Arti FYI di Sosial Media

Arti FYI di Sosial Media

Arti FYI di Sosial Media – Seiring berkembangnya waktu, bahasa yang sering di gunakan oleh orang juga ikut mengalami perkembangan. Di mana saat ini sudah banyak sekali muncul bahasa-bahasa gaul di kalangan milenial yang terkadang membuat para orang tua bingung.

Anak-anak dan orang dewasa saat ini lebih sering menggunakan singkatan-singkatan berupa bahasa inggris yang di campur dengan bahasa sehari-hari. Maka tidak heran juga kalau ada banyak kata-kata gaul yang muncul di media sosial. Salah satu kata gaul yang masih banyak dan sering di gunakan oleh kalangan muda saat ini adalah FYI.

Bahkan tidak jarang juga sebagian orang yang mengucapkan kata gaul tanpa tahu arti maupun maksud dari kata tersebut. Karena dari mereka hanya beranggapan agar tidak ketinggalan zaman dan bisa terlihat lebih gaul di mata orang lain.

Nah, jika kalian salah satu orang yang sering mendengar kata gaul FYI di media sosial dan ingin tahu artinya. Maka berikut ini akan saya jelaskan arti kata FYI dalam bahasa gaul kaum milenial.

Apa Arti FYI?

FYI adalah kata singkatan dari bahasa Inggris, yaitu For Your Information. Arti dari kata FYI ini kurang lebih “sebagai informasi” atau memberikan informasi kepada orang lain.

Pada umumnya istilah FYI ini sering kita jumpai pada percakapan di dunia internet, utamanya dalam sosial media. Kata FYI ini lebih dominan digunakan oleh kaum remaja, karena istilah tersebut merupakan salah satu dari beberapa bahasa gaul chat lainnya.

Hanya saja di dalam sosial media, FYI ini bisa terlihat dalam berbagai bentuk. Misalnya saja di dalam sebuah postingan, komentar atau pada hashtag. Istilah FYI ini juga sudah ada sejak lama. Tapi jika tidak salah kalau di sosial media itu, terutama Facebook, istilah FYI ini populer sekitar tahun 2017-an.

Namun jika saya salah, kalian bisa mengkoreksinya ya.

Cara Memakai Kata FYI yang Baik dan Benar

Selain wajib tahu arti dari kata FYI yang di gunakan, kita seharusnya juga wajib mengetahui cara menggunakan kata FYI ini di sosial media. Karena umumnya di sosial media itu, kata FYI ini bisa berupa hashtag atau percakapan.

Agar tidak salah, berikut contohnya untuk kalian.

1. Didalam Percakapan

Untuk yang pertama dalam menambahkan kata FYI pada percakapan, kalian bisa menaruhnya di awal, tengah ataupun di akhir kalian. Jadi, sebenarnya ini sih sesuai keinginan kalian sendiri.

Contohnya seperti ini, “Tadi lihat di status Instagram kampus, katanya mulai awal bulan depan kuliah masuk lagi. FYI awal bulan depan juga ada ujian”.

2. Pada Hashtag

Untuk di hashtag, biasanya penambahan kata FYI ini harus di awal atau di akhir kalimat. Namun kembali lagi dengan kebutuhan kalian masing-masing.

Misalnya seperti ini, “FYI agar laptop lebih awet, pakai seperlunya dan cek temperatur dan jangan sampai terlalu panas”.

Oh ya, khusus untuk kata FYI di hashtag ini sebenarnya juga memiliki kegunaan khusus lho. Selengkapnya nanti akan saya jelaskan ya.

Contoh Penggunaan Kata FYI di Sosial Media

Saat ini kata FYI di sosial media sebenarnya sangat mudah sekali untuk kita temukan. Misalnya saja di Instagram, Facebook, WhatsApp, Twitter dan masih banyak lagi sosial media lainnya.

Agar lebih jelas, berikut ini saya juga lampirkkan beberapa contohnya untuk kalian.

1. Di Postingan Sosial Media

Pada dasarnya, penambahan kata FYI di postingan sosial media itu bertujuan kalau kalian ingin memberikan informasi dengan jangkauan yang lebih luas atau publik dari biasanya.

Contohnya kalian bisa lihat pada gambar di atas tadi. Di mana saya ingin memposting pada halaman Facebook tentang cara membuat akun Grab yang benar.

Pada informasi yang saya sampaikan, kata FYI saya tambahkan itu bertujuan supaya orang lain hendak mengikuti langkah-langkah tersebut harus menyiapkan nomor HP dan email aktif terlebih dahulu.

2. Pada Komentar Sosial Media

Pada komentar di hampir semua sosial media, penambahan kata FYI itu bisa kita jadikan sebagai kata pelengkap di dalam postingan yang kita buat. Sehingga pembaca tidak menjadi salah mengerti ataupun memudahkan pembaca memahami postingan kita.

Contoh penerapannya, kalian bisa melihatnya pada gambar di atas tadi. Yang mana saya memberikan penambahan informasi tambahan lewat kolom komentar yang ada di postingan sebelumnya. Namun itu sih tergantung dari kebutuhan masing-masing orang.

Karena saya rasa sih penggunaan kata FYI pada komentar itu juga cukup umum dalam bentuk percakapan biasa.

3. Didalam Hashtag

Seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya kalau penambahan hashtag itu tidak hanya berguna sebagai kata kunci yang berguna untuk para pembaca tertentu. Namun juga bisa memudahkan pembaca mencari postingan tertentu yang berhubungan dengan hashtag pastinya.

Di dalam sosial media, fungsi hashtag sebenarnya sudah di dukung dengan baik, seperti pada Facebook, Instagram, Twitter dan aplikasi TikTok.

Nah, kata FYI ini juga bisa kita kategorikan ke dalam bentuk hashtag. Di mana pada hashtag #FYI biasanya terdapat pada beragam jenis postingan informasi, seperti postingan pembelajaran, berita dan lainnya.

Penutup

Beberapa waktu lalu saya sendiri sempat menambahkan sebuah hashtag #FYI pada komentar di sebuah postingan sosial media dan ada beberapa orang yang menanyakan maksud dari hashtag tersebut. Nah, oleh karena itulah hari ini saya menjelaskan ke kalian semuanya mengenai arti dari kata FYI.

Saya sangat berharap dengan penjelasan di atas tadi itu sudah bisa menjawab rasa ingin tahu kalian terhadap kata FYI dan cara menerapkannya. Namun jika masih ada yang kurang di mengerti, kalian bisa menuliskannya di kolom komentar yang ada di bawah.

Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.