Inilah 9 Cara Mengatasi Data Seluler Telkomsel Tidak Muncul

Cara Mengatasi Data Seluler Telkomsel Tidak Muncul

Data Seluler Telkomsel Tidak Muncul – Seperti yang kita tahu kalau Telkomsel adalah salah satu provider yang ada di Indonesia dan mempunyai jangkauan jaringan cukup luas serta kecepatan internet yang mereka sediakan juga tergolong sangat cepat dan stabil di berbagai tempat.

Hal ini juga membuat banyak masyarakat Indonesia dari dulu sampai sekarang itu masih setia menggunakan layanan yang disediakan oleh provider Telkomsel. Selain kecepatan akses internet yang dimiliki oleh provider ini sangat baik, harga layanan yang ditawarkan juga cukup menarik.

Namun berbicara mengenai Telkomsel, beberapa waktu lalu admin sempat mendengar sebuah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pengguna provider ini. Yaitu ketika internet diaktifkan, data seluler Telkomsel tidak muncul di HP-nya alias hilang tanpa bisa terhubung. Efeknya tentu saja kita tidak akan bisa mengakses layanan internet menggunakan kartu Telkomsel.

Kenapa Data Seluler Telkomsel Tidak Menyala?

Sebenarnya penyebab data seluler Telkomsel tidak menyala itu bisa disebabkan oleh pihak Telkomsel itu sendiri atau bisa juga karena Smartphone yang kalian gunakan. Cobalah untuk memeriksa apakah kartu sudah diregistrasi atau belum dan pastikan kembali lokasi yang kalian tempati itu termasuk tempat yang sulit mendapatkan sinyal atau tidak.

Karena pada umumnya beberapa faktor tersebut sering menjadi penyebab munculnya masalah data seluler Telkomsel tidak menyala pada Smartphone. Tapi ini biasanya tidak hanya terjadi pada layanan Telkomsel saja karena provider lain juga bisa mengalami masalah tersebut.

Bagaimana Cara Mengatasi Data Seluler Telkomsel Tidak Muncul?

Meski kita tahu kalau Telkomsel adalah salah satu penyidia layanan yang mempunyai kualitas jaringan cukup baik dan tergolong stabil tapi tidak menutup kemungkinan kalau provider yang satu ini juga bisa mengalami masalah. Seperti yang sudah disinggung tadi kalau masalah data seluler Telkomsel tidak muncul padahal kuota masih ada inilah yang sangat sering dialami oleh pengguna kartu Telkomsel.

Tapi kalian tidak perlu panik dan buru-buru untuk mengganti kartu Telkomsel yang kalian gunakan saat ini, sebab dalam artikel ini admin sudah menyiapkan beberapa cara untuk mengatasi data seluler Telkomsel tidak muncul.

Apa saja cara itu? Yuk, kita simak pembahasan lengkapnya dibawah ini:

1. Dengan Mengganti Sinyal Telkomsel di HP Kalian

 

Dengan Mengganti Sinyal Telkomsel di HP Kalian

Cara pertama yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengganti jenis sinyal Telkomsel yang ada pada HP kalian saat ini. Apabila saat ini kalian sedang menggunakan jaringan 4G, kemudian kalian mendapati data selulernya ternyata tidak muncul maka cobalah untuk menggantinya.

Sebab jika tempat kalian saat ini jaringan 4G Telkomsel masih kurang memadai, maka jelas fungsi data seluler pada smartphone kalian akan terkena imbasnya. Akibatnya tentu data seluler di HP kalian tidak akan bisa muncul sampai sinyak 4G di tempat tersebut kembali normal.

Solusinya tentu seperti yang admin katakan diatas tadi, dimana kalian bisa mengganti pengaturan jaringan smartphone ke jenis yang lain atau lebih rendah. Contohnya saja seperti menurunkan dari jaringan 4G ke jaringan 3G atau HSPA misalnya.

Cara pengaturannya adalah sebagai berikut:

  • Masuklah kedalam menu Pengaturan atau Settings.
  • Setelah itu kalian cari menu Kartu SIM.
  • Terakhir pilih opsi Jaringan Seluler.

Kalian bisa mencoba menurunkan jaringan yang digunakan sebelumnya agar data seluler di HP kalian bisa kembali berfungsi dengan baik.

2. Cobalah Untuk Memulai Ulang HP

Cobalah Untuk Memulai Ulang HP

Hampir semua masalah yang terjadi didalam smartphone dan salah satunya seperti data seluler Telkomsel yang tidak muncul itu bisa disebabkan oleh error pada HP Android. Solusinya yang paling sederhana untuk mengatasinya adalah dengan memulai ulang HP.

Cara ini juga sudah pernah admin lakukan sendiri. Pada saat mengalami masalah seperti koneksi data Telkomsel di HP tidak muncul, lalu admin me-restat Ponsel dan hasilnya tentu diluar dugaan sobat. Ternyata data seluler yang tadinya hilang kembali normal seperti sebelumnya.

Sebenarnya memulai ulang HP dengan cara biasanya itu sudah lebih dari cukup, tapi agar hasilnya lebih cepat kita rasakan maka ada metode khusus untuk me-restat ponsel Android kalian. Penasaran? Yuk, lihat caranya dibawah ini:

  • Pertama-tama matikan terlebih dahulu ponsel Android kalian.
  • Lepaskan baterai (jika bisa), kartu memori dan jangan lupa juga dengan kartu Telkomsel yang kalian gunakan.
  • Tunggu beberapa saat atau 1-2 menit saja sudah cukup.
  • Selanjutnya kalian dapat memasangnya kembali seperti semula.
  • Terakhir nyalakan HP kalian.

Seketika jaringan yang tadi hilang akan muncul kembali dan bisa kalian gunakan dengan normal seperti sedia kala.

3. Gunakan Fitur Airplane Mode

Gunakan Fitur Airplane Mode

Solusi berikutnya saat sinyal Telkomsel hilang di HP Android kalian adalah dengan mengaktifkan mode pesawat atau lebih sering dikenal dengan airplane mode. Langkah ini juga biasanya cukup ampuh untuk mengatasi masalah yang sedang kalian alami.

Menyalakan mode pesawat atau airplane mode itu sebenarnya bertujuan untuk me-restat jaringan, sehinggan jika terjadi error yang membuat jaringan di ponsel kita hilang maka fitur ini akan mengembalikannya menjadi normal kembali.

Meski cara ini tidak terlalu ampuh seperti cara yang kedua tadi, namun tidak ada salahnya juga kita melakukannya. Cara melakukan metode ini adalah sebagai berikut:

  • Pertama kalian cukup menyalakan Data Seluler di HP seperti biasa.
  • Kemudian kalian bisa langsung mengaktifkan Mode Pesawat selama 2-3 menit saja.
  • Terakhir cobalah untuk menonaktifkan Mode Pesawat tadi.

Secara otomatis ketika kalian mematikan mode pesawat, maka jaringan yang ada di ponsel akan me-restat dengan sendirinya. Hal ini juga akan langsung membuat data seluler yang tadinya hilang akan muncul kembali.

4. Pindah Dari Lokasi Saat ini

Pindah Dari Lokasi Saat ini

Seperti yang sudah admin sebutkan diatas, kalau lokasi juga bisa menjadi faktor penentu kuat dan lemahnya sinyal yang tersedia. Kemungkinan besar saat ini tempat kalian berada itu tidak tercover dengan baik oleh layanan dari provider Telkomsel.

Atau bisa juga karena kalian sedang berada di tempat yang tertutup seperti didalam gedung ataupun dibasment yang tidak ada celah untuk jaringan internet masuk kedalamnya. Hal ini tentu akan membuat smartphone kalian sulit untuk menangkap sinyal dari Telkomsel.

Untuk mengatasinya tentu kalian harus pindah dari tempat tersebut dan mencari lokasi yang lebih terbuka agar sinyal dari Telkomsel bisa dijangkau oleh smartphone. Jikalau masih belum bisa, cobalah untuk memakai provider lain. Karena kemungkinan lokasi kalian saat ini terlalu jauh dari tower pemancar Telkomsel.

5. Lakukan Aktivasi dan Deaktivasi Internet Telkomsel

Lakukan Aktivasi dan Deaktivasi Internet Telkomsel

Jikalau dengan beberapa cara diatas, masalah data seluler Telkomsel masih juga belum muncul maka cobalah untuk melakukan aktivasi dan deaktivasi layan internet pada ponsel kalian.

Untuk cara ini sebenarnya hampir mirib dengan cara diatas tadi, namun yang membedakanya itu adalah penggunaan kode dial untuk melakukan tips ini. Meski terasa sama, tidak ada salahnya juga kita mencoba melakukannya.

Caranya juga tidak begitu sulit dan kalian bisa melihatnya dibawah ini:

  • Langkah pertama kalian bisa membuka aplikasi Telepon yang ada didalam ponsel.
  • Jika sudah terbuka, coba kalian ketikan kode *363*212# lalu tekan Panggil.
  • Ulangi lagi, masukan code *363*213# dan pilih Panggil.
  • Apabila sudah, cobalah untuk mematikan smartphone yang kalian gunakan.
  • Tunggu selama 1-2 Menit dan hidupkan lagi.

Biasanya dengan cara tersebut data seluler Telkomsel yang sebelumnya hilang akan kembali normal seperti sebelumnya.

6. Rubah Pengaturan APN Telkomsel

Rubah Pengaturan APN Telkomsel

Apabila selama ini kalian belum pernah sama sekali merubah pengaturan APN didalam ponsel Android yang kalian miliki, mungkin untuk saat ini kalian harus mencoba merubah pengaturan APN tersebut.

Untuk cara pengaturannya juga tidak terlalu sulit, namun dimasing-masing smartphone mungkin tata letak pengaturannya sedikit berbeda. Tapi secara garis besar, langkah-langkahnya sedikit sama dan kalian bisa melihatnya dibawah ini.

Untuk Andoid

Cara mengubah pengaturan APN di Android adalah seperti berikut:

  • Pertama buka dulu menu Pengaturan yang ada pada HP Android kalian.
  • Setelah itu cari menu Jaringan Seluler dan pilih opsi SIM yang akan dirubah APN-nya.
  • Dalam menu ini kalian pilih Tambah APN Baru.
  • Silakan kalian ketikan ‘Internet’ dan untuk username dan password bisa kalian kosongkan.
  • Terakhir tekan Save.

Untuk IOS

Untuk pengguna IOS, kalian bisa mengikuti cara mengatur APN seperti berikut:

  • Langkah awal buka dulu menu Settings.
  • Selanjutnya kalian buka lagi menu Celluler.
  • Berikutnya pilih opsi Celluler Data Option.
  • Buat APN baru.
  • Kalian bisa mengetikan ‘internet’ dan kosongkan pada bagian username dan password nya dan Save.

7. Coba Lakukan Penyegaran Jaringan Telkomsel

Coba Lakukan Penyegaran Jaringan Telkomsel

Selain dengan melakukan reset jaringan melalui fitur mode pesawat, me-refres jaringan juga dapat membantu kalian saat sedang mengalami masalah seperti data seluler Telkomsel di HP yang tidak muncul atau hilang.

Langkah yang satu ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan pengaturan APN ( Access Point Names ). Tapi dimasing-masing smartphone mungkin letak pengaturannya agak sedikit berbeda dan kalian bisa mencoba untuk menyesuaikannya.

Untuk langkah-langkahnya seperti ini:

  • Buka dulu menu Pengaturan atau Settings yang ada pada Smartphone kalian.
  • Selanjutnya kalian cari opsi Jaringan Seluler.
  • Setelah itu rubah Pencarian Operator menjadi Manual.
  • Tunggu beberapa saat saja dan kembalikan lagi ke mode Otomatis.

8. Hubungi Costemer Service Telkomsel

Hubungi Costemer Service Telkomsel

Berikutnya setelah semua cara yang sudah admin sebutkan diatas, tapi ternyata tidak berhasil dan data seluler Telkomsel masih belum muncul pada ponsel. Maka bisa dipastikan kalau masalah yang sedang kalian hadapi ini bersumber dari Telkomsel pusat.

Oleh sebab itu, kalian bisa mencoba untuk menghubungi Call Senter Telkomsel langsung dan memberitahu masalah yang sedang kalian hadapi saat ini. Mereka pasti akan membantu untuk mencari solusi dari masalah yang sedang terjadi saat ini dan pastinya gratis.

Selain dengan menghubungi langsung Call Senter Telkomsel di nomor 08071811811, kalian jika bisa masuk kedalam situs resmi Telkomsel dan mengirmkan pertanyaan seputar masalah yang sedang dihadapi saat ini.

9. Atur Ulang Ponsel Kalian

Atur Ulang Ponsel Kalian

Terakhir apabila 8 cara diatas tidak efektif sama sekali maka kemungkinan besar ini bersumber dari smartphone yang kaian gunakan. Bisa saja HP Android kalian mengalami bug atau error yang menyebabkan data seluler Telkomsel hilang.

Jika masalahnya seperti itu, tentu cara terbaik yang bisa kalian lakukan untuk mengatasinya adalah dengan me-reset atau menyetel ulang ponsel. Dengan cara ini biasanya jika terjadi bug atau error pada sistem, maka akan diperbaiki saat proses reset berlangsung.

Jika kalian berminat untuk malakukan cara ini, maka bisa melihat cara reset HP Android di artikel sebelumnya. Selain itu jangan lupa juga untuk mencadangkan data-data penting yang kalian miliki terlebih dahulu, karena jika tidak kalian akan kehilangannya.

Penutup

Dengan 9 tips diatas, admin sangat berharap bisa membantu kalian dalam mengatasi masalah data seluler Telkomsel tidak muncul yang sedang kalian hadapi saat ini. Berdasarkan pengalaman admin sendiri, dengan melakukan beberapa tips diatas, masalah data seluler yang tidak muncul di Android bisa teratasi dengan mudah.

Mungkin cukup sekian informasi yang bisa admin sampaikan mengenai cara mengatasi data seluler Telkomsel tidak muncul, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan seputar pembahasan diatas, maka jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar. Admin akan dengan senang hati membantu kalian yang sedang mengalami masalah.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.