Cara Menghapus Riwayat Panggilan di Instagram (Permanen)

Cara Menghapus Riwayat Panggilan di Instagram Secara Permanen

Cara Menghapus Riwayat Panggilan di Instagram – Pastinya dari kalian sudah tahu kalau Instagram itu merupakan salah satu aplikasi media sosial yang mempunyai banyak pengguna. Selain sebagai aplikasi sosial media, Instagram juga sering di pakai oleh beberapa orang untuk keperluan chatting.

Semakin hari, aplikasi Instagram terus melakukan pembenahan dan pembaharuan di dalamnya. Salah satunya itu ialah penambahan sebuah fitur panggilan. Sejak kemunculannya, fitur panggilan di Instagram mendapatkan banyak sambutan baik dari semua penggunanya.

Melalui fitur ini, pengguna bisa menelepon seseorang melalui aplikasi Instagram. Hanya dengan mencari orang yang mau di telepon, kemudian tinggal tekan ikon Panggilan. Maka nanti secara otomatis kamera di HP kalian juga akan aktif.

Meski sudah banyak orang terbiasa menggunakan fitur panggilan di Instagram ini, namun ternyata masih ada yang tidak tahu cara menghapus riwayat panggilan tersebut di akun IG nya. Nah, jika kalian salah satu orang yang mengalami masalah ini, maka jangan kemana-mana ya. Karena saya akan menjelaskan cara menghapus riwayat panggilan di Instagram secara permanen di sini.

Silakan simak penjelasannya sampai akhir, ya.

Pengertian Riwayat Panggilan di Instagram

Apa itu log panggilan Instagram? Log atau riwayat panggilan Instagram itu merupakan sebuah history daftar telepon yang ada di akun. Log panggilan ini akan muncul ketika kita pernah menelepon seseorang melalui aplikasi Instagram.

Jadi, setiap ada panggilan masuk maupun keluar yang kalian lakukan melalui aplikasi Instagram, maka riwayatnya akan secara otomatis tersimpan. Secara umum riwayat ( Log ) panggilan ini dapat kita lihat melalui fitur Direct Message ( DM ) di Instagram.

Hanya saja untuk fitur DM di Instagram, baik itu pesan ataupun riwayat panggilan yang pernah di lakukan tidak akan bisa kita hapus satu-persatu ya. Melainkan kita di haruskan untuk menghapusnya secara keseluruhan pesan yang ada di DM. Dengan begitu, riwayat panggilan yang ada baru akan terhapus.

Semoga saja kedepannya pihak Instagram menambahkan fitur untuk menghapus riwayat panggilan secara terpisah dengan pesan di DM.

Baca Juga: Cara Melihat Terakhir Dilihat di Instagram

Cara Menghapus Riwayat Panggilan Secara Permanen di Instagram

Seperti yang sudah saya katakan di atas tadi, kalau sekarang ini kita belum bisa menghapus riwayat panggilan di Instagram secara terpisah. Terkecuali kalau kalian menghapus pesan dari teman di IG secara menyeluruh, maka riwayat panggilan juga akan ikut terhapus secara permanen.

Bagi kalian yang mungkin ingin menghapusnya dan juga bingung dengan caranya, maka bisa langsung menyimak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Buka Direct Message

Pertama-tama, buka terlebih dahulu aplikasi Instagram yang kalian gunakan pada HP. Pastikan kalau aplikasi Instagram kalian sudah versi terbaru, ya. Jika belum, coba deh update terlebih dahulu melalui Google Playstore.

Hal ini untuk mencegah adanya perbedaan tampilan maupun menu dengan tutorial yang saya jelaskan di sini.

Jika sudah terbuka, maka di halaman utama Instagram, silakan tekan icon Direct Message yang ada di bagian atas layar.

2. Pilih Pesan Dari Seseorang

Apabila sudah terbuka, maka sekarang kalian dapat mencari pesan dari seseorang yang memiliki riwayat panggilan. Setelah menemukannya, kalian bisa langsung menekan beberapa detik pesan ( DM ) tersebut. Nanti akan langsung muncul beberapa opsi yang dapat di pilih.

3. Ketuk Menu Hapus Pesan

Setelah menekan beberapa detik pesan yang di pilih, maka akan terlihat beberapa opsi pada bagian bawahnya. Dikarenakan kita akan menghapus riwayat panggilan di dalamnya, maka kalian dapat memilih opsi Hapus.

4. Konfirmasi Hapus Pesan Instagram

Jika opsi hapus sudah di tekan, maka sekarang kalian akan melihat sebuah kotak dialog pesan yang berisikan “Hapus Obrolan Secara Permanen” pada layar HP.

Di sini kalian bisa langsung menekan menu Hapus lagi untuk melakukan konfirmasi penghapusan pesan serta riwayat panggilan di dalamnya. Setelah konfirmasi penghapusan sudah di tekan, maka secara otomatis pesan tersebut akan hilang dari akun IG kalian.

Apabila ada riwayat panggilan dari seseorang di Instagram yang mau di hapus, maka kalian hanya perlu mengulangi langkah-langkah di atas saja.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan Akun Instagram Secara Permanen

Penting Sebelum Menghapus Riwayat Panggilan di Instagram

Bagi kalian yang mungkin ingin menghapus riwayat / Log panggilan di Instagram, maka kalian wajib memastikan kalau sudah benar-benar yakin untuk melakukannya. Kenapa? Karena yang akan kalian hapus di sini itu tidak hanya riwayat dari panggilan saja.

Namun keseluruhan isi pesan (DM) dari teman IG yang ada di dalamnya juga akan ikut terhapus secara permanen. Jika ada informasi penting di dalamnya, ada baiknya kalian menyimpannya terlebih dahulu sebelum benar-benar menghapusnya.

Jika kalian sudah melakukan konfirmasi penghapusan pesan, maka secara otomatis semua isi dari pesan tersebut akan hilang secara permanen. Selain itu, pesan yang sudah di hapus pada Instagram tidak dapat di pulihkan lagi.

Isi pesan yang saya maksud di sini itu berupa teks, audio, video, gambar dan lainnya yang ada di dalamnya, ya. Maka dari itu, sebelum menghapusnya, alangkah baiknya kalian mengeceknya kembali terlebih dahulu.

Penutup

Oh ya, untuk tutorial yang saya jelaskan di sini itu menggunakan aplikasi Instagram versi Mobile. Sedangkan jika kalian menggunakan Instagram versi PC maupun Laptop, maka langkah-langkahnya tidak jauh berbeda kok.

Begitulah cara menghapus riwayat panggilan di Instagram secara permanen dengan cepat dan mudah. Jika masih ada yang kurang jelas atau kalian mau bertanya, silakan tuliskan saja pada kolom komentar yang ada di bawah ini.

Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.