Mode Headset Tidak Bisa Hilang

Cara Mengatasi Mode Headset Tidak Bisa Hilang di HP

Mode Headset Tidak Bisa Hilang – Siapa sih orang yang tidak suka mendengarkan musik di HP menggunakan headset? Pastinya hampir semua orang menyukainya, karena dengan headset kita dapat mendengarkan musik, menonton sampai menelpon dengan lebih nyaman.

Selain itu, bagi beberapa orang juga ada yang menganggap kalau penggunaan headset di HP itu merupakan hal yang wajib. Karena ini juga tidak hanya membuat orang merasa nyaman, namun bisa membuatnya lebih mudah mendengarkan suara dari HP melalui headset meski sedang berada di tempat yang ramai sekalipun.

Nah, berhubungan dengan penggunaan headset, ternyata ada satu masalah yang cukup sering dialami oleh sebagian pengguna HP Android. Di mana tanda Earphone pada HP tidak mau hilang meski sudah di cabut sekalipun. Jika sudah begitu, suara HP menjadi tidak bisa keluar meski headset sudah kita lepaskan.

Penyebab Mode Headset Tidak Bisa Hilang di HP Meski Sudah Dicabut

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai solusi dari masalah logo earphone yang tidak hilang di HP, ada baiknya kita lihat dulu beberapa penyebabnya. Hal ini juga cukup penting untuk di ketahui, karena nantinya kita akan lebih mudah dalam mengatasinya.

Berikut ada beberapa penyebab umum masalah mode headset yang tidak mau hilang:

  1. Port headset yang kotor.
  2. Adanya kerusakan pada komponen HP.
  3. Terjadi kesalahan atau error pada sistem.
  4. Menggunakan headset yang berkarat.
  5. Tidak memakai headset yang original.

Selain beberapa penyebab yang sudah saya jelaskan, mungkin masih terdapat beberapa penyebab lainnya. Tapi secara umum, mungkin itu saja yang paling sering memicu timbulnya masalah icon headset yang tidak bisa hilang.

Cara Mengatasi Mode Headset yang Tidak Bisa Hilang di HP

Dari beberapa masalah yang pernah saya alami di HP Android, masalah tidak bisa keluar dari mode headset ini cukup sering terjadi. Meski awal-awalnya saya sendiri juga bingung dalam menghadapinya, namun dengan sedikit kesabaran, masalah tersebut dapat teratasi.

Di dalam beberapa forum yang pernah saya temui, ternyata tidak sedikit penggunaan HP Android yang mengalami kondisi serupa. Banyak juga dari mereka yang mengalami kesulitan saat ingin mengatasinya, apalagi ada yang mengatakan kalau masalah mode headset di HP nya terjadi secara berkelanjutan.

Oleh karena itulah, hari ini saya akan membagikan sedikit tips untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya juga sangat mudah sekali kok untuk kalian lakukan di rumah.

Nah, untuk solusi ini juga sangat cocok untuk kalian gunakan di semua HP Android yang ada saat ini. Mulai dari HP Xiaomi, Asus, Samsung, Lenovo, Oppo, Vivo dan lainnya. Karena masalah logo headset yang tidak bisa hilang ini bisa terjadi di semua HP Android yang mempunyai port jack tentunya.

Langsung saja simak caranya berikut ini:

1. Nyalakan Ulang Ponsel

Tidak sedikit masalah yang muncul pada HP Android itu bisa disebabkan oleh sistem yang mengalami error. Salah satunya itu seperti masalah tidak bisa keluar dari mode headset di HP. Penyebab sistem mengalami error sih biasanya beragam, namun yang sering terjadi karena adanya bug dan virus.

Jadi, solusi yang paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan me-restart HP yang digunakan. Dengan begitu, masalah error yang terjadi di dalam HP bisa teratasi. Saya sendiri juga sering melakukan hal ini bila mendapati masalah di HP Android, contohnya saat logo headset tidak hilang.

Saya pikir untuk proses restart HP Android tidak perlu saya jelaskan lagi, ya. Karena saya yakin kalian semua pasti sudah tahu cara restart HP Android.

2. Copot dan Pasang Kembali Headset

Cara yang berikutnya ini juga bisa kalian coba lakukan bila sedang mengalami masalah dengan logo headset yang tidak mau hilang. Coba saja untuk memasang headset ke port di HP dan setelah itu copot kembali headset dan ulangi kembali.

Namun untuk opsi ini, kalian bisa melakukannya berulang kali sampai logo headset hilang dari layar HP. Tapi dengan catatan, kalian melakukannya dengan pelan dan perlahan-lahan ya. Ini untuk mencegah port jack pada HP kalian mengalami kerusakan.

Agar lebih efektif lagi, kalian bisa melakukannya dengan sambil memutar-mutar konektor headset-nya serta jangan lupa juga untuk menyalakan musik.

3. Matikan Ponsel dan Cabut Baterai

Pada saat HP Android yang saya gunakan mengalami masalah ringan seperti tidak bisa konek WiFi misalnya. Selain hanya dengan memulai ulang HP seperti biasa, saya juga sering mencabut baterainya juga lho. Tapi ini untuk HP Android tipe lama yang belum menggunakan teknologi baterai tanam, ya.

Alasannya, tentu ada banyak. Karena dengan cara restart HP sambil mencabut baterai itu bisa sangat efektif dalam mengatasi masalah-masalah ringan yang terjadi.

Untuk konsepnya kurang lebih seperti ini:

  • Pertama matikan dulu HP seperti biasa.
  • Kemudian kalian Cabut Baterai, kartu SIM dan Memori Card.
  • Lalu tunggu selama 1-2 menit saja sudah cukup.
  • Berikutnya pasang kembali seperti semula.
  • Terakhir nyalakan HP.

Dengan cara ini sebenarnya sudah ampuh untuk mengatasi logo headset yang tidak mau hilang di HP.

4. Coba Bersihkan Port Headset

Jika dengan restart dan mencabut baterai belum juga bisa mengatasi mode headset yang tidak bisa hilang, maka bisa jadi port di HP terdapat kotoran / debu. Karena kemungkinan besar kondisi seperti juga bisa membuat hardware pada HP bermasalah.

Di beberapa situs, kondisi ini juga bisa menjadi penyebabnya. Meski secara pribadi saya sendiri belum pernah menemui kondisi yang seperti itu. Meski begitu, tidak menutup kemungkinan port headset di HP menjadi bermasalah karena adanya debu atau kotoran.

Jadi, dengan membersihkan port headset, masa seharusnya sih mampu membantu kita dalam mengatasi masalah logo headset yang muncul secara terus menerus (tidak mau hilang).

Dengan catatan:

Kalian bisa bisa membersihkan port headset dengan menggunakan cotton bud atau alat bantu lainnya yang serupa. Dalam proses pembersihan, kalian harus berhati-hati dan membersihkan port headset secara menyeluruh. Agar lebih maksimal, kalian bisa membersihkan konektor jack headset secara menyeluruh.

5. Pakai Aplikasi Lesser AudioSwitch

Meski aplikasi yang satu ini memang belum lama dirilis, tapi saat saya coba gunakan, ternyata cukup membantu saya dalam mengatasi masalah logo headset yang tidak mau hilang. Aplikasi ini bernama Lesser AudioSwitch yang mempunyai fungsi khusus.

Fungsinya adalah untuk melakukan switch antara perangkat audio yang sedang tersambung pada HP. Sehingga sangat membantu juga kok saat manghadapi masalah tersebut.

Untuk memakai aplikasi ini juga sangat mudah sekali, kok. Begini cara pakainya:

  1. Pertama install terlebih dahulu aplikasi Lesser AudioSwitch di Play Store.
  2. Jika sudah, langsung saja buka aplikasinya.
  3. Di halaman utama, kalian klik menu Speakers.
  4. Selesai deh.

Sekarang mode headset di HP yang sebelumnya tidak mau hilang, kini sudah benar-benar hilang.

6. Menggunakan Aplikasi Headset Toggle

Jika kalian tidak tertarik dengan aplikasi di atas, maka bisa mencoba aplikasi yang berikut ini. Aplikasi ini bernama Headset Toggle yang mempunyai fungsi yang bisa dikatakan hampir sama dengan yang tadi. Di mana Headset Toggle ini akan membantu kalian untuk mematikan mode headset ke mode spiker normal.

Begini cara pakainya:

  1. Install dulu aplikasi Headset Toogle.
  2. Bila sudah, langsung saja buka aplikasinya.
  3. Di halaman utama, kalian tap saja logo Headset untuk mengaktifkan speaker di HP.
  4. Jika ingin kembali menggunakan headset kembali, kalian hanya perlu menekan logo Headset tadi lagi.

Namun ada satu kelemahan yang di miliki oleh aplikasi ini, yaitu saat kalian melakukan panggilan atau menerima telepon, maka kalian harus menggunakan load speaker.

7. Gunakan Aplikasi SoundAbout

Bila aplikasi tadi tidak bisa kalian gunakan untuk mengalihkan suara yang keluar dari HP, maka berbeda lagi untuk aplikasi yang berikut ini. Karena Aplikasi SoundAbout ini mempunyai fungsi yang berguna untuk mengatur berbagai pengaturan suara pada HP.

Aplikasi ini juga sudah ada cukup lama dan saya sendiri mengetahui aplikasinya baru-baru ini lewat forum Android. Karena ada beberapa anggota yang menyarankan untuk menggunakan aplikasi ini, jadi saya ikut mencobanya, deh.

Saat saya utak-atik aplikasinya, ternyata ada salah satu fitur yang mampu membantu kita untuk menghilangkan deteksi headset di HP. Fitur ini juga cukup efektif dalam mengatasi masalah yang sedang kita hadapi saat ini,lho.

Cara menggunakan aplikasinya seperti ini:

  1. Pertama kalian install terlebih dahulu aplikasi SoundAbout.
  2. Jika sudah, langsung saja buka aplikasinya.
  3. Setelah terbuka, kalian klik menu Connectable Devices.
  4. Kemudian tekan kembali menu Wired Headset Settings.
  5. Terakhir hilangkan saja centang Wired Headset Detection.

Selesai, kini logo headset yang terus muncul di HP sudah hilang dengan aman.

8. Reset HP ke Pabrik

Solusi terakhir yang mungkin dapat kalian lakukan jika semua cara di atas belum bisa mengatasi mode headset yang tidak bisa hilang di HP. Cara ini juga cukup efektif dalam mengatasi masalah ringan yang terjadi di dalam HP Android, salah satunya yang sedang kalian hadapi saat ini.

Dengan melakukan reset ke pabrik, maka seluruh pengaturan pada sistem yang ada di HP akan dikembalikan seperti baru lagi. Sehingga, jika masalah logo headset yang tidak mau hilang dapat teratasi dengan mudah.

Tapi sebelum melakukannya, ada baiknya kalian melakukan backup terlebih dahulu terhadap data-data penting yang tersimpan pada HP Android. Karena proses ini bisa menghilangkan data-data penting yang kalian simpan pada HP. Jadi jangan lupa untuk backup data penting terlebih dahulu ya.

Sedangkan untuk cara reset HP Android sendiri, kalian bisa mencoba mencarinya di dalam blog saya ini. Karena masing-masing merek HP Android itu mempunyai caranya tersendiri.

Penutup

Baik, mungkin itu saja beberapa cara mengatasi mode headset tidak bisa hilang di HP Android dengan aman yang bisa saya rangkumkan. Tips ini juga sudah saya coba sendiri, jadi di jamin ampuh deh.

Seperti biasa, bila kalian mendapati ada hal yang kurang jelas atau ada pertanyaan yang ingin di sampaikan, maka bisa menuliskannya di kolom komentar.

Semoga dengan artikel yang saya berikan hari ini bisa berguna dan bermanfaat untuk kalian semuanya. Selamat mencoba dan semoga bisa sesuai harapan kalian ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.