Inilah 5 Cara Membersihkan Kamera HP Dengan Mudah Dirumah

Cara Membersihkan Kamera HP

Kampung Gadget – Apakah saat ini lensa kamera HP kalian mengalami masalah seperti hasil foto yang buram, berembun, lecet atau tergores, berjamur dan ada bercak-bercak hitam? Jika iya, sebaiknya jangan buru-buru menggantinya dengan kamera yang baru. Karena ada sebuah cara membersihkan kamera HP tanpa harus menggantinya dengan unit baru.

Bagi mereka yang memiliki uang lebih tentu mengganti dengan unit yang baru memang merupakan salah satu cara yang paling mudah untuk dilakukan saat mengalami masalah tersebut. Tapi bagimana jika kita tidak memiliki cukup dana untuk mengganti keunit yang baru?

Tenang, kalian tidak perlu khawatir dengan masalah tersebut. Karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah yang terjadi pada lensa kamera HP kalian, tapi cara ini tetap tidak geratis. Sebab ada beberapa bahan yang wajib kalian beli, namun harganya tidak semahal mengganti lensa kamera HP yang baru.

Yuk, langsung saja kita simak bersama-sama cara membersihkan lensa kamera HP yang buram, berjamur, berembun, lecet dan bercak-bercak hitam dengan mudah dirumah.

1. Cara Membersihkan Kamera HP yang Berembun

Masalah yang pertama merupakan masalah yang sering dialami oleh sebagian pengguna ponsel Android. Dimana secara umum ada banyak faktor yang menjadi penyebab lensa kamera berembun, salah satunya itu faktor suhu ruangan yang lembab.

Untuk mengatasi masalah ini tidaklah sulit dan bisa kamu lakukan dengan mudah dirumah. Caranya adalah sebagai berikut.

  • Siapkan dulu sebuah pembungkus atau kantong
  • Tuang beras kedalam kantong tersebut
  • Selanjutnya masukkan HP kalian kedalam kantong dan tutup dengan rapat dan usahakah tidak ada celah udara yang masuk
  • Tunggu selama 12 jam atau 24 jam untuk hasil yang baik

Ini juga merupakan cara yang terbilang aman, dibandingkan dengan menjemur kamera HP kalian di bawah sinar matahari secara langsung.

2. Cara Membersihkan Kamera HP yang Tergores

Selain berembun, masalah lensa kamera HP yang tergores juga cukup sering dialami oleh sebagian orang. Untuk masalah ini ada banyak faktor yang menjadi penyebabnya, seperti terjadinya benturan pada kamera, sering menaruhnya di saku cenala jeans dan masih banyak lagi.

Tapi perlu untuk kalian ketahui, kalau cara ini bergantung pada tingkat goresan yang ada pada lensa kamera HP kalian, jika goresannya terlalu keras atau berbentuk seperti retakan, maka cara ini mungkin tidak akan berhasil. Namun jika hanya goresan biasa, maka kalian dapat menggunakan cara berikut ini.

  • Siapkan pasta gigi merek apapun dan catton bud.
  • Bersihkan terlebih dahulu lensa kamera kalian
  • Selanjutnya oleskan pasta gigi tadi kebagian lensa kamera dengan menggunakan catton bud sampai merata
  • Tunggu selama 15 sampai 30 menit
  • Lalu bersihkan sisa pasta gigi menggunakan sedikit air dan lap menggunakan khain khusus microfiber

Jika dirasa kurang, kalian bisa mengulangi langkah-langkah seperti tadi sampai goresan pada lensa kamera HP kalian benar-benar hilang.

3. Cara Membersihkan Kamera HP yang Berjamur

Selain berembun, lensa kamera yang berjamur juga bisa menjadi penyebab menurunnya kualitas foto yang dihasilkan oleh kamera HP kita. Penyebabnya juga beragam, seperti faktor suhu yang lembab sampai kualitas lensa yang kurang bagus.

Jika masalah jamur yang ada pada lensa kamera kalian sudah cukup parah, maka mengganti dengan unit yang baru adalah cara yang baik. Tapi jika masih dalam batas biasa atau masih sedikit, maka cara yang berikut ini dapat kalian coba.

  • Langkah pertama siapkan dulu Silica Gel
  • Lalu siapkan sebuah wadah seperti box atau kotak
  • Taruh HP kalian dengan lensa kamera yang menghadap keatas
  • Setelah itu taburkan Silica Gel di sekitar lensa kamera yang berjamur
  • Tunggu semalaman agar hasilnya dapat lebih maksimal

4. Cara Membersihkan Kamera HP yang Buram

Saat lensa kamera kita dalam keadaan buram, tentu kualitas foro dan juga video akan mengalami penurunan. Sebenarnya ada banyak faktor yang membuat lensa kamera HP kalian buram, mulai dari banyaknya goresan, debu dan umur lensa kamera.

Untuk mengatasi hal ini, kalian tentu harus mengganti tutup lensa kamera HP kalian dengan yang baru. Tapi jika kalian tidak memiliki cukup dana untuk mengganti lensa kamera yang buram, maka kalian dapat mengakalinya dengan menggunakan selotip yang berwarna bening.

5. Cara Membersihkan Kamera HP yang Berdebu

Masalah yang terakhir ini sepertinya masalah yang umum dan hampir seluruh pengguna ponsel Android mengalami masalah ini. Mengatasi lensa kamera yang berdebu tidaklah sulit, tapi caranya akan sedikit berbeda dari cara-cara diatas tadi.

Faktor utama yang membuat debu menempel pada lensa kamera adalah kebiasaan dari penggunannya sendiri, seperti seringnya menaruh ponsel di sembarang tempat. Untuk mengatasinya kalian bisa mengikuti cara berikut ini.

  • Persiapkan minyak kayu putih dan beberapa helai tisu
  • Usap secara perlahan lensa kamera dengan tisu yang sudah diisi sedikit minyak kayu putih
  • Lakukan sampai merata dan lap kembali dengan tisu kering secara perlahan

Selamat, maka lensa kamera HP kalian sudah terbebas dari debu.

Tips Merawat Kamera HP

Cara membersihkan kamera HP memang sedikit mudah, tapi itu semua berdasarkan dari tingkat masalah yang terjadi pada lensa kamera HP kalian. Sebelum hal buruk terjadi pada lensa kamera kalian, ada baiknya untuk mencegahnya sejak dini.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mencegah agar lensa kamera HP kalian tetap bersih.

1. Gunakalah casing – Dengan menggunakan casing, kalian akan memberikan jarak yang cukup pada lensa kamera dengan bidang datar yang ada dibawah HP kalian, seperti meja, kasur dan bidang lain saat kalian menaruh HP.

  1. Hindari memasukan HP kedalam saku celana – Untuk mencegah lensa kamera berdebu dan lecet, ada baiknya kalian untuk tidak memasukan ponsel kedalam saku celana.
  2. Taruh HP dengan layar menghadap kebawah – Cara ini dapat kalian lakukan agar lensa kamera HP kalian terhindar dari goresan dan debu ketika tidak menggunakan pelindung belakang seperti casing.

  3. Hindari menyimpan HP di tempat yang lembab – Agar lensa kamera HP kalian terhindar dari jamur dan berembun, maka ada baiknya hindari menyimpan HP di tempat yang lembab.

Nah, mungkin itu saja sedikit tips yang bisa Kampung Gadget hadirkan mengenai cara membersihkan kamera HP. Semoga artikel diatas bisa berguna dan bermanfaat bagi kalian semuanya, jangan lupa juga nantikan tips keren seputar gadget hanya disini.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

3 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.