Indosat Tidak Bisa Cek Pulsa

Cara Mengatasi Indosat Tidak Bisa Cek Pulsa

Ketika kartu SIM Indosat tidak bisa cek pulsa, sudah pasti akan akan membuat kita merasa khawatir bukan. Apalagi kita sedang ingin mengirim sebuah pesan singkat (SMS) ataupun melakukan panggilan telepon biasa. Pasti iya kan sobat Kampung Gadget.

Apalagi saat kita tidak bisa tahu berapa jumlah pulsa yang tersisa pada kartu, sudah pasti akan membuat kita sedikit kerepotan ketika sedang perlu.

Nah, ternyata masalah yang seperti ini nggak sedikit orang yang sangat sering mengalaminya dan salah satunya adalah saya sendiri, hehe.

Jika di selidiki, biasanya sih masalah Indosat tidak bisa cek pulsa karena ada beberapa jenis error yang terjadi. Error ini bisa terjadi pada kode USSD yang kita gunakan saat mengecek sisa pulsa.

Kalau mengenai penyebabnya, sudah pasti bermacam-macam faktor bisa menjadi pemicunya. Meski banyak, namun saya rasa beberapa faktor berikut yang menjadi penyebab utama Indosat tidak bisa cek pulsa:

  1. Metode pengecekan yang kita gunakan memang sedang bermasalah.
  2. Ada kesalahan pada pengaturan sinyal.
  3. Operator Indosat memang sedang gangguan.
  4. Sedang ada pemadaman listrik.
  5. Kartu SIM hangus.

Solusi Kartu Indosat Tidak Bisa Cek Pulsa

Beberapa orang pasti akan sedikit panik saat kartu SIM Indosat yang di gunakan tidak bisa cek pulsa, apalagi saat mereka sedang butuh-butuhnya.

Nah, jika masalah yang sedang kalian alami sekarang itu sama seperti yang saya sendiri alami sebelumnya. Maka jangan khawatir, karena di sini saya akan membagikan beberapa tips untuk mengatasi masalah ini.

Yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Pastikan Kode Cek Pulsa Indosat Sudah Benar

Apabila kalian masih ingin tetap menggunakan kode USSD untuk cek pulsa, maka kalian wajib mengetahui beberapa hal penting terlebih dahulu.

Di mana kode USSD yang akan kalian gunakan untuk mengecek sisa pulsa itu harus benar dan sesuai dengan ketentuan dari operator. Kenapa harus seperti itu? Karena jika kode USSD yang kita gunakan tidak sesuai, maka proses pengecekan pulsa pasti akan mengalami kegagalan.

Gagal seperti apa itu? Sebagai contoh, menu pulsa yang seharusnya muncul pada HP jadi tidak terlihat atau memunculkan sebuah pesan masalah tertentu. Seperti pesan “masalah sambungan” atau “kode tidak valid”.

Untuk kode USSD cek pulsa Indosat yang benar itu adalah *123#. Silakan di coba dulu ya.

2. Coba Gunakan Aplikasi Indosat

Bisa kita katakan kalau hampir 80% pengguna Indosat lebih suka mengecek sisa pulsa yang di miliki dengan menggunakan kode dial. Padahal, Indosat sendiri sudah menyediakan beberapa metode lain yang bisa di gunakan oleh penggunanya untuk mengecek sisa pulsa.

Salah satu metode yang bisa di gunakan adalah dengan aplikasi, yang mana dalam hal ini ialah myIM3.

Di dalam aplikasi myIM3, sebenarnya kita bisa mengecek sisa pulsa dan melakukan keperluan-keperluan lainnya. Misalnya saja cek poin atau transfer pulsa dan masih banyak lagi hal lain yang bisa kalian lakukan.

Untuk cara mengecek pulsa di aplikasinya adalah seperti ini:

  • Pertama silakan buka aplikasi myIM3.
  • Jika belum punya, silakan download terlebih dahulu.
  • Pastikan HP terhubung dengan internet dari SIM Indosat.
  • Setelah itu, pada menu utama, kalian bisa lihat pada bagian Balance.
  • Dalam menu ini, kalian akan melihat sisa pulsa yang ada pada SIM Indosat.

Oh ya, jika kalian menggunakan internet dari operator lain atau WiFi dan belum terdaftar aplikasi myIM3. Maka saat pertama kali membuka aplikasi, kalian akan di haruskan untuk login dengan SIM yang akan di cek sisa pulsanya.


Tahukah kalian, kalau APN Indosat yang tidak sesuai bisa membuat internet menjadi lemot? Coba saja cek di sana.


3. Coba Cek Pulsa Lewat Panggilan

Metode alternatif lain yang bisa kalian lakukan saat kartu Indosat tidak bisa cek pulsa adalah melalui panggilan telepon. Metode ini dapat kalian pilih jika ada masalah dengan kode USSD sebelumnya.

Bagi kalian yang mungkin belum tahu, pada dasarnya metode lewat telpon ini masih sama saja seperti proses cek pulsa biasa. Hanya saja, nanti informasi pulsa yang tersisa di kartu SIM Indosat kalian akan akan di sebutkan langsung oleh operator via suara.

Caranya begini:

  • Buka aplikasi Telepon (Dial Phone).
  • Lalu ketikan kode 186 / 185 .
  • Kemudian pilih menu Panggil.
  • Tunggu sampai panggilan tersambung ke operator.
  • Setelah tersambung, kalian bisa mengikuti petunjuk yang di berikan oleh operator.
  • Selesai.

4. Cari Lokasi Sinyal yang Lebih Bagus

Agar tidak terjadi salah paham, yang saya maksud di sini itu adalah kualitas sinyal yang tertangkap oleh HP.

Karena ketika sinyal Indosat hilang, maka secara otomatis semua hal yang berhubungan dengan pemakaian jaringan akan mengalami masalah. Nah, aktivitas pengecekan sisa pulsa ini juga merupakan salah satunya.

Untuk mengatasi masalah ini cukup mudah kok:

  1. Langkah pertama, kalian bisa cek sinyal terlebih dahulu. Pastikan ada 3 baris atau lebih sinyal yang terlihat pada HP.
  2. Kedua, coba pergi ke tempat lain (luar ruangan) untuk mengatasi masalah ini. Karena biasanya cara ini lebih efektif untuk memperkuat sinyal Indosat yang lemot.

5. Pastikan Sinyal Tidak Terkunci di Jaringan 4G

Saat ini Indosat juga sudah menjadi salah satu operator yang mendukung fitur VoLTE (Voice Over LTE) di SIM terbarunya. Di mana dengan fitur ini memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan pengiriman SMS, panggilan dan internetan secara bersamaan di jaringan 4G.

Namun perlu untuk kalian ketahui juga, kalau tidak semua HP yang di gunakan oleh masyarakat Indonesia sudah mendukung fitur ini.

Oleh karena itu,  saya sarankan untuk mengganti jaringan ke 3G saat ingin melakukan pengecekan sisa pulsa pada SIM Indosat. Hal ini tentu untuk mencegah agar tidak terjadi error saat kita melakukan pengecekan pulsa menggunakan kode Dial atau SMS.

Oh ya, jika kalian ingin mengecek apakah SIM Indosat dan HP yang di gunakan sudah mendukung fitur VoLTE, maka bisa membaca informasinya di halaman resmi Indosat.

6. Hubungi Operator Indosat

Jika semua cara di atas sudah kalian lakukan namun belum juga berhasil mengatasi masalah tidak bisa cek pulsa, maka kemungkinan Indosat memang sedang mengalami gangguan.

Kalau kondisi yang seperti ini, biasanya sih berdampak ke semua jaringan yang di miliki oleh Indosat. Entah itu melalui kode USSD, aplikasi bahkan situs Indosat pun juga akan terkena imbasnya.

Namun jangan khawatir, karena ada dua solusi yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah ini. Seperti:

  1. Solusi pertama, kalian bisa mencoba untuk menunggu beberapa waktu dulu. Misalnya saja selama 10 menit atau 1 jam.
  2. Untuk solusi kedua, kalian dapat menghubungi operator Indosat untuk melakukan komplain bahwa kalian tidak bisa melakukan pengecekan pulsa yang tersisa.

Penutup

Jadi begitulah sedikit pembahasan mengenai tipe-tipe mengatasi Indosat yang tidak bisa cek pulsa. Semua tips di atas adalah rangkuman dari pengalaman pribadi, sehingga saya yakin bisa menjadi solusi untuk kalian yang memang sedang mengalami masalah yang sama.

Apabila kalian memiliki pertanyaan atau ada penjelasan yang kurang jelas, bisa langsung menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.