Cara 4G Only Indosat

Cara 4G Only Indosat Dengan Mudah

Cara 4G Only Indosat – Indosat sendiri merupakan salah satu provider seluler yang cukup populer di Indonesia. Ini karena Indosat sendiri terkenal dengan kualitas dan ketersediaan jaringannya yang tergolong baik.

Meskipun pada umumnya, Indosat sendiri sudah memberikan koneksi internet yang cukup cepat. Namun terkadang masih ada beberapa pengguna Indosat yang ingin lebih memaksimalkan koneksi internet yang di dapatkan.

Selain dengan cara setting APN Indosat, kita sebenarnya juga bisa mengunci jaringan yang di inginkan. Dengan begitu kita akan bisa memperoleh kualitas jaringan internet yang sesuai dan optimal.

Bagaimana caranya? Yuk, simak pembahasan di sini sampai akhir ya.

Cara Mengunci 4G Only Indosat

Jika menurut saya pribadi, mengatur Indosat agar bisa tetap berada di jaringan 4G only itu sangat penting. Kenapa demikian? Karena kecepatan internet di jaringan 4G itu jauh lebih baik dari pada 3G maupun 2G.

Seperti yang pernah saya jelaskan juga sebelumnya, kalau mengunci jaringan di 4G juga bisa mengatasi masalah internet Indosat yang lemot.

Nah, apabila pengaturan-pengaturan jaringan sudah optimal, maka internet Indosat yang kita dapat akan bisa melesat pesat lho.

Untuk mengunci jaringan 4G Indosat pada HP itu tidaklah sulit sama sekali. Karena pada dasarnya pengaturannya sudah ada pada perangkat masing-masing. Tapi jika kalian masih bingung, berikut akan saya jelaskan caranya secara lengkap.


Baca Juga : Cara Mempercepat Internet Indosat


1. Lewat Pengaturan Pada HP

Cara yang pertama, kita bisa mengunci jaringan 4G pada HP melalui pengaturan. Pada pengaturan HP Android, kita akan menemukan beberapa menu yang berkaitan dengan jaringan, termasuk pengaturan WiFi dan data seluler.

Nah, pada bagian data seluler inilah yang biasanya terdapat menu pengaturan yang berfungsi untuk mengelola sinyal. Nanti di sana kita bisa memilih jaringan yang di inginkan, misalnya 4G saja (4G only).

Cara mengunci jaringan 4G only Indosat lewat pengaturan:

  • Langkah pertama buka Pengaturan pada HP.
  • Kemudian cari menu pengaturan Jaringan Seluler.
  • Nanti kalian akan menemukan beberapa pilihan jaringan.
  • Silakan pilih jenis sinyal 4G atau LTE Only.
  • Selesai.

Nanti secara otomatis jaringan yang di dapat akan terkunci pada sinyal 4G atau LTE. Cara ini juga terbilang efektif dan user friendly dalam memperkuat sinyal Indosat pada HP.

Karena pengaturan jaringan ini memang sudah ada di HP Android, maka cara di atas bisa di gunakan untuk semua tipe ponsel Android. Mulai dari Samsung, Xiaomi, Asus, Oppo, Vivo, Realme dan lainnya.

Penting:

Beberapa HP Android terkadang ada juga yang mempunyai pengaturan 4G-nya yang menyatu dengan 3G. Contohnya seperti 2G/3G/4G atau 2G/3G/LTE.

Hal tersebut bisa membuat jaringan sewaktu-waktu berubah dengan sendirinya menjadi 3G. Untuk solusinya bisa kalian coba cara yang berikut, ya.

2. Cara 4G Only Indosat Dengan Kode Dial

Cara 4G Only Indosat Dengan Kode Dial

Apakah kalian tahu? Kalau sebenarnya HP Android itu memiliki banyak kode rahasia yang tersimpan di dalamnya.

Kode rahasia HP Android memiliki fungsi yang beragam dan juga untuk membuka pengaturan-pengaturan tertentu. Mulai dari kode untuk me-reset HP, sampai mengatur jaringan menjadi selalu 4G.

Kode-kode ini dapat kita akses dengan menggunakan Dial Pad pada HP Android. Tapi itu bisa jika kalian sendiri sudah tahu kode sinyal Indosat yang di gunakan ya.

Cara kunci jaringan 4G only Indosat dengan kode dial:

  1. Pertama buka Dial Pad pada HP.
  2. Kemudian ketikan kode *#*#3646633#*# atau *#*#4636*#*.
  3. Setelah itu tekan Panggil.
  4. Selanjutnya masuk ke Informasi Perangkat.
  5. Berikutnya cek pada Set Preferred Network Type.
  6. Di sini kalian bisa ganti pengaturan sinyal menjadi LTE Only.
  7. Selesai.

Nah, setelah pengaturan jaringan sudah di ganti, maka tunggulah beberapa saat sampai sinyal 4G Indosat muncul. Apabila sudah, kalian bisa langsung mengujinya untuk mengakses internet.

3. Dengan Bantuan Aplikasi

Cara mengunci jaringan Indosat di 4G sebenarnya juga bisa di lakukan dengan memakai bantuan aplikasi.

Ada banyak sekali aplikasi yang dapat kita gunakan untuk mengubah sinyal 3G ke 4G di Google Play Store.

Sebagai contoh di sini saya akan menggunakan aplikasi yang bernama 4G Only Network Mode.

Cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan membuka langsung halaman pengaturan jaringan pada HP. Ini sama seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya. Selain itu, aplikasi ini juga bisa berjalan tanpa memerlukan akses root pada HP.

Cara mengubah jaringan Indosat agar tetap menjadi 4G only dengan aplikasi:

  • Langkah pertama install dulu aplikasinya.
  • Jika sudah, kalian bisa membukanya.
  • Setelah itu pilih menu Open Settings.
  • Lanjut dengan mengecek pada menu Set Preferred Network Type.
  • Silakan ubah menjadi LTE Only.
  • Selesai.

Baca Juga : Cara Mengisi Voucher Indosat


Cara Mengaktifkan Jaringan 4G Indosat

Cara Mengaktifkan Jaringan 4G Indosat

Hal yang paling penting agar kalian bisa mengikuti tutorial di atas adalah dengan memastikan terlebih dahulu bahwa kartu Indosat yang di pakai sudah 4G. Kalian wajib mengeceknya apabila memakai kartu Indosat lama, ya.

Jika ingin mengeceknya, bisa baca artikel saya sebelumnya tentang cara cek kartu sudah 4G atau belum.

Untuk mengaktifkannya, kalian bisa langsung pergi ke gerai Indosat terdekat. Nanti kartu Indosat lama kalian akan di ganti dengan yang baru dan pastinya sudah mendukung jaringan 4G.

Selain itu, meski rata-rata HP Android saat ini sudah support jaringan 4G, namun kalian juga wajib mengeceknya. Karena percuma saja jika kartu Indosat sudah 4G tapi HP kalian belum support jaringan 4G.

Penutup

Mungkin itu saja sedikit informasi yang dapat saya sampaikan hari ini tentang cara mengunci 4G only Indosat.

Sedikit catatan, meski HP dan kartu Indosat sudah mendukung jaringan 4G, lokasi atau tempat juga bisa menjadi penyebab hilangnya jaringan 4G. Nah, jika tutorial di atas sudah kalian terapkan, namun jaringan 4G masih belum muncul pada HP.

Itu tandanya kalau lokasi kalian saat ini masih belum mendukung jaringan 4G Indosat atau bisa juga sinyal yang ada masih belum memadai.

Jika ada yang masih kurang jelas atau ada hal lain yang ingin kalian tanyakan, silakan tuliskan saja di kolom komentar di bawah.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.