Ukuran Story Instagram

Ukuran Story Instagram Foto dan Video Agar Tidak Terpotong

Ukuran Story Instagram – Tidak sedikit dari orang yang sering mengalami masalah saat membuat story foto maupun video di Instagram. Masalahnya seperti foto yang terpotong atau durasi video yang hanya muncul setengah saja, sehingga pesan di dalamnya tidak dapat tersampaikan.

Nah, agar mencegah hal tersebut tidak terjadi pada kita, maka mengetahui ukuran story Instagram yang tepat adalah solusinya.

Sama seperti aplikasi sosial media yang lainnya, Instagram juga memiliki ukuran story tersendiri yang harus di penuhi oleh penggunanya. Karena jika ukurannya kurang tepat atau tidak sesuai, maka foto maupun video yang kita upload akan terpotong.

Hasilnya tentu tidak baik dan makna maupun pesan yang ada di foto serta video yang kita upload ke story Instagram tidak akan terlihat sepenuhnya.

Untuk lebih jelasnya, kalian bisa simak pembahasan ini sampai akhir ya.

Ukuran Story Instagram Foto Agar Tidak Terpotong

Ukuran Story Instagram Foto Agar Tidak Terpotong

Untuk ukuran foto yang bisa kita gunakan dalam membuat story di Instagram sebenarnya ada banyak jenisnya. Walaupun foto kita memiliki ukuran yang besar sekalipun, sebenarnya masih bisa di gunakan sebagai story. Hanya saja, tampilan dari foto tersebut akan terpotong sebagian atau gambar tidak akan terlihat penuh pada story.

Selain itu, kita juga akan di haruskan untuk menciutkan gambar ke dalam bentuk yang lebih kecil dan mungkin tidak akan terlihat jelas. Apalagi kalau gambar tersebut memuat data yang penting, sudah pasti akan sangat kurang baik.

Ukuran story Instagram foto:

  1. Wajib memiliki aspek rasio 9:16.
    Jika aspek rasio yang ada pada gambar lebih besar, maka nantinya akan ada bagian yang terpotong.
  2. 1080 x 1920 pixex.
    Ukuran ini mempunyai bentuk portrait dan sesuai dengan ukuran standar yang di tetapkan oleh Instagram.
  3. 720 x 1280 pixex.
    Bentuknya masih sama seperti sebelumnya, yaitu portrait. Hanya saja nanti tampilannya akan terlihat lebih kecil saja.
  4. 450 x 800 pixex.
    Mempunyai bentuk yang masih sama dengan ukuran sebelumnya, tapi mungkin akan terlihat lebih kecil nantinya.

Semakin kecil pixel yang di miliki oleh foto yang kita gunakan maka akan semakin rendah kualitasnya. Walaupun seperti itu, semua bagian dari foto masih akan terlihat dengan jelas di story Instagram.

Selain memperhatikan ukuran dari foto yang ingin di upload ke story Instagram, kalian juga wajib melihat format dari foto itu sendiri. Untuk saat ini, aplikasi Instagram mendukung beberapa jenis format foto saja. Mulai dari format JPG, JPEG dan juga format PNG. Di luar dari format tersebut, kemungkinan masih belum bisa kita gunakan.

Ukuran Story Instagram Video yang Pas

Ukuran Story Instagram Video yang Pas

Selain pada foto, Instagram juga mempunyai batas ukuran pada story video yang bisa di gunakan oleh penggunanya. Agar video yang kita upload ke story Instagram bisa terlihat dengan baik, maka sudah tentu kita harus mematuhi persyaratannya.

Syarat ukuran Story Video di Instagram:

  1. Harus mempunyai aspek rasio 9:16. Lebih dari itu, kemungkinan video yang akan kalian upload bisa terpotong.
  2. Video yang akan di upload wajib menggunakan 1080 x 1920 pixel.
  3. Resolusi video wajib 720, agar bisa terlihat jelas.
  4. Jenis video harus mempunyai format MP4 atau MOV.
  5. Ukuran maksimal video yang dapat di upload adalah 4 GB.

Khusus untuk format video, selain yang di jelaskan tadi, video tidak akan bisa kita upload ke story di Instagram. Namun kedepannya mungkin pihak Instagram akan memperbaharuinya lagi.


Masih bingung saat ingin mengirim video di Instagram? Mungkin bisa melihat panduan cara upload video di Instagram berikut.


Daftar Aplikasi Template Insta Story Instagram

Agar bisa membuat resolusi foto dengan lebih baik dan akurat, para desainer biasanya menggunakan aplikasi seperti Photoshop. Namun bagi orang yang masih awam, tentu tidak akan mudah menggunakan aplikasi Photoshop.

Nah, jika kalian mengalami hal tersebut, maka bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi lainnya. Dalam beberapa aplikasi ini, kita tidak perlu keahlian khusus agar foto bisa terlihat profesional. Karena di dalam aplikasi, kita sudah langsung di sediakan template story Instagram yang keren-keren.

Penasaran dan ingin mencobanya? Berikut beberapa pilihan aplikasi template story Instagram.

1. Canva

Aplikasi template story Instagram yang pertama adalah Canva. Di dalam aplikasi Canva kita akan menemukan banyak fitur, mulai dari edit foto, mengubah resolusi dan lainnya.

Untuk menggunakan aplikasi ini sangat mudah, berikut langkah-langkahnya.

  • Pertama kalian download dulu aplikasi Canva.
  • Jika sudah, langsung saja buka aplikasinya.
  • Lalu masukan foto yang akan kalian edit.
  • Tekan menu Edit.
  • Pilih ukuran foto yang kalian inginkan. Jika untuk story, kalian bisa menggunakan ukuran story Instagram.
  • Apabila kalian ingin menambahkan font atau desain lainnya, silakan klik menu Be Creative.
  • Pilih saja template yang kalian inginkan.
  • Terakhir jangan lupa klik menu Simpan.

2. Insta Story Art Maker

Sesuai dengan nama aplikasinya, di mana Insta Story Art Maker ini sangat cocok untuk kalian yang ingin mengedit foto dengan format story Instagram.

Hampir sama dengan aplikasi sebelumnya, di sini kita juga disuguhkan dengan berbagai macam fitur menarik dan template yang keren-keren.

Cara menggunakanya tidak sulit kok:

  • Install dulu aplikasi Insta Story Art Maker.
  • Jika sudah, langsung buka aplikasinya.
  • Setelah terbuka, langsung saja pilih foto yang akan di edit.
  • Pilih template yang kalian inginkan.
  • Agar lebih menarik, kalian juga bisa menambahkan teks atau hiasan lainnya lagi.
  • Apabila sudah sesuai dengan keinginan, klik menu Simpan.
  • Jika ingin mengunggah foto tadi, kalian harus melakukannya secara manual.

3. Over

Khusus untuk aplikasi yang satu ini, kalian akan menemukan banyak jenis template Instagram stories yang beragam dan juga elegan. Bahkan ada beberapa template yang terkesan sangat profesional.

Namun aplikasi Over hadir dalam dua versi, yakni versi gratis dan berbayar. Jika kalian ingin mendapatkan template Instagram stories yang elegan dan profesional, maka gunakan aplikasi versi berbayarnya. Meski begitu, untuk versi gratisannya kita juga masih bisa mendapatkan template yang cukup banyak.

Cara menggunakan aplikasi Over:

  • Silakan download dulu aplikasi Over pada perangkat.
  • Bila sudah, silakan buka aplikasinya.
  • Lalu pilih menu Instagram Story.
  • Berikutnya pilih foto yang ingin di edit.
  • Pilih template yang di inginkan.
  • Jika sudah, silakan klik Simpan.

4. Unfold

Untuk aplikasi yang satu ini, dulu kita hanya bisa menggunakannya di perangkat iOS saja. Namun seiring berjalannya waktu, aplikasi Unfold sudah bisa di gunakan oleh pengguna Android.

Aplikasi Unfold mempunyai banyak sekali fitur di dalamnya, sehingga tidak heran kalau banyak orang lebih memilih menggunakan aplikasi ini. Namun sistemnya sama seperti aplikasi Over, beberapa fitur di Unfold itu kita di haruskan untuk membayar.

Tapi ada juga kok fitur yang bisa di gunakan secara gratis tanpa harus membayar. Hanya saja di versi gratis, template yang di sediakan juga cukup sedikit.

Ingin mencoba? Berikut langkah-langkahnya:

  • Jika belum punya, silakan download dulu aplikasi Unfold.
  • Apabila sudah, langsung saja buka aplikasinya.
  • Di halaman utama, silakan masukan foto yang mau di edit.
  • Pilih template story Instagram yang ingin di gunakan.
  • Edit sesuai keinginan kalian.
  • Bila sudah sesuai, silakan pilih Simpan.
  • Selesai.

Ingin postingan kalian mendapatkan banyak pengunjung? Yuk, coba cara swipe up di Instagram.


Tips Membuat Story Instagram Agar Terlihat Profesional

Tips Membuat Story Instagram Agar Terlihat Profesional

Dalam pembahasan ini, saya juga ingin berbagi sedikit tips tentang cara membuat story di Instagram agar hasilnya bisa terlihat lebih profesional. Jika kalian berminat, bisa langsung menyimak beberapa tips di bawah ini.

  1. Selalu perhatikan ukuran atau resolusi foto.
    Hal penting yang pertama dan tidak boleh di lupakan adalah memperhatikan resolusi gambar maupun foto yang akan di upload. Hal ini untuk mencegah gambar yang kita upload mengalami blur atau tidak terlihat jelas oleh orang lain.
  2. Pastikan gambar atau video sudah benar-benar siap di posting.
    Sebelum mulai memposting, ada baiknya kita mempersiapkan terlebih dahulu data-data yang di perlukan dengan baik, entah itu gambar maupun video. Hal ini agar postingan yang kita buat bisa memiliki nilai yang baik di mata pengunjung Instagram.
  3. Tambahkan animasi atau stiker yang sesuai.
    Agar postingan bisa terlihat lebih profesional dan menarik, kita bisa menambahkan beberapa animasi atau stiker yang sesuai. Bagian ini kita gunakan sebagai pelengkap, namun harus tetap sejalan dengan postingan yang di buat.
  4. Buat postingan terlihat lebih interatif.
    Untuk bisa menarik minat banyak pengguna Instagram, sangat di sarankan sekali untuk membuat postingan yang lebih interatif. Silakan gunakan fitur-fitur yang sudah di siapkan oleh Instagram untuk membuat interaksi dengan orang lain.
  5. Gunakan konsep carousel.
    Jika ingin konten terlihat lebih menarik lagi, kalian bisa mencoba membuat konsep carousel. Karena story yang di mulai dari kiri ke kanan itu akan membuat informasi terlihat lebih menarik bagi pembaca.

Tips story Instagram jenis tersebut sangat cocok sekali di gunakan apabila kalian ingin melakukan promosi ataupun melakukan branding. Karena dengan tips di atas, interaksi pada postingan yang kalian buat bisa mengalami peningkatan yang sesuai.

Penutup

Mungkin sampai di sini dulu informasi yang bisa saya hadirkan untuk kalian tentang ukuran story Instagram dan tips membuat postingan yang profesional. Jika kalian ada yang ingin di tanyakan atau ada penjelasan di atas yang kurang di mengerti, bisa menuliskannya pada kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.