberapa kondisi, terkadang juga sering terjadi error seperti:

  • Kamera HP yang tidak dapat terbuka.
  • Muncul pesan kamera tidak terhubung saat membukanya.
  • Terlihat pesan gagal.
  • Kamera yang tidak dapat berfungsi dengan baik.
  • Bahkan tidak dapat dibuka sama sekali.

Jika sudah seperti itu, sudah pasti akan membuat kita sedikit merasa kesal bukan? Tapi tenang, kalian tidak usah panik karena di sini saya akan membagikan cara mengatasinya dengan mudah.

Penyebab Kamera Android Error dan Tidak Bisa Dibuka

Sebelum beranjak ke pembahasan intinya, ada beberapa hal penting yang juga perlu untuk kalian ketahui terlebih dahulu. Di mana hal penting yang tidak boleh terlewatkan ini adalah penyebab kamera HP Android error, tidak bisa dibuka, gagal atau tidak berfungsi dengan baik.

Nah, berikut ini adalah beberapa penyebab yang sering saya jumpai dalam masalah ini:

  • Sistem mengalami bug: Salah satunya contohnya itu ketika kalian mengalami kegagalan saat melakukan update sistem.
  • Sistem pada HP tidak stabil: Penyebabnya biasanya file sampah, memori RAM yang penuh dan lainnya. Hal ini biasanya sering membuat banyak aplikasi mengalami masalah, salah satunya pada aplikasi kamera.
  • Dampak dari melakukan root: Melakukan root pada HP Android juga bisa membuat sistem didalamnya mengalami masalah. Salah satunya yang cukup sering terjadi ialah error pada fungsi dari kamera.
  • Aplikasi kamera error: Selain aplikasi yang kita install sendiri, aplikasi kamera bawaan Android juga bisa berpengaruh. Misalnya saja karena banyaknya file cache yang menumpuk di dalam aplikasi atau sejenisnya.
  • Komponen HP mengalami kerusakan: Untuk yang satu ini bisa menyangkut banyak komponen, misalnya saja seperti IC, chipset atau komponen lensa kameranya sendiri.

Selain yang saya sebutkan, mungkin masih ada banyak penyebabnya. Karena yang pasti itu masalah kamera Android error dan tidak bisa dibuka dapat dibagi menjadi dua kemungkinan. Mulai dari adanya masalah sistem pada HP dan kerusakan komponen itu sendiri.

Cara Mengatasi Kamera Android Error Tidak Bisa Dibuka Agar Normal Kembali

Nah, setelah kalian sudah mengetahui beberapa penyebab masalah yang sedang terjadi, maka dapat ditarik kesimpulan kalau error pada kamera HP itu bisa disebabkan oleh sistem dan komponen. Meski sudah begitu, tidak mudah juga untuk bisa tahu secara pasti penyebab yang sebenarnya.

Sebelum kalian beranjak membawanya ke tempat service, ada bagusnya untuk dipastikan terlebih dahulu. Karena bisa saja error ini berasa dari sistem yang ada pada HP bukan komponennya.

Penting:

Perlu juga untuk kalian ketahui kalau pembahasan di sini itu sebenarnya memang saya tunjukkan untuk semua pengguna HP Android. Mulai dari HP Xiaomi, Asus, Samsung, Oppo, Realme, Vivo, Huawei dan merek lainnya.

1. Nyalakan Ulang HP Android

Pada dasarnya saat sistem pada HP berjalan secara tidak stabil, maka dapat membuat beberapa aplikasi berjalan tidak normal. Sehingga kalian tidak perlu heran kalau tiba-tiba terjadi error tertentu pada HP atau aplikasi didalamnya.

Contohnya saja seperti aplikasi kamera yang saat kita buka tiba-tiba keluar dengan sendirinya, atau sering juga muncul pesan “Sayangnya Kamera Telah Berhenti”.

Untuk mengatasi kondisi seperti ini sebenarnya sangat mudah, kok. Kalian hanya perlu menyalakan ulang HP seperti biasanya.

  1. Pertama tekan tombol Power pada HP.
  2. Lalu kalian pilih menu Mulai Ulang.
  3. Atau bisa juga mematikannya dan langsung melepaskan baterai (jika memungkinkan).
  4. Selanjutnya tunggu saja beberapa waktu.

Apabila dirasa sudah cukup, kalian tinggal menyalakan kembali HP seperti biasa. Saat sudah menyala dengan normal, kalian bisa langsung mengecek kameranya kembali.

2. Coba Paksa Berhenti Aplikasi Kamera

Untuk sekarang ini, di beberapa HP Android sudah dilengkapi dengan aplikasi kamera yang termasuk tipe background service. Di mana ini artinya aplikasi kamera akan tetap berjalan di latar belakang HP meski kalian tidak sedang menggunakannya.

Hal ini memang masih dalam batas normal, karena hampir semua aplikasi memiliki tipe yang sama. Terlepas dari itu, ada hal penting yang juga perlu untuk kalian ketahui, semisal ada sebuah error pada aplikasi kamera, maka error itu akan terus berjalan.

Sehingga akan membuat aplikasi kamera mengalami masalah dan tidak bisa berjalan dengan normal. Solusinya? Tentu dengan cara menghentikan paksa aplikasi kamera yang sedang berjalan di latar belakang.

Caranya seperti ini:

  • Pertama kalian buka Pengaturan pada HP.
  • Lalu masuk kedalam Aplikasi.
  • Lanjut pilih lagi menu Daftar Aplikasi.
  • Kemudian pilih aplikasi Kamera.
  • Setelah terbuka, pilih menu Paksa Berhenti (Force Stop).
  • Selesai.

Cara yang satu ini sebenarnya juga cukup efektif dalam mengatasi beberapa masalah dalam bentuk error. Misalnya seperti:

  • Kamera HP yang tidak merespon saat di buka (hang atau tiba-tiba terhenti).
  • Bisa dibuka namun tidak menampilkan gambar apapun pada layar. Biasanya hanya akan terlihat tampilan layar hitam atau putih saja.
  • Seluruh menu yang ada pada kamera tidak bisa terbuka (sama seperti hang).

3. Bersihkan Cache dan Data Aplikasi Kamera

Sebagian dari kalian mungkin sudah tahu kalau file cache ini merupakan salah satu penyebab timbulnya beberapa masalah pada aplikasi Android. Salah satunya itu pada aplikasi kamera. Meski merupakan file yang cukup diperlukan oleh sebuah program, namun terkadang ini bisa menjadi cikal bakal munculnya masalah.

Untuk itu, kalian bisa mencoba membersihkan file cache dan data aplikasi untuk mengatasi masalah kamera Android yang error. Caranya seperti ini:

  1. Pertama-tama kalian buka dulu menu Pengaturan.
  2. Selanjutnya kalian cari menu Aplikasi.
  3. Berikutnya pilih Daftar Aplikasi.
  4. Sekarang cari aplikasi Kamera yang terpasang.
  5. Buka dan klik menu clear cache atau Hapus Data.

Dengan proses di atas, maka file cache dan data aplikasi kamera sudah dibersihkan. Cara ini juga sangat efektif sekali untuk mengatasi masalah kamera gagal di HP Android atau kamera yang sering tiba-tiba terhenti dengan sendirinya.

4. Scanning HP Dengan Aplikasi Antivirus

Jika membahas mengenai masalah virus, sebenarnya di HP Android itu cenderung jarang terjadi kondisi seperti ini. Meski jarang terjadi, bukan berarti juga kalau tidak pernah, ya.

Hal ini juga sangat erat kaitannya dengan masalah stabilitas dari aplikasi, dan juga bisa menjadi penyebab aplikasi kamera mengalami error atau tidak berfungsi dengan baik. Jika sudah seperti ini, tentu kalian harus mengatasinya dengan membersihkan virus tersebut.

Caranya dengan melakukan scanning menggunakan bantuan aplikasi antivirus yang khusus untuk HP Android. Untuk aplikasinya sendiri kalian bisa mendapatkannya di Google Playstore yang ada di dalam HP. Di sana ada banyak sekali pilihan aplikasi antivirus yang bisa di dapatkan secara gratis.

Saat setelah proses scanning selesai, maka jangan lupa juga untuk menghapus cache yang ada di dalam aplikasi kamera.

5. Gunakan Aplikasi Kamera Lain

Sampai saat ini masih banyak dari orang yang menganggap kalau aplikasi kamera itu hanya ada versi bawaan HP-nya saja. Padahal nyatanya itu tidak benar, lho. Karena untuk sekarang ini, sudah ada banyak aplikasi kamera yang bisa menjadi alternatif saat aplikasi kamera bawaan HP mengalami masalah.

Di Playstore, ada banyak sekali pilihan aplikasi kamera yang bisa kalian dapatkan secara gratis. Bahkan, sebagian dari aplikasi yang ada di sana itu memiliki fitur-fitur yang terbilang lengkap.

Contohnya fiturnya seperti:

  • Mengubah resolusi foto.
  • Meningkatkan kualitas foto yang dihasilkan.
  • Memberikan efek warna tertentu pada foto.
  • Dan masih banyak yang lainnya.

6. Reset Pabrik

Jika dengan cara di atas tadi itu masih belum bisa mengatasinya dan aplikasi kamera HP Android masih error, maka solusi selanjutnya itu adalah melakukan factory reset atau reset pabrik. Dengan melakukan reset, maka sudah tentu jika memang terjadi error pada sistem maka akan teratasi.

Seluruh pengaturan yang sebelumnya kalian buat pada HP juga akan dikembalikan ke pengaturan awal. Dengan begitu, solusi yang satu ini juga bisa membantu kalian dalam mengatasi masalah kamera HP yang tidak bisa dibuka.

Di masing-masing HP Android mungkin caranya akan berbeda-beda, namun kurang lebih sih seperti ini:

  1. Pertama kalian buka menu Pengaturan.
  2. Selanjutnya cari menu Pengaturan Tambahan.
  3. Geser ke paling bawah, pilih Cadangkan dan Reset.
  4. Berikutnya pilih Reset ke Setelan Pabrik.
  5. Terakhir Hapus Semua Data.

Selanjutnya kalian bisa mengikuti panduan yang terlihat pada HP nantinya. Setelah proses reset selesai, maka nantinya keadaan HP kalian akan kembali seperti awal lagi.

Penting:

Dalam melakukan reset pabrik ini, maka seluruh data penting yang ada di dalam HP kalian akan hilang. Tapi terkecuali untuk data yang ada di dalam kartu SD (jika ada). Data penting ini biasanya meliputi foto, video, dokumen, kontak, akun google dan data aplikasi lainnya.

Agar data penting itu tidak hilang, maka kalian wajib melakukan backup terlebih dahulu sebelum mulai melakukan factory reset (reset pabrik). Untuk cara backup data di Android juga sudah pernah saya jelaskan secara lengkap di pembahasan sebelumnya, jadi kalian bisa mencari taunya di sana.

7. Unroot HP Android

Melakukan root memang sudah bukan merupakan hal yang baru lagi, sebab dalam proses itu kita sebagai pengguna HP bisa mendapatkan banyak keuntungan di dalamnya. Walaupun demikian, di balik proses root juga menyimpan banyak kerugian, lho.

Kerugian ini tentu datang saat proses root yang kalian lakukan tidak berjalan dengan benar. Sehingga muncul beberapa error yang bisa membuat kinerja perangkat menjadi tidak stabil. Bahkan, error yang disebabkan oleh root juga bisa berdampak pada kamera HP yang tidak bisa dibuka.

Contoh lainnya seperti ini:

  • Kamera tidak bisa terhubung.
  • Muncul sebuah pesan gagal.
  • Sering berhenti dengan sendirinya.
  • force close (keluar sendiri).
  • Terbuka namun hanya terlihat warna putih atau hitam saja.
  • Dan lainnya.

Oleh sebab itu, jika memang HP kalian saat ini sedang dalam keadaan root, maka cobalah untuk melakukan unroot saja terlebih dahulu. Setelah itu jangan lupa juga untuk melakukan reset pabrik seperti sebelumnya.

Untuk proses unroot itu di masing-masing HP Android memiliki cara yang berbeda-beda, ya. Selain caranya, aplikasi yang kalian gunakan untuk melakukan root juga sangat mempengaruhi. Jadi, agar saya tidak salah menjelaskan, kalian bisa mencari tahu caranya di Google saja, ya.

8. Perbaharui Sistem Operasi Android

Memang masih banyak sekali pengguna HP yang tidak terlalu peduli dengan melakukan update sistem dan pengembang Android. Mungkin salah satunya itu adalah kalian, ya.

Jika menanyakan mengenai alasannya, sudah pasti akan beragam dan berbeda-beda di setiap orangnya. Namun yang sering saya dengan sih, karena takut HP-nya error, takut memori HP cepat penuh dan lainnya.

Padahal, update yang disediakan itu memiliki efek yang bagus untuk kelangsungan kinerja pada HP. Karena biasanya pembaharuan ini dilakukan untuk memperbaiki beberapa masalah yang pernah terjadi sebelumnya, termasuk juga kamera HP yang error.

Untuk update-nya sih saya rasa itu sangat mudah untuk dilakukan. Namun jika kalian belum tahu, maka begini caranya:

  • Pertama kalian buka Pengaturan di HP.
  • Lalu geser saja ke paling bawah dan temukan menu Tentang Ponsel (About).
  • Dalam halaman ini, kalian bisa pilih Periksa Pembaharuan.
  • Jika tersedia, maka langsung saja klik Update.
  • Terakhir tunggu sampai prosesnya selesai.

9. Optimalisasi Memori RAM pada HP

Jika kalian belum tahu, RAM adalah sebuah sebutan untuk memori yang berfungsi untuk menampung data sementara yang dimiliki oleh aplikasi. Masing-masing HP Android mempunyai kapasitas memori RAM yang berbeda-beda.

Tapi, saat ini kebanyakan dari HP Android sudah dibekali dengan kapasitas RAM yang terbilang besar, mulai dari 1GB sampai dengan 8GB.

RAM memiliki fungsi yang sangat penting, sehingga harus selalu dijaga agar memori RAM tidak cepat penuh. Kenapa harus dijaga? Karena jika memori RAM HP penuh, maka stabilitas sistem akan mengalami penurunan secara signifikan. Sehingga dampaknya akan membuat beberapa aplikasi yang berjalan menjadi error.

Contohnya saja seperti ini:

  • Tidak bisa dibuka.
  • Tiba-tiba terhenti dengan sendirinya.
  • Keluar sendiri.
  • Blank dengan warna putih/hitam.
  • Dan lain-lain.

Masalah itu juga bisa berdampak pada aplikasi kamera HP Android.

Lalu adakah cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasinya? Tentu saja ada, dan caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama buka dulu Pengaturan.
  2. Kemudian cari menu Aplikasi.
  3. Geser ke bagian Aplikasi Berjalan.
  4. Pilih aplikasi yang dirasa tidak perlu.
  5. Terakhir tap Paksa Berhenti.

Cara ini tidak akan mempengaruhi data-data penting yang ada di dalam aplikasi tersebut, hanya saja aplikasinya tidak akan berjalan sampai kalian membukanya kembali.

10. Pastikan Ruang Penyimpanan Masih Cukup

Selain dipengaruhi oleh masalah RAM seperti di atas, kamera HP Android error tidak bisa dibuka juga bisa terjadi karena penyimpanan sudah penuh. Sehingga membuat kamera HP tidak bisa menyimpan semua hasil jepretan kamera yang kalian lakukan.

Namun untuk kondisi seperti ini, biasanya sih kamera HP masih tetap bisa terbuka seperti biasa. Hanya saja saat kita mengambil sebuah gambar, hasilnya tidak akan bisa tersimpan di dalam galeri.

Meski begitu, tidak ada salahnya juga untuk memeriksa terlebih dahulu penyimpanan yang ada di dalam HP. Atau kalian juga bisa mencoba untuk memindahkan hasil foto dari kamera ke memori SD agar tidak membebani memori internal di HP.

11. Bawa HP ke Tempat Service

Jika semua solusi untuk mengatasi kamera HP Android error di atas masih juga belum bisa, maka kemungkinan masalahnya bukan dari sistem yang error, tapi dari komponen HP yang rusak.

Untuk kasus seperti ini memang bisa terjadi dan penyebabnya terbilang banyak, seperti HP terkena air, HP jatuh, terlalu sering terpapar panas dan lainnya. Nah, jika memang komponen HP yang mengalami kerusakan, ciri-cirinya biasanya seperti ini:

1. Kamera Pelangi

Kondisi dari kamera pelangi itu biasanya akan terlihat saat kalian membukanya. Tampilan yang muncul pada layar HP bukanlah gambar, melainkan sebuah cahaya yang berwarna-warni seperti pelangi. Dalam masalah seperti bisa disebabkan oleh dua kemungkinan, bisa dari sistem maupun komponen.

2. Timbul Sebuah Garis

Jika terlihat ada sebuah garis pada layar, entah itu garis vertikal maupun horizontal, maka kerusakannya bisa terletak pada layar atau komponen kameranya sendiri. Bisa karena efek dari benturan atau karena terpapar suhu panas secara terus-menerus.

3. Tidak Muncul Gambar

Saat dibuka dan tidak muncul gambar pada layar, maka kemungkinan disebabkan oleh koneksi kamera pada HP terputus.

Dalam mengatasi masalah ini, sudah pasti kalian harus melakukan perbaikan pada komponen yang mengalami kerusakan. Jadi, mau tidak mau, HP kalian memang harus segera di bongkar jika masih ingin menggunakan kameranya.

Untuk biayanya sih terbilang mahal dan biasanya tergantung dari lensa kamera yang terpasang pada HP kalian masing-masing. Namun rata-ratanya sih ada di kisaran 300-400 ribu rupah.

Penutup

Memang sudah sangat pasti kalau masalah kamera HP Android error dan tidak bisa dibuka, tidak dapat terhubung, tidak berfungsi, blank, itu bisa dengan mudah diperbaiki dan bisa juga sangat sulit untuk kita perbaiki sendiri.

Meski begitu, saya berharap kalau dengan beberapa solusi di atas tadi bisa membantu kalian dalam mengatasi masalah kamera HP Android yang error. Bila kalian menemukan solusi lainnya, maka jangan ragu untuk membaginya di kolom komentar, ya.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.