Mengenal Buffering Secara Lengkap

Mengenal Buffering Secara Lengkap

Mengenal Buffering – Ketika kita ingin melakukan streaming sebuah video, sudah pasti akan lancar kalau koneksi internet yang di gunakan stabil. Bagaimana kalau tidak? Sudah pasti hal ini akan membuat video yang kalian tonton menjadi macet atau loading.

Nah, macet atau loading ini mempunyai istilahnya sendiri loh. Istilahnya itu adalah buffering.

Mungkin dari kalian ada yang pernah atau sering mendengar istilah buffering ini, tapi sampai saat ini masing ragu dengan artinya. Maka kalian sudah ada di tempat yang tepat, karena hari ini saya akan menjelaskan secara lengkap mengenai apa itu buffering , contoh buffering dan juga cara mengatasinya.

Apa Itu Buffering?

Buffering artinya suatu kondisi pada saat koneksi internet sedang melakukan download sebuah konten di internet melalui platform aplikasi atau browser. Sebagai contohnya adalah video.

Ketika kita sedang melakukan streaming sebuah video, kemudian video tersebut loading, sebenarnya itu sedang dalam proses download. Lamanya proses download tersebut akan di pengaruhi oleh jaringan internet serta kualitas dari video itu sendiri.

Instilah buffering ini bisa muncul di semua durasi dari video yang kita tonton. Entah itu di awal, pertengahan atau buffering juga bisa muncul di akhir video.

Contoh Buffering Pada Platform

Contoh Buffering Pada Platform

Setelah kalian mengenal apa itu buffering, maka untuk selanjutnya saya juga akan membagikan beberapa contohnya.

Buffering sendiri dapat kita temui di hampir semua platform yang menyediakan konten-konten berjenis video maupun flash. Nah, sekarang ini di internet ada beberapa yang mudah dan banyak di ketahui.

Berikut contoh buffering:

1. Youtube

Yang pertama itu ada Youtube. Siapa sih yang tidak kenal platform streaming video yang paling populer dan mempunyai pengguna terbanyak yang satu ini. Sudah pasti hampir seluruh orang yang ada di dunia ini mengenal Youtube.

Pada Youtube, buffering bisa terjadi pada saat kalian sedang melakukan streaming dengan keadaan koneksi internet yang kurang memadai. Sehingga membuat video yang kalian tonton menjadi macet atau loading.

Selain itu, bisa di katakan juga kalau istilah buffering sendiri populernya dari platform Youtube.

2. Dailymotion

Untuk yang selanjutnya ini ada DailyMotion. Masih sama seperti Youtube tadi, di mana DailyMotion ini juga adalah salah satu platform yang menyediakan konten streaming video. Hanya saja saat ini masih kalah populer dari Youtube.

Nah, pada DailyMotion, ketika kita membuka sebuah konten video namun koneksi internetnya sangat kurang memadai, maka akan muncul sebuah loading. Dan loading ini juga termasuk kedalam istilah buffering.


Baca Juga Yuk : Pengertian Buff dan Nerf


3. Sosial Media

Mungkin dari kalian yang sudah sering menggunakan aplikasi sosial media, pastinya sudah tahu kalau beberapa ada yang mempunyai fitur sharing video. Entah itu Facebook, Instagram, Twitter, atau sosial media lainnya.

Sama seperti sebelumnya, pada aplikasi sosial media juga terdapat istilah buffering di dalamnya. Hanya saja tampilan desain icon yang berbeda-beda di masing-masing platform sosial media.

Penyebab Buffering Pada Video

Penyebab Buffering Pada Video

Sudah pasti semua orang akan menganggap kalau buffering ini sangatlah menggangu kenyamanan ketika sedang streaming sebuah video. Seperti masalah lainnya, sudah pasti buffering ini dapat terjadi karena adanya beberapa faktor.

Berikut beberapa faktor umum yang menjadi penyebabnya:

1. Koneksi Internet yang Kurang Memadai

Faktor yang paling sering dan umum di alami oleh semua orang adalah jaringan internet yang kurang memadai. Hanya saja, buffering yang muncul karena koneksi internet itu juga bisa di sebabkan oleh beberapa kondisi.

Mulai dari kecepatan akses internet, ping yang tidak stabil atau bisa juga di karenakan kualitas video yang di tonton terlalu tinggi.

Nah, lain halnya kalau internet gangguan atau HP Android tidak bisa konek internet. Karena ini tidak akan menyebabkan terjadinya buffering, melainkan proses loading video yang akan berhenti.

2. Server Pada Platform Gangguan

Salain bisa di sebabkan oleh masalah jaringan internet, buffering juga bisa terjadi karena adanya gangguan pada platform yang di gunakan. Bisa saja server platform yang memang sedang gangguan atau maintenance juga bisa menjadi penyebabnya.

Ciri-ciri server platform yang sedang gangguan ini biasanya hanya akan terjadi dalam waktu yang singkat. Misalnya 5-10 menit dan yang paling lama bisa sampai 1 jam.

Serta nanti yang akan mengalami masalah buffering tidak hanya kalian saja, tapi pengguna platform yang sama juga akan mengalaminya.

3. Masalah Pada Data Cache

Fator penyebab yang terakhir adalah data cache. Pada saat kalian membukan suatu aplikasi untuk streaming video, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan menyimpan semua data penjelajahan kedalam data cache.

Pada kondisi tertentu, kalau dalam pengalaman saya pribadi itu ketika data cache sudah menumpuk terlalu banyak pada HP. Kemungkinan besar juga bisa mengakibatkan terjadinya buffering pada aplikasi yang kita gunakan menonton video.

Kok bisa? Karena data cache ini bisa membuat kinerja aplikasi menjadi kurang stabil dan sudah pasti akan mempengaruhi respon dari koneksi internet. Selain buffering, kondisi ini juga bisa mengakibatkan aplikasi tidak bisa di buka atau macet.

Cara Mengatasi Buffering

Selain fator penyebabnya, dalam artikel ini saya juga akan menjelaskan bagaimana cara untuk mengatasi buffering saat melakukan streaming video.

Cara ini berdasarkan pengalaman pribadi dari saya sendiri dan bisa kalian terapkan di semua HP Android, platform aplikasi maupun di semua provider. Berikut saya jelaskan secara lengkap:

1. Perhatikan Koneksi Internet

Hal terpenting pertama yang harus kalian ketahui adalah memperhatikan koneksi internet yang di pakai. Karena seperti yang saya katakan tadi, kalau ingin streaming video lancar, maka persiapkan jaringan internet stabil.

Karena jika internet stabil, maka proses download konten akan menjadi cepat serta streaming video akan menjadi lancar. Jadi, coba kalian periksa dulu koneksi internet jika mengalami buffering.

2. Sesuaikan Kualitas Video yang Ditonton

Untuk yang selanjutnya ini masih ada kaitannya dengan jaringan internet tadi. Kualitas video yang kita putar juga sangat berpengaruh, karena semakin tinggi kualitas video maka jaringan internet yang di perlukan juga harus cepat.

Sehingga jika jaringan internet tidak memadai saat kita memutar video dengan kualitas tinggi, maka itu akan membuat munculnya buffering. Oleh sebab itu, coba kalian atur kualitas video ke tinggak lebih rendah jika koneksi internet sedang tidak memadai. Misalnya 144p, 240p atau sampai menemukan kualitas yang pas.


Baca Juga : Arti Kata Mention di Sosial Media


3. Coba Hapus atau Stop Aplikasi yang Tidak Digunakan

Mungkin masih tidak banyak yang tahu, kalau sebenarnya semakin banyak aplikasi berjalan di ponsel itu akan mempengaruhi kualitas jaringan internet. Karena aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang dapat menyebabkan bandwith, sehingga memperlambat koneksi internet.

Nah, untuk mengatasi buffering saat streaming video, silakan kalian coba untuk menghentikan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang ponsel. Selain itu, jangan terlalu banyak menggunakan widget pada HP.

4. Bersihkan Cache yang Menumpuk

Dengan adanya data cache memang bisa meningkatkan kinerja dari sebuah aplikasi, hanya saja jika di biarkan menumpuk terlalu lama juga tidak baik. Selain membuat memori internal cepat penuh, data cache ini juga bisa membuat kinerja HP melambat.

Ketika kinerja HP sudah mulai melambat, secara tidak langsung hal ini akan mempengaruhi semua aplikasi yang ada di dalamnya. Serta kualitas jaringan internet yang bisa di tangkap oleh ponsel juga bisa kena imbasnya.

Maka dari itu, jangan lupa coba juga untuk membersihkan file cache yang ada pada HP secara rutin.

Penutup

Kesimpulannya buffering adalah suatu kondisi yang terjadi karena adanya sebuah hambatan ketika sedang membuka suatu konten di dalam sebuah paltform. Secara umumnya itu konten berupa video.

Mungkin saya cukupkan sampai di sini dulu, jika ada pertanyaan atau ada penjelasan yang kurang jelas, silakan tuliskan saja di kolom komentar.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.