Instagram Tidak Dapat Memuat Kabar Beranda

Instagram Tidak Dapat Memuat Kabar Beranda

Instagram Tidak Dapat Memuat Kabar Beranda – Selain Facebook, Instagram juga menjadi salah satu aplikasi sosial media yang paling banyak di gunakan oleh masyarakat Indonesia.

Bisa di bilang juga kalau aplikasi Instagram cukup stabil ketika di gunakan. Meski begitu, tidak jarang beberapa penggunanya pernah mengalami masalah saat menggunakan Instagram. Salah satu masalah yang sering terjadi, ialah tidak dapat memuat ulang kabar beranda.

Ketika masalah ini terjadi, biasanya Instagram hanya akan menampilkan sebuah gambar blank putih saja. Meskipun juga kita sudah melakukan refresh berulang-ulang kali, tampilannya akan masih tetap saja blank.

Nah, untuk kalian yang saat ini sedang mengalami masalah seperti ini, jangan langsung panik ya. Karena pada dasarnya ada beberapa faktor yang membuat aplikasi IG tidak bisa refresh feed.

Selengkapnya akan saya jelaskan ke kalian di bawah ini, ya.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Dapat Memuat Kabar Beranda

Kenapa beranda Instagram tidak muncul? Ini biasanya terjadi karena ada beberapa faktor penyebabnya. Salah satunya yang paling sering terjadi, ialah masalah pada koneksi internet.

Meski sangat jarang, munculnya pesan “Couldn’t refresh feed” pada Instagram juga bisa di sebabkan oleh adanya gangguan pada server-nya.


Baca Juga : Ukuran Story Instagram


Tapi kalian tidak perlu khawatir, karena di sini saya sudah menyiapkan beberapa solusi yang dapat kalian gunakan ketika mengalami masalah ini. Silakan coba satu-persatu solusi yang saya berikan, ya.

1. Matikan HP Beberapa Saat

Cara mengatasi Instagram tidak dapat memuat ulang kabar beranda yang pertama adalah dengan mematikan HP beberapa saat. Karena bisa saja bug yang ada pada sistem HP mengakibatkan beberapa aplikasi mengalami kendala, seperti Instagram misalnya.

Silakan kalian bisa coba mematikan terlebih dahulu ponsel yang di gunakan dengan cara menekan tombol Power lalu pilih Daya Mati.

Setelah ponsel sudah mati, diamkan dulu beberapa saat sebelum kembali di hidupkan. Jika sudah, silakan kalian coba buka kembali aplikasi Instagram.

2. Periksa Koneksi Internet

Jika cara pertama belum juga bisa mengatasi masalah Instagram yang tidak bisa memuat kabar beranda, maka kalian bisa mencoba cara ini. Yaitu dengan memastikan terlebih dahulu koneksi internet yang sedang di gunakan. Apakah sedang tidak stabil atau memang sedang terjadi gangguan.

Untuk memastikannya, kalian bisa membuka aplikasi lain, misalnya Youtube. Silakan buka video pada Youtube, jika tidak terjadi buffering pada video, maka itu tandanya internet tidak ada masalah.

Namun jika sebaliknya, itu tandanya koneksi internet pada HP sedang bermasalah. Jika seperti ini, kalian bisa mengecek kecepatan internet masing-masing operator yang di gunakan.

3. Paksa Berhenti Aplikasi Instagram

Adanya masalah pada aplikasi Instagram juga bisa menjadi penyebab kabar beranda tidak bisa dimuat. Entah itu karena adanya sebuah bug atau mungkin faktor lainnya.

Nah, dalam mengatasi masalah seperti ini sebenarnya tidak sulit. Karena di sini kalian hanya perlu melakukan force stop atau memaksa berhenti aplikasi Instagram.

Cara force stop Instagram:

  • Buka dulu Pengaturan di HP.
  • Lalu kalian cari menu pengaturan Aplikasi.
  • Kemudian cari aplikasi Instagram.
  • Jika sudah terbuka, tap menu Paksa Berhenti.
  • Akan muncul notifikasi peringatan, tap saja Paksa Berhenti.
  • Selesai.

Sekarang coba kalian buka kembali aplikasi Instagram dan periksa apakah kabar beranda sudah dapat di muat atau belum. Jika masih belum, silakan coba cara yang selanjutnya.


Baca Juga : Cara Upload Video di Instagram


4. Bersihkan File Cache

Terkadang masalah Instagram yang tidak bisa memuat kabar beranda juga bisa terjadi karena terlalu banyaknya file cache yang menumpuk. Meski file cache mempunyai fungsi yang cukup penting, namun terkadang bisa juga menjadi sumber masalah.

Untuk itulah kalian bisa coba menghapus file cache yang ada di dalam aplikasi Instagram.

Caranya juga tidak sulit:

  • Pertama buka dulu menu Pengaturan.
  • Kemudian pilih pengaturan Aplikasi.
  • Lalu cari aplikasi Instagram.
  • Tap untuk membukanya.
  • Setelah terbuka, ketuk menu Clear Cache.
  • Selesai.

5. Hapus Data Aplikasi Instagram

Jika setelah mencoba cara di atas tadi tapi Instagram masih tidak bisa membuat kabar beranda. Maka kemungkinan besar ini terjadi karena ada file di dalam data aplikasi Instagram yang error.

Untuk mengatasi masalah ini, kalian bisa mencoba untuk menghapus data aplikasi Instagram. Langkah-langkahnya adalah seperti berikut:

  • Buka Pengaturan di HP.
  • Kemudian cari pengaturan Aplikasi.
  • Lalu cari aplikasi Instagram.
  • Tap kolom Penyimpanan.
  • Lanjut dengan mengetuk tombol Hapus Data.
  • Terakhir tap opsi OK untuk melakukan konfirmasi.
  • Selesai.

Jika sudah berhasil dalam menghapus data aplikasi, silakan kalian bisa membukanya kembali. Silakan coba refresh beranda Instagram untuk memastikan masalahnya sudah teratasi atau belum.

6. Aktifkan Fitur Airplane Mode

Solusi selanjutnya yang bisa kalian coba ketika Instagram tidak bisa memuat kabar beranda adalah dengan mengaktifkan fitur airplane mode.

Untuk apa mengaktifkan fitur ini? Yaitu untuk me-refresh koneksi jaringan internet yang sedang di gunakan pada HP. Biasanya nanti jaringan internet pada HP bisa menjadi lancar kembali.

Tapi itu jika kalian menggunakan koneksi internet operator seluler, ya. Jika memakai jaringan WiFi, maka kalian bisa membaca artikel saya tentang cara mengatasi WiFi lemot.

Caranya seperti ini:

  1. Silakan geser menu bagian atas layar.
  2. Lalu cari ikon pesawat.
  3. Ketuk ikon pesawat untuk mengaktifkannya.
  4. Tunggu beberapa menit saja.
  5. Kemudian ketuk lagi ikon pesawat untuk menonaktifkannya.
  6. Selesai.

7. Update Instagram

Dalam beberapa kasus, masalah Instagram yang tidak mau memuat kabar beranda juga bisa di sebabkan oleh versi aplikasinya yang belum di update.

Oleh sebab itu, di sini kalian bisa mengecek pembaharuan yang tersedia pada aplikasi Instagram. Jika memang ada pembaharuan, langsung saja di perbaharui ya.

Untuk melakukan update, kalian bisa melalui Google Playstore. Caranya seperti ini:

  1. Buka Google Playstore pada HP.
  2. Kemudian ketikan Instagram pada kolom pencarian.
  3. Jika ada pembaharuan, ketuk opsi Update.
  4. Tunggu sampai proses update selesai.
  5. Apabila sudah, buka aplikasi Instagram untuk memastikan masalah tadi sudah teratasi atau masih belum.

8. Install Ulang Aplikasi Instagram

Memasang ulang atau Reinstall aplikasi Instagram juga bisa menjadi pilihan alternatif ketika mengalami masalah tidak dapat memuat kabar beranda di Instagram.

Cara ini biasanya cukup ampuh untuk mengatasi masalah bug yang ada di dalam aplikasi Instagram. Untuk cara reinstall aplikasi itu mudah, karena kalian hanya perlu menghapus aplikasinya saja.

Setelah berhasil di hapus, nanti kalian hanya perlu memasang kembali aplikasinya saja. Kemudian tinggal memeriksa kembali, apakah beranda Instagram sudah normal kembali atau belum.


Baca Juga : Cara Swipe Up di Instagram


9. Instagram Sedang Gangguan

Jika dengan semua cara di atas juga masih belum bisa mengatasi masalah beranda Instagram yang tidak mau muncul. Maka kemungkinan besar penyebabnya itu datang dari server Instagram-nya sendiri.

Bisa saja Instagram sedang gangguan hari ini atau memang ada perbaikan server dari pusatnya. Karena perlu kalian ketahui juga kalau semua aplikasi termasuk Instagram juga bisa mengalami gangguan.

Umumnya gangguan ini akan mengakibatkan aplikasi Instagram tidak bisa di akses secara normal.

Untuk mengecek Instagram sedang gangguan atau tidak hari ini adalah dengan melihatnya di situs-situs berita khusus membahas tentang teknologi. Biasanya di dalam situs tersebut, informasi adanya gangguan pada aplikasi akan jauh lebih cepat di dapatkan.

Penutup

Oh ya, untuk masalah Instagram yang tidak bisa memuat kabar beranda itu bisa terjadi kapan saja lho. Biasa saja hari ini, lusa atau minggu depan, intinya itu sulit di cegah deh.

Mencegah untuk tidak terjadi masalah tersebut memang sulit, namun kita masih tetap bisa mengatasinya. Caranya pun tidak sulit, dengan solusi Instagram tidak dapat memuat kabar beranda di atas saja, saya rasa sudah cukup kok.

Jika masih ada pertanyaan atau ada penjelasan yang kurang di mengerti, silakan tuliskan saja pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.