Cara Mengatasi WiFi Lemot

Cara Mengatasi WiFi Lemot Agar Kecang Kembali

Cara Mengatasi WiFi Lemot – Hampir semua orang yang menggunakan jaringan WiFi akan merasa kesal jika WiFi yang mereka gunakan lemot. Hal ini karena akan mempengaruhi banyak aktivitas kita di dunia internet, mulai dari browsing yang tidak lancar sampai bermain game pun bisa bermasalah.

Pastinya hal ini tidak ingin terjadi pada hidup kalian, kan? Nah, jika kita bertanya apa yang menjadi penyebab WiFi lemot saat digunakan, tentu ada banyak sekali hal yang menjadi penyebabnya. Mulai dari router WiFi yang sedang mengalami masalah, peletakkan router yang salah sampai layanan WiFi yang kita gunakan.

Lalu adakah cara untuk mengatasi WiFi yang lemot? Tentu saja ada, karena ada beberapa jalan yang bisa kalian tempuh untuk membuat WiFi lemot menjadi kencang kembali. Beberapa jalan ini juga sudah saya rangkumkan secara lengkap untuk kalian semuanya di sini.

Penasaran? Yuk kita simak cara mengatasi jaringan WiFi lemot agar kencang kembali di bawah ini.

Cara Mengatasi Jaringan WiFi Lemot Agar Kencang Kembali

Adapun cara yang akan saya sampaikan di sini untuk mengatasi WiFi yang lemot di rumah itu tidaklah membutuhkan hal yang berat. Seperti restart modem yang biasanya dianjurkan oleh beberapa CS yang menyediakan layanan WiFi.

Namun cara ini hanya menggunakan sebuah trik sederhana yang sudah pernah saya sendiri lakukan di rumah. Untuk hasilnya tentu sangat memuaskan, yang tadinya sangat lemot saat digunakan, kini sudah kembali kencang seperti dulu.

Nah, adapun cara yang bisa kalian coba di rumah adalah sebagai berikut.

1. Periksa Jaringan Pada WiFi Terlebih Dahulu

Sebelum kalian mulai mengotak-atik router WiFi, ada baiknya kita periksa perangkat yang digunakan terlebih dahulu. Karena bisa saja, PC, laptop atau HP yang kita gunakan belum mengaktifkan jaringan WiFi. Bisa saja sebelumnya kalian lupa untuk mengaktifkan jaringan WiFi pada perangkat yang sedang digunakan.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya juga kalau kalian memeriksa terlebih dahulu perangkat yang akan di hubungkan. Meski terdengar sepele, namun hampir sebagian pengguna WiFi sering kelupaan untuk mengaktifkan WiFi di perangkatnya.

Untuk memeriksanya, kalian bisa menemukan pengaturan WiFi di bilah status bar pada HP dan di komputer atau laptop biasanya ada di pojok kanan bawah. Di sana kalian akan melihat perangkat yang di gunakan sudah terhubung atau belum. Jika belum, sebaiknya coba kalian hubungkan terlebih dahulu dengan menekan icon WiFi lalu hubungkan.

2. Jaringan Internet WiFi Bermasalah

Setelah kalian sudah mengaktifkan jaringan WiFi pada perangkat, namun WiFi masih saja lemot saat kita gunakan, maka coba periksa kecepatan internet. Bagaimana cara mengecek kecepatan internet pada WiFi? Caranya sebenarnya mudah sekali, kalian dapat menghubungkan kabel Ethernet pada laptop atau PC.

Lalu kalian bisa mencoba untuk online dengan kabel Ethernet tersebut, dan periksa kecepatan internetnya secara online. Setelah itu, cobalah untuk mengunjungi situs Speedtest menggunakan browser pada komputer atau laptop. Jika kecepatan internet yang kalian dapat masih tergolong wajar, maka ini kemungkinan ada masalah pada posisi router itu sendiri.

Tapi, jika kecepatan internet yang di dapat sangat rendah dan kalian sampai tidak bisa terkoneksi, kemungkinan masalah ini dari provider penyedia WiFi yang kalian gunakan. Untuk masalah ini, tentu kalian bisa menghubungi provider yang di gunakan dan mengatakan keluhan yang dialami.

3. Ada Kabel LAN yang Putus

Masalah yang selanjutnya, bisa saja ada salah satu kabel LAN yang putus sehingga membuat jaringan WiFi bermasalah. Maka dari itu, kalian bisa mencoba memeriksa terlebih dahulu sambungan kabel yang ada pada router WiFi.

Namun biasanya jika ada salah satu kabel LAN yang terputus, akan sedikit sulit untuk mengetahuinya, karena umumnya yang putus itu di bagian dalam kabel. Untuk masalah ini biasanya jaringan WiFi tidak hanya lemot saja, tapi bisa saja terputus atau sampai tidak bisa konek menggunakan perangkat apapun.

Jika kalian merasa curiga dengan adanya salah satu kabel LAN yang putus, ada baiknya kalian segera menghubungi pihak provider untuk meminta bantuan. Jangan sampai kalian melakukannya sendiri, karena bisa saja kabel penghubung router menjadi tambah rusak.

4. Hindari Meletakkan Router WiFi di Lantai

Seperti yang sudah saya jelaskan tadi di atas, apabila koneksi internet kalian lancar saat menggunakan kabel Ethernet, maka kemungkinan kalian salah meletakkan router WiFi. Karena seperti pengalaman saya pribadi, meletakkan router WiFi di lantai itu dapat mempengaruhi sinyal.

Kenapa bisa seperti itu? Ini karena antena dari router itu sebenarnya mirip dengan antena pada TV, jika kalian menaruhnya di posisi yang rendah maka sinyal yang di tangkap oleh antena akan sangat rendah. Oleh sebab itu, cobalah untuk tidak meletakkan router WiFi di lantai, ya.

5. Jangan Meletakkan Router WiFi Terlalu Jauh

Seperti dalam pembahasan sebelumnya, kalau setiap router WiFi itu memiliki jangkauan tertentu untuk bisa mengirimkan sinyal. Nah, apabila kalian meletakkan router WiFi terlalu jauh dari tempat kalian berada, maka perangkat yang digunakan akan sulit untuk bisa menangkap sinyal dari WiFi.

Maka dari itu, cobalah untuk menaruh router WiFi di tempat yang lebih strategis atau tempat yang sering kalian tempati. Contohnya saja, kalian lebih sering mengakses internet di kamar, maka letakkan router di kamar tempat kalian berada. Jika tidak memungkinkan, kalian masih bisa meletakkannya dekat dengan kamarmu yang jaraknya tidak lebih dari 5 meter.

Selain itu, jangan lupakan juga poin tadi untuk menempatkan router di posisi yang lebih tinggi. Jangan sekali-kali menaruh router di tempat yang rendah seperti di atas lantai, ya.

6. Hindari Menaruh Router WiFi di Tempat Tertutup

Meski di penjelasan tadi saya menyarankan kalian untuk menaruh router di dekat kamar, namun kalian juga harus memperhatikan ruang kamar itu sendiri. Apakah ruangan kamar kalian itu tertutup atau tidak, karena jika ruangan kamar kalian itu tertutup maka ini justru juga akan menjadi penghambat sinyal internet yang masuk.

Memang benar, jika kalian sedang berada di kamar bersama dengan router WiFi-nya, sinyal internet yang di dapat tentu akan sangat kencang. Tapi berbeda jika kalian keluar dari ruangan tersebut, maka tentu sinyal dari router WiFi akan sulit menembus ruangan tertutup itu. Sehingga sinyal yang akan di tangkap akan sangat terbatas dan lebih sering tidak dapat terhubung.

Oleh sebab itu, di sini kalian juga wajib memperhitungkan ruangan atau kamar tempat kalian menaruh router WiFi. Usahakan untuk tidak tertutup dan ada celah terbuka dari ruangan itu, agar sinyal dari router bisa sampai keluar dengan lancar.

7. Sebaiknya Jangan Meletakkan Router Dekat Jendela

Selain harus memperhatikan ruangan tempat menaruh router, kalian juga wajib untuk tidak menaruh router WiFi di dekat jendela. Ini juga merupakan pengalaman saya pribadi, menaruh router WiFi dekat dengan jendela itu malah membuat koneksi internet semakin lemot saja.

Kenapa bisa demikian? Karena router WiFi akan mengirimkan sinyal yang di tangkap keluar jendela dan ini tentu akan membuat sinyal menjadi terbagi. Selain itu, router juga lebih cenderung mengirimkan sinyal WiFi ke luar jendela yang lebih luas karena tanpa ada hambatan.

Sehingga sinyal WiFi di dalam rumah kalian akan terasa sangat lambat dan cenderung sulit untuk bisa terhubung. Maka dari itu, hindari juga meletakkan router dekat dengan jendela agar sinyal WiFi di rumah kalian lebih stabil dan kencang.

8. Router WiFi Terlalu Berdekatan Dengan Barang Elektronik Lainnya

Masalah lain yang menjadi penyebab sinyal WiFi lemot adalah peletakkan router yang terlalu berdekatan dengan barang elektronik lainnya. Ini karena barang elektronik lain itu bisa menghasilkan gelombang elektromagnetik yang dapat mengacaukan sinyal internet dari router.

Sehingga sinyal yang di tangkap oleh perangkat kalian akan terasa sangat lemot. Maka dari itu, untuk mengatasi WiFi yang lemot, kalian dapat mencoba meletakkan router WiFi berjauhan dari barang elektronik lainnya. Misalnya seperti TV, Microwave, ponsel, dan perangkat elektronik lainnya. Dengan begitu, router WiFi akan mampu bekerja lebih maksimal dalam menangkap sinyal.

9. Terlalu Banyak User yang Menggunakan WiFi

Sinyal WiFi tentu biasa di gunakan oleh siapapun asalkan kalian masih dalam jangkauan serta tahu password nya. Hal ini juga tidak menutup kemungkinan kalau penyebab lemotnya sinyal WiFi dikarenakan terlalu banyak user atau pengguna yang aktif. Namun ini biasanya terjadi jika kalian memakai WiFi di tempat umum, atau router WiFi di rumah kalian di bajak.

Tentu setiap router WiFi mempunyai batas pengguna yang berbeda-beda, ada yang hanya 10 user dan ada juga yang 15 – 20 user. Apabila sudah mencapai batas tersebut, tentu sinyal dari router akan sangat lemot dan lebih sering sulit untuk di pakai internetan.

Jadi untuk mengatasi WiFi yang lemot ini, kalian bisa memulainya dengan memeriksa user yang online di dalam router. Jika router ini milik pribadi dan menggunakan layanan dari IndiHome, kalian bisa mencari tahu user yang sedang online dengan cara login ke Home nya. Apabila belum tahu, kalian bisa membaca cara mengetahui pengguna WiFi IndiHome yang online.

Kemudian jika merasa ada user yang tidak dikenal dan menggunakan WiFi kalian tanpa ijin, maka ada baiknya untuk mengganti password WiFi tersebut. Sehingga user tidak di kenal itu akan terputus dan tidak bisa terhubung lagi dengan WiFi kalian di rumah.

10. Sedang Mendownload File Berkapasitas Besar

Untuk yang selanjutnya, penyebab masalah WiFi yang kalian gunakan lemot bisa saja karena sedang mendownload sebuah file yang berukuran besar. Karena hampir 80% pengguna gadget dan laptop lebih senang menggunakan WiFi untuk keperluan mendownload film, game, lagu dan file lainnya yang berukuran besar.

Tapi, mendownload sebuah file yang berukuran besar itu tentu kalian tahu akan resikonya. Apa resikonya? Saat kalian sedang mendownload dan ingin sambil berselancar di dunia internet, maka ini akan membuat kalian mendapatkan sedikit sinyal untuk internettan.

Kenapa bisa seperti itu? Ini karena WiFi akan lebih mengutamakan mengirimkan sinyalnya untuk menyelesaikan download yang sedang di lakukan. Sehingga, jika kalian ingin internetan dengan lancar, maka sebaiknya menunda terlebih dahulu file yang ingin di download. Ini merupakan cara sederhana untuk mengatasi sinyal WiFi yang lemot saat digunakan.

11. Pindahkan Chanel Frekuensi Router WiFi

Setelah kalian sudah memastikan semuanya tidak ada yang bermasalah, maka mengubah pengaturan channel router bisa menjadi solusi mengatasi WiFi yang lemot. Cara melakukan perubahan channel pada router tidaklah sulit untuk kalian lakukan dan juga bisa di lakukan sendiri di rumah.

Caranya itu:

  1. Masuk ke Pengaturan Channel Router (biasanya ada di buku panduan).
  2. Setelah berhasil masuk, periksa terlebih dahulu channel yang sedang di gunakan.
  3. Jika ada di frekuensi 2, 4, 7, 10 dan 13, maka cobalah untuk merubahnya.
  4. Kalian bisa merubah frekuensi router ke 1, 6 dan 11.
  5. Setelah itu pilih Simpan.

Pada channel frekuensi itu biasanya lebih minim terjadinya gangguan, sebab sedikit kemungkinan terjadi bentrok antara channel WiFi orang lain.

Cara Mengatasi WiFi Lemot Saat Main Game

Cara Mengatasi WiFi Lemot Saat Main Game

Apabila semua cara di atas sudah kalian periksa dan ternyata tidak terjadi masalah, namun sinyal WiFi masih tetap lemot pada saat di gunakan bermain Game saja. Maka kemungkinan ini terjadi karena adanya masalah pada perangkat Android yang sedang kalian gunakan.

Meski tidak terlalu sering terjadi, namun tidak ada salahnya juga untuk kalian mencoba mengeceknya. Untuk mengatasi WiFi yang lemot saat bermain game adalah seperti ini:

  1. Buka Pengaturan pada HP.
  2. Lalu kalian cari Tentang Telepon.
  3. Pada Versi MIUI atau Versi Android, kalian tap sebanyak 7x.
  4. Hal ini untuk mengaktifkan opsi pengembang.
  5. Kembali ke menu Pengaturan awal.
  6. Kemudian cari opsi Pengembang dan jika tidak ada, kalian bisa masuk melalui Setelan Tambahan.
  7. Di sini kalian bisa mengaktifkan Opsi Pengembang.
  8. Setelah itu Hidupkan Ekstensi Jangkauan WiFi.
  9. Berikutnya Hidupkan Logging Yerbose WiFi.
  10. Terakhir kembali ke tampilan Home.

Setelah semua pengaturan selesai, seharusnya kalian sekarang sudah bisa meningkatkan kecepatan WiFi yang lebih maksimal pada HP Android. Namun untuk cara di atas, saya menggunakan perangkat Android merek Xiaomi. Sehingga letak pengaturannya mungkin berbeda di perangkat lainnya, tapi prosesnya masih tetap sama saja.

Penutup

Baiklah, mungkin itu saja beberapa cara mengatasi WiFi lemot saat digunakan yang bisa saya rangkumkan untuk kalian. Biasanya dengan menerapkan beberapa cara di atas itu, koneksi sinyal dari router WiFi sudah kembali kencang seperti semula. Namun ini dalam konteks jika provider yang kalian gunakan memang sedang tidak gangguan, ya.

Sebab jika masalah ini bersumber dari provider penyedia WiFi yang di gunakan, jelas beberapa cara di atas tidak akan berguna. Karena memang tidak ada masalah pada router, melainkan masalah ini ada pada penyedia layanan WiFi.

Jika sudah begini, kalian bisa menghubungi customer service provider yang di gunakan. Atau bisa juga menggantinya dengan penyedia WiFi lain yang minim gangguan.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.