Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Yang Boros

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi – Seperti yang sudah pernah sering saya bahas sebelumnya, kalau hampir semua HP Android sering mengalami masalah. Masalah ini iyalah konsumsi daya baterai yang boros atau cepat habis dan ini juga sering terjadi pada HP Xiaomi.

Saat daya baterai pada HP Xiaomi cepat habis, tentu akan timbul banyak masalah dan juga akan merugikan kita sebagai pengguna. Apalagi ponsel tersebut sangat kita perlukan untuk menunjang semua aktivitas sehari-hari, seperti bekerja, bermain dan lainnya.

Jika saat ini kalian memang mengalami masalah tersebut, maka sebaiknya jangan buru-buru berfikiran buruk tentang merek HP Xiaomi. Karena yang pasti, masalah baterai HP yang cepat habis ini sudah menjadi masalah yang umum bagi semua ponsel Android, termasuk juga pada Xiaomi.

Penyebab Baterai HP Xiaomi Boros

Seperti yang kalian tahu, kalau rata-rata HP Xiaomi terbaru saat ini sudah dibekali dengan kualitas tampilan layar yang baik. Selain itu, fitur dan teknologi yang ada di dalamnya juga sudah sangat baik dan terbaru dari Xiaomi. Namun di balik itu semua, ada beberapa masalah yang timbul, lho.

Teknologi yang canggih serta tampilan layar yang sudah sangat baik itu tentu akan berpengaruh terhadap kinerja sistem yang ada didalamnya. Biasanya dalam kondisi seperti ini akan sering di tandai dengan suhu atau temperatur ponsel yang cepat panas.

Jika sudah begitu, konsumsi daya baterai pada HP Xiaomi pasti akan meningkat dan membuat baterai akan terasa cepat habis. Namun sebenarnya sih bukan itu saja faktor penyebabnya, karena cara penggunaanya yang kurang baik juga bisa memicunya.

Contoh penggunaan yang kurang baik seperti berikut:

  • Memakai HP untuk bermain game dalam waktu yang lama.
  • Membuka banyak aplikasi secara bersamaan (multitasking).
  • Membiarkan fitur yang tidak perlu terus aktif (GPS, bluetooth, WiFi).
  • Menggunakan komponen baterai yang tidak original.
  • Dan lainnya.

Selain yang sudah saya katakan, tentu masih ada kebiasaan buruk dari pengguna lainnya yang dapat memicu daya baterai di HP Xiaomi menjadi cepat habis.

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Tanpa Aplikasi

Perlu untuk kalian ketahui juga kalau sebenarnya ada beberapa cara sederhana yang bisa kalian coba untuk mengatasi masalah baterai HP Xiaomi yang cepat habis. Karena seperti yang saya jelaskan tadi, masalah ini sebenarnya di picu oleh kesalahan dari penggunanya sendiri.

Meski memang masalah baterai yang cepat habis itu merupakan masalah yang umum, namun kondisi tersebut sebenarnya dapat di perparah lagi oleh kesalahan penggunanya. Oleh sebab itu, saya di sini akan berbagi sedikit tips tentang cara menghemat baterai HP Xiaomi yang boros.

1. Atur Brightness Pada Layar HP

Cara menghemat baterai HP Xiaomi yang cepat habis yang pertama adalah dengan mengatur tingkat kecerahan pada layar (brightness). Sebaiknya kalian hindari untuk menggunakan kecerahan layar secara maksimal, karena ini akan membuat layar terlihat sangat terang.

Kondisi layar HP yang terlalu terang tidak hanya akan merusak mata kalian saja, tapi juga bisa membuat daya baterai cepat habis. Hal ini karena akan membuat sistem panel layar pada HP bekerja lebih keras untuk bisa menampilkan tampilan yang cerah, sehingga membuat konsumsi daya yang dibutuhkan akan semakin meningkat.

Imbasnya tentu, daya pada baterai HP akan lebih cepat habis meski kalian baru menggunakannya beberapa jam saja. Jadi, cobalah untuk mengatur tingkat kecerahan pada layar yang sesuai, tidak terlalu padam dan tidak terlalu cerah. Selain itu, hindari juga mengaktifkan kecerahan layar otomatis agar sistem pada HP tidak mendapatkan beban tambahan.

2. Pergunakan Akses Data Sebaik Mungkin

Bagi semua pengguna ponsel Android, termasuk HP Xiaomi tentu mengakses internet pastinya merupakan salah satu hal yang wajib. Karena selain bisa memberi kita banyak manfaat, tersedianya jaringan internet pada HP juga bisa membuat smartphone terlihat lebih keren.

Namun sayangnya itu, kondisi ini ternyata juga cukup banyak menguras daya baterai yang ada di HP kita. Apalagi kalian berada di tempat yang minim jaringan internet, konsumsi data baterai bisa meningkat 50% dari biasanya. Sebab beberapa komponen pada HP akan terus berusaha mencari jaringan yang baik, agar kalian dapat terhubung kedalamnya dengan lancar.

Oleh karena itu, sebaiknya kalian pergunakan internet pada HP seperlunya saja. Baik itu untuk data seluler ataupun pada jaringan WiFi. Jadi, matikanlah koneksi internet pada HP jika kalian memang sedang tidak membutuhkannya atau sedang berapa di tempat yang susah sinyal.

3. Nonaktifkan Aplikasi yang Memang Tidak Perlu

Dengan menggunakan bantuan aplikasi penghemat baterai HP Xiaomi memang sangat berguna untuk menghentikan beberapa aplikasi. Tapi, perlu kalian ketahui kalau tidak semua aplikasi dapat dihentikan, lho.

Karena masih ada beberapa aplikasi yang akan tetap berjalan di dalam ponsel kita, salah satunya itu adalah aplikasi sistem. Secara umum, aplikasi sistem yang ada di dalam HP itu biasanya tidak akan bisa terdeteksi oleh aplikasi penghemat baterai.

Meski begitu, kalian masih bisa menonaktifkannya secara manual melalui pengaturan yang ada di dalam HP Xiaomi. Untuk caranya sendiri seperti berikut:

  • Buka Pengaturan yang ada pada HP.
  • Lalu geser kebagian bawah dan cari menu Aplikasi Sistem.
  • Pada halaman ini, kalian cari aplikasi sistem yang tidak di perlukan.
  • Klik aplikasi tersebut dan tap menu Hentikan.

Namun dalam cara ini, kalian sebaiknya lebih berhati-hati dalam menghentikan aplikasi sistem yang sedang berjalan. Jangan sampai kalian salah memilih aplikasi, karena bisa berdampak buruk seperti munculnya error didalam HP.

4. Matikan Fitur yang Tidak Diperlukan

Semua ponsel Android itu sudah dibekali dengan berbagai macam fitur yang bisa menunjang semua aktivitas penggunanya di dalam smartphone. Meski sangat berguna, namun ada beberapa fitur yang wajib kalian matikan jika tidak sedang di butuhkan.

Karena jika kalian biarkan terus hidup, maka buka tidak mungkin bisa menjadi penyebab daya baterai di HP Xiaomi lebih cepat habis. Nah, fitur yang saya maksudkan di sini adalah WiFi, data seluler, bluetooth, auto brightness dan fitur kenyamanan mata.

Sebaiknya kalian matikan saja beberapa fitur tersebut jika memang kalian tidak sedang memerlukannya. Dengan begitu, baterai HP Xiaomi yang tadinya boros akan menjadi lebih hemat dan umur baterai juga akan lebih panjang.

5. Gunakan Fitur Power Saving

Cara menghemat baterai HP Xiaomi yang selanjutnya ini dapat kalian lakukan dengan memanfaatkan fitur power saving. Di mana fitur ini akan membantu kalian dalam menghemat daya baterai di dalam HP, karena dapat mencegah CPU mendapatkan beban yang berat.

Jika kalian memang ingin agar baterai HP Xiaomi tidak cepat habis saat tidak sedang di gunakan, maka bisa mengaktifkan fitur ini. Selain sudah ada di hampir semua produk HP dari Xiaomi, mengaktifkan fitur ini juga sangat mudah. Berikut caranya:

  1. Masuk kedalam menu Security.
  2. Selanjutnya pilih Power.
  3. Lalu tap menu Battery Saver.
  4. Terakhir Switch ON Battery Saver.

Dengan aktifnya fitur ini, kalian tidak perlu takut lagi kalau baterai HP Xiaomi akan cepat habis meski saat tidak digunakan.

6. Menghemat Baterai HP Xiaomi Dengan Hapus File Sampah

Menghemat Baterai HP Xiaomi Dengan Hapus File Sampah

Hampir semua ponsel Android itu mempunyai file sampah didalamnya, termasuk juga dengan HP Xiaomi. Di mana file sampah ini tercipta oleh beberapa aplikasi yang ada di dalam HP Xiaomi dan juga aplikasi yang sering kita gunakan.

File sampah atau cache ini akan sangat mempengaruhi kinerja ponsel jika dibiarkan menumpuk dalam jangka waktu yang lama. Beberapa masalah yang sering terjadi adalah kinerja HP yang lemot, memori internal cepat penuh sampai daya baterai yang menjadi cepat habis.

Maka dari itu, menghapus file sampah (cache) yang tersimpan pada HP adalah hal yang sangat wajib untuk kalian lakukan. Untuk caranya itu sebenarnya ada dua, seperti:

1. Melalui Pengaturan

  • Buka Pengaturan pada HP Xiaomi.
  • Lalu cari menu Aplikasi.
  • Selanjutnya tap menu Daftar Aplikasi.
  • Berikutnya buka aplikasi yang sering kalian gunakan.
  • Jika sudah terbuka, tap menu Penyimpanan.
  • Terakhir pilih Hapus Cache.

2. Melalui Recovery Mode

  • Matikan HP Xiaomi kalian.
  • Tekan dan tahan tombol Power + Volume UP secara bersamaan.
  • Saat logo MI muncul, lepaskan tombol Power saja.
  • Tekan tombol Volume UP sampai masuk ke recovery mode.
  • Pilih Bahasa Inggris.
  • Di halaman recovery mode, kalian pilih Wipe Cache Partition.
  • Selesai, pilih menu Reboot.

7. Uninstall Aplikasi yang Tidak Perlu

Tipe menghemat baterai HP Xiaomi yang selanjutnya adalah dengan cara uninstall aplikasi yang tidak di perlukan. Dari awal kalian membeli HP Xiaomi, tentu sudah terdapat banyak aplikasi di dalamnya, mulai dari yang kita butuhkan sampai yang tidak.

Beberapa aplikasi yang memang tidak kita butuhkan itu sering ikut membuat daya baterai HP Xiaomi menjadi cepat habis. Oleh karena itu, menghapus beberapa aplikasi yang tidak kita perlukan adalah jalan yang baik untuk mencegah daya baterai pada HP Xiaomi lebih cepat habis.

Namun untuk aplikasi sistem, atau aplikasi bawaan dari Xiaomi itu tidak bisa kalian hapus seperti menghapus aplikasi biasa yang kalian install sendiri. Karena hanya dengan cara khusus saja kalian bisa menghapus aplikasi tersebut. Nah, untuk menghapus aplikasi bawaan Android ini sebenarnya sudah pernah saya jelaskan di artikel sebelumnya, jadi kalian bisa membacanya di sana.

8. Jaga Kesehatan Baterai HP Xiaomi

Hal yang paling penting untuk menghemat baterai HP Xiaomi agar tidak cepat habis adalah dengan menjaga kesehatan baterai. Dengan begitu, tingkat kerusakan pada baterai akan berkurang dan suplai daya dari baterai akan tetap terjaga dengan baik.

Untuk menjaga kesehatan baterai HP Xiaomi, kalian bisa melakukannya dengan:

  • Menghindari mengisi ulang daya baterai terlalu lama.
  • Tidak menggunakan HP saat sedang mengisi ulang daya.
  • Hindari mengisi ulang daya baterai saat indikator menandakan 0%.
  • Jangan menggunakan charge yang bukan orinya, karena akan membuat kepala charger panas dan meledak.
  • Hindari menggunakan HP saat mengisi daya baterai dengan Power Bank.

9. Menghemat Baterai HP Xiaomi Dengan Matikan GPS

Menghemat Baterai HP Xiaomi Dengan Matikan GPS

Fitur GPS yang ada di dalam HP Xiaomi memang sangat berguna untuk semua penggunanya yang memang sedang ingin mencari lokasi. Namun dibalik itu, jika fitur ini aktif saat sedang tidak di gunakan, maka bisa membuat daya pada baterai HP Xiaomi lebih cepat habis meski tidak sedang kalian gunakan.

Seperti yang juga sudah sering saya singgung sebelumnya, kalau membiarkan fitur GPS ini terus aktif itu sangat tidak di anjurkan. Karena GPS adalah salah satu fitur yang paling banyak menguras daya baterai. Sehingga pergunakan jika kalian memang sedang membutuhkannya saja.

Cara menonaktifkan fitur GPS pada HP Xiaomi itu tidak sulit, karena kalian bisa menemukannya di dalam status bar atas pada ponsel. Tap saja ikon GPS yang ada di saja untuk mematikannya jika masih menyala.

10. Selalu Update MIUI ke Versi Terbaru

Cara menghemat baterai HP Xiaomi yang boros tanpa aplikasi yang terakhir ini adalah dengan memastikan sistem MIUI di dalam HP selalu ter-update. Karena sebenarnya pembaharuan sistem yang di hadirkan oleh Xiaomi, biasanya terdapat peningkatan performa, serta memperbaiki beberapa masalah sebelumnya.

Jika kalian belum melakukannya, maka segera perbaharui MIUI pada HP. Caranya itu seperti ini:

  • Buka Pengaturan pada HP Xiaomi.
  • Lalu masuk kedalam menu Pembaharuan.
  • Jika tersedia, kalian bisa langsung menekan tombol Perbaharui.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai.

Saat melakukan pembaharuan, biasanya akan memerlukan jaringan internet yang stabil untuk mendownload data-data yang diperlukan. Sebaiknya kalian pastikan terlebih dahulu kalau internet pada HP sedang dalam keadaan stabil sebelum melakukan permbaharuan.

Cara Menghemat Baterai HP Xiaomi Dengan Aplikasi

Selain menghemat baterai HP Xiaomi dengan cara manual, kalian sebenarnya juga bisa melakukannya dengan cara otomatis. Yaitu dengan menggunakan bantuan aplikasi otomatis untuk menghemat baterai HP Xiaomi yang boros.

Untuk sekarang ini, sudah ada banyak sekali aplikasi penghemat baterai yang bisa kalian dapatkan di Google Play Store. Meski ada banyak, namun tidak lantas semua aplikasi tersebut bagus untuk kita gunakan. Karena ada beberapa diantaranya itu merupakan aplikasi spam, yang berbahaya jika kalian gunakan.

Nah, khusus untuk kalian pengguna HP Xiaomi, di sini saya mempunyai beberapa rekomendasi aplikasi penghemat baterai untuk HP Xiaomi. Berikut beberapa rekomendasinya:

1. Dengan Aplikasi Power Battery

Aplikasi penghemat baterai HP Xiaomi yang pertama ini bernama Power Battery. Di mana aplikasi Power Battery ini memang sudah didesain sedemikian rupa agar ampuh untuk mengatasi baterai yang boros pada HP Xiaomi.

Di dalam aplikasi ini, kalian bisa melihat sebuah statistik dari pemakaian baterai pada HP Xiaomi. Mulai dari penggunaan daya baterai pada layar sampai beberapa aplikasi tertentu yang ada didalam HP.

Selanjutnya cara untuk melakukan optimasi pada baterai juga sangat mudah, karena kalian hanya perlu membuka aplikasinya dan menekan tombol Optimal. Secara otomatis baterai HP Xiaomi akan menjadi hemat dari sebelumnya.

2. Menggunakan Aplikasi Greenify

Greenify sebenarnya masuk kedalam aplikasi penghemat memori RAM pada HP, namun juga sangat cocok untuk digunakan sebagai aplikasi penghemat baterai. Karena cara kerja dari aplikasi ini adalah memberhentikan aplikasi tertentu yang sedang berjalan didalam ponsel.

Dengan begitu, tidak akan ada aplikasi yang tidak penting berjalan di latar belakang saat ponsel tidak sedang kalian pergunakan. Sehingga selain mencegah memori RAM yang cepat penuh, konsumsi daya baterai juga akan lebih hemat dari biasanya.

3. Go Battery Saver

Menghemat baterai HP Xiaomi juga bisa kalian lakukan dengan bantuan aplikasi yang bernama Go Battery Saver. Meski cara kerja aplikasi ini masih sama dengan lainnya, namun Go Battery Saver patut kalian pertimbangkan.

Karena Go Battery Saver itu memungkinkan penggunanya untuk bisa menjalankan proses optimalisasi baterai dalam bentuk widget. Jadi kalian hanya perlu menekan widget yang ada di halaman utama (home screen) untuk melakukan optimalisasi baterai.

4. Menghemat Baterai HP Xiaomi Dengan Avast Battery Saver

Menghemat Baterai HP Xiaomi Dengan Avast Battery Saver

Apakah kalian sudah kenal dengan Avast? Bagi sebagian orang, Avast mungkin merupakan salah satu aplikasi yang sudah tidak asing lagi. Karena nama Avast memang sudah terkenal sejak lama dan merupakan salah satu program antivirus terbaik.

Namun untuk saat ini, Avast tidak hanya mengusung sebuah aplikasi antivirus saja tapi juga sudah mulai mengembangkan aplikasi penghemat baterai android. Dengan nama Avast Battery Saver.

Selain itu, aplikasi Avast Battery Saver juga mampu mengetahui serta mengatur semua hal yang paling menguras baterai didalam HP. Misalnya pada aplikasi atau fitur-fitur yang ada di dalam HP Xiaomi yang kita gunakan.

5. Memakai Battery Saver – Power Saver

Aplikasi penghemat baterai HP Xiaomi yang terakhir ini bernama Battery Saver – Power Saver. Di mana aplikasi ini juga sangat bagus untuk kalian pertimbangkan, karena tidak hanya memiliki tampilan yang sederhana tapi juga sangat ringan.

Di mana aplikasi ini memang didesain untuk menjaga daya tahan baterai agar tidak boros, sekaligus mampu menurunkan suhu panas berlebih yang keluar dari ponsel saat digunakan.

Sama seperti semua aplikasi yang sudah saya sebutkan di atas, Battery Saver – Power Saver juga bisa kalian dapatkan secara gratis di Playstore.

Penutup

Yang terpenting untuk kalian ketahui, kalau semua cara menghemat baterai HP Xiaomi yang sudah saya jelaskan di atas itu bisa digunakan untuk semua tipe Xiaomi. Mulai dari HP Redmi 3, 3S, 4A, 4X, 5A, 5, Note 5A, Note 5, Note 7 dan lainnya.

Selain itu, kalian juga bisa memilih cara menghemat baterai untuk HP Xiaomi yang di inginkan. Seperti menggunakan bantuan aplikasi atau tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Namun jika menurut saya pribadi, lebih menyarankan untuk menggunakan cara manual atau tanpa bantuan aplikasi.

Karena dengan cara itu, kita akan mendapatkan banyak sekali manfaat, mulai dari baterai HP yang lebih hemat, umur baterai lebih lama dan masih banyak lagi. Jadi, cobalah dulu melakukan beberapa cara di atas dan lihat hasilnya.

Semoga Bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.