Jaringan Seluler Tidak Tersedia

Cara Mengatasi Jaringan Seluler Tidak Tersedia di Android

Masalah di ponsel Android memang sudah bukan merupakan hal yang baru, sebab hampir setiap hari pengguna mengalaminya. Dari banyaknya masalah yang sering terjadi, tidak semua masalah yang muncul karena adanya kerusakan pada HP. Seperti halnya masalah jaringan seluler yang tidak tersedia pada HP.

Biasanya masalah ini sering muncul saat kita ingin menyambungkan ponsel ke internet, atau ingin menggunakan menelpon/SMS. Muncul sebuah pesan pada layar yang menandakan “Jaringan seluler tidak tersedia”.

Sudah pasti masalah tersebut akan sangat mengganggu aktivitas kita bukan? Apalagi saat kita memang sedang perlu menggunakan HP untuk situasi yang genting.

Lalu, apa saja sih yang sebenarnya menjadi penyebab timbulnya masalah jaringan seluler tidak tersedia pada HP? Penasaran? Yuk, kita bahas secara mendetail di bawah ini.

Penyebab Jaringan Seluler Tidak Tersedia

Meski ada banyak, namun yang pasti masalah ini sangat erat kaitannya dengan sinyal yang ada di tempat kita. Sebab, jika sinyal yang ada di tempat kita sangat lemah atau bahkan tidak ada sama sekali, maka sudah pasti akan memunculkan pesan jaringan seluler tidak tersedia.

Selain itu, masih ada penyebab lain yang membuat pesan tersebut muncul pada layar HP kalian. Contohnya saja seperti berikut:

  1. Sinyal yang lemah: Biasanya sinyal yang lemah itu dipengaruhi oleh faktor lokasi di mana kartu SIM dari provider tersebut digunakan.
  2. Gangguan pada jaringan: Kondisi seperti ini biasanya di picu oleh faktor cuaca yang memang sedang kurang mendukung. Misalnya saja sedang hujan lebat atau ada badai.
  3. Provider sedang gangguan: Ini merupakan masalah yang sangat umum. Karena secara umum, saat provider sedang gangguan, maka sinyal akan mendadak hilang dan membuat kartu SIM menjadi tidak tersedia.
  4. Error pada sistem: Meski cukup jarang terjadi, namun faktor error pada sistem juga bisa memicu masalah jaringan tidak tersedia pada HP.
  5. Komponen HP Rusak: Adanya kerusakan pada komponen HP juga bisa menjadi penyebab munculnya masalah ini. Contohnya saja seperti HP terkena air. Hal ini dapat membuat sinyal mengalami gangguan dan muncul pesan jaringan seluler tidak tersedia.

Selain beberapa penyebab yang saya sebutkan, mungkin masih ada penyebab lainnya yang menjadi pemicunya. Namun secara pengalaman pribadi, kondisi tersebutlah yang menjadi penyebab utama dari masalah yang sedang kalian hadapi saat ini.

Cara Mengatasi Jaringan Seluler Tidak Tersedia

Selain menjelaskan tentang beberapa penyebabnya, dalam artikel ini saya juga akan membagikan sebuah solusi untuk mengatasi masalah jaringan yang tidak tersedia pada HP. Siapa tahu dengan solusi yang saya sampaikan di sini bisa membuat HP kalian menjadi normal seperti semula.

Selain itu, solusi yang saya tulis di sini juga bisa kalian gunakan untuk semua operator seluler, seperti Telkomsel, Smartfren, Indosat, XL, Axis dan lainnya. Hal ini karena solusinya ini bersifat universal atau bisa kalian gunakan si semua operator yang ada di Indonesia.

Nah, agar tidak terlalu lama, langsung saja kita simak beberapa solusi yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah jaringan seluler yang tidak tersedia.

1. Pastikan Sinyal Provider Tersedia

Meski terlihat sangat sederhana, namun hal yang pertama ini sangatlah penting untuk dilakukan. Karena memastikan terlebih dahulu sinyal provider yang kita gunakan tersedia atau tidak sangatlah penting sebelum memulai proses yang selanjutnya.

Karena seperti yang sudah saya singgung di atas, kalau kekuatan sinyal yang tersedia sangatlah berpengaruh terhadap semua layanan yang disediakan. Oleh karena itu, hal pertama yang paling penting untuk kalian lakukan adalah memastikan sinyal dari provider tersedia di lokasi atau tempat kalian berada saat ini.

2. Tes Sinyal yang Tersedia

Pada dasarnya, kekuatan sinyal dari masing-masing provider itu berbeda-beda, ini juga tergantung dari tempat tinggal kalian saat ini. Oleh karena itu, selain memastikan sinyal provider tersedia di lokasi kalian, melakukan sedikit tes juga wajib untuk di coba.

Tes yang akan kita lakukan di sini bertujuan untuk melihat jenis jaringan apa yang tersedia. Dengan begitu, kita bisa menggunakannya untuk terhubung ke internet. Prosesnya seperti mengganti jaringan ke 3G atau ke 2G untuk mengeceknya.

Kurang lebih caranya seperti berikut ini:

  1. Pertama kalian buka dulu Dial Pad pada HP.
  2. Setelah itu ketikan kode *#*#4636#*#*.
  3. Berikutnya kalian bisa masuk kedalam menu Informasi Telepon.
  4. Jika menggunakan Dual SIM, maka akan muncul lebih dari satu.
  5. Kemudian ubah Jaringan secara bertahap, dari 2G > 3G > 4G.
  6. Lakukan pengetesan satu persatu pada jaringan tersebut.

Jika sudah menemukan jaringan yang sesuai, kalian bisa mengaktifkannya dan mencoba lagi menggunakan HP seperti sebelumnya.

3. Atur Pengaturan Sinyal ke Otomatis

Secara defaultnya-nya itu pengaturan sinyal pada HP selalu ter-settings secara otomatis tanpa harus kalian melakukannya manual.

Namun dalam beberapa kejadian, perlu juga untuk kita ketahui kalau terkadang pengaturan sinyal bisa berubah ke mode manual dengan sendirinya. Misalnya kalian sendiri pernah mengubahnya secara tidak sengaja, atau mungkin terdapat sebuah bug tertentu sebagai pemicunya.

Jadi, jika ter-setting kedalam mode manual, maka sudah pasti HP kalian tidak akan mampu menangkap sinyal dengan sendirinya. Hasilnya tentu membuat kalian melihat sebuah pesan pada layar yang bertuliskan jaringan seluler tidak tersedia.

Bagaimana cara mengatasinya? Mudah saja, kok. Begini caranya:

  1. Buka menu Pengaturan yang ada di HP.
  2. Lalu kalian masuk kedalam menu Kartu SIM.
  3. Selanjutnya kalian harus memilih SIM yang digunakan (ini jika HP memakai Dual SIM).
  4. Berikutnya buka pengaturan Operator Jaringan.
  5. Dalam menu ini, kalian pilih opsi Otomatis.
  6. Selesai.

Biasanya HP akan melakukan refresh pada jaringan dengan otomatis, jadi kalian bisa menunggu beberapa saat. Jika jaringan memang tersedia, maka pesan yang tidak muncul akan hilang dan HP kalian akan normal kembali.

4. Aktifkan Fitur Airplane Mode

Mengaktifkan mode pesawat (Airplane mode) juga bisa menjadi solusi yang cukup mudah untuk dilakukan saat mengalami masalah pada jaringan. Hal ini karena fitur ini akan menonaktifkan sinyal yang ada di dalam ponsel secara menyeluruh.

Caranya sangat mudah kok:

  1. Pastikan sudah berada di halaman utama HP.
  2. Lalu usap atas layar ke bawah sampai panel pengaturan cepat terlihat.
  3. Dalam halaman ini kalian akan melihat beberapa menu.
  4. Kalian pilih saja menu Airplane Mode yang berlogo pesawat.
  5. Tap untuk mengaktifkannya.
  6. Tunggu beberapa waktu, kemudian tap kembali untuk menonaktifkan.

Setelah itu kalian bisa mencoba untuk memeriksa kembali jaringan pada HP. Jika sebelumnya memang disebabkan oleh error pada sistem, maka dengan cara ini biasanya akan normal kembali.

5. Coba Nyalakan Ulang HP

Masih sama dengan masalah lain yang sering terjadi pada HP android, salah satunya seperti masalah jaringan seluler yang tidak tersedia. Dengan melakukan restart maka masalah tersebut biasanya akan teratasi dengan mudah dan aman.

Lewat proses restart, HP kalian juga secara otomatis akan di refresh kembali, sehingga jika ada sebuah error di dalamnya akan hilang. Meski terdengar sangat simpel, namun kalian jangan salah, karena lewat cara ini kita bisa mengatasi masalah jaringan seluler tidak terdeteksi dengan lebih mudah.

6. Cek Kartu SIM yang Digunakan

Mungkin sampai saat ini masih banyak dari kalian yang belum tahu kalau sebenarnya kartu SIM itu bisa mengalami kerusakan. Efek dari kerusakan SIM Card biasanya cukup beragam. Namun yang lebih sering terjadi dan pernah saya sendiri alami adalah kartu SIM tidak terbaca atau terdeteksi saat di pasang.

Selain membuat kartu SIM tidak bisa terdeteksi, efek lain dari SIM yang rusak juga bisa mengakibatkan munculnya masalah pada sinyal. Lalu akan memunculkan sebuah pesan yang bertuliskan “jaringan seluler tidak tersedia”.

Namun kalian bisa mencoba mengatasinya dengan langkah-langkah berikut ini:

  • Bersihkan kartu SIM terlebih dahulu.
  • Coba tes dengan menggunakan kartu SIM lain (provider dan tempatnya harus sama). Jika kartu lain terdeteksi dengan normal, maka itu artinya SIM kalian sebelumnya sudah rusak.
  • Ganti kartu SIM yang rusak dengan yang baru.

7. Update Sistem Pada HP

Selain pada aplikasi, melakukan pembaharuan pada Android itu juga penting dilakukan. Karena dengan melakukan pembaharuan, maka beberapa masalah yang sebelumnya terjadi akan diperbaiki.

Untuk melakukannya juga sangat mudah sekali, karena kalian bisa melakukan update melalui pengaturan yang ada didalam HP.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama buka menu Pengaturan pada HP.
  • Lalu cari lagi menu Sistem.
  • Selanjutnya pilih menu Sistem Update.
  • Jika tersedia, kalian bisa langsung tap menu Update.

Langkah terakhir adalah menunggu sampai proses update selesai. Namun proses update juga membutuhkan koneksi internet agar bisa mendownload data-data yang diperlukan. Kalian bisa memakai jaringan internet dari WiFi atau Hotspot HP lainnya.

8. Tunggu Beberapa Waktu

Jika beberapa cara diatas tadi sudah kalian lakukan dengan benar, namun masih juga belum berhasil, maka ada kemungkinan masalah ini datang dari provider yang digunakan. Karena bisa saja provider memang sedang mengalami gangguan dari pusatnya.

Untuk gangguan yang datang dari provider itu biasanya cukup beragam. Mulai dari tidak bisa mengakses internet, melakukan panggilan telepon, tidak bisa mengirim SMS dan terkadang juga bisa menjadi penyebab munculnya pesan jaringan seluler tidak tersedia.

Solusinya bagaimana? Yaitu dengan mengganti kartu SIM terlebih dahulu dengan operator lainnya. Ini tidak hanya akan membantu kalian dalam memastikan provider sebelumnya memang sedang gangguan atau tidak, tapi juga bisa membuat masalah jaringan tidak tersedia kembali normal.

Selanjutnya jika memang benar sedang terjadi gangguan, maka kalian bisa menunggunya beberapa waktu kedepan. Biasanya sih tidak membutuhkan waktu yang lama, paling 1 sampai 2 jam saja sudah kembali normal seperti semula.

9. Lakukan Factory Reset

Melakukan factory reset bisa menjadi solusi saat kalian mengalami masalah pada jaringan seluler yang disebabkan oleh adanya bug di sistem Android. Dengan melakukan reset, maka seluruh bug yang terjadi pada sistem akan hilang.

Namun dibalik itu kalian juga wajib tahu kalau cara ini dapat menghilangkan seluruh data yang tersimpan didalam HP. Mulai dari kontak, data aplikasi, akun Google dan data penting lainnya yang tersimpan pada HP.

Maka dari itu, sebelum kalian melakukan reset, ada baiknya untuk membackup terlebih dahulu seluruh data penting tersebut. Cara backup data penting di Android sangatlah mudah, kalian bisa mengetahui tutorialnya di artikel saya sebelumnya.

Untuk cara reset-nya seperti ini:

  1. Pergi kedalam menu Pengaturan pada HP.
  2. Berikutnya pilih menu Manajemen Umum.
  3. Terakhir pilih menu Reset data pabrik.
  4. Terakhir ikuti intruksi yang di minta dan tunggu sampai prosesnya selesai.

10. Bawa ke Tempat Service HP

Nah, langkah terakhir yang dapat dilakukan adalah membawa HP ke tempat service. Karena masalah pada komponen itu tidak akan pernah bisa kita perbaiki melalui sistemnya. Oleh sebab itu, kita harus mengecek komponen jaringan yang ada pada HP agar bisa mengatasi masalah yang terjadi.

Sangat umum sekali, di mana ada banyak HP yang mengalami masalah pada komponen seperti ini. Umumnya sih karena usia dari HP itu sendiri, atau bisa juga terjadi pada HP yang terkena air (konslet).

Untuk mengatasinya tentu kalian harus membongkarnya, kemudian membersihkan atau mengganti komponen tersebut. Jika belum berpengalaman dengan masalah ini, maka ada baiknya untuk membawanya ke tempat service saja.

Selain tidak ribet, kalian juga tidak perlu pusing mencari komponen yang mengalami kerusakan. Untuk ongkosnya juga tidak terlalu mahal, namun kembali lagi pada komponen yang mengalami kerusakan sih. Rata-rata kalian bisa menghabiskan uang mulai dari 100 sampai 300 ribu untuk perbaikan jika ada kerusakan.

Penutup

Memang bisa kita katakan juga kalau memperbaiki masalah jaringan seluler yang tidak tersedia itu bisa menjadi perkara mudah dan bisa juga sulit. Karena penyebabnya sendiri pun tidak bisa sama, sehingga kalian harus lebih teliti dalam mencari penyebab dan memperbaikinya.

Jika memang tidak ada kerusakan pada komponen, maka hanya dengan menerapkan cara diatas saja kalian sebenarnya sudah bisa mengatasi masalah jaringan seluler tidak tersedia. Jika kalian mempunyai cara lain yang lebih efektif, maka jangan ragu untuk membagikannya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Sekian dan semoga bermanfaat untuk kalian semuanya.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.