Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan di Semua HP Android

Kartu SIM Tidak Ada Layanan – Pastinya tidak akan pernah ada orang yang tahu, kapan masalah teknis itu muncul dan merusak keasyikan saat menggunakan HP. Karena yang pasti, setiap permasalahan teknis itu bisa saja terjadi secara tiba-tiba tanpa ada satupun orang yang bisa menebaknya. Salah satu masalah teknis itu seperti saat memasang kartu SIM di HP dan muncul pesan ‘kartu SIM tidak ada layanan’.

Meski terdengar sepele, namun masalah itu akan sangat mengganggu kita. lho. Sebab saat kartu SIM tidak ada layanan, maka semua layanan yang di sediakan oleh operator tidak akan bisa kita akses. Misalnya saja seperti internet, panggilan telepon, SMS sampai tidak bisa cek pulsa juga bisa kita alami.

Masalah yang satu ini sih bukan hal yang baru lagi, karena hampir sebagian pengguna HP pernah mengalaminya saat pertama kali memasukkan SIM.

Selain itu, mungkin sekilas bagi beberapa orang kondisi ini nampak seperti masalah kartu SIM tidak terbaca. Padahal tidak seperti itu, karena masalah kartu SIM tidak ada layanan itu ponsel kita masih bisa mendeteksi SIM yang di pasang.

Berbeda saat kartu SIM tidak terbaca, ponsel tidak akan bisa mendeteksinya saat kalian memasukkan SIM. Penyebab masalahnya juga berbeda, sehingga masih tidak memungkinkan untuk kita samakan antara kedua masalah tersebut.

Penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Mungkin dari kalian masih ada yang penasaran dengan pertanyaan tentang, apa sih sebenarnya penyebab kartu SIM tidak ada layanan?

Penyebab kartu SIM tidak ada layanan saat di pasang pada HP sebenarnya banyak, namun yang paling sering terjadi itu karena slot khusus SIM di HP mengalami kerusakan, kartu SIM sudah hangus, kuningan pada SIM yang sudah rusak, sampai dengan gangguan dari operatornya sendiri.

Selain yang saya sebutkan tadi, masih ada beberapa faktor penyebab lainnya, seperti:

  1. Kartu SIM mengalami kerusakan.
  2. Adanya bug dan error pada sistem di HP.
  3. Operator sedang melakukan perbaikan layanan.
  4. Jaringan operator tidak tersedia di lokasi kalian.
  5. Kartu SIM terblockir (sedikit jarang terjadi)
  6. Adanya komponen HP yang mengalami kerusakan (jarang terjadi sih).
  7. Dan masih banyak lagi.

Nah, untuk masalah ini bisa saja terjadi di semua perangkat Android yang menggunakan kartu SIM. Seperti HP Oppo, Samsung, Realme, Asus, Vivo dan ponsel Android lainnya.

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan Dengan Mudah

Seperti yang sudah saya jelaskan di atas, kalau tidak hanya penyebab kartu SIM tidak ada layanan saja yang banyak, tapi untuk mengatasinya juga tidak dapat diselesaikan dengan satu atau dua cara. Oleh sebab itu, di sini saya akan menghadirkan beberapa solusi yang bisa kalian gunakan untuk mengatasi masalah tersebut.

Solusi ini juga saya ambil dari pengalaman pribadi, sehingga harapan saya kalian bisa terbebas dari masalah tersebut dengan aman.

Agar tidak lama, langsung saja simak pembahasan lengkapnya di bawah ini:

1. Nyalakan Ulang Ponsel

Bagi beberapa orang, mungkin cara yang pertama ini akan dirasa sangat sepele dan tidak penting. Padahal, dengan menyalakan ulang ponsel (restart) itu bisa menjadi solusi yang paling mudah untuk dilakukan. Karena biasa saja masalah kartu SIM tidak ada layanan yang kita alami dikarenakan adanya error pada sistem HP.

Sehingga dengan menyalakan ulang ponsel, error yang sebelumnya terjadi di HP akan hilang serta sistem juga akan di segarkan kembali.

Bila memungkinkan, kalian juga bisa menyalakan ulang HP sambil melepaskan baterai dan tunggu beberapa menit saja. Jika sudah dirasa cukup, maka kalian dapat memasangnya kembali seperti semula dan nyalakan ponsel.

Opsi ini juga sering saya gunakan saat mendapat masalah-masalah kecil pada HP, seperti saat kamera HP error saat digunakan.

2. Copot dan Pasang Kembali Kartu SIM

Jika dengan cara menyalakan ulang kembali HP belum juga bisa mengatasi masalah kartu SIM tidak ada layanan, maka kalian dapat mencoba untuk mencopot dan memasang kembali kartu SIM.

Karena bisa saja pemasangan kartu SIM yang kurang pas atau longgar juga bisa menjadi pemicu munculnya masalah tersebut.

Ini juga berdasarkan pengalaman pribadi saya, dengan memperbaiki pemasangan kartu SIM di HP seperti mencopot dan memasangnya kembali dapat mengatasi masalah SIM yang tidak ada layanan. Tapi, cara ini saya lakukan pada HP Android tipe lama yang masih memasukkan kartu SIM dengan mencopot baterai.

Walaupun begitu, tidak ada salahnya juga untuk mencoba cara ini kok. Siapa tahu dengan mencopot dan memasang kembali kartu SIM bisa membuat layanan kembali normal, kan.

3. Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan Dengan Mode Pesawat

Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan Dengan Mode Pesawat

Opsi yang selanjutnya ini juga masalah berhubungan dengan pembahasan dari segi sistem yang ada pada HP. Di mana kalian dapat mencoba mengaktifkan fitur mode pesawat yang ada di HP untuk mengatasi masalah kartu SIM tidak ada layanan.

Mode pesawat mempunyai fungsi yang bisa dikatakan simpel sih, karena fitur ini akan me-refresh jaringan di HP yang mengalami error agar kembali normal seperti semula. Selain itu ampun mengatasi masalah kartu SIM yang tidak ada layanan, fitur ini juga sering saya gunakan saat HP Android tidak bisa konek internet.

Caranya sangat simpel sekali kok:

  • Aktifkan mode pesawat pada HP.
  • Tunggu beberapa saat.
  • Lalu matikan mode pesawat tadi.

Dengan begitu, ponsel kalian akan me-refresh dan mencari jaringan yang baru kembali.

4. Coba Cari Jaringan Secara Manual

Jika dengan mengaktifkan dan menonaktifkan fitur airplane mode belum bisa membuat layanan dari kartu SIM normal kembali, maka coba kalian atur jaringan secara manual. Dengan begitu, kalian dapat melihat jaringan yang sedang tersedia.

Caranya seperti ini:

  • Masuk ke Pengaturan di HP.
  • Lalu cari menu Connection.
  • Berikutnya pilih menu Mobile Networks.
  • Ketuk kembali Network Operators.
  • Kemudian pilih Search Network.

Tunggu beberapa saat sampai semua layanan yang tersedia muncul pada HP kalian. Kemudian pilih layanan yang sesuai dengan operator seluler yang sedang digunakan.

5. Periksa Pengaturan APN Pada HP

Selain dengan beberapa solusi yang sudah saya sebutkan di atas tadi, kalian juga masih bisa mencoba cara ini untuk mengatasi masalah kartu SIM yang tidak ada layanan. Namun solusi ini bila pesan tidak ada layanan itu muncul saat kalian ingin menyambungkan HP ke jaringan internet.

Maka cobalah untuk memeriksa pengaturan APN yang ada di HP terlebih dahulu. Karena seperti yang pernah saya jelaskan sebelumnya kalau APN ini mempunyai fungsi sebagai konfigurasi jaringan. Bila pengguna ingin terhubung ke jaringan internet, maka HP yang digunakan harus sudah mempunyai pengaturan APN ini.

Beberapa sumber yang pernah saya baca juga mengatakan kalau pengaturan APN yang tidak benar bisa mempengaruhi kualitas sinyal, dan juga bisa mengakibatkan jaringan error.

Cara mengaturnya seperti ini:

  1. Buka Pengaturan di HP.
  2. Lalu kalian cari Kartu SIM.
  3. Pilih SIM yang mengalami masalah (SIM 1 atau SIM 2)
  4. Berikutnya pilih Jaringan Seluler.
  5. Terakhir APN.

Dalam halaman APN kalian bisa mencoba membuat APN baru di sana dengan menekan ikon (+). Namun untuk pengaturan APN sendiri berbeda-beda di setiap operatornya, ya. Jadi kalian bisa mencari setting APN yang sesuai dengan provider terlebih dahulu sebelum menggantinya.

Jika kalian pengguna HP Oppo, maka saya sudah pernah menjelaskan cara setting APN di ponsel Oppo sebelumnya. Sehingga kalian dapat membacanya di artikel tersebut, karena saya juga menjelaskan beberapa APN dari provider yang ada di Indonesia.

6. Coba Atur Kembali Jaringan di HP

Selain mengecek pengaturan APN di HP, kita juga bisa mencoba untuk mengatur kembali jaringan yang ada pada HP. Karena bisa saja sebelumnya kalian pernah mengubah pengaturan jaringan di HP, dan membuat masalah ini muncul setelahnya.

Namun sebelum mencoba, kalian juga wajib tahu kalau mengatur ulang jaringan di HP bisa menyebabkan data-data yang berhubungan dengan jaringan akan dihapus. Seperti data kata sandi WiFi, APN seluler, akun sampai dengan VPN jika kalian menggunakannya.

Begini caranya:

  1. Buka dulu menu Setelan di HP.
  2. Lalu cari General atau General Management.
  3. Dalam halaman ini, kalian pilih Reset.
  4. Berikutnya tap menu Reset Network Settings.
  5. Terakhir tekan Reset.

Nantinya kalian bisa melakukan pencarian jaringan yang tersedia secara manual seperti yang sudah saya sebutkan di atas.

7. Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan Dengan Hapus Cache

Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan Dengan Hapus Cache

Saya rasa sebagian dari kalian sudah tahu tentang file cache yang ada di HP. Bila belum tahu, cache ini merupakan kumpulan data yang tersimpan pada ponsel secara otomatis saat kalian menggunakannya. Fungsinya sebenarnya cukup penting, untuk mempercepat dan mengoptimalkan kinerja sistem saat mengambil data.

Meski begitu, dalam jangka waktu yang lama, cache di HP juga bisa menjadi penyebab munculnya beberapa masalah. Salah satunya itu masalah yang sedang kalian hadapi saat ini, lho.

Nah, di sini kalian juga dapat mencoba untuk menghapus data cache yang tersimpan di HP. Tujuannya untuk menghilangkan konfigurasi yang ada di dalam sistem. Ini juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi kartu SIM tidak ada layanan.

Namun cache yang saya maksud di sini adalah Dalvik cache dan Partition cache yang tersimpan di ponsel. Jadi, kalian bisa menghapusnya dengan masuk kedalam menu recovery terlebih dahulu.

Langkah-langkahnya begini:

  1. Matikan HP kalian terlebih dahulu.
  2. Lalu tekan dan tahan kombinasi tombol Power + Volume Up + Home secara bersamaan.
  3. Bila sudah muncul logo dari merek HP, maka lepaskan tombol yang kalian tekan.
  4. Nanti akan muncul sebuah halaman Recovery.
  5. Di halaman ini, pilih saja menu Wipe Cache Pertition.
  6. Tunggu sampai prosesnya selesai.
  7. Jika sudah, tekan menu Reboot Sistem Now.

Jika ponsel kalian sudah menyala dengan normal kembali, maka coba cek kembali layanan dari operator di gunakan tadi.

Penting:

Tutorial masuk ke mode recovery di atas itu saya lakukan dengan menggunakan HP Samsung, jadi mungkin di HP merek lainnya mempunyai cara yang berbeda-beda.

8. Bersihkan Konektor dan SIM Card

Di masing-masing ponsel Android tentunya sudah disediakan sebuah slot khusus yang bisa digunakan untuk memasukkan kartu SIM. Dengan slot SIM tersebut kita bisa membuat HP terhubung ke jaringan internet, menerima SMS maupun panggilan.

Namun, tahukah kalian kalau slut SIM yang ada di HP bisa kotor?

Seiring lamanya waktu pemakaian dari HP yang digunakan, partikel debu yang masuk akan terus menumpuk dan pada akhirnya membuat slot SIM bermasalah. Jika sudah seperti itu, maka dampaknya akan membuat HP sulit mendeteksi sinyal dari SIM.

Sehingga, cobalah untuk membersihkan konektor SIM yang ada di HP secara teratur dengan menggunakan tisu atau kain lembut lainnya. Jangan lupa juga untuk membersihkan kartu SIM yang kalian gunakan, karena bisa saja kotorannya terdapat di bagian itu.

9. Pasang Kartu SIM Lain

Seperti pada pembahasan di awal tadi, kalau masalah jaringan yang error dan tidak tersedianya layanan itu dapat disebabkan oleh rusaknya komponen atau kartu SIM yang kita gunakan.

Solusinya kalian bisa mencoba untuk menggunakan kartu SIM lain yang dimasukkan ke HP untuk memeriksa kerusakan yang sedang terjadi. Dengan begitu, kita akan lebih mudah mengetahui solusi untuk mengatasi masalah kartu SIM tidak ada layanan pada HP.

Tahapannya seperti ini:

1. Tahapan Pertama

Kalian dapat mencoba untuk memasukkan kartu SIM lain kedalam ponsel. Kalian juga bisa memakai provider yang berbeda dari sebelumnya.

2. Tahapan Kedua

Coba pindahkan kartu SIM yang bermasalah tersebut ke HP lainnya. Ini bertujuan untuk mengetahui kartu SIM tersebut bisa terdeteksi atau tidak pada HP yang lain.

Dengan menerapkan kedua tahapan itu, kalian akan bisa mengetahui letak kerusakannya. Apakah itu pada HP yang digunakan atau kartu SIM. Bila kerusakan ada pada HP, maka kalian bisa membawanya ke tempat service HP. Namun jika pada SIM, maka ganti kartu tersebut dengan yang baru atau tukar ke gerai operator yang digunakan agar bisa memakai nomor yang sama.

10. Periksa Pembaharuan Sistem di HP

Melakukan pembaharuan pada sistem operasi yang ada di HP Android itu sangatlah penting untuk kita lakukan. Karena di setiap pembaharuan yang dilakukan, biasanya akan dibarengi dengan adanya perbaikan di beberapa sektor yang ada pada HP.

Bila sistem operasi di HP tidak pernah kalian update, maka itu bisa memicu banyak masalah lho. Salah satunya masalah pada sistem yang mendeteksi kartu SIM pada HP. Meski jarang terjadi, bukan berarti tidak mungkin terjadi ya.

Untuk melakukan update, kurang lebih langkah-langkahnya begini:

  1. Buka menu Setelan di HP Android.
  2. Kemudian kalian pilih Software Update.
  3. Tap opsi Update.
  4. Jika tersedia pembaharuan, maka langsung saja klik Update Now.
  5. Terakhir klik menu Install.

Selanjutnya tunggu saja sampai HP kalian selesai melakukan pembaharuan, biasanya membutuhkan waktu yang sedikit lama.

11. Hubungi Penyedia Layanan

Langkah selanjutnya yang juga bisa kalian coba untuk mengatasi masalah kartu SIM tidak ada layanan adalah dengan menghubungi penyedia layanan. Karena tidak jarang juga saat provider mengalami gangguan bisa memicu terjadinya masalah tersebut.

Namun, umumnya kondisi seperti ini akan ditandai dengan sinyal berganti-ganti, antara muncul dan hilang kembali. Selain itu, saat coba kita gunakan, maka akan muncul sebuah pesan yang menyatakan tidak ada layanan yang tersedia.

Bila memang tidak terlalu penting, kalian dapat mencoba menunggu sampai operator kembali normal seperti sebelumnya. Namun jika memang sedang ada keperluan mendesak, kalian bisa mencoba untuk menghubungi penyedia layanan yang digunakan.

Karena nomor penyedia layanan berbeda-beda di setiap operatornya, jadi kalian bisa mencoba mencarinya di Google, ya.

12. Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan Dengan Reset HP

Cara yang terakhir ini sih sebenarnya hanya sebagai tambahan saja untuk kalian. Karena jika semua opsi yang sudah saya jelaskan di atas belum bisa membuat layanan normal kembali, maka jalan terakhir adalah dengan me-reset HP kembali ke pabrik.

Untuk tujuannya sendiri, adalah mengembalikan sistem yang mengalami error pada HP agar kembali normal seperti dulu lagi.

Tapi, cara ini juga akan menghapus seluruh data yang ada di HP kalian. Sehingga sebelum mulai me-reset HP kembali ke pabrik, ada baiknya kalian backup terlebih dahulu data yang di simpan. Untuk caranya juga sudah saya jelaskan di artikel sebelumnya tentang cara backup data di Android, sehingga kalian bisa membacanya terlebih dahulu.

Dalam melakukan reset, masing-masing HP Android mempunyai cara yang berbeda-beda. Sehingga tidak memungkinkan jika saya ulas di sini, karena akan membuat pembahasanya menjadi panjang. Bila kalian ingin mencobanya, maka bisa mencarinya sendiri ya.

Penutup

Semua pembahasan di atas itu sudah saya rangkumkan sedetail dan semudah mungkin untuk kalian pahami. Seperti yang juga sudah saya katakan tadi, kalau beberapa opsi di atas itu juga berdasarkan dari pengalaman pribadi saya saat mengatasi masalah tersebut.

Apabila kalian menemukan kata yang kurang jelas dari pembahasan di atas, maka bisa mencoba untuk menuliskannya di kolom komentar.

Mungkin hari ini sampai di sini dulu pembahasan mengenai cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan yang bisa saya hadirkan. Jika kalian mempunyai cara yang lebih efektif, maka bisa mengirimkannya lewat kolom komentar ya.

Selamat mencoba.

Gambar Gravatar
Sangat suka menulis dan utak atik HP dari kecil!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.